Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Veteran No.77, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Jogja adalah salah satu kota yang menyimpan banyak sekali kawasan wisata. Tidak hanya terkenal dengan berbagai kawasan edukasinya, namun jika anda berkunjung di tempat ini juga bakal di kejutkan dengan berbagai macam kawasan wisata yang menakjubkan. Baik wisata buatan, budaya dan juga alamat. Salah kawasan wisata yang terkenal di wilayah Jogja adalah Situs Warungboto Jogja.

Situs ini salah satu kawasan bersejarah di Jogja yang di dalamnya terdapat kolam pemandian. Sebenarnya situs wisata yang satu ini hampir sama dengan Taman Sari yang digunakan sebagai tempat peristirahatan bagi Keluarga Kerajaan. Kawasan bersejarah ini menyimpan banyak sekali daya tarik dan fasilitas untuk menunjang.

Sejarah Singkat Situs Warungboto

Sejarah Singkat Situs Warungboto
Image Credit: Google Maps Melisart Studio

Bangunan ini termasuk cagar budaya yang berada di wilayah Jogja, kawasan wisata yang satu ini sudah berdiri sejak zaman pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono I yaitu pada tahun 1785. Untuk pembangunan tempat ini juga terus berlanjut sampai masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono II dan dipakai tempat peristirahatan.

Pada tahun sekitar 90-an, kawasan wisata yang saat ini digunakan sebagai area pemandian oleh masyarakat sekitar. Dan pada zaman dahulu Situs Warungboto Jogja dikenal dengan sebutan Tuk Umbul. Hal itu terjadi karena terdapat sebuah mata air yang digunakan untuk menyembur dan sumber air utama pesanggrahan ini.

Akan tetapi pada saat menjelang kemerdekaan, maka situs ini mulai terbengkalai serta tidak terawat dengan baik. dan bangunan semakin hancur pada saat terjadi gempa bumi. Lalu pada tahun 2009 telah dimlakukan pemugaran untuk membentuk banguna ini kembali seperti semula, dan dilanjutkan di tahun 2016 dan 2017.

Bagian bentuk asli dari adanya pesanggrahan ini pada dasarnya juga tidak berubah sama sekali, bahkan semakin terlihat cantik jika dibanding yang sebelumnya. Sejak saat itu, maka area ini menjadi salah satu kawasan objek wisata di Jogja yang yang tergolong menarik dan pastinya keindahannya tidak kalah dengan wisata Taman Sari.

BACA JUGA:  Candi Kalasan - Sejarah, Daya Tarik, Lokasi & Ragam Aktivitas

Daya Tarik Situs Warungboto Jogja

Daya Tarik Situs Warungboto Jogja
Image Credit: Google Maps CE Ikbar

1. Gaya Arsitektur yang Berkelas

Sebagai kawasan tempat peristirahatan bagi keluarga kerajaan, maka bangunan Warungboto ini memiliki gaya arsitektur dari bangunan pesanggrahan yang sangat menekankan keindahan serta kenyamanan. Hal tersebut bisa anda lihat dari banyaknya keindahan taman dan kolam yang luas.

Semua area pesanggrahan yang ada dalam bangunan ini telah menggunakan bahan dasar berupa batu bata yang telah disusun sedemikian rupa menjadi tembok yang tebal dan kokoh. Bagian area inti yang ada dalam situs ini terdiri dari dua kolam yang memiliki bentuk lingkaran serta persegi, yang di bagian sekitarnya dikelilingi kamar dan mushola.

Pada bagian kolam Situs Warungboto berbentuk lingkaran juga terdapat pancuran air yang bisa digunakan sebagai tempat keluarnya sumber dengan diameter kolam kurang lebih sekitar 4.5 meter. Sedangkan bagian kolam yang kedua mempunyai ukuran kurang lebih 10 x 4 meter serta telah terhubung ke area kolam pertama.

Tidak ketinggalan, pada bagian depan kolam juga terdapat kamar yang akan saling terhubung dengan lorong beserta tangga-tangga, sehingga bakal membuat bangunan yang ada disekitarnya terlihat lebih indah. Jendela yang ada dalam situs ini juga telah dihiasi dengan berbagai bentuk lengkungan yang menjadikannya terlihat lebih estetik.

2. Kawasan Belajar Ilmu Sejarah Secara Mendalam

Daya tarik lainnya yang bakal anda dapatkan jika mengunjungi kawasan wisata Situs Warungboto ini, maka bisa langsung belajar sejarah lebih dalam lagi. Bukan hanya terkait Jogja saja, namun anda juga bisa belajar tentang ilmu sejarah berdirinya bangunan wisata yang megah tersebut. Misalnya saja siapa yang mendirikan, dahulu digunakan tempat apa dan lain sebagainya.

Jangan khawatir, disana juga disediakan banyak tour guide yang bakal membantu anda dalam memahami serta mendalami sejarah dari situs yang ada di Jogja ini. Disana juga disediakan semacam denah yang bakal memudahkan anda menyusuri area yang ingin digali informasinya lebih dalam lagi.

Daya Tarik di Situs Warungboto Jogja
Image Credit: Google Maps Catra Ardhani

3. Spot Foto

Berkunjung ke tempat wisata rasanya kurang afdol jika tidak ada daya tarik dari spot foto menarik. Jangan khawatir, jika mengunjungi kawasan wisata Situs Warungboto ini, anda bakal di kejutkan dengan berbagai spot foto yang instagramable. Tidak hanya beground bangunannya yang pegang, namun di setiap sudut ruangan juga terpasang area yang sangat keren.

BACA JUGA:  Museum Sonobudoyo - Sejarah, Koleksi, Tiket & Ragam Aktivitas

Tidak jarang juga, karena terkenal dengan banyaknya spot foto yang instagramable, akhirnya membuat kawasan wisata yang satu ini banyak dikunjungi oleh photografer profesional untuk mengabadikan detail bangunan yang sangat bersejarah tersebut. bahkan anda juga bakal menemukan banyak calon pengantin yang tengah mengadakan foto prewedding.

4. Pemandangan yang Sangat Memukau

Hal yang tidak bisa di pisahlan dari adanya banguan yang banyak spot foto instagraable adalah pemandangan yang memukau. Sama halnya dengan kawasan wisata hits Situs Warungboto yang pada dasarnya memiliki pemandangan yang sangat memukau. Terlebih jika anda datang pada siang hari, diaman meskipun panas, namuan hasil jepretan foto anda juga bakal jauh lebih baik.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Situs Warungboto
Image Credit: Google Maps Lusi

Jika anda ingin datang ke objek wisata yang satu ini, maka ia terletak tepat di Jalan Veteran No.77, wilayah Warungboto. Berada di kecamatan Umbulharjo, kota Yogyakarta menjadikan kawasan ini sangat familiar di telinga para pelancong baik dari dalam maupun luar negeri. Sebab situs ini tidak jauh dari wisata Gembira Loka. Dimana untuk jaraknya hanya 1.5 km dengan jarak waktu tempuh sekitar 5 menitan saja.

Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata Situs Warungboto ini dengan memakai petunjuk navigasi dari Google Maps yang nantinya akan menunjukan rute terbaik agar bisa menuju lokasi yang telah ditentukan. Bahkan anda juga bisa pula memanfaatkan jasa sopir kendaraan dari tempat sewa mobil terdekat yang nantinya siap mengantar anda kemanapun perjalanannya.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk Situs Warungboto
Image Credit: Google Maps Ahmad Fauzan Ganjil

Bagi anda yang saat ini ingin mengunjungi kawasan situs Warungboto bakal tidak dikenakan biaya sepeserpun alias gratis. Untuk memasuki kawasan tersebut, anda hanya cukup membayar parkir kendaran saja. biasanya untuk parkir roda 2 bakal dikenakan biaya sekitar 3 ribu, sedangkan untuk mobil 5 ribuan saja.

Dapatkan juga berbagai kemudahan saat mengunjungi destinasi bersejarah di Jogja ini dengan menggunakan jasa biro perjalanan. Biasanya dengan menggunakan jasa tersebut anda bakal jauh lebih aman dan rute yang dilalui juga tidak terlalu jauh, sebab mereka sudah paham dengan medan disana.

Mengunjungi kawasan wisata yang satu ini, maka perlu memperhatikan jam operasional. Hal itu dilakukan agar anda tidak kecewa jika datang diwaktu yang salah. Jam operasional jika mengunjungi kawasan wisata yang satu ini bakal dibuka mulai pukul 8 pagi sampai dengan jam 5 sore WIB. Namun waktu terbaik mengunjungi kawasan ini sebaiknya jam 9, sebab cahayanya lebih bagus.

BACA JUGA:  Museum Soeharto - Sejarah, Koleksi, Tiket & Ragam Aktivitas

Jangan lupa, usahakan juga untuk datang pada saat musim kemarau, tujuannya agar kegiatan derma wisata Situs Warungboto Jogja anda tidak terganggu dengan cuaca ekstrim seperti awan mendung bahkan hingga hujan yang turun. Dengan begitu, maka anda bisa memperoleh view foto terbaik pada saat mengunjungi bangunan sarat sejarah ini.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan Pengunjung

Aktivitas Menarik Situs Warungboto
Image Credit: Google Maps Vera Meidina

1. Jelajah Ruang Menarik

Ada banyak hal yang bisa anda lakukan di kawasan wisata yang satu ini, salah satunya yaitu dengan melakukan jelajah ruang mekanik. Sebab di area tersebut, hampir sama dengan Taman Sari yang terdiri dari berbagai macam ruangan yang saling berhubungan dengan berbagai lorong.

2. Mengabadikan Momen yang Instagramable

Karena memiliki banguan dengan gaya arsitek yang sangat keren, serta banyaknya ruangan yang bergabung dengan lorong, maka membuat tempat ini bagus untuk berfoto. Biasanya Situs Warungboto Jogja ini bakal digunakan sebagai spot foto instagramable, prewedding, dan juga untuk kegiatan edukasi bagi pecinta fotografi.

3. Menikmati Kuliner Khas

Jangan salah, anda juga bisa menikmati berbagai kuliner yang khas dari destinasi wisata sejarah ini. Disana anda bakal di kejutkan dengan berbagai cafe dan makanan yang siap memanjakan lidah anda. misalnya saja waroeng SS, makan khas Jogja, Susu Bangjo, aneka macam gorengan serta minuman hangat dan dingin.

Fasilitas yang Tersedia di Situs Warungboto

Fasilitas Situs Warungboto
Image Credit: Google Maps Rudi Winarso

Banyak fasilitas menarik yang ditawarkan jika mengunjungi kawasan wisata yang satu ini. mulai dari bagian inti terlebih dahulu yaitu parkiran yang luas. sehingga pengunjung yang hadir bisa langsung memarkirkan kendaraannya tanpa harus bingung area yang sempit. Disana juga disediakan toilet yang terjaga kebersihannya.

Pada kawasan wisata ini, anda juga akan dimanjakan dengan fasilitas tempat makan yang banyak menyediakan olahan yang lezat. Mulai dari makanan ringan, hingga yang berat. Tidak ketinggalan, bagi anda yang jauh dari luar kota, tidak jauh dari lokasi ini juga isa menjumpai hotel dan area penginapan dengan fasilitas lengkap.

Kesimpulan yang bisa diambil dari penjelasan diatas adalah bahwasannya kawasan Situs Warungboto adalah tempat bersejarah yang menyimpan banyak daya tarik di Jogja. daya tarik yang dimaksud disini diantaranya adalah gaya arsitektur yang berkelas, area belajar sejarah, spot foto keren, dan pemandangan yang indah.