Harga Tiket: Rp 2.000, Jam Operasional: 08.00-15.00 WIB, Alamat: Jl. Pahlawan, Kec. Bubutan, Kota Surabaya, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Jika datang berkunjung ke kota Surabaya, anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan sebuah monumen yang dikenal sebagai Tugu Pahlawan. Monumen ini merupakan suatu markah atau tanda bagi tanah Kota Surabaya. Tanggal 10 November merupakan tanggal bersejarah bagi seluruh masyarakat di Indonesia dan tidak hanya bagi masyarakat Surabaya.

Tugu Monumen Pahlawan ini didirikan untuk memperingati peristiwa pertempuran di Surabaya pada tanggal 10 November 1945. Lokasi tersebut merupakan tempat arek Suroboyo melawan Sekutu dengan Belanda yang ingin kembali menjajah Indonesia. Monumen ini dijadikan sebagai tempat untuk mengenang jasa Pahlawan Kemerdekaan.

Sejarah Berdirinya Tugu Pahlawan

Sejarah Berdirinya Tugu Pahlawan
Image Credit: Google Maps Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh Nopember

Berdasarkan sejarah yang ditemukan, terdapat 2 pendapat atau keterangan yang berbeda terkait pendiri dan juga arsitek yang mengurus proses pembangunan monumen di Jalan Pahlawan Surabaya ini. Menurut yang diungkapkan oleh Gatot Barnowo, pembangunan monumen ini dimulai oleh Doel Arnowo yang menjabat sebagai Kepala Daerah saat itu.

Kemudian selanjutnya, Doel Arnowo meminta bantuan kepada Ir Tan untuk merancang sebuah monumen yang nantinya diajukan kepada Presiden Soekarno. Sedangkan pernyataan yang berbeda datang dari Ir Soendjasmono yang menyatakan bahwa ide pembuatan monumen ini diajukan sendiri oleh Ir Soekarno yang kemudian mendapat perhatian kepala daerah.

Sedangkan untuk gambar dan perencanaan diserahkan kepada Ir. R. Soeratmoko yang telah berhasil mengalahkan beberapa arsitek lain dalam kompetisi memilih arsitek untuk pembangunan monumen ini. Awalnya, pembangunan Tugu Pahlawan dilakukan oleh Balai Kota Surabaya sendiri. Setelah itu, Indonesia Engineering Corporation mengambil alih.

Kemudian dilanjutkan oleh kontraktor Saroja. Monumen yang membutuhkan waktu 10 bulan untuk dibangun ini diresmikan oleh Presiden Ir. Soekarno pada 10 November 1952. Rencana pembangunan dari tugu ini awalnya adalah setinggi 45 meter. namun ternyata selama proses pengerjaannya terjadi beberapa kendala yang mengakibatkan tugu ini dibangun setinggi 41,15 meter.

Untuk ukuran diameter bagian bawah dari Tugu pahlawan ini sekitar 3,1 meter dengan desain diameter yang semakin kecil di bagian atasnya. Bentuk dari tugu ini terlihat seperti paku terbalik atau lingga. Untuk detail bagian tubuhnya dilengkapi dengan lengkungan-lengkungan atau canalures sebanyak 10 lengkungan dan kemudian dibagi menjadi 11 ruas.

Jika dilihat dari segi keseluruhan mulai dari tinggi, lengkungan dan juga ruas memiliki detail angka 10, 11, dan 45. Untuk bagian bawah monumen, anda kana dapat menemukan sebuah hiasan lukisan Trisula yang dihiasi dengan patung Cakra, Stamba dan Padma yang menjadi lambang api pertempuran. Biaya pembangunan tugu ini berasal dari sumbanga donatur.

Pada awal pembangunan, tugu ini berada dibawah pengawasan balai Kota Surabaya. Namun kemudian diambil alih oleh Indonesia Engineering Corporation dan dilanjutkan lagi oleh Kontraktor Soraja. Pembangunan Tugu ini telah dimulai sejak tanggal 20 Februari 1952 dan selesai pada tanggal 3 Juni 1952. Untuk membuat bagia pondasinya, diperlukan penggalian.

Penggalian tersebut dilakukan sampai dengan kedalaman 620 meter kubik. Kemudian dilakukan tahap lanjutan dengan melakukan pengecoran beton yang dilakukan oleh Indonesia Engineering Corporation dengan menggunakan besi sebanyak 19 ton. Pengecoran selesai dalam sehari dengan mempekerjakan 120 orang selama 40 jam.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Tugu Pahlawan
Image Credit: Google Maps Si Adel

Bagi anda yang merasa tertarik untuk mengetahui kemegahan dari Tugu Monumen Pahlawan yang ada di Kota Surabaya ini maka bisa langsung saja berkunjung ke kawasan Kelurahan Alun-Alun Contong yang ada di Kecamatan Bubutan Kota Surabaya. Untuk bisa menemukan lokasi destinasi wisata ini, anda pastinya tidak akan mengalami kesulitan.

Pasalnya, lokasi dari Tugu bersejarah ini adalah di pusat kota Surabaya yaitu di Jalan Pahlawan. Posisi dari Tugu ini berada tidak jauh dari kantor Gubernur Jawa Timur. Hingga saat ini, Tugu bersejarah ini masih menjadi ikon dari Kota surabaya yang dikenal sebagai Kota Pahlawan. Tugu ini berdiri dengan tegak dan indah di atas lahan seluas 1,3 hektar.

Untuk bisa sampai ke destinasi wisata bersejarah ini anda bisa menggunakan transportasi udara dengan tujuan bandara Juanda yang menjadi bandara tersibuk kedua di Indonesia setelah Soekarno-Hatta. Selain itu, anda juga bisa datang dengan menggunakan kereta dan melakukan pemberhentian di Stasiun Gubeng yang lokasinya tidak jauh dari Tugu sejarah ini.

Setelah tiba di Surabaya, anda bisa memanfaatkan berbagai jenis Transportasi online yang tersedia untuk bisa sampai ke Destinasi tujuan yaitu Tugu atau Monumen Pahlawan yang ada di pusat kota. Pastikan anda datang ke kota Surabaya dengan menggunakan pakaian yang sopan dan nyaman karena suhu udara di kota ini berkisar antara 25-34 derajat celcius.

Harga Tiket dan jam Operasional Tugu Pahlawan

Harga Tiket Masuk Tugu Pahlawan
Image Credit: Google Maps K Nugroho

Ketika datang ke kawasan Surabaya, pastikan ada mengunjungi destinasi wisata bersejarah satu ini. Di lokasi ini, anda akan dapat mengenal berbagai kisah sejarah yang berkaitan dengan pertempuran yang terjadi pada tanggal 10 November. Objek wisata bersejarah ini sangat cocok dikunjungi bagi anda yang sangat mencintai destinasi wisata yang berbau sejarah Indonesia.

Untuk bisa menikmati keindahan dari Tugu ini, anda hanya perlu mengeluarkan biaya tiket masuk yang sangat terjangkau yaitu Rp 2.000. Jika anda datang dengan membawa rombongan sebanyak 30 orang maka biaya tiket masuk akan dipotong sebanyak 10 %. Sedangkan jika anda membawa rombongan mulai dari 100 – 200 orang akan mendapat potongan 15%.

Potongan sebanyak 20% juga bisa didapatkan ketika datang berkunjung bersama dengan 201 – 300 orang. untuk jam operasional tugu bersejarah ini sangat bervariasi. Anda bisa berkunjung pada hari selasa – jumat pada jam 08.00 – 14.30 dan hari sabtu – minggu pada jam 08.00 – 13.30. sedangkan hari senin dan libur nasional, Tugu Pahlawan ini tutup.

Daya Tarik Wisata Tugu Pahlawan

Daya Tarik Tugu Pahlawan
Image Credit: Google Maps Barracudax

1. Ikon Kota Surabaya

Daya tarik utama dari wisata bersejarah ini sudah jelas adalah monumen itu sendiri. Monumen ini telah menjadi ikon kota Surabaya. Hal yang sama berlaku untuk kota-kota lain dengan simbol-simbol monumental mereka sendiri. Purbalingga memiliki ikon knalpot, Jakarta memiliki Monumen Nasional, dan Surabaya dikenal dengan memiliki Monumen Pahlawan.

2. Instagramable

Saat ini banyak wisatawan yang tidak memiliki akun Instagram tidak hanya memiliki pemandangan yang indah dan tempat-tempat bersejarah, tetapi juga mengunjungi destinasi wisata yang terlihat bagus ketika diposting di media sosial yang dapat diunggah ke Instagram. Padahal, monumen ini memiliki banyak spot foto yang bisa diposting di Instagram.

Beberapa spot yang bisa ditemukan diantaranya seperti background monumen dan tiang-tiang yang menandai tanggal, bulan, dan tahun pertempuran melawan penjajah di Surabaya. Photobook atau tulisan yang menjadi penanda akan sangat indah karena tulisan tersebut memperingati hari sejarah akan menjadi tempat yang menarik dan terlihat modern.

Daya Tarik di Tugu Pahlawan
Image Credit: Google Maps Gilang Primada

3. Banyak Tumbuhan yang Cantik

Orang yang menyukai tidak hanya kombinasi warna yang nyaman dipandang mata tetapi juga kombinasi warna yang menyejukkan mata saat dilihat. Kini selain banyak spot foto yang indah, Tugu Pahlawan ini juga memiliki banyak tanaman dan pepohonan hijau yang terlihat indah dipandang mata saat bunga-bunga bermekaran karena dirawat dengan baik.

Tidak hanya menawarkan wisata taman asri yang cocok untuk kunjungan keluarga, namun mengunggahnya ke media sosial seperti Instagram tentunya akan menjadi background spot foto yang indah. jadi jangan pernah lewatkan kesempatan untuk bisa datang mengunjungi destinasi wisata Monumen pahlawan sebagai ikon Kota Surabaya atau kota pahlawan ini.

4. Museum Sepuluh November

Museum Sepuluh November yang berada di Jalan Pahlawan ini menjadi salah satu tempat yang perlu anda kunjungi untuk bisa memahami dan menelusuri berbagai peristiwa yang terjadi pada tanggal 10 November 1945. Museum ini didirikan pada 10 November 1991 di lahan seluas 1.336 meter persegi di kawasan Kompleks bagunan Tugu pahlawan.

Sesuai dengan namanya, museum ini memiliki berbagai koleksi yang berhubungan dengan pertempuran. Bangunan museum terdiri dari dua lantai. Di lantai dasar terdapat patung, foto dan lukisan yang menggambarkan semangat pejuang melawan penjajah. Kemudian ada ruangan tempat pemutaran drama sosial pidato Bung Tomo dan film pertempuran 10 November 1945.

Sampai dengan lantai 2 terdapat ruangan dengan koleksi senjata, koleksi peninggalan Bung Tomo, dan salinan foto dokumenter. Ada pula dua ruang diorama berstatus khusus yang menampilkan delapan peristiwa yang terjadi pada 10 November 1945. Ada juga empat panel, antara lain gambar lengkap perjuangan kemerdekaan, foto bangunan ikonik zaman penjajahan Belanda, dan lukisan perang.

Pengunjung juga akan dapat melihat antara lain radio yang digunakan oleh masyarakat umum untuk mendengarkan pidato yang dilakukan oleh Bung Tomo, buku harian Bung Tomo, dan alat perang seperti senjata laras panjang, pistol, helm, mata uang kuno, dan ilustrasi berbagai diorama dan patung. Anda juga dapat melihat barang-barang lainnya.

Selama masa pandemi ini, aturan masuk ke kawasan museum diubah dan diperketat. Damar Tri seorang pejabat di Disbudpar Kota Surabaya, mengatakan kepada Jawa Pos bahwa pemesanan tiket kini hanya dapat dilakukan melalui website tiketwisata.surabaya.go.id. Situs web memungkinkan pengunjung untuk memesan tiket untuk hari kunjungan.

Fasilitas yang Ada di Tugu pahlawan

Fasilitas Tugu pahlawan
Image Credit: Google Maps Marudesign

Fasilitas merupakan hal yang penting di kawasan wisata. Wisatawan pasti akan mencari tempat liburan yang aman dan nyaman. Fasilitas wisata yang lengkap sangat diperlukan untuk membuat liburan Anda lebih menyenangkan. Destinasi wisata bersejarah ini sudah dilengkapi dengan baik agar semua pengunjung dapat bepergian dengan nyaman.

Dengan harga tiket yang murah anda mendapatkan fasilitas diantaranya lahan parkir yang sangat luas, mushola untuk beribadah, toilet, taman yang luas, rumah makan,dan museum yang menyimpan banyak koleksi. Objek wisata bersejarah ini bisa dijadikan alternatif liburan seru di kota Surabaya. Terletak di jantung kota Surabaya, tempat wisata ini mudah diakses.

Selain itu, anda juga bisa masuk mengunjungi museum hanya dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp 2000 dan sudah bisa menikmati segala bentuk keindahan koleksi yang ada di dalamnya. Anda bisa melakukan perjalanan wisata ke tempat bersejarah ini dengan bersama keluarga, teman ataupun orang terkasih untuk mempelajari berbagai cerita sejarah bangsa.

Destinasi wisata yang menyimpan banyak sejarah ini sangat patut untuk dikunjungi. Dengan mengunjungi Tugu Pahlawan Surabaya, anda akan dapat mengenal perjuangan yang dilakukan oleh para pejuang kemerdekaan. Tidak hanya itu, anda juga akan tau bagaimana sejarah yang terjadi sampai akhirnya Kota Surabaya di mendapatkan julukan sebagai Kota Pahlawan.