Harga: Mulai 4.000.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Tegal Waru, Pasanggrahan, Kec. Tegal Waru, Kab. Purwakarta, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa Purwakarta memiliki banyak sekali tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi saat hari libur atau akhir pekan. Keindahan alam yang terdapat di sana juga tidak perlu dipertanyakan lagi. Daerah yang berlokasi di Jawa Barat ini memiliki berbagai keindahan alam, misalnya pemandangan pedesaan yang masih asri, pegunungan yang hijau, tebing yang terlihat megah, dan lain-lain. Saat ini anda bahkan bisa menikmati semua pemandangan itu sekaligus.

Melalui dinding yang terbuat dari kaca bening, menggantung di permukaan tebing yang cukup tinggi, anda bisa melihat keindahan pemandangan yang masih sangat asri dan hijau. Tempat tersebut bernama Skylodge Purwakarta. Tempat yang cocok bagi anda pecinta alam dan ingin merasakan menikmati malam di atas tebing.

Skylodge Padjajaran Anyar ini merupakan sebuah tempat penginapan atau hotel yang menyediakan fasilitas tidak biasa. Kamar kecil yang menggantung di dinding Tebing Parang yang tinggi, kamarnya yang dilapisi kaca atau polikarbonat baik bagian dinding kamar maupun lantainya. Menghadap ke arah pemandangan pedesaan yang sangat asri, serta tebing-tebing tinggi di sekelilingnya juga bisa anda nikmati. Hal ini tentunya sangat menarik perhatian wisatawan sehingga banyak yang berdatangan.

Daya Tarik yang Dimiliki Hotel Gantung

Daya Tarik Hotel Gantung Purwakarta
Image Credit: Twitter fakta.co.id

Terinspirasi dari skylodge yang ada di luar negeri, yaitu Peru, hotel Gantung Purwakarta ini dibangun di ketinggian 400 hingga 900 meter, bahkan lebih tinggi daripada yang terdapat di Peru. Daya tariknya yang tidak perlu diragukan lagi karena dijamin akan memberikan kesan berbeda jika anda merasakan menginap di sini. Skylodge ini juga memiliki beberapa daya tarik yang menjadi incaran para wisatawan. Maka sudah pasti hotel yang ngehits ini akan membuat liburan anda semakin berkesan.

1. Pemandangan Eksotis dari Ketinggian

Keindahan dan keeksotisan pemandangan yang tersaji, seperti desa penduduk yang masih hijau serta tebing yang mengelilingi menjadi daya tarik tersendiri. Kita bisa menikmatinya dari ketinggian yang mencapai 900 meter. Ketinggian tersebut membuat skylodge yang ada di Purwakarta ramai diperbincangkan oleh netizen. Bahkan hotel Gantung ini sempat membuat dunia maya heboh.

Nyatanya, ketinggian hotel tersebut membuat banyak masyarakat yang tertarik ingin mencoba. Daya tarik inilah yang membuat tempat penginapan ini menjadi hits. Anda bisa mencobanya sendiri atau mengajak teman sepantaran anda. Karena pastinya akan semakin seru jika menyaksikan keindahan alam secara bersama-sama.

2. Mendaki Tebing untuk Menuju Hotel

Untuk dapat sampai ke kamar hotel tersebut, anda harus mendaki tebing terlebih dahulu. Anggap saja ini sebagai olahraga. Karena anda akan merasakan keseruan mendaki tebing yang tinggi. Apalagi jika anda mendaki bersama teman anda, pastinya akan lebih seru dan menantang.

Namun tidak perlu khawatir karena anda akan dipandu oleh seorang pemandu sampai anda berada di Hotel Gantung. Sesampainya di kamar hotel, pemandu akan memberikan HT kepada wisatawan yang menginap. Pendakian yang tinggi dan sensasi saat sampai ke kamar hotel inilah yang menjadi salah satu daya tarik yang membuat wisatawan merasa tertantang.

3. Langit Malam yang Indah

Pemandangan di sini tidak hanya terlihat indah saat di siang hari, namun juga akan terlihat menakjubkan saat malam hari. Saat malam hari, anda bisa menikmati bintang yang bertaburan di langit melalui atap hotel yang terbuat dari kaca bening. Namun yang perlu digaris bawahi adalah bahwa anda bisa melihat bintang saat hanya sedang musim kemarau. Adapun jika anda datang saat musim hujan, maka langit akan terhalang oleh awan.

Jika anda melihat bintang-bintang, anda bisa memotretnya untuk mengabadikan momen tersebut. Karena nyatanya, anda tidak akan bisa melihat pemandangan langit tersebut di kota karena terlalu banyak cahaya lampu. Namun di sini, sangat jarang lampu sehingga langit yang cerah terlihat lebih jelas. Jangan lupa untuk berselfie bersama jajaran bintang yang bersinar sebagai kenang-kenangan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Hotel Gantung Purwakarta
Image Credit: Twitter amir sodikin

Hotel Gantung yang menggantung di tebing ini berlokasi di Kampung Cisaga, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Anda bisa mengunjungi pusat hotel tersebut menggunakan kendaraan pribadi anda. Dapat menggunakan motor ataupun mobil. Lokasinya pun tidak sulit untuk ditemukan, sehingga tidak akan menyulitkan anda dalam mencari lokasinya.

Terkait dengan rutenya, jika anda berangkat dari Kota Purwakarta, maka anda harus berjalan ke arah selatan. Dari lokasi Masjid Jami Al-Ikhlas yang berada di Jalan Ciganea, anda harus tetap berada di Jalur Cikampek – Padalarang, kemudian ambil Jalan Sukatani kemudian ke Jalan Raya Cilalawi sampai anda menemukan Pasar Restu Cilalawi, maka anda harus berbelok ke kanan. Kemudian anda akan berada di Jalan Pananggayan yang cukup memiliki banyak belokan, namun anda hanya perlu mengikuti jalur utamanya saja hingga sampai di Jalan Lingkar Gunung Parang. Kemudian anda akan menemukan Tebing Parang.

Jika anda berangkat dari arah Bandung, maka jalur yang ditempuh adalah dengan menuju ke arah barat laut. Anda akan keluar dari Kota Bandung melalui Jalan Pasupati, ambil Jalan Tol Pasteur, kemudian ambil ke arah Jalan Tol Padaleunyi sampai anda tiba di Jalan Tol Padalarang-Cileunyi. Kemudian anda akan tetap berada di tol, sampai anda berada di Jalan Tol Purbaleunyi dan akan keluar di Gerbang Tol Jatiluhur dan menuju Jalan Ciganea. Kemudian anda akan menemukan Pasar Restu Cilalawi, dan segera berbelok ke kanan, dan tetaplah berada di Jalan Pananggayan yang cukup memiliki banyak belokan, namun anda hanya perlu mengikuti jalur utamanya saja hingga sampai di Jalan Lingkar Gunung Parang dan anda akan menemukan Tebing Parang.

Biaya Menginap di Hotel Gantung

Biaya Hotel Gantung Purwakarta
Image Credit: Twitter 104.5 FM Unisi Radio

Untuk harga penginapannya pun sekilas terlihat cukup mahal, yaitu Rp 4.000.000 hingga Rp 5.000.000 per malam. Namun jika dibandingkan dengan fasilitas, konsep, dan pemandangan yang tersaji akan terasa sangat sepadan. Karena anda belum tentu akan merasakan sensasi yang sama di penginapan lain. Berada di ketinggian, serta anda dapat melihat pemandangan tebing yang eksotis dan bintang-bintang di malam hari membuat anda merasakan pengalaman yang berbeda dari biasanya.

Walaupun hotel kapsul tersebut berukuran cukup kecil, namun fasilitas yang tersedia cukup lengkap seperti hotel pada umumnya. Misalnya, toilet yang memadai, microwave, bahkan AC dan listrik pun tersedia. Jadi, tidak heran jika harganya dibanderol cukup mahal. Karena pembangunannya pun cukup sulit dilakukan, namun itu semua demi kepuasan pelanggan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Skylodge Purwakarta

Aktivitas Hotel Gantung Purwakarta
Image Credit: Twitter Fakta Unik & Aneh

Berbagai aktivitas menarik dapat dilakukan di ketinggian yang mencapai 900 meter itu. Jika anda mungkin berpikir bahwa akan terasa bosan berada di ketinggian di dalam hotel kapsul, namun kenyataannya, anda bahkan bisa bersantai tidak melakukan apapun tanpa merasa bosan, karena pemandangan yang tersaji sangat indah ditambah udaranya yang menyejukkan pikiran. Maka dari itu, anda tidak perlu khawatir akan merasa bosan. Karena nyatanya masih banyak yang dapat dilakukan di sini.

1. Star-Gazing di Malam Hari

Saat malam hari, terlebih lagi pada musim kemarau, langit akan terlihat cerah. Sedangkan di sekitar daerah tebing cukup gelap. Sehingga anda bisa dapat melihat bintang yang berhamburan di langit melalui hotel kapsul tersebut. Karena memiliki atap berupa kaca transparan, anda dapat menyaksikan indahnya langit malam sampai puas.

2. Mendaki Tebing

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, anda harus mendaki terlebih dahulu untuk sampai ke kamar hotel. Anda bisa melakukan pendakian jika anda ingin. Anda akan dipandu oleh petugas saat mendaki. Sehingga anda tidak perlu khawatir.

3. Berfoto di Dalam Hotel Kapsul

Tentunya anda harus mengabadikan momen penting ini, karena anda berada di hotel yang menggantung di sebuah tebing tinggi. Anda diperbolehkan membawa peralatan untuk memotret. Karena pada dasarnya, liburan akan terasa kurang jika tidak diabadikan. Maka dari itu, jangan lupa untuk merekam video saat anda berada di hotel tersebut atau mengambil foto.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Hotel

Fasilitas Hotel Gantung Purwakarta
Image Credit: Google Maps NUR MUHAMMAD NUR ISKANDAR

Walaupun hotel yang cantik ini baru dibuka pada tahun 2017, namun fasilitas yang tersedia sangat lengkap. Untuk sebuah bangunan di atas ketinggian, hotel yang ngehits ini tergolong lengkap karena terdapat berbagai alat untuk mematangkan makanan. Adapun selain itu, masih banyak sekali fasilitas yang ada di hotel hotel lainnya. Cukup lengkap bukan?

  • Listrik – Anda tidak perlu khawatir, karena walaupun hanya sebuah hotel kapsul, namun terdapat aliran listrik yang baik.
  • Toilet – Toilet yang ada di dalam hotel kapsul ini juga tergolong sangat bersih dan memadai.
  • AC – Walaupun berada di ketinggian, namun terdapat AC (Air Conditioner) yang turut melengkapi fasilitas hotel kapsul ini.
  • Microwave – Terdapat microwave bagi anda yang ingin menghangatkan beberapa makanan.

Itulah beberapa hal menarik yang ditawarkan Hotel Gantung di Purwakarta. Walaupun masih tergolong hotel baru, namun fasilitasnya cukup lengkap, serta berbagai aktivitas dapat dilakukan. Daya tariknya juga membuat banyak wisatawan yang penasaran sehingga mencoba sendiri. Namun jika anda ke sini, maka jangan lupa untuk membawa kamera untuk berfoto atau peralatan memotret lainnya, seperti ponsel pintar (smartphone) yang anda miliki.