Harga Tiket: Rp 30.000, Jam Operasional: 07.00-18.00 WIB, Alamat: Jl. Katamaran Indah 1, Kapuk Muara, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta; Map: Cek Lokasi

Sebagai pusat perekonomian Indonesia, Jakarta menjadi kota yang sangat sibuk. Bahkan kawasannya identik dengan area industri yang penuh dengan gedung pencakar langit dan mall. Sehingga banyak penduduk ibu kota yang merindukan suasana pedesaan nan asri dan alami, untuk menghilangkan penat dari aktivitas sehari hari.

Tidak perlu jauh jauh, ternyata di daerah Jakarta Utara ada wisata Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK) yang bisa dikunjungi sebagai solusi untuk melepas penat. Memiliki luas sekitar 99,22 hektar, destinasi ini memang dimanfaatkan untuk pariwisata dan rekreasi alam. Sehingga menjadi pilihan tepat bagi anda yang ingin tetap berwisata di dalam kota.

Daya Tarik yang Dimiliki Hutan Mangrove PIK

Daya Tarik Hutan Mangrove PIK
Image Credit: Google Maps Selvia Diana S

1. Kawasan Hijau Hutan Mangrove

Hutan mangrove di daerah Jakarta Utara ini dikenal juga dengan nama Taman Wisata Alam Angke Kapuk. Taman wisata tersebut termasuk bagian dari kawasan hutan Angke Kapuk yang mempunyai luas sekitar 99,82 hektar. Tipe ekosistem mangrove bisa ditemukan di sini, yang dijadikan sebagai habitat berbagai jenis burung air.

Dengan tipe ekosistem seperti itu, Taman Wisata Angke Kapuk tidak hanya dipertahankan kelestariannya sebagai sistem penyangga kehidupan, melainkan dijadikan pula sebagai sarana pariwisata alam. Kawasan hijau hutan mangrove selalu berhasil menarik minat wisatawan yang ingin refreshing menghilangkan penat dari aktivitas sehari hari.

2. Fauna Hutan Mangrove

Hutan Mangrove PIK yang dilestarikan untuk menyangga kehidupan flora dan fauna, dijadikan sebagai habitat berbagai satwa. Jenis jenis fauna yang mendominasi kawasan taman wisata tersebut adalah burung merandai. Hampir semua fauna yang tinggal di sana merupakan satwa yang dilindungi.

Adapun beberapa jenis fauna yang diketahui tinggal di Taman Wisata Angke Kapuk antara lain belekok, belibis, bangak abu, cekakak sungai, elang laut perut putih, elang tiram, gagang bayam timur, itik benjut, kokokan laut, kowak malam abu, kuntul kerbau, kuntul putih, raja udang biru, biawak air, dan udang bakau.

3. Tersedia Berbagai Wisata Air

Bukan hanya sekadar menikmati keindahan alam hutan mangrove saja, ada banyak berbagai wisata air yang bisa anda nikmati di Hutan Mangrove PIK. Beberapa wahana yang tersedia di Taman Wisata Angke Kapuk antara lain speed boat, perahu dayung, perahu kano, dan sepeda air kodok.

Pengunjung bisa menyewanya untuk berpetualang di area air yang ada di lokasi taman wisata. Untuk perahu kano dan sepeda air kodok per unitnya dapat digunakan untuk per orangnya. Sedangkan perahu dayung muat sampai 4 orang dan speed boat bisa digunakan untuk 6 sampai 8 orang, sehingga cocok dimanfaatkan untuk seru seruan dengan keluarga atau teman.

Harga yang ditawarkan untuk masing masing wahana pun bervariasi, berkisar antara Rp. 100.000 sampai dengan Rp. 480.000. Harga tersebut termasuk murah bila dibandingkan dengan pengalaman yang bisa anda dapatkan. Apalagi 480 dibagi untuk 8 orang, berarti satu orang hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp. 60.000 saja. Cukup terjangkau bukan ?

Daya Tarik Dimiliki Hutan Mangrove PIK
Image Credit: Google Maps Gerald Mamengko

4. Spot Foto Ciamik

Hutan Mangrove PIK mempunyai berbagai spot yang bagus digunakan sebagai tempat hunting foto. Tidak heran jika di sini bahkan sudah tersedia paket photoshoot, karena banyak sekali pemotretan untuk event, prewedding, sampai buku tahunan yang diselenggarakan di sini.

Namun ada biaya khusus yang perlu anda keluarkan jika mengambil paket photoshoot. Dan tentunya fasilitas yang diberikan juga lebih dari wisata biasa tanpa paket. Meski begitu, anda tetap bisa menggunakan kamera HP atau Ipad untuk mengabadikan momen di sini, yang mana tidak akan dikenakan biaya tambahan kecuali anda menggunakan kamera DSLR atau lainnya.

5. Taman Bermain Anak

Anda yang mengajak anak anak ke sini tidak perlu khawatir. Sebab di Hutan Mangrove PIK sudah tersedia area taman bermain anak yang menyediakan berbagai wahana. Seperti kursi putar, jungkat jungkit, perosotan, dan masih banyak lagi. Jadi selama si kecil bermain, orang tua bisa bersantai sejenak menikmati pemandangan sambil mengawasi buah hatinya.

Itulah mengapa Taman Wisata Alam Angke Kapuk dipilih menjadi destinasi wisata keluarga yang ramai dikunjungi saat akhir pekan atau saat liburan. Karena berbagai keseruan yang ditawarkan di sini bukan hanya dapat dinikmati oleh orang dewasa saja. Melainkan dapat dinikmati oleh berbagai kalangan, baik anak kecil, remaja, orang dewasa, sampai lansia.

6. Penginapan yang Bervariasi

Anda yang ingin menikmati pesona Hutan Mangrove PIK lebih lama, di sini sudah tersedia penginapan dengan berbagai macam tipe. Mulai dari rumah tenda, villa rhizophora, villa avicennia, villa ergetta, villa honeymoon bruguiera, villa bertingkat rhizophora, sampai rumah bentang rhizophora.

Masing masing menyediakan beragam fasilitas memadai. Namun setiap tipe penginapan tentunya memiliki perbedaan antara satu sama lain, sehingga bisa anda pilih sesuai kebutuhan dan selera. Misalnya rumah tenda di camping ground, yang tersedia model non AC dan AC dengan fasilitas kamar mandi di luar dan sarapan untuk 2 orang.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Hutan Mangrove PIK
Image Credit: Google Maps Andini Maheswari

Hutan Mangrove PIK beralamatkan di Jalan Garden House Nomor 4 RT. 08 RW. 03, Kamal Muara, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Untuk menuju lokasi, anda bisa menggunakan beberapa transportasi seperti kendaraan pribadi, bus, atau transjakarta. Jika menggunakan kendaraan pribadi, lebih mudah apabila anda melewati tol.

Jadi anda hanya perlu mengarahkan kendaraan ke Mangrove Ecotourism Centre PIK. Yang mana akses jalan menuju ke destinasi termasuk sangat mudah dengan jalan yang mulus. Sedangkan untuk yang menggunakan bus, bisa menggunakan bus rute Blok M – Muara Angke. Nanti anda bisa turun ke Mega Mall Pluit, dan menyambung perjalanan menggunakan angkot nomor 11 warna merah.

Setelah itu turun di Jalan Mandara, dan naik angkot merah lagi yang melewati kawasan taman wisata. Lalu bagi anda yang menggunakan transjakarta, bisa naik dengan koridor 9A dengan tujuan Pinang Ranti – Pluit. Setelah turun di halte Pluit Village Mall, tinggal lanjutkan perjalanan dengan angkot merah bernomor B01 dan turun di pintu gerbang Pantai Indah Kapuk (PIK).

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Jam Operasional Hutan Mangrove PIK
Image Credit: Google Maps Reymond Kauw

Bagi anda yang ingin merasakan berbagai keseruan di Hutan Mangrove PIK, bisa berkunjung ke lokasi di jam operasionalnya yang berlangsung mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 18.00 WIB. Harga tiket masuknya untuk rekreasi saja yaitu sekitar Rp. 30.000 per orang untuk turis Nusantara di hari kerja. Sedangkan di akhir pekan dan hari libur dikenakan tarif Rp. 35.000 per orang.

Tarif tersebut berlaku untuk orang dewasa, untuk anak anak dikenakan separuh harga atau Rp. 15.000 pada hari Senin sampai Jumlah. Sementara itu, untuk akhir pekan dan hari libur dikenakan biaya sebesar Rp. 20.000. Harga tiket masuk ini belum termasuk berbagai wahana yang disediakan di dalam area wisata.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Hutan Mangrove PIK

Kegiatan Menarik Hutan Mangrove PIK
Image Credit: Google Maps hendro kristantox

1. Hunting Foto di Kawasan Hutan Hijau

Di Jakarta memang mendapatkan suasana hijau dan sejuk seperti ini termasuk cukup langka, sehingga anda tidak boleh lupa untuk mengabadikan momen selama berkunjung ke sini. Terlebih Hutan Mangrove PIK memiliki banyak spot favorit yang bisa dijajal untuk mengambil potret.

Misalnya sepanjang hutan yang diselimuti oleh tanaman bakau, di atas jembatan gantung yang berada dekat dengan jalan berpaving, di tepi danau, atau di bagian depan pondok penginapan. Namun perlu diketahui, anda yang membawa kamera sendiri seperti DSLR atau GoPro dan Polaroid akan dikenakan biaya tambahan.

Keindahan yang ada di Taman Wisata Alam Angke Kapuk memang begitu rupawan. Bahkan di sini cukup sering dijadikan sebagai tempat shooting sinetron dan film, shooting video clip, sampai photoshoot untuk berbagai keperluan. Untuk paket photoshoot sendiri sudah tersedia dengan fasilitas 1 unit perahu dayung untuk spot foto, dan 1 unit rumah tenda untuk ruang ganti.

2. Naik Perahu Menyusuri Kawasan Hutan Mangrove

Karena di Hutan Mangrove PIK tersedia banyak sekali wahana untuk melakukan wisata air, tentu anda bisa merasakan berbagai keseruan selama berkunjung ke lokasi. Salah satunya yaitu dengan naik perahu menyusuri kawasan hutan mangrove. Menariknya, perahu yang disediakan di sana bisa menampung hingga 6 sampai 8 orang. Sehingga bisa dinikmati bersama sama dengan keluarga atau teman.

Kegiatan Menarik di Hutan Mangrove PIK
Image Credit: Google Maps Mariza ZA

3. Belajar Menanam Mangrove

Mau mencoba belajar menanam mangrove ? Tentu anda bisa mendapatkan pengalaman menarik ini di Taman Wisata Alam Angke Kapuk. Karena di sini memang tersedia paket wisata penanaman dan konservasi. Penawaran wisata seperti ini termasuk cukup jarang di Jakarta, sehingga banyak sekali pengunjung yang berminat menjajalnya.

Terutama mereka yang datang bersama dengan anak anak. Karena selain seru, wisata seperti ini bisa menjadi sarana edukasi. Yang mana anda bisa memilih paket penanaman mangrove dengan biaya sekitar Rp. 150.000 per pohon. Atau bisa juga memilih paket penanaman nostalgia, yang mendapat 1 pohon bibit mangrove dan papan nama dengan biaya Rp. 500.000 per paket.

4. Menginap di Pondok

Belum puas hanya dengan berkeliling di kawasan Hutan Mangrove PIK, anda juga bisa menginap di salah satu pondoknya untuk menikmati lebih lama keindahan panorama alam yang ada di sana. Apalagi di lokasi sudah tersedia penginapan dengan tipe kamar yang bervariasi. Bukan hanya pondok, ada juga camp ground dan villa yang bisa anda pilih.

Sudah pasti masing masing tipe penginapan punya range harga yang berbeda. Sehingga anda bisa memilih yang dirasa paling sesuai dengan kondisi keuangan dan karakter diri sendiri. Tidak perlu khawatir dengan fasilitasnya, karena setiap kamar yang ada di sana sudah disediakan beragam fasilitas untuk memanjakan para pengunjung.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Ekowisata

Fasilitas Hutan Mangrove PIK
Image Credit: Google Maps Ahmad Fajarudin

Hutan Mangrove PIK dikelola dengan baik sebagai tempat konservasi sekaligus taman wisata untuk umum. Sehingga fasilitas yang disediakan di sini pun termasuk sangat memadai. Beberapa fasilitas umum seperti area parkir, toilet, spot foto, dan berbagai penyewaan wahana wisata air bisa anda temukan.

Tidak hanya itu saja, ada juga jalur sepeda yang tersedia di sini. Sehingga anda bisa bersepeda di dalam area wisata untuk mengelilingi hutan mangrove dengan luas sekitar 99,22 hektar. Lalu ada ada juga kantin lesehan yang bisa anda singgahi di destinasi untuk mengganjal perut. Jika tidak suka lesehan, anda tetap diperbolehkan untuk memilih tempat makan yang berupa meja dan kursi.

Dengan berbagai keseruan yang ditawarkan Hutan Mangrove PIK, tidak heran jika banyak warga Jakarta yang memilih untuk berkunjung ke sana saat akhir pekan atau hari libur tiba. Terlebih wisata alam yang penuh pepohonan hijau seperti ini termasuk cukup langka ditemukan di perkotaan padat penduduk.