Wisata hutan pinus saat ini sedang hits dikalangan para wisatawan. Bagaimana tidak, susunan rapi dari pepohonan dan sejuknya udara pastinya akan memberikan kita ketenangan serta kenyamanan sehingga dapat meringankan beban pikiran dan kelelahan yang dirasakan.

Bogor selain terkenal sebagai julukan Kota Hujan, juga menjadi kawasan yang terkenal di kalangan wisatawan dengan pesona hutan pinusnya. Berikut daftar rekomendasi hutan pinus di Bogor yang dapat anda jadikan sebagai tujuan berlibur.

1. Hutan Pinus Gunung Pancar Sentul

Hutan Pinus Gunung Pancar Sentul
Image Credit: Google Maps Chantar Harumi

Hutan Pinus rindang ini merupakan sebuah hutan yang menyediakan banyak spot foto yaitu sekitar 38 spot foto yang disediakan bagi para pengunjung yang ingin mengambil foto. Untuk menikmati keunikan dan keindahan masing-masing spot foto, anda diwajibkan membayar Rp 10.000 per spot dan Rp 25.000 untuk tujuh spot foto. Walaupun harga yang ditawarkan cukup tinggi, namun akan sangat sesuai dengan hasil foto yang akan anda peroleh. Selain lokasi foto, anda juga dapat menikmati kegiatan outbound seperti paintball, archery, dan team building.

Hutan pinus asri ini juga menyediakan kolam pemandian air panas yang tersedia dalam beberapa tempat dan kategori yaitu kolam renang tiga rasa yang menyediakan kolam yang terbagi menjadi kolam air panas, kolam air dingin, dan kolam air hangat yang dapat anda nikmati dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 untuk anak-anak dan Rp 25.000 untuk orang dewasa.

Kolam kedua adalah kolam keluarga yang dapat anda nikmati bersama anggota keluarga anda dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp 100.000 per jam untuk setiap keluarga. Kolam ketiga merupakan kolam pemandian umum yang akan terbuka selama 24 jam yang mematok tarif sebesar Rp 5.000 untuk anak-anak dan Rp 10.000 untuk orang dewasa. Dan kolam terakhir adalah kolam therapy yang akan memberi anda kesan pijatan sehingga dapat membantu anda untuk meningkatkan kebugaran otot-otot anda dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp 50000 per orang.

Selain menawarkan kolam pemandian, hutan pinus rimbun ini menyediakan terapi ikan yang saat ni sedang hits di kalangan masyarakat dan untuk memperoleh sensasi terap dari ikan-ikan ini anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 10.000 untuk 30 menit. Selain itu, hutan sejuk ini juga menyediakan spot hiking dan tracking, camping ground, area piknik, dan warung makanan yang akan membuat pengalaman wisata anda akan semakin berkesan.

Harga Tiket: Rp 7.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor, Jawa Barat.

2. Hutan Pinus Catang Malang

Hutan Pinus Catang Malang
Image Credit: Instagram Tiga Jam Dari Jakarta

Hutan pinus yang terkenal dengan kabutnya pada saat hujan ini merupakan sebuah hutan yang dikelola oleh Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Bogor. Untuk anda yang ingin melakukan kegiatan wisata alam sembari melihat beberapa satwa liar, hutan hits ini akan sangat cocok untuk anda. Pasalnya terdapat satwa liar berupa ayam hutan, monyet, dan satwa lainnya di dalam hutan asri ini. Selain itu, di dalam kawasan hutan indah ini terdapat tiga curug atau air terjun yaitu Curug Cidulang, Curug Ciherang 1, dan terakhir adalah Curug Ciherang 2.

Hutan yang menjadi tempat relaksasi ini dapat anda gunakan sebagai lokasi tujuan jogging track pasalnya hutan hits ini menyediakan udara yang segar serta jalan yang akan sangat sesuai untuk kegiatan jogging. Selain menawarkan kesejukan dan kerindangan, kawasan hutan hijau ini juga memberikan pemandangan indah dari hamparan awah yang berada di samping hutan hits ini. Untuk menikmati keindahan hutan hits ini anda perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000. Lokasi hutan sejuk ini terletak di Desa Sukawangi dan Desa Warga Jaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor.

Pengunjung dianjurkan menggunakan pakaian tebal karena hutan asri ini terkenal dengan embun dan dinginnya suhu udaranya. Suasana dingin dan tidak ramai akan memberi pengalaman wisata yang indah dan menenteramkan hati. Untuk anda yang sedang merasa penat dengan kegiatan atau merasa kesulitan untuk berpikir, hutan ini akan sangat sesuai untuk anda melakukan refreshing. Dengan begitu, anda akan dapat berpikir lebih jernih dan anda dapat mengembalikan semangat anda kembali untuk menjalani rutinitas kembali.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Warga Jaya, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor, Jawa Barat.

3. Bukit Pinus Kali Mati

Bukit Pinus Kali Mati
Image Credit: Google Maps Ifan Septianto

Bukit Pinus Kali Mati merupakan sebuah hutan pinus yang baru dijadikan sebagai lokasi wisata. Sebagai salah satu lokasi wisata yang masih terbilang muda, hutan rindang ini rupanya sudah menarik perhatian banyak pengunjung karena keindahan yang ada didalamnya. Pembukaan hutan wisata hits ini dimaksudkan untuk membantu perekonomian masyarakat sekitar agar dapat semakin sejahtera karena pekerja yang dipekerjakan di hutan pinus indah ini merupakan penduduk setempat. Untuk fasilitas atau wahana yang dapat anda nikmati di dalam kawasan hutan hits ini terbilang cukup banyak seperti wahana flying fox, camping, hiking, dan lainnya.

Hutan yang terkenal dengan suasana gelap dan kabut ini terkenal dengan camping groundnya yang luas dan unik. Anda akan dapat menikmati suasana camping di antara megahnya pohon-pohon yang pinus yang berdiri mengelilingi kemah anda. Untuk anda yang berminat untuk melakukan kegiatan liburan di lokasi rekreasi indah satu ini cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp 15.000 per orang untuk camping ground serta Rp 1.000 untuk pengunjung yang ingin melakukan hiking dan biaya ini sudah termasuk biaya parkir. Harga yang cukup murah dalam menikmati keindahan dan ketenangan yang ada di hutan yang hits ini.

Hutan pinus unik ini terletak di Desa Sukajadi, Kecamatan Tamansari, Bogor. Hutan rindang ini juga kerap kali dijadikan sebagai lokasi bersepeda oleh orang-orang menyukai olahraga tracking menggunakan sepeda. Selain itu, hutan unik ini juga dijadikan sebagai lokasi peristirahatan saat melakukan perjalanan jauh atau panjang karena hutan rindang ini memberikan kesejukan dan ketenangan sehingga pengunjung dapat mengisi stamina untuk melanjutkan perjalanan panjangnya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukajadi, Kec. Tamansari, Kab. Bogor, Jawa Barat.

4. Hutan Homogen Pinus Loji

Hutan Homogen Pinus Loji
Image Credit: Google Maps ANGGI KUSUMAWARDANI

Hutan Pinus Loji merupakan sebuah hutan yang tidak hanya menawarkan indah dan rapinya susunan pohon pinus, namun terdapat sebuah suaka yaitu Suaka Elang. Pohon-pohon pinus yang ada di wisata indah ini menjulang tinggi dan tersusun rapi yang akan sangat menarik jika dijadikan latar sebuah foto. Hal ini menyebabkan banyak pengunjung yang hadir ke lokasi wisata asri ini untuk berburu foto. Hutan Homogen Pinus Loji terletak di Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor.

Suaka Elang merupakan sebuah kawasan rehabilitasi elang yang terdiri dari empat spesies yaitu Nisaetus bartelsi atau elang jawa, Spilornis cheela atau elang ular bido, Ictinaetus malaiensis atau elang hitam, dan Nisaetus cirrhatus atau elang brontok. Elang-elang ini dapat diperoleh dari hasil penangkapan baik badan resmi maupun warga sekitar. Setelah direhabilitasi, elang-elang ini akan dibebaskan ke alam liar sehingga elang tersebut dapat hidup dan berkembang sesuai dengan yang seharusnya. Untuk menikmati kegiatan meneliti atau menikmati suaka elang, pengunjung diwajibkan membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang.

Bukan hanya elang, hewan liar seperti monyet ekor panjang, burung-burung, Surili, Owa jawa, Lutung dan Macan Tutul atau Macan Kumbang, dan jelarang juga ada di hutan rindang ini. Selain suaka elang, hutan pinus luas dan hits ini juga menyediakan layanan camping ground yang memiliki luas sekitar setengah hektar yang dapat dijadikan juga sebagai area outbound. Anda dapat melakukan kegiatan bersama keluarga atau teman-teman anda di camping ground ini karena lahannya yang cukup luas.

Tidak sampai disitu, di wisata hutan pinus segar ini juga terdapat sebuah air terjun yang sangat indah. Air terjun tersebut bernama Air Terjun Cibadak yang menjulang tinggi setinggi 30 meter. Airnya yang bersih dan segar akan meredakan kelelahan dan keletihan anda selama dalam perjalanan. Terakhir adalah terdapat sebuah jembatan gantung yang merupakan lintasan ngarai yang dikelilingi oleh tumbuhan paku dan bambu yang sangat indah dijadikan sebagai spot foto.

Mirip dengan hutan-hutan sebelumnya, hutan rimbun ini juga melayani kegiatan camping. Anda dapat melakukan perkemahan di lokasi yang sudah disediakan yaitu di camping ground. Kegiatan perkemahan dapat dilakukan bersama keluarga atau teman dan kegiatan camping ini memungkin pengunjung untuk menikmati keindahan hutan pohon pinus indah ini saat pagi hingga malam hari. Saat melakukan camping, anda dapat merasakan dan melihat kabut-kabut yang akan mengelilingi anda dan tenda anda yang menjadi salah satu hal yang menambah kesan lengkap dalam berkemah.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cijeruk, Kec. Cijeruk, Kab. Bogor, Jawa Barat.

Itulah beberapa hutan pinus populer di Bogor yang dapat anda jadikan sebagai referensi tujuan berlibur selanjutnya. Setiap hutan pinus memiliki kelebihan dan daya tarik masing-masing sehingga anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda. Penulis berharap semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.