Hutan Pinus Gunung Pancar salah satu destinasi wisata alam yang menyenangkan di Sentul, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Pengunjung bisa menyaksikan deretan pohon pinus yang cantik nan asri, melakukan kegiatan outbound dan camping seru.

Harga Tiket: Rp 7.500, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Menyempatkan waktu untuk berlibur bersama keluarga di kawasan Bogor adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan. Salah satu pilihan destinasi di Bogor yang sangat hits adalah Hutan Pinus Gunung Pancar. Anda bisa menghabiskan waktu bersama dengan keluarga sambil menikmati udaranya yang sejuk, membuat liburan Anda terasa menyenangkan dan lebih berkesan. Simak informasi lebih dalam tentang hutan pinus favorit berikut ini.

Daya Tarik Wisata Hutan Pinus Gunung Pancar

Daya Tarik Hutan Pinus Gunung Pancar
Image Credit: Twitter.com @explorejabar

Hutan menjadi tempat wisata yang menarik dan cocok digunakan berlebih bagi Anda yang ingin merasakan udara yang sejuk dan tenang. Hutan Pinus juga dikenal oleh para wisatawan dengan sebutan Hutan Sentul Bogor. Hal ini terjadi karena hutan tersebut terletak di kawasan Sentul Bogor. Hutan wisata ini selalu ramai, terlebih saat weekend.

Gunung ini juga masuk dalam kawasan konservasi Gunung Pancar sehingga kondisinya sangat terjaga dengan baik. Vegetasi berupa pohon pinus di sana berjajar dengan rapi dan terlihat sangat alami. Hutan tersebut berada di ketinggian 800 meter diatas permukaan laut.

Tidak heran jika kemudian para pengunjung akan langsung dapat merasakan sensi udara yang sejuk. Anda bisa mendengar kicauan burung yang saling bersahutan. Meskipun bukan kawasan wisata modern seperti mall. Tempat ini memiliki banyak penikmat, bahkan anak anak muda juga banyak yang menghabiskan waktu bersama teman temannya di sana.

Lokasi ini juga terkenal sebagai destinasi camping. Menginap semalam di bawah tenda dijamin memberikan pengalaman yang berkesan. Akan tetapi, kegiatan ini tidak boleh Anda lakukan sendirian. Setidaknya ajaklah keluarga atau teman sehingga waktu yang dihabiskan tidak membosankan. Apabila bermalam di sana, Anda akan melihat suasana pagi yang paling indah.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Hutan Pinus

Alamat Hutan Pinus
Image Credit: Google Maps (Hasan Lukman)

Objek wisata ini berada kecamatan Babakan Madang Bogor Jawa barat, lebih tepatnya di sekitaran jalan Ke Karang Tengah. Lokasi itu mudah diakses karena disah dapat dibuka melalui aplikasi google maps. Anda hanya perlu menginput nama destinasi wisatanya yaitu Hutan Pinus Gunung Pancar ke kotak pencarian. Setelah itu, ikutilah rute yang ditunjukkan di layar smartphone.

Adapun rute yang bisa Anda tempuh untuk menuju kawasan tersebut adalah dengan mengakses Tol Jagorawi. Setelah itu keluarlah melalui gerbang Tol Sentul sebelah selatan kemudian belok kiri menuju jalan M.H. Thamrin. Kemudian carilah arah untuk menuju Jalan Jungle Land. Dari situ, Anda perlu mencari alun alun sentul kemudian belok kiri.

Dari situ, Anda akan menemukan petunjuk menuju Gunung Pancar. Terus saja di jalur tersebut hingga Anda menemukan destinasi wisata ini di sebelah kiri jalan. Anda yang datang dengan rombongan dan berencana untuk melakukan kegiatan wisata berupa outbound dan memerlukan reservasi tertentu juga bisa menghubungi call center Hutan Pinus Bogor.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Bogor

Harga Tiket Hutan Pinus Bogor
Image Credit: Google Maps (Dewi Apriyanti)

Informasi selanjutnya yang perlu Anda ketahui sebelum berkunjung adalah harga tiket masuknya. Anda yang datang dengan menggunakan sepeda motor, harus membayar tiket sekitar 7.500 rupiah. Sedangkan jika membawa mobil, biayanya adalah 15.000 rupiah. Kemudian biaya per orangnya sama seperti motor yaitu 7.500 ribu.

Dengan biaya ini, Anda sudah bisa sepuasnya mengeksplor bagian dalam hutan pinus. Tidak ada batasan sampai jam berapa wisatawan bisa berlama lama di sana. Hal ini terjadi karena destinasi wisata ini buka selama 24 jam dalam tujuh hari penuh. Oleh karena itu, Anda yang datang dari luar kota tidak perlu merasa khawatir jka tempat wisata ini tutup.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Hutan Pinus Sentul

Kegiatan di Gunung Pancar
Image Credit: Google Maps (Balia Rahman Soeroso)

1. Berburu Foto Keren

Hutan Pinus Gunung Pancar memiliki banyak sekali spot selfie. Lokasi tersebut sengaja disiapkan oleh pengelola hutan wisata agar para pengunjung yang datang semakin banyak. Kabarnya, ada 38 spot foto berbeda yang ditawarkan. Setiap spot foto ini terbagi menjadi beberapa kavling sehingga tidak hanya berpusat pada satu tempat saja.

Akan tetapi, Anda harus membayar biaya jika ingin mengambil gambar di area selfie. Biaya berfoto di sana adalah sekitar 10 ribu rupiah. Jika ingin hemat, Anda juga bisa mengambil paket 7 spot foto dengan harga 25 ribu. Pilihan ini jauh lebih ekonomis dan paling banyak digunakan oleh para wisatawan. Pasti tidak asyik apabila Anda hanya berfoto satu kali saja bersama dengan keluarga.

Spot foto ini buka mulai pukul 7 pagi hingga 6 sore. Oleh karena itu, Anda yang berasal dari luar kota tidak perlu khawatir, karena jam bukanya yang panjang. Hutan pinus ini juga sering digunakan sebagai lokasi prewedding, sehingga jangan heran jika Anda menemukan sepasang calon pengantin di lokasi tersebut.

2. Melakukan Aktivitas Outbound

Outbound merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan untuk melatih gerak olah tubuh dan kepekaan terhadap lingkungan sekitar. Tidak heran jika permainan yang disediakan di lokasi outbound sangat beragam dan menantang. Outbound ini juga identik dengan kegiatan di luar ruangan sehingga hutan pinus adalah lokasi yang sangat cocok untuk melakukannya.

Pengelola sudah memfasilitasi kegiatan outbound bagi para pengunjung. Kegiatan tersebut diantaranya adalah paintball, archery, dan outbound team bundling. Semua aktivitas ini bisa Anda coba sehingga akan membuat kesepakatan wisata kali ini lebih berkesan. Kegiatan tersebut akan semakin menyenangkan jika Anda lakukan bersama dengan rombongan.

3. Berenang di Pemandian Air Panas

Kawasan Hutan Pinus juga menyediakan tempat bagi Anda yang hendak berendam dan berenag. Kolam yang ada di sana terbagi menjadi beberapa area. Mereka adalah kolam tiga rasa, kolam keluarga, kolam pemandian umum, dan kolam terapi. Kolam tiga rasa dan kolam terapi kabarnya adalah lokasi yang paling sering ramai.

Kolam tiga rasa maksudnya adalah kompleks kolam yang menyediakan tiga macam suhu, yaitu kolam air panas, air hangat, dan air dingin. Apabila tertarik untuk menggunakannya, Anda perlu membayar tiket masuk sekitar 25 ribu. Sedangkan untuk anak anak, harganya jauh lebih murah yaitu hanya sekitar 15 ribu rupiah saja.

Sedangkan kolam terapi adalah kolam yang memiliki pancuran air hangat yang dapat memberikan sensasi rasa pijatan. Untuk mengaksesnya, Anda perlu mengeluarkan biaya yang lebih tinggi yaitu sekitar 50 ribu. Akan tetapi, tubuh Anda akan terasa lebih rileks. Dengan begitu, Anda bisa melepaskan rasa pegal yang timbul akibat perjalanan jauh.

Kegiatan Gunung Pancar
Image Credit: Twitter.com @jak101fm

4. Terapi Ikan

Dalam area wisata, Anda juga akan menemukan kolam terapi ikan. Di sana, Anda bisa merasakan sensasi gigitan ikan kecil di bagian kaki. Ikan ikan tersebut memakan kulit kulit kaki yang sudah tua. Dengan sering melakukannya, bukan tidak mungkin kulit akan jauh lebih halus. Akan tetapi, kegiatan ini hanya bisa dilakukan oleh orang orang yang tahan geli.

Mulut ikan yang lembut akan memberikan sensasi unik saat mengenai bagian kulit. Tidak heran jika kemudian sensasi ini tidak disukai oleh sebagian orang. Apabila Anda tertantang untuk mencobanya, maka belilah tiket terlebih dahulu dengan membayar biaya 10 ribu. Dengan biaya tersebut, Anda bisa menggunakan fasilitas terapi ikan selama 30 menit.

5. Trekking dan Hiking

Tracking dan Hiking merupakan pilihan kegiatan yang cocok bagi anak anak muda yang memiliki semangat petualangan yang membara. Anda bisa mendaki serta menyusuri Gunung Pancar dengan mengikuti jalan setapak. Melalui jalur tersebut, Anda akan melewati hutan pinus, melewati jalur bebatuan, dan menyebrangi sungai.

Kegiatan ini akan sangat menyenangkan jika dilakukan bersama sama dengan rombongan. Anda bisa mengelilingi hutan pinus ini dengan perasaan yang lebih tenang dan gembira. Tentu kegiatan ini akan terasa mengerikan jika hanya dilakukan sendirian. Apabila kebetulan Anda datang seorang diri, lebih baik bergabung saja dengan rombongan lain sehingga ada temannya.

6. Camping di Kawasan Hutan Pinus

Cara menikmati keindahan alam di Hutan Pinus Sentul adalah dengan camping. Anda bisa menikmati sensasi bermalam ditemani oleh semilir angin hutan yang sejuk. untuk melakukannya, pastikan Anda telah membawa peralatan yang memadai. Jangan lupa pula untuk membawa persediaan makanan agar tidak kelaparan.

Pastikan pula bahwa Anda telah membawa jaket tebal. Suhu di sana saat malam jauh lebih dingin dibandingkan siang hari. Takutnya Anda akan tersiksa dan tidak nyaman tinggal semalam di sana. Bagi Anda yang tidak memiliki peralatan camping, di lokasi tersebut sebenarnya sudah tersedia. Akan tetapi, ada biaya sewa yang harus dibayar.

Fasilitas yang Tersedia di Hutan Pinus Gunung Pancar

Fasilitas Gunung Pancar
Image Credit: Google Maps (Bobby Risakotta)

1. Camping Ground

Pengelola objek wisata sudah menyediakan tempat bagi Anda yang ingin camping. Lokasi tersebut disebut dengan nama camping ground. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot mencari tempat sendiri untuk mendirikan tenda. Di camping ground ini, Anda juga bisa bertemu dengan rombongan lain sehingga malam di Hutan Pinus Bogor semakin menyenangkan.

Anda juga bisa saling bercengkrama dan sharing perbekalan. Hal semacam inilah yang membuat camping ground menjadi tempat yang hangat dan akrab. Atau Anda juga bisa memainkan berbagai alat musik, salah satunya adalah gitar. Alat musik tersebut sangat cocok digunakan untuk menemani malam yang dingin sambil menikmati api unggun.

2. Area Piknik

Hutan Pinus ini juga sudah menyediakan lokasi bagi Anda dan keluarga yang hanya mampir untuk melakukan piknik. Anda bisa membuka alas duduk dan menikmati hidangan yang telah dibawa dari rumah di sana. Apabila jumlah jajanan yang dibawa masih kurang, Anda juga bisa membeli beberapa cemilan tambahan yang ada di kios yang telah disediakan.

Suasana hutannya yang sejuk akan membuat Anda dan keluarga merasa betah berlama lama di sana. Cahaya matahari yang menembus dahan pepohonan juga terlihat mempercantik tampilan hutannya. Pemandangan semacam ini tidak dapat Anda temukan di destinasi wisata lain jika bukan kawasan hutan. Tidak heran jika kemudian destinasi ini selalu ramai.

3. Tempat Makan

Fasilitas selanjutnya yang juga bisa Anda temukan adalah kios makanan. Beberapa kios ini buka sampai malam sehingga Anda yang sedang camping bisa membeli perbekalan di sana. Akan tetapi sebelum membeli, pastikan Anda menanyakan harganya terlebih dahulu. Langkah ini penting agar Anda bisa membeli makanan dengan nyaman.

Demikianlah beberapa ulasan tentang Hutan Pinus Gunung Pancar di Kawasan Sentul, Bogor yang perlu Anda ketahui. Akan sangat disayangkan jika saat berada di Bogor, Anda tidak mampir ke destinasi wisata yang satu ini. Kesejukan udaranya serta pemandangannya yang indah akan membuat wisata jauh lebih berkesan. Dengan begitu, waktu luang Anda dan keluarga akan menjadi momen yang terbaik.