Harga Tiket: Rp 2.000, Jam Operasional: Pukul 07.00 – 17.00 WIB, Alamat: Jl. Sultan Agung, Sananwetan, Kec. Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Blitar adalah salah satu kota yang terletak di Jawa Timur. Selain terkenal akan keindahan wisata alamnya yang memanjakan mata, kota ini juga tergolong salah satu kota bersejarah yang ada di Jawa Timur. Bagaimana tidak, berbagai macam destinasi seperti Monumen Trisula, Makam Bung Karno hingga Candi Penataran bisa anda jumpai ketika berada di kota ini.

Namun, jika anda sedang menyempatkan diri berkunjung ke Kota Blitar, jangan lupa untuk datang ke Istana Gebang. Bangunan satu ini merupakan rumah yang sangat bersejarah bagi Ir Soekarno yang merupakan Presiden Republik Indonesia ke-1. Ingin tahu lebih lanjut tentang rumah satu ini? berikut simak daya tarik yang akan dikupas untuk anda.

Daya Tarik yang Dimiliki Istana Gebang

Daya Tarik Istana Gebang Blitar
Image Credit: Google Maps Muhammad Hasan Bisri

1. Sumur Tua yang Airnya Tidak Pernah Habis

Salah satu hal menarik yang anda temukan ketika berkunjung ke tempat wisata bersejarah ini adalah adanya sumur tua yang berada di belakang istana Gebang. Keberadaan dari sumur satu ini akan terasa tampak sangat istimewa lantaran mitos yang dimilikinya. Pasalnya, sumur satu ini telah dibangun sejak tahun 1884.

Akan tetapi, volume air yang keluar dari sumur ini pun seakan akan tidak pernah habis. Sehingga masyarakat yang ada di sekitar pun percaya jika sumur satu ini memiliki berkah tersendiri. Dengan usia sumur yang telah ratusan tahun ini tentu saja memiliki aura mistis tersendiri.

Hal ini dikarenakan konon katanya pada setiap malam malam tertentu, akan tercium aroma dupa atau wangi melati yang terbilang cukup tajam. Sehingga tak heran, kerap kali terjadi kejadian mistis di sekitar lokasi sumur tua ini. tentunya jika anda penasaran dengan keberadaan dari sumur tua ini, tak ada salahnya untuk mampir ke Istana Gebang

2. Diadakan Syukuran Setahun Sekali

Keunikan lain yang bisa anda temukan adalah setiap setahun sekali, di istana ini diadakan tasyakuran. Biasanya akan digelar tepat tanggal 6 Juni, yang mana bertepatan dengan ulang tahun dari Bung Karno. Tak hanya selamatan saja, pada tasyakuran tersebut juga diadakan berbagai macam kesenian yang ditampilkan.

3. Terdapat Berbagai Perabotan Antik

Daya tarik yang dimiliki oleh Istana Gebang yang lain adalah adanya berbagai perabotan antik yang bisa anda temui disini. Disini, anda akan menemukan berbagai meja dan kursi kayu khas tempo dulu. Kemudian, ada pula lemari lemari kecil yang berada di sudut sudut ruangan bisa anda temukan disini.

Selain itu, anda juga akan menemukan beberapa foto dan juga lukisan dari Bung Karno. Keunikan lain yang bisa anda temukan disini adalah sebuah mobil sedan Mercedes lawas yang dulunya pernah digunakan oleh Bung Karno saat menjadi presiden pertama RI. Mobil tersebut diduga memang dibuat khusus oleh Bung Karno lantaran terdapat bendera merah putih yang terdapat di bagian depannya.

Daya Tarik Dimiliki Istana Gebang Blitar
Image Credit: Google Maps Aulia Wahyu C

4. Bangunan yang Kental Akan Arsitektur Belanda dan Jawa

Istana Gebang adalah salah satu bangunan yang berdiri diatas lahan yakni seluas 2 hektar. Disini, anda akan menemukan beberapa bangunan lain yakni seperti rumah utama yang merupakan kediaman dari Ir Soekarno sewaktu masih kecil. Kemudian, ada juga Balai Kesenian yang mana dulunya menjadi tempat untuk berkarya seniman seniman yang berasal dari Blitar.

Bangunan yang ada di istana ini sendiri memiliki arsitektur khas Belanda dengan perpaduan dari Jawa. Sehingga berkunjung kesini akan membuat anda seakan kembali ke masa kolonial Belanda. Tentu saja, bagi anda yang mencari spot foto instagramable sangat pas bila datang ke lokasi satu ini.

5. Tempat Bekas Kediaman Dari Bung Karno

Selain itu, daya tarik utama dari bangunan satu ini merupakan tempat bekas peninggalan dari presiden pertama Republik Indonesia. Sebenarnya bangunan satu ini merupakan kediaman dari Poegoeh Wardoyo yang merupakan suami dari Sukarmini, yakni kakak kandug dari Bung Karno.

Di rumah ini, Bung Karno menghabiskan masa kecilnya. Namun, tidak hanya Bung Karno dan kakaknya saja, melainkan kedua orang tuanya juga tinggal di rumah satu ini. sehingga, hal tersebut akan membuat bangunan ini memang cukup dikenang sebagai salah satu tempat bersejarah yang bisa anda temui di Blitar.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Istana Gebang Blitar
Image Credit: Google Maps Sophian SC

Bagi anda yang tertarik mengunjungi destinasi wisata satu ini, maka anda bisa saja untuk langsung datang di Jalan Sultan Agung no 69 Kota Blitar. Untuk jaraknya sendiri yakni sekitar 2 kilometer ke arah selatan dari Makam Bung Karno. Apabila anda berasal dari Malang dan menggunakan transportasi umum, maka anda pun bisa langsung saja menggunakan bus atau kereta api.

Sesampainya di Blitar, wisatawan bisa langsung saja naik transportasi umum untuk bisa sampai di Istana Gebang. Ada banyak transportasi umum yang bisa anda temukan disini, mulai dari Ojek, Becak hingga angkutan yang tersedia di depan stasiun. Transportasi umum tersebut akan bisa mengantarkan anda menuju ke kawasan istana.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Tiket Istana Gebang Blitar
Image Credit: Google Maps Jodi Narendradata

Jika anda ingin datang ke salah satu tempat bersejarah di Blitar ini, maka anda tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam. Sebab, anda hanya perlu untuk merogoh kocek yakni sekitar 2 ribu rupiah saja. sedangkan bagi anda yang membawa kendaraan pribadi, maka anda akan dikenakan biaya parkir dengan harga yang cukup murah.

Dimana anda hanya perlu mengeluarkan kocek sekitar 2 ribu rupiah untuk anda yang membawa kendaraan roda dua dan 5 ribu rupiah untuk anda yang membawa kendaraan roda empat. Dengan harga yang sangat murah tersebut, anda pun akan bisa masuk dan menjelajah bangunan bekas kediaman Bung Karno ini.

Sedangkan untuk jam buka dari destinasi wisata satu ini sendir adalah mulai pukul 7 pagi hingga 5 sore. Selain itu, wisata satu ii juga akan tetap buka setiap hari. Kecuali perayaan hari hari besar, seperti Idul Fitri dan Idul Adha. Tidak hanya itu saja, anda pun juga akan bisa datang ketika tanggal 6 Juni yang bertepatan dengan hari lahir Soekarno untuk melihat berbagai kesenian yang ditampilkan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Istana Gebang

Aktivitas Istana Gebang Blitar
Image Credit: Google Maps adi firmansyah

1. Hunting Foto

Kegiatan hunting foto saat berada di Istana Gebang, nampaknya menjadi salah satu hal yang wajib anda lakukan. Hal tersebut dikarenakan ketika anda berkunjung ke destinasi wisata satu ini, ada banyak sekali spot foto menarik yang bisa anda dapatkan. Pastinya akan sangat instagramable dan menunjukkan sisi bersejarah dari bangunan satu ini.

Salah satu spot favorit yang biasanya diambil oleh pengunjung yang datang adalah foto dengan latar belakang patung dari Presiden Republik Indonesia yang pertama ini. Selain itu, anda juga diperbolehkan untuk mengambil foto bangunan istana. Seperti pada bagian ruang tamu.

2. Menjelajah Istana Gebang

Sembari berfoto, anda juga bisa sekaligus berjalan jalan menyusuri kediaman dari Presiden Republik Indonesia ini. dimana ketika anda menjelajah bangunan tua tersebut, maka kesan tempo dulu akan langsung anda rasakan. Disini, anda bisa menjelajah dan berjalan jalan di semua sudut ruangan yang ada.

Mulai dari halaman depan yang mana terdapat patung dari Bung Karno. Kemudian, anda juga bisa masuk ke bagian dalam rumah dan mengambil foto di segala penjuru ruangan. Dimana kesan jadul dan klasik akan anda dapatkan disini. Kemudian, anda juga bisa melanjutkan perjalanan ke halaman belakang, tempat sumur tua berada.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Istana

Fasilitas Istana Gebang Blitar
Image Credit: Google Maps Muhammad Thoha Ma’ruf

Berbicara mengenai fasilitas yang tersedia di lokasi satu ini, anda pun bisa mendapatkan fasilitas penunjang untuk liburan anda agar lebih nyaman. Diantaranya adalah apabila anda merasa lapar, maka anda bisa datang dan bersantap di warung makan yang ada di sekitar Istana Gebang.

Selain itu, di tempat wisata satu ini, anda juga akan menemukan toilet yang tentu saja gratis. Kemudian, jika anda berjalan jalan disini, maka saat berada di depan, anda akan langsung disuguhkan dengan patung dari Ir. Soekarno yang memang cocok menjadi lokasi atau spot untuk berfoto.

Kemudian, apabila anda belum puas berjalan-jalan di sekitar istana ini, maka anda pun bisa saja menginap di hotel terdekat. Anda pun tidak perlu khawatir karena fasilitas dari penginapan yang ada di sekitar tempat wisata satu ini terbilang cukup lengkap dan harganya juga sangat terjangkau.

Berjalan-jalan di Istana Gebang yang ada di Blitar dapat menjadi destinasi yang wajib anda singgahi. Setelah anda mengunjungi Makam Bung Karno yang terletak tidak jauh dari lokasi ini, maka anda pun bisa melanjutkan perjalanan menuju ke tempat satu ini. tak hanya itu saja, bagi anda yang ingin merasakan wisata murah meriah lengkap dengan sejarah dari Indonesia, Istana Gebang adalah tempat yang pas.