Harga Tiket: -, Jam Operasional: 07.00-18.00 WIB, Alamat: Kaligawe, Susukan, Kec. Ungaran Timur, Kab. Semarang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Jateng Valley menjadi salah satu referensi wisata alam yang bisa Anda kunjungi ketika berada di Jawa Tengah. Wisata alam yang satu ini terbilang masih cukup asri, mengingat masih satu kawasan dengan hutan. Tak heran jika kawasan wisata ini memiliki suasana yang sejuk dan damai. Tentu sangat cocok bagi Anda yang ingin melepas penat dari kesibukan pekerjaan setiap hari. Seperti apa keindahan dari Jateng Valley? Yuk simak ulasan lengkapnya seperti berikut!

Sekilas Tentang Wisata Jateng

Tentang Wisata Jateng
Image Credit: Google Maps (Oka Aryata)

Demi membangun daerah yang berorientasi lingkungan, pihak pemerintah Jawa Tengah sedang gencar gencarnya menghadirkan wisata go green. Salah satu wisata yang menarik perhatian bagi para masyarakat lokal maupun luar daerah yaitu Jateng Valley. Di sini Anda akan menemukan berbagai macam area yang mampu memanjakan para pengunjungnya.

Berada di kawasan seluas 371,88 hektare pembangunannya masih berlangsung dan masih dalam pengembangan. Dengan ide yang begitu bagus, diyakini akan menyedot kunjungan turis asing untuk berdatangan ke daerah Jawa Tengah ini. Pasalnya, destinasi ini nantinya akan menjadi terbesar di Asia Tenggara.

Selain masuk ke lima besar di dunia, kawasan wisata ini juga menjadi yang paling luas dengan gaya futuristik tetapi masih menjaga kelestarian hutan dan alamnya. Wisata ini akan dilengkapi dengan sarana wisata sebesar 37,1 hektar atau (10%) sesuai peraturan Menteri LHK. Dengan begitu. Kawasan wisata tidak menyalahi aturan dan sesuai harapan awalnya yang ramah lingkungan.

Gagasan awal Jateng Valley ini merupakan bentuk usaha dalam menciptakan man made resources atau wisata buatan manusia berkelas dunia. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian para turis mancanegara agar mau berlama lama di daerah Jawa Tengah. Alhasil, para wisatawan akan lama tinggal di Jawa Tengah dan meningkatkan potensi berbagai wisatanya.

Mengingat setiap tahun ada 20 sampai dengan 25 kapal pesiar dari berbagai negara singgah di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, kawasan wisata ini diharapkan mampu menjaring turis tersebut. Dengan begitu, wisata yang ada di kawasan Jawa Tengah bisa lebih terkenal dan mendapatkan banyak perhatian.

Daya Tarik yang Dimiliki Jateng Valley

Daya Tarik Jateng Valley
Image Credit: Google Maps (Masbin Indonesia)

Pesona wisata alam yang ada di Jawa Tengah banyak diburu oleh wisatawan setempat maupun luar daerah untuk dijadikan sebagai destinasi andalan dalam hal melepas penat. Salah satu wisata alam bisa Anda kunjungi di bagian Jawa Tengah, Semarang adalah Jateng Valley. Kawasan ini berkonsep natural dan futuristik untuk menyediakan destinasi ramah lingkungan modern.

Mengingat kawasan wisata ini merupakan hutan yang dijadikan destinasi wisata, maka suasananya begitu menyejukkan dan segar. Tempat ini merupakan kawasan wisata yang memadukan antara hutan tanaman serta alam sekunder. Daya tarik yang disuguhkan di kawasan satu ini yaitu suasana hutannya yang masih.

Tak hanya disuguhi dengan pemandangan alam yang begitu memukau, ternyata ada juga beberapa area yang bisa Anda temukan. Sekilas, memang kawasan wisata ini tampak biasa saja dan tidak begitu istimewa dari sebuah hutan yang dikelilingi pohon rimbun dengan suara jangkrik menggema ketika matahari mulai terbenam.

Kawasan Jateng Valley memang tak lebih dari sekedar sebuah lokasi yang hanya dikunjungi untuk digunakan sebagai kebutuhan camping dan berjalan jalan. Karena alasan tersebut, pihak pemerintah setempat terus mengembangkan wisata ini agar dapat dikenal secara luas oleh banyak masyarakat di Indonesia maupun wisatawan mancanegara.

Terdengar wisata yang cukup membosankan dan kurang menarik jika Anda mendengar komentar orang orang yang belum pernah masuk. Namun, ketika Anda menginjakkan kaki di kawasan ini, maka akan disuguhi dengan pemandangan yang begitu menawan secara langsung. Alamnya yang masih asri menjadi nilai plus ketika berkunjung ke wisata yang satu ini.

Hal ini akan semakin terasa jika Anda memasuki kawasan wisata yang begitu menyejukkan. Selain suasana alam asri yang begitu menawan, pengunjung juga bisa melakukan kegiatan seru. Mulai dari kegiatan pramuka, rekreasi piknik, camping bersepeda, trekking, outbound dan berbagai aktivitas outdoor lainnya yang melibatkan alam.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Jateng Valley
Image Credit: Instagram.com @veronikajoan

Wisata ala mini berada tepat di Kaligawe, Susukan, Kecamatan Ungaran Timur, Semarang, Jawa Tengah. Meskipun termasuk kawasan hutan, namun Anda bisa menjangkaunya dengan mudah tanpa kendala. Bahkan akses lokasi menuju wisata alam Jateng Valley ini sangat mudah dijangkau baik kendaraan roda empat maupun roda dua. Sehingga memberikan kenyamanan tersendiri ketika menuju ke kawasan wisata alam ini.

Demi menunjang para pengunjung, wisata yang terletak di kawasan Hutan Penggaron, Kabupaten Semarang ini nantinya juga akan dihubungkan langsung dengan jalan tol Semarang Solo. Tentunya, hal ini memberikan kemudahan akses untuk menuju taman wisata itu dari berbagai daerah hanya dengan ruas tol Ungaran Tol Semarang – Solo.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Jateng Valley

Kegiatan Menarik di Jateng Valley
Image Credit: Instagram.com @ratna.widyarti

1. Hunting Foto Estetik

Pada dasarnya semua objek wisata yang dikunjungi sangat sayang jika tidak diabadikan dengan tangkapan kamera. Dari keindahan hutannya yang masih alami, suasana sejuk, sampai dengan spot tertentu, siap memanjakan para wisatawan. Apalagi di kawasan wisata ini Anda bisa berburu foto yang estetik yang patut sekali diabadikan dalam foto.

2. Sekedar Melepas Penat

Tak ada yang lebih menenangkan dari suara kicau burung yang merdu dengan sayup sayup gesekan ranting kayu yang gugur. Dengan suasana damai dan udara yang sejuk membuat membuat siapa saja tertarik untuk berkunjung ke kawasan wisata ini. Seketika, Anda bisa akan langsung jatuh cinta dengan ketenangan di kawasan Jateng Valley.

Mengingat kawasannya yang begitu damai dan sejuk, banyak pengunjung setempat maupun luar daerah Jawa Tengah tertarik untuk datang ke sini. Hal ini bertujuan untuk melepas penat dan menjauhi hiruk pikuk kota yang begitu padat. Dengan begitu, Anda bisa merefresh kembali pikiran agar lebih bahagia dan mampu menghadapi kesibukan pekerjaan tanpa stres.

3. Bersepeda

Kawasan wisata ini memiliki trek yang cukup menantang bagi para pecinta alam. Karena alasan tersebut, Anda bisa datang ke kawasan ini untuk mencoba trek yang terjal dengan menggunakan sepeda gunung. Kegiatan ini semakin seru jika dilakukan bersama pasangan, teman, maupun komunitas.

Memiliki medan yang sedikit menantang, memang menjadikan kawasan ini sebagai idaman para pecinta offroad. Kawasan ini menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi untuk menyalurkan hobi tersebut. Selain menguji adrenalin, kawasan ini akan memberikan sensasi tersendiri bagi Anda yang sudah bosan dengan hiruk pikuk perkotaan yang padat.

Kegiatan di Jateng Valley
Image Credit: Google Maps (Mardiana Dian)

4. Piknik

Suasana wisata alam yang begitu sejuk dan nyaman sangat cocok dijadikan spot untuk piknik. Kegiatan yang satu ini bisa menjadi kegiatan seru untuk melepas penat dengan budget pas pasan. Cukup bermodalkan bekal yang dibawa dari rumah, Anda sudah bisa berkunjung di kawasan wisata alam yang menyejukkan ditemani santapan lezat.

5. Trekking

Tak kalah serunya dengan aktivitas lain yaitu trekking di sekitaran Jateng Valley. Kawasan yang satu ini menjadi lokasi terbaik bagi Anda yang menyukai tantangan. Mengingat wisata alam ini didominasi hutan, maka bisa memberikan kesan tersendiri ketika berada di lokasi perbukitan yang satu ini.

6. Camping

Selain populer sebagai tempat wisata alam untuk trecking maupun cycling, tempat ini juga sering dipilih bagi banyak orang untuk camping. Suasananya yang masih asri dan sejuk menjadi salah satu alasan kenapa lokasi ini dipilih untuk kegiatan camping. Berbagai kalangan datang ke kawasan ini untuk camping, mulai dari anak sekolah, keluarga, pecinta alam dan lain lain.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Jateng Valley
Image Credit: Google Maps (Tonton Anime)

Fasilitas pendukung yang disediakan pihak pengelola bisa terbilang cukup memadai. Sebab, pengunjung sudah bisa menggunakan beberapa toilet yang cukup bersih bagi keperluan para pelancong. Tak kalah pentingnya lagi, Anda bisa menemukan area parkir kendaraan yang tersedia cukup luas serta keamanan yang bisa terjamin.

Mengingat kawasan ini merupakan area hutan yang begitu luas, maka wahana yang ada juga dibatasi. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan keasrian alam dan tidak mengganggu ekosistem. Selain itu, pihak pengelola berusaha untuk menambah fasilitas agar dapat memuaskan para pengunjung yang datang di kemudian hari.

Tips Berlibur di Jateng Valley

Tips Berlibur di Jateng Valley
Image Credit: Google Maps (Jafar Aldebaran)

Mengingat kawasan yang satu ini merupakan wisata alam, maka ada beberapa hal yang patut dipersiapkan. Anda bisa memulainya dengan persiapkan fisik serta kendaraan sebaik mungkin. Ini sangat penting diperhatikan untuk memastikan perjalanan Anda tetap aman, lancar dan tidak ada kendala yang datang.

Jangan lupa untuk selalu menjaga barang bawaan pribadi masing masing agar tidak kebingungan ketika berwisata. Tak kalah pentingnya, selalu jagalah kebersihan dengan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Dengan begitu rencana liburan ke wisata alam di Jawa Tengah bersama keluarga bisa berjalan sesuai ekspektasi.

Jika sedang berada di Semarang, maka jangan lewatkan untuk berkunjung ke Jateng Valley ini. Tempat ini menyuguhkan objek wisata menarik disertai dengan pemandangan menawan lengkap dengan udaranya yang segar. Hal ini sangat cocok untuk melepas penat dan lelah setelah beraktivitas sehari dengan padat.