Menikmati Keindahan Alam Jembatan Cinta Tarumajaya di Bekasi

Jembatan Cinta Tarumajaya Bekasi

Lokasi: Segarajaya, Kec. Tarumajaya, Kab. Bekasi.
MapCek Lokasi

Umumnya warga kota akan mendatangi lokasi yang menawarkan keindahan alam ketika menjelang hari libur tiba, hanya untuk menyegarkan kembali pikiran. Tampaknya destinasi wisata alam yang berada di Bekasi ini, bisa menjadi alternatif mengisi akhir pekan anda. Meski akses menuju lokasi cukup sulit, namun tidak menyurutkan semangat para pengunjung untuk mendatanginya.

Daya Tarik Jembatan Cinta Tarumajaya

Daya Tarik Jembatan Cinta Tarumajaya

Image Credit: Flickr.com @Desrianto Andika

Perlu diketahui bila daya tarik utama dari lokasi wisata ini berasal dari wisata mangrove. Sedangkan Jembatan Cinta sendiri, sebenarnya hanyalah salah satu fasilitas yang tersedia di PRPM Bekasi. Menyajikan nuansa khas perkampungan nelayan, dirasa sangat cocok sebagai objek wisata untuk menghilangkan penat. Pemandangan yang jarang dilihat di kehidupan sehari hari, dapat membawa angin segar dan menambah semangat menjalani hari.

Tersedia beberapa wahana yang bisa dicoba disini, yang mana salah satunya adalah Jembatan yang cukup terkenal ini. Nama jembatan pun disematkan oleh warga sekitar, yang menjadi sang pengelola objek wisata alam ini.  Awalnya nama ini juga diberikan, mengingat banyaknya pasangan muda yang berkunjung ke tempat ini. Jika dilihat dari lokasi jembatan berdiri, maka nama aslinya adalah Jembaran PRPM.

Jembatan ini terlihat begitu menarik, dimana dibuat dari susunan kayu dan ditambahkan dengan cat berwarna warni. Penampilannya yang tampak menarik, seringkali jembatan ini dikunjungi oleh mereka yang ingin berburu spot foto terbaik. Posisinya pun dirasa cukup tinggi, sehingga membentuk bak terowongan yang bisa dilintasi oleh perahu nelayan. Namun letaknya yang cukup tinggi, membuat pengunjung mudah melihat panorama sekitar dengan lebih leluasa.

Aktivitas Menarik yang Dapat Dilakukan di Jembatan Cinta

Aktivitas Menarik yang Dapat Dilakukan di Jembatan Cinta

Image Credit: Enterpriseasia.org

Tahukah alasan yang membuat jembatan ini begitu menarik untuk dikunjungi anak muda ? Disana terdapat beberapa spot menarik, yang menyajikan pemandangan alam yang menakjubkan. Ditambah dengan dekorasi cantik dari hasil sentuhan kreatifitas pengelolanya, tempat ini pun disulap menjadi lokasi yang tidak boleh dilewatkan untuk berfoto ria. Letaknya pun tersebar di beberapa titik, dirasa begitu sempurna untuk dijadikan sebagai latar belakang selfie.

BACA JUGA:  10 Mall di Depok yang Wajib Anda Kunjungi

Seakan tak cukup dengan dekorasi unik, bahkan di beberapa tempat wisatawan dapat melihat aneka papan dengan tulisan tulisan mengandung humor nan kekinian. Meski tampak sederhana, papan tersebut berhasil mencuri perhatian wisatawan yang tidak sengaja melihatnya. Bahkan kehadiran papan ini, dirasa mampu mencairkan suasana sekaligus menghidupkan suasana rekreasi menjadi lebih menarik.

Puas berfoto ria di jembatan? Kini saat yang tempat untuk menikmati pemandangan sekitar dengan angle berbeda. Salah satunya dengan menaiki perahu nelayan, untuk menikmati keindahan alam dari hutan mangrove dari jarak dekat. Dengan menaiki perahu ini, wisatawan akan diajak menelusuri jembatan yang tadi anda naiki secara perlahan lahan. Meski terdengar sederhana, namun wahana ini dirasa mampu menghilangkan rasa penat.

Wahana air satu ini sangat cocok dipilih sebagai transportasi terbaik, bagi anda yang tidak tertarik berjalan kaki untuk menelusuri area wisata ini. Dari berbagai perahu dan sepeda kayuh yang disediakan, wisatawan dapat memilih sesuai dengan seleranya. Biaya yang dikeluarkan pun cukup ramah di kantong, sehingga pengunjung tidak akan terbebani dengan tiket menaiki wahananya. Dijamin pengalaman mengelilingi hutan mangrove terasa berbeda dan dikenang sepanjang masa.

Puas berjalan jalan, saat yang tepat untuk mencicipi aneka kuliner khas daerah tersebut. Menu andalan yang ditawarkan di tempat ini, yaitu hasil laut yang masih segar dan dapat diolah langsung di tempat. Tentu saja hal ini berhasi memikat hati pengunjungnya, yang ingin menikmati hidangan khas laut saat masih segar. Oleh karenanya, tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat berpiknik bersama keluarga.

Fasilitas & Harga Tiket Masuk Jembatan Cinta Tarumajaya

Fasilitas & Harga Tiket Masuk Jembatan Cinta Tarumajaya

Image Credit: Liputan6.com

Disebut sebagai destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan, pihak pengelola pun memberikan fasilitas untuk menunjang segala kebutuhan pengunjung. Mulai dari area parkir, kios, toilet umum, warung makan, serta mushola sudah ada di sekitar area wisata. Bahkan tersedia penginapan sederhana, yang sanga membantu bagi pengunjung yang datang dari kota sebelah. Beberapa wahanapun bisa disewa, untuk mengelilingi area hutan mangrove lewat jalur air.

BACA JUGA:  Devoyage Bogor, Kampung Eropa yang Instagramable & Lagi Hits!

Tarif tiket masuk menjadi bahan pertimbangan ketika seseorang ingin berlibur ke suatu tempat. Namun anda tak perlu khawatir ketika berwisata ke tempat ini, lantaran pengunjungnya tidak akan dikenai biaya tiket masuk sedikitpun alias gratis. Hanya saja pengunjung yang datang menggunakan kendaraan pribadi, akan dikenakan biaya untuk parkir saja. Sehingga tidak heran bila banyak pengunjung yang tertarik ke lokasi wisata satu ini.

Khusus untuk kendaraan roda dua akan dikenai biaya sekitar 5 ribuan, sementara untuk kendaraan roda empat akan dikenakan biaya sekitar 10 ribuan saja.  Pengunjung juga akan dikenakan biaya tambahan, ketika ingin mencoba menaiki berbagai wahana yang disediakan disana. Apabila tertarik untuk menaiki perahu, anda akan dikenakan tarif sekitar 10 hingga 15 ribuan per orangnya. Sedangkan untuk menaiki sepeda air, pengunjung akan dikenakan biaya sekitar 20 ribuan saja.

Terbuka bagi umum, dimana lokasi wisata ini siap menyambut pengunjung setiap harinya mulai jam 8 pagi hingga 6 sore. Selama waktu tersebut, pengunjung dibebaskan untuk berkeliling di tempat wisata ini hingga puas. Apabila anda malas berdesakan dengan pengunjung lainnya, tidak ada salahnya datang lebih awal sejak lokasi ini dibuka. Dijamin anda bisa menikmati pemandangan dan berswafoto ria, karena belum banyak pengunjung yang datang.

Lokasi & Rute Menuju Jembatan Cinta Tarumajaya

Lokasi & Rute Menuju Jembatan Cinta Tarumajaya

Image Credit: Pesonawisataindonesia.com

Penasaran bagaimana dengan keindahan alam yang disuguhkan ? Daripada penasaran langsung saja datangi lokasi wisata di kampung Palijaya, Desa Segarajaya, kecamatan Taruma Jaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Dimana lokasi wisata ini, ternyata masih berada di kawasan Pusat Restorasi dan Pembelajaran Mangrove Bekasi. Medan menuju lokasi wisata memang tidak terlalu baik, bahkan masih belum ada transportasi umum yang terlihat melintas di depan pintu masuknya.

BACA JUGA:  38 Tempat Wisata di Bandung Terbaru & Terhits Dikunjungi

Namun bukan berarti anda tidak bisa menggunakan transportasi umum untuk bisa sampai di lokasi wisata satu ini. Apabila anda menggunakan kereta dan datang dari Tanjung Priok, silahkan menggunakn metro mini U23 dengan jurusan Tanjung Priok ke Ciliwung. Pengunjung juga bisa menggunakan bus dengan jurusan Tanjung Priok ke Rusun Marunda. Namun perjalanan anda masih belum selesai, karena dari sini akan mengendarai kendaraan yang berbeda lagi.

Silahkan turun di Cilincing, dan beralih menggunakan KWK merah U05 dengan jurusan Cilincing ke Bulak Turi. Ketika sampai di Bulak Turi, anda bisa melanjutkan perjalanan kembali menggunakan ojek untuk sampai di lokasi. Sedangkan jika dari Stasiun atau terminal Bekasi, anda bisa menggunakan angkot K15A dan turun di Pasar Bojong lama untuk melanjutkan perjalanan menggunakan ojek.

Merasa penat dengan hiruk pikuk khas kota, tampaknya kehadiran wisata alam ini membawa angin segar bagi warga Bekasi dan sekitarnya. Menyediakan berbagi wahana menarik untuk dijajal, dijamin hari libur menjadi lebih berwarna dan terasa tidak membosankan. Bahkan lokasinya yang tidak jauh dari kota besar, menjadilkannya sebagai lokasi tepat untuk dikunjungi dikala ingin melepaskan kekacauan pikiran.