Jembatan Gantung Situ Gunung, Wisata Ikonik di Sukabumi

Jembatan Gantung Situ Gunung

Lokasi: Sukamanis, Kec. Kadudampit, Kab. Sukabumi.
MapCek Lokasi

Tawarkan pesona alam indah menawan, Sukabumi tampaknya harus masuk dalam daftar kota tujuan untuk berlibur selanjutnya. Bahkan beberapa diantara, telah menjadi destinasi wisata favorit untuk dikunjungi para wisatawan yang ingin melepaskan penat. Dari sekian objek wisata, Jembatan Gantung yang diberi nama Situ Gunung menjadi salah satunya. Apa saja yang bisa dilakukan di tempat ini ? Simak ulasan berikut.

Mengenal Jembatan Gantung Situ Gunung

Mengenal Jembatan Gantung Situ Gunung

Image Credit: Berjalanterus.com

Suasana tenang dan jauh dari hiruk pikuk khas kota besar, biasanya banyak dicari wisatawan saat hari libur tiba. Apabila masih kesulitan menemukan tempat yang cocok, tidak ada salahnya untuk mencoba mendatangi destinasi populer satu ini. Lokasinya yang berada di ketinggian mencapai 850 mdpl, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan khas pegunungan dengan pepohonan rindang di setiap sisinya.

pepohonan yang menjulang tinggi selama perjalanan tampak menyapa dengan hangat, berhasil membuat suasana hati menjadi lebih riang menuju lokasi utama. Tak hanya sajikan pemandangan serba hijau, namun di lokasi ini pula bisa ditemukan sebuah danau cantik yang akan memanjakan mata. Airnya tampak jernih nan segar, seakan mengajak pengunjung untuk berenang ke dalam danau tersebut.

Perpaduan antara pemandangan sekitar dan warna air danaunya, berhasil menghadirkan kesan menyenangkan nan damai. Bagaimana tidak, sesampainya di lokasi wisata pengunjung pun disambut dengan kicauan burung khas pedesaan yang terasa menentramkan jiwa. Suara kicauannya terdengar berahut sahutan, seakan tiada henti menyapa pengunjung sembari mengatakan selamat datang.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Situ Gunung

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Situ Gunung

Image Credit: Goodnewsfromindonesia.id

Ternyata keindahan danaunya tak hanya bisa dinikmati dari jauh, karena pengunjung bisa menyewa sebuah perahu tradisonal atau sampan yang akan mengajak berkeliling danau cantik tersebut. Jangan lewatkan kesempatan kali ini, dimana Anda bisa duduk santai sembari bercengkrama santai dengan ditemani pemandangan yang menyejukkan. Tak jarang objek wisata ini menghadirkan kesan romantis, sehingga sangat cocok dikunjungi bersama dengan kekasih.

BACA JUGA:  16 Tempat Makan di Karawang Paling Enak & Murah

Selama berwisata ke tempat ini, pastikan untuk membawa kamera untuk mengabadikan setiap momen berharga. Dengan latar belakang pemandangan khas pegunungan, dijamin menghasilkan gambar kekinian nan menarik. Tak jauh dari lokasi danau, pengunjung juga bisa menemukan sebuah air terjun yang dikenal akan cerita mistisnya. Meski begitu, pesona alamnya berhasil membuat orang yang mengunjungi terpana tiada henti.

Gemuruh airnya yang deras mengalir, membantu pikiran lebih segar dan merasa nyaman. Tak jarang pengunjung merasa betah berlama lama di tempat ini, sembari duduk cantik dan menikmati pesona alam ciptaan Tuhan satu ini. Debit airnya dikatakan cukup deras, seakan menambah keelokannya. Karena cukup deras, bahkan suara air yang turun terdengar dari kejauhan dan membuat orang penasaran untuk segera melihatnya.

Jembatan gantung dengan panjang mencapai 250 meter dengan lebar 2 meter dan tinggi 150 meter ini, menjadi spot favorit saat berlibur ke tempat wisata indah satu ini. Siapapun yang melihat jembatan satu ini, akan dibuat terpana dengan pesonanya yang luar biasa. Adrenalin para pengunjung pun seakan diuji, bahkan sejak langkah pertama menapaki jempatan ini. Bagaimana tidak, sebab di bawah jembatan ini adalah jurang yang terlihat menganga cukup lebar.

Terbuat dari kayu dengan tingkat keamanan tinggi, kehadiran jembatan ini berhasil menyedot perhatian masyarakat. Bahkan sejak diresmikan, jembatan ini pun langsung ramai dikunjungi oleh wisatawan yang merasa penasaran bagaimana rasanya berjalan disana. Bagi penggemar tantangan, kehadiran jembatan gantung ini membawa angin segar yang menarik untuk dicoba. Sedangkan bagi mereka yang takut ketinggian, ada baiknya tidak ikut menikmati ikon wisata ini.

Ada beberapa alasan kenapa mereka yang takut ketinggian tidak dianjurkan untuk mencoba jembatan ini, salah satunya karena jembatan cenderung bergoyang saat ditapaki. Bahkan goncangannya akan semakin keras, ketika diterpa angin di daerah tersebut yang dikenal kuat. Meski keamanannya sudah teruji, namun rasa takut yang berlebihan justru membahayakan bagi orang itu sendiri maupun orang lain.

BACA JUGA:  Kawah Kamojang Garut, Destinasi Wisata Alam yang Begitu Memikat

Berbagai Fasilitas yang Ditawarkan Jembatan Gantung Situ Gunung

Berbagai Fasilitas yang Ditawarkan Jembatan Gantung Situ Gunung

Image Credit: Nizarnizar.com

Ada kalanya suasana sekitar tempat wisata menghadirkan kenyamanan, sehingga sangat disayangkan bagi mereka yang datang dari jauh langsung kembali ke rumah. Oleh karenanya, pihak pengelola pun menyediakan fasilitas tambahan berupa penginapan, agar pengunjung bisa lebih lama menikmati liburannya di lokasi tersebut. Sebab, pemandangan ketika malam harinya juga tak kalah indah untuk dinikmati.

Tersedia dalam beberapa jenis penginapan, dimana bisa memilih sesuai dengan keinginan dan budget yang dimiliki. Mulai dari hotel, resort, hingga home stay berlokasi tak jauh dari lokasi wisatanya sendiri. Agar lebih hemat dan dekat dengan alam, tidak ada salahnya untuk memilih camping di area yang sudah disediakan. Dijamin pengalaman liburan yang didapatkan ini akan terus dikenang sepanjang hidup.

Harga Tiket Masuk Jembatan Gantung Situ Gunung

Harga Tiket Masuk Jembatan Gantung Situ Gunung

Image Credit: Wego.co.id

Isi dompet menipis, bukan menjadi halangan ketika ingin berlibur untuk sekedar melepaskan penat. Apabila mencari destinasi wisata yang tidak menguras budget, tidak ada salahnya mendatangi si Situ Gunung. Dimana pengunjung hanya dikenai tarif tiket masuk sekitar 11 ribuan, untuk bisa menikmati pesonanya yang luar biasa indah. Namun harga tiket masuknya akan meningkat pada akhir pekan ataupun musim libur panjang tiba.

Pada akhir pekan, pengunjung akan dikenai tarif tiket masuk sekitar 13 ribuan saja. Apabila datang menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung akan dikenakan biaya tambahan khusus untuk parkir. Khusus untuk kendaraan roda dua harus membayarkan tiket sebesar 5 ribuan, sedangkanuntuk kendaraan roda empat akan dikenakan biaya sekitar 10 ribuan. Harga tersebut masih dikatakan ramah dikantong dan dirasa tidak membebani.

Pihak pengelola akan memberi potongan harga, bagi pengunjung yang datang membawa rombongan. Ketika terkena potongan harga, maka satu orangya hanya perlu membeli tiket masuk seharga 8 ribuan saja. Untuk bisa mendapatkan potongan tersebut, setidaknya harus memenuhi syarat yang ditentukan. Dimana syarat yang harus dipenuhi cukup mudah, yaitu harus membawa rombongan minimal 10 orang.

BACA JUGA:  10 Cafe Tempat Nongkrong di Garut Paling Hits

Apabila tertarik untuk menaiki wahana yang ada, maka akan ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan. Bagi pengunjung yang tertarik untuk menyewa perahu, akan dikenakan biaya tambahan mulai dari 20 ribuan saja. Sedangkan tiket menaiki wahana flying fox akan dikenakan 25 ribuan per orangnya. Oleh karenanya, penting untuk membawa dana tambahan agar bisa menaiki berbagai wahana seru saat berada di tempat wisata ini.

Cara Menuju Lokasi Wisata Situ Gunung

Cara Menuju Lokasi Wisata Situ Gunung

Image Credit: Kompas.com

Tertarik untuk mengunjunginya ? Silahkan langsung berkunjung di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Desa Gunung Pangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar bisa sampai di lokasi wisata cantik satu ini. Apabila merasa kesulitan menemukan lokasi wisata, silahkan bertanya kepada masyarakat sekitar ataupun mengandalkan aplikasi penunjuk arah pada smartphone anda.

Hari libur selalu menjadi momen yang ditunggu tunggu, terutama bagi mereka yang tak sabar ingin menyegarkan pikiran. Apabila mencari destinasi wisata yang menawarkan kenyamanan serta suasana damai, tidak ada salahnya berkunjung ke Situ Gunung. Tak hanya tawarkan pemandangan indah semata, namun disini pengunjung akan disuguhkan dengan wahana seru yang bisa dicoba.