Jogja Bay Waterpark merupakan salah satu taman bermain air terlengkap di Indonesia, dan termasuk terluas di Asia Tenggara. Taman air dengan berbagai jenis perosotan menantang, wahana permainan menarik lainnya. Nikmati sensasi liburan berkesan bersama keluarga, sambil mencicipi hidangan di restoran dan mini pool bar.

Harga Tiket: Rp 90.000, Jam Operasional: 09.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Utara Stadion, Jenengan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Yogyakarta memang juara dalam menyuguhkan tempat wisata seru. Kota Pelajar ini selalu berhasil menghadirkan destinasi tepat untuk liburan bersama keluarga. Terbukti dari kehadiran Jogja Bay Waterpark, yang merupakan wahana bermain air untuk semua usia. Segala fasilitas permainan air tesedia di tempat rekreasi ini, penasaran apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

Sekilas Tentang Jogja Bay Waterpark

Tentang Jogja Bay Waterpark
Image Credit: Twitter.com @tiket

Jogja Bay merupakan salah satu waterpark terbesar di Asia Tenggara, sekaligus terlengkap se-Indonesia. Mengadaptasi konsep ala perkampungan bajak laut dengan nuansa tropical. Sehingga, area taman bermain air ini dikelilingi oleh pepohonan hijau yang merimbun. Menyuguhkan suasana tempat wisata yang teduh, meski berenang siang bolong tidak akan kepanasan.

Berdiri di atas lahan seluas 11 hektar, menjadikan Jogja Bay Waterpark satu-satunya tempat rekreasi keluarga yang menyenangkan. Mengkombinasikan sentuhan Eropa dan Jawa, tak ayal bila destinasi ini ramai diperbincangkan berkat interiornya yang unik. Jogja Bay telah mendapat sertifikasi CHSE (Clean, Health, Safety & Environtment) dari Kemenparekraf RI dan Sucofindo.

Salah satu keunikan taman bermain air ini ialah story telling antara Tradisi Jogja dengan para bajak laut Eropa. Pengelola wisata menuangkannya dalam video tron di beberapa titik. Selanjutnya melalui On-Site Live Show pada momen tertentu, karakter tokoh pada pintu masuk, serta merchandise yang dijual di Jogja Bay Store.

Waterpark tematik ini menghadirkan lebih dari 10 wahana seru yang bisa dimainkan. Dikelompokkan menjadi 2 bagian, yaitu wisata air khusus penyuka adrenalin dan wahana air untuk segala usia. Serta 9 jenis kolam ombak yang sekaligus memberikan informasi dan edukasi terkait tsunami kepada pengunjung.

Wahana Menarik di Jogja Bay Waterpark

Wahana di Jogja Bay Waterpark
Image Credit: Facebook.com @jogjabaywaterparkofficial

1. Memo Racer

Perosotan yang memiliki 8 lintasan ini menawarkan keseruan saat meluncur. Pengunjung bisa saling menguji kecepatan meluncur dengan teman di wahana ini. Masing-masing slider mempunyai warna berbeda layaknya pelangi. Anda bisa berlomba dengan teman ataupun keluarga dengan permainan siapa dulu yang mencapai kolam akhir di ujung lintasan.

2. Bekti Adventures

Julukan slider ini diambil dari nama tokoh pemimpin pasukan dalam keraton. Modelnya terbuka setengah lingkaran dan meliuk-liuk. Anda akan diajak berkeliling Jogja Bay Waterpark lewat liukan slider dan berputar. Dengan menaiki ban karet berisi nitrogen dan muat dinaiki oleh 4 orang, Anda bisa merasakan sensasi meluncur dan menjerit di setiap kelokan.

3. Volcano Coaster

Bagi Anda yang ingin melepas penat, bisa mengekspresikannya dengan naik wahana ini. Kecepatan luncur Volcano Coaster membuat jantung berdegup kencang. Selama meluncur wisatawan dibebaskan berteriak sekencang mungkin. Slider ini langsung bermuara di sungai wahana Jogja Bay. Anda akan menaiki ban bermuatan 1-2 orang untuk meluncur dari ketinggian.

4. Timo-Timo Rider

Lintasan pada perosotan ini tidak begitu panjang, tapi mempunyai 3 putaran yang cukup tajam. Sepanjang meluncur Anda seolah terombang-ambing di tengah lautan lepas. Kecepatannya tak perlu diragukan karena mampu membuat pengunjung berteriak di setiap tikungan. Begitu di ujung lintasan langsung terjatuh di kolam arus ombak kecil.

5. Jolie Raft River

Atraksi air satu ini menyediakan slider panjang dan berkelok-kelok. Adrenalin Anda akan dipacu dengan kecepatan cukup menantang. Ombak lembut pada kolam di bawahnya membawa pengunjung berjalan mengalir bersama arus air yang tenang. Tidak perlu khawatir, kolamnya aman untuk anak-anak karena ukuran kolam tidak terlalu dalam.

6. Brando Boomeranggo

Sebagai salah satu lintasan terpanjang di Jogja Bay, slider ini mengajak Anda untuk meluncur dengan kecepatan tinggi. Anda seolah terpental dari ketinggian ketika hampir sampai di akhir lintasan. Hingga pada akhirnya perahu karet membawa pengunjung bermuara di bagian sungai Jogja Bay. Biasanya dalam satu ban bermuatan 2 atau 4 orang dan diisi oleh orang dewasa.

7. Zyggy Giant Barrel

Wahana satu ini terdiri dari beberapa perosotan pendek, dikhususkan untuk anak-anak. Anda akan menaiki ban sendirian lalu meluncur dari ketinggian sedang. Diatas slider terdapat barel besar yang mengguyur pengunjung dari atas wahana. Bagian ujung lintasan adalah kolam dengan kedalaman sekitar mata kaki.

8. Mimi Family

Kalau ingin menikmati suasana santai di atas perosotan Jogja Bay Waterpark, Anda dapat memanfaatkan area Mimi Family. Slider di Jogja Bay ini aman untuk si kecil karena tidak terlalu tinggi. Selama meluncur pengunjung diberikan rasa nyaman sambil menikmati semilir angin. Kolam bawahnya tidak begitu dalam, jadi ketika jatuh di kolam Anda tetap bisa berenang.

Wahana Jogja Bay Waterpark
Image Credit: Google Maps (Wisata Jogja 988)

9. Hip Playground

Khusus pengunjung anak-anak disediakan kolam permainan air yang menyenangkan. Si kecil bisa seru-seruan bersama keluarga di wahana satu ini. Dilengkapi dengan gazebo sebagai tempat bersantai setelah menikmati berbagai permainan disini. Hip Playground memberikan Anda pengalaman seru dan liburan semakin berkesan.

10. South Beach

Ukuran kolam cukup luas dengan desain khusus seperti simulasi gelombang. Anda akan merasakan sensasi sapuan ombak tsunami yang bisa datang sewaktu-waktu. Ombak buatan tersebut akan datang setiap 1 jam sekali. Di kolam ini pengunjung akan menaiki ban karet bermuatan single atau dua orang. Bisa bersantai diatas ban sambil menikmati arus ombak halus.

11. Donte Wild River

Setelah lelah mecoba semua wahana, Anda bisa beristirahat di wahana ini dengan duduk santai di atas ban karet. Aliran sungai yang tenang membuat tubuh Anda rileks sejenak, sembari mendengarkan kicauan burung dan hembusan angin sejuk. Ketika hempasan angin terlalu kuat sesekali ban akan terbalik, tapi jangan khawatir kolamnya tidak terlalu dalam.

12. Kula Playpool

Kolam renang ini cocok untuk pengunjung yang murni ingin berenang. Ukuran kolam cukup dalam tapi tetap aman untuk anak-anak. Ada pool bar di pinggir kolam memungkinkan pengunjung untuk menikmati minuman favorit bersama teman-teman. Kolam ini dibuat terbuka dan dikelilingi pepohonan rindang.

13. Harbour Theater

Jogja Bay Waterpark mempunyai sebuah panggung besar, letaknya dekat gerbang masuk. Theater ini digunakan untuk melakukan pertunjukan drama musikal The Guardian Past Show In The Future. Pertunjukan ini berlangsung setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 14.00. Biasanya juga show diadakan ketika ada event tertentu, seperti ulang tahun Yogyakarta atau hari jadi Jogja Bay.

14. Grand Hall

Wahana ini adalah pintu masuk taman air, yang menampilkan tema bajak laut. Ada replika perahu seperti di film Pirates of The Caribbean, lengkap dengan peralatan untuk melaut. Kemudian menara untuk memantau kapal yang mengarungi lautan. Karena konsepnya yang instagramable, alhasil Grand Hall kerap dijadikan spot foto favorit untuk wisatawan.

15. Museum Air

Tidak hanya menyuguhkan permainan air, Jogja Bay Waterpark juga mempunyai wisata edukasi. Mengingat pengunjung bukan cuma dari kalangan dewasa, tapi juga anak-anak usia dini. Jadi si kecil bisa puas bermain air setelah itu belajar bagaimana cara menghemat air. Selain itu dapat mempelajari pembentukan tsunami, apa itu gelombang, dan wawasan alam lainnya.

16. Mini Pool Bar dan Restaurant

Kedua tempat ini letaknya terpisah, restoran berada di luar kolam renang. Sementara mini pool bar bersebelahan dengan Kula Plyapool. Kalau di restoran menu yang disajikan komplit mulai makanan dan minuman, tapi mini pool bar hanya menyediakan aneka minuman. Konsepnya seperti party di kolam renang seolah berada di private pool.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Jogja Bay Waterpark

Alamat Jogja Bay Waterpark
Image Credit: Google Maps (Wisata Jogja)

Untuk berkunjung ke wisata ini patokannya adalah Tugu Jogja, lalu ke arah timur menuju Jalan Sudirman. Lampu merah pertama belok kiri ke Jalan Cik Di Tiro, lurus sampai bertemu bundaran UGM. Silahkan ke arah timur menuju Jalan Colombo sampai lampu merah tepat di pertigaan Jalan Affandi dan belok kiri.

Setelah menjumpai ringroad utara ikuti jalan sejauh 1 kilometer. Belok kiri menuju Jalan Nusa Indah, setelah sampai Jalan Candi Gebang kurang lebih 2 kilometer menjumpai perempatan Candi Gebang. Belok kanan kemudian lurus terus sejauh 1 kilometer, barulah Anda sampai di lokasi tujuan.

Untuk menikmati semua fasilitas permainan air di taman rekreasi ini, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk dalam berbagai kategori. Pada hari biasa, harga tiket untuk dewasa sebesar 90 ribu, sedangkan anak-anak 60 ribu. Khusus akhir pekan dan hari libur masing-masing tarifnya naik. Pengunjung dewasa membayar 100 ribu sementara anak-anak 75 ribu.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Jogja Bay Waterpark

Aktivitas di Jogja Bay Waterpark
Image Credit: Facebook.com (Jogja Bay Waterpark)

1. Bermain Air di Berbagai Wahana

Jogja Bay menyuguhkan wahana air untuk memuaskan waktu liburan Anda. Beragam jenis slider ditampilkan, dengan panjang lintasan dan tantangan tersendiri. Pengunjung diajak meluncur dari ketinggian tertentu, lalu terombang-ambing di setiap kelokan. Anda bisa menjerit sepuasnya ketika sampai di tikungan tajam, dan saat tercebur ke dalam kolam.

2. Makan di Restaurant Jogja Bay

Jogja Bay Waterpark menyajikan aneka menu lezat dan menggiurkan. Mulai dari masakan Jawa hingga Eropa bisa Anda pesan disini. Restoran menghadap langsung ke area waterpark sehingga pemandangannya tidak membosankan. Harga makanan dan minuman cukup terjangkau.

3. Belanja di Jogja Bay Store

Objek wisata ini mempunyai toko merchandise sendiri, letaknya dekat pintu keluar. Anda akan menjumpai berbagai souvenir mulai kaos, tas, topi, sepatu, tumblr, dan lainnya. Jogja Bay Store juga menjual beberapa oleh-oleh khas Yogyakarta, jadi wisatawan dari luar kota tak perlu repot mencari di tempat lain.

4. Menonton Pertunjukkan Spektakuler

Setiap ada event penting, Jogja Bay Waterpark kerap menjadi tuan rumah penyelenggaraan. Hal itu menguntungkan pengelola wisata, karena biasanya diadakan pertunjukkan spektakuler. Entah sirkus akrobatik atau pentas seni, Anda bisa menontonya secara gratis. Pertunjukkan sering berlangsung di halaman teater atau pelataran Jogja Bay.

Fasilitas yang Tersedia di Jogja Bay Waterpark

Fasilitas di Jogja Bay Waterpark
Image Credit: Google Maps (Adi Setiadi)

Banyak fasilitas yang disediakan pengelola untuk kenyamanan pengunjung. Kamar ganti dan kamar mandi didesain bersih dan nyaman, terpisah antara laki-laki dan wanita. Mushola cukup besar serta dalam kondisi suci. Ada tempat penyewaan handuk dan loker tanpa dipungut biaya. Hingga area parkir yang lumayan luas untuk menampung banyak kendaraan.

Menjelajahi Yogyakarta kurang afdol jika belum mengunjungi Jogja Bay Waterpark. Rasakan sensasi bermain air paling menyenangkan, dengan berbagai wahana slider seru. Menyuguhkan tempat liburan nyaman, bertema bajak laut dipadukan suasana tropis. Pohon-pohon tumbuh rimbun sehingga kesannya teduh dan berenang tanpa khawatir panas.