Liburan telah tiba, Magelang selain menyimpam destinasi wisata candi yang megah, Magelang juga menyimpan wisata lain yang wajib anda kunjungi. Wisata yang di maksud yaitu wisata otomotif dari berbagai mobil bekas atau yang dikenal dengan Junkyard Autopark Magelang.

Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Wanurejo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Magelang terkenal dengan berbagai destinasi wisata yang indah dan mempesona. Saat berkunjung ke daerah ini, anda akan menemuka banyak sekali wisatawan baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Selain wisata alam, wisata sejarah, Magelang juga menyimpan wisata otomotif yang layak untuk dikunjungi dikenal dengan nama Junkyard Autopark.

Tempat ini menghadirkan konsep yang unik, disana anda dapat menemukan berbagai mobil bekas yang sudah di modifikasi menjadi sangat bagus. Destinasi wisata di Magelang ini telah di buka pada tahun 2018 tepatnya pada bulan Maret hingga saat ini. Dan setiap harinya objek wisata Magelang ini ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah.

Daya Tarik yang Dimiliki Junkyard Autopark

Daya Tarik Junkyard Autopark
Image Credit: Google Maps Istianto Ari Wibowo

1. Mengusung Konsep Klasik dan Unik

Junkyard Autopark menjadi desain wisata yang berbeda dengan sebagian besar wisata yang ada di Magelang. Biasanya saat berjunjung ke Magelang anda akan di suguhkan dengan berbagai candi yang megah seperti Candi Borobudur, Candi Pawon, Candi Mendut, masih banyak lagi. Namun kali ini anda akan di tawarkan dengan wisata yang klasik dan unik.

Tempat wisata hits di Magelang telah mengusung tema yang unik dan klasik, karena di dalam tempat wisata tersebut dilengkapi dengan berbagai macam mobil yang sudah tidak terpakai atau mobil bekas. Selain mobil bekas di dalam wahana tersebut juga di lengkapi dengan mobil klasik yang sudah tidak di produksi lagi hingga saat ini oleh pohak luar negeri.

Kehadiran koleksi mobilnya yang terbilang lengkap menjadikan banyak pengunjung penasaran. Terutama bagi anda yang memang senang dengan dunia otomotif. Anda bisa menemukan koleksi mobil dari merek VW, Honda Ulung C-70 sampai dengan Fiat. Tahun produksi kendaraan dari 1951 sampai tahun 1970 bisa anda temukan.

2. Pemandangan yang Menawan

Daya tarik lainnya yang membuat anda harus berkunjung di Junkyard Autopark yaitu memiliki pesona pemandangan yang elok dan menawan. Kombinasi antara tema yang klasik, otomotif, modern dan juga dunia pedesaan tertata sangat rapi yang dapat memanjakan mata anda saat berkunjung ke tempat hits di Magelang ini.

Memang disana anda akan menemukan bentangan sawah yang memberikan nuansa pedesaan yang kental. Selain klasik, konsep pesawahan tidak bisa di lepaskan dengan Magelang. Bukan hanya suasana pedesaan yang tenang karena adanya bentangan sawah yang luas, sawah ini juga memberikan aksen pelestarian budaya daerah yang masih melekat dan asri.

Perpaduan antara konsep klasik dan alamnya membuat pengunjung akan betah berlama lama. Anda juga dapat istirahat sembari melihat hijaunya sawah dan sepoi-sepoi angin yang ada di Junkyard Autopark Magelang. Sawah yang membentang di kawasan indah ini juga menjadi tujuan wisatawan untuk mengabadikan momennya bersama keluarga.

Daya Tarik Dimiliki Junkyard Autopark
Image Credit: Google Maps Iwan Haniyoto

3. Dilengkapi Cafe dan Pendopo yang Luas

Cafe yang bisa ditemukan di kawasan wisata hits ini memiliki desain arsitektur yang menarik dan berada di area yang luas. Menjadikan spot satu ini selalu jadi jujugan pengunjung untuk tempat singgah sembari melepas lelah. Selain bisa mengistirahatkan diri, pengunjung juga bisa sekalian memanjakan lidah juga perut. Mengingat ada banyak sajian makanan yang menarik dicoba.

Menu yang ditawarkan di Junkyard Cafe juga beraneka ragam, enak dilidah dan pastinya sangat bersahabat dengan kantong anda. Anda akan dimanjakan dengan sajian mulai dari ayam bakar, ikan bakar, berbagai macam pilihan nasi goreng, Tidak ketinggalan menu khas Magelang lainnya yang tak kalah nikmat. Selain makanan berat, aneka minuman juga snack yang bisa jadi pilihan.

Kehadiran cafe di wisata hits ini semakin lengkap dengan adanya pendopo yang membuatnya semakin estetik, unik, dan juga memberikan kesan pedesaan. Pendopo yang dibangun di sekitar cafe juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, salah satunya untuk berfoto dan bercengkrama dengan keluarga.

4. Terdapat Wahana Permainan

Pengunjung tidak hanya bisa menikmati berbagai koleksi otomotifnya. Tetapi juga bisa mencoba berbagai wahana permainan yang ditawarkan. Wahana wisata ini sangat cocok untuk keluarga. Dikatakan seperti itu karena wahana yang ditawarkan beraneka ragam. Mulai dari wahana yang santai seperti ayunan hingga kora kora yang menantang adrenalin.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Junkyard Autopark
Image Credit: Google Maps Abdullah Hinduan

Jika anda berkunjung ke Candi Borobudur atau sekitarnya, tidak ada salahnya jika anda mampir dulu ke Junkyard Autopark. Karena untuk lokasi ke kawasan wisata hits di Magelang ini cukup dekat dengan Candi Borobudur yaitu di Dusun 1, Desa Wunurejo, Kecamatan Borobudur, Magelang Jawa Tengah

Untuk lebih jelasnya lokasi dari Junkyard yaitu berada di sebelah balai ekonomi desa Wunurejo, yang ada di Kecamatan Borobudur. Rute yang di tempuh untuk menuju lokasi dapat anda lalui dengan memulai perjalanan dari Kota Magelang. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan di daerah Blondo menuju daerah pedesaan yang berbana Desa Wanurejo.

Dalam perjalanan kesana anda akan menemukan berbagai macam medan yang seru dan yang pasti juga menantang. Disarankan bagi anda yang berwisata di tempat ini untuk mengendarai roda dua, baik motor ataupun sepeda. Dan jika anda bingung terkait lokasinya yang pas, maka anda dapat bertanya ke warga sekitar yang ramah ataupun mencari melalui google maps.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Jam Operasional Junkyard Autopark
Image Credit: Google Maps Afrian Zulhaidir

Saat anda berkunjung ke suatu tempat wisata pasti salah satu hal yang akan anda lihat dan perhatikan yaitu jam operasional. Tempat wisata keren yang ada di Magelang ini buka setiap hari bahkan pada hari libur Nasional. Jam operasional juga cukup panjang dan sedikit berbeda dengan tempat wisata lain di Magelang.

Dikatakan berbeda karena pada malam hari Junkyard Autopark masih buka. Anda bisa berkunjung mulai dari pukul 08.00 hingga sekitar 18.00 WIB per hari. Agar lebih puas ada baiknya untuk berkunjung dari pagi hari. Sementara harga tiketnya sekitar Rp. 15 ribu di hari senin hingga jumat. Sedangkan pada sabtu, minggu dan hari libur kurang lebih Rp. 30 ribu.

Tentu saja harga tiket masih belum termasuk dengan harga parkir. Untuk parkirnya sendiri berbeda-beda antara roda dua dan juga roda empat. Harga parkir untuk roda dua di patok dengan harga kurang lebih sekitar Rp. 2 ribu. Sedangkan untuk roda empat, baik mobil maupun bus dipatok dengan harga sekiatar Rp. 4 ribu. Harga tersebut dapat berubah-ubah sewaktu-waktu.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Junkyard

Kegiatan Menarik Junkyard
Image Credit: Google Maps Aprillia Sari

1. Menikmati Pemandangan yang Cantik

Saat anda berkunjung di Junkyard Autopark, anda dengan keluarga juga dapat menikmati pemandangan yang cantik. Yang pasti pemandangan pertama yang akan anda temukan yaitu pemandangan aneka mobil klasik serta mobil bekas yang sudah di modifikasi yang telah di pajang.

Tidak cukup sampai disitu, anda juga akan menjumpai pemandangan area persawahan yang luas dan membentang di sekitar wisata Junkyard. Area persawahan ini menjadi salah satu spot destinasi wisatawan yang datang. Temutama wisatawan yang berasal dari luar kota. Dijamin semua penat anda akan hilang melihat panorama ini.

2. Berburu Foto Kekinian

Salah satu aktifitas menarik yang dapat anda lakukan jika berkunjung ke wisata keren di Magelang yaitu dengan mengabadikan momen yang berharga bersama orang tersayang. Dilengkapi dengan banyaknya spot foto yang instagramable seperti berbagai mobil yang unik hingga area lainnya yang juga cantik.

Sebenarnya, Junkyard Autopark ini memang terkenal akan spot berburu spot foto. Tak heran jika anda akan langsung dihadirkan banyak spot spot keren. Masing masing mobil bekas atau mobil tuanya diletakkan di area yang berbeda dengan tambahan dekorasi yang cantik. Maka jangan heran jika banyak juga yang menjadikan wisata ini sebagai spot prewedding.

Kegiatan Menarik di Junkyard
Image Credit: Google Maps Erika Kurnia

3. Menyantap Makanan yang Beraneka Ragam

Selain mengabadikan momen bersama keluarga dan orang tersayang, pada tempat wisata daerah Magelang ini anda juga dapat menikmati berbagai macam menu kuliner yang di tawarkan. Terutama untuk kuliner daerah dan juga berbagai minuman anda dapat jumpai disana. Sehingga anda tidak perlu khawatir lapar jika berwisata di Junkyard Autopark.

4. Menikmati Wahana Permainan

Aktifitas menarik lainnnya yang dapat anda lakukan saat mengunjungi tempat hits ini, yaitu menikmati wahana wisata yang ditawarkan. Wahana yang ditawarkan diantaranya kora-kota atau ontang anting, ayunan biasa,dan ayunan putar. Kehadiran wahana ini tentu akan membuat liburan anda semakin seru.

Soal keamanan anda tak perlu khawatir, semua wahana yang ada sudah sesuai standar keamanan. Harga tiket permainan ini terbilang terjangkau dan juga belum termasuk tiket masuk. Umumnya harga menaiki wahana dibanderol mulai dari Rp 10 ribu. Pengunjung juga bisa membeli tiket terusan di awal jika ingin lebih praktis.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Image Credit: Google Maps Alpen E Siram

Fasilitas yang bisa ditemukan di Junkyard Autopark bisa dikatakan memadai, seperti hadirnya area parkir yang luas. Berkunjung ke tempat wisata unik di Magelang tidak perlu khawatir dengan tempat parkir yang disediakan, karena anda dengan keluarga anda dapat dengan mudah menemukan banyak tempat parkir yang luas dan bersih.

Toilet umum menjadi fasilitas yang tidak boleh terlewatkan jika berada di tempat wisata. Toilet di tempat wisata keren ini juga sangat bersih dan cenderung wangi. Anda yang ingin beristirahat, bisa memanfaatkan kehadiran Kursi Kayu dan Pendopo di beberapa sudut. Area pendoponya begitu luas, sehingga bisa menampung pengunjung dalam jumlah banyak.

Bagi anda yang tidak sempat menyiapkan bekal, anda juga tak perlu khawatir. Anda bisa menemukan cafe dan rumah makan yang siap untuk memanjakan lidah anda. Anda dapat memesan berbagai hidangan dan juga minuman yang segar. Tenang saja, harga yang dibanderol untuk makanannya juga tak akan menguras kantong anda.

Fasilitas seperti penginapan baik hotel maupun rumah singgah juga dapat dengan mudah anda temukan di daerah kawasan wisata ini. Selain menawarkan penginapan yang nyaman, penginapan disini juga ditawarkan dengan harga yang cukup murah. Harga untuk satu kamarnya sendiri ditawarkan dengan harga kurang lebih sekitar Rp. 100 ribu per malam.

Jika anda merasa bingung untuk menentukan destinasi wisata unik di Magelang, maka anda dapat berkunjung di Junkyard Autopark. Selain mendapatkan pemandangan yang cantik, unik, serta fasilitas yang lengkap, tempat ini juga akan membuat anda meningkatkan kekaguman dengan wisata yang ada di Megalang.