Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 06.30-17.30 WIB, Alamat: Kalinampu, Seloharjo, Kec. Pundong, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Bantul menjadi wilayah yang populer dengan objek wisata alamnya yang memukau. Misalnya saja adalah wisatawan yang memiliki nuansa Jepang dan belakangan ini menjadi topik perbincangan yang hangat bagi banyak orang. Apalagi kalau bukan tempat wisata yang bernama Kalinampu Natural Park.

Konsep Jepang yang disuguhkan oleh tempat wisata yang tergolong baru ini banyak menarik perhatian wisatawan lokal dan mancanegara. Taman Kalinampu menjadi salah satu area tempat berfoto yang sekarang ini sedang naik daun. Oleh sebab itu, tempat ini setiap harinya tidak pernah lepas dikunjungi oleh kalangan pemuda.

Kalinampu Natural Park yang ada di Yogyakarta ini telah resmi dibuka untuk umum pada akhir 2019 lalu. Adanya hamparan bunga yang berwarna-warni serta rerumputan segar yang berwarna hijau merupakan hal yang nantinya dilihat oleh wisatawan ketika pertama kali mendatangi wisata ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Kalinampu Natural Park

Daya Tarik Kalinampu Natural Park
Image Credit: Google Maps Rahmat Alam Akbar

1. Keindahan Panorama Hamparan Eceng Gondok

Eceng gondok sering kali disebut-sebut sebagai sebuah limbah yang dapat mengganggu danau atau sungai. Akan tetapi, di tangan seorang pemuda yang berasal dari Dusun Kalinampu ini, tanaman eceng gondok yang tumbuh di Sungai Opak nyatanya dapat dimanfaatkan sebagai tujuan wisatawan.

Panorama indah yang tampak dari hamparan tanaman eceng gondok menjadi daya tarik utama untuk Taman Kalinampu. Beberapa wisatawan bahkan memanfaatkan kecantikannya untuk melakukan foto prewedding. Untuk mendapatkan pengalaman serta foto terbaik, maka kunjungilah tempat ini ketika menjelang senja serta terbenamnya matahari.

2. Ada Banyak Spot yang Instgramable

Selain keindahan yang dimiliki oleh panorama hamparan eceng gondok, tempat wisata Kalinampu Natural Park juga masih memiliki banyak spot yang cukup instagramable. Oleh sebab itu, manfaatkan waktu luang yang Anda miliki untuk berburu foto selfie serta panorama indahnya. Dikarenakan tak seluruh kompleks wisata di Jawa Tengah menawarkan view yang serupa.

Berposelah di dekat hamparan tanaman eceng gondok dengan background berupa pepohonan hijau ataupun sunset. Anda dapat berfoto sembari duduk atau berdiri dengan cantik di area duduk yang terbuat dari anyaman bamboo yang sudah disediakan oleh warga setempat.

Spot foto yang lain dan tidak kalah bagusnya adalah ayunan. Anda bisa mengambil video estetik dengan memainkan ayunan tersebut. Selain itu, ada pula Gerbang Tori yang menjadi sebuah simbol ikonik yang letaknya ada di Jepang. Untuk memperoleh foto yang bagus, Anda dapat berkunjung ketika pagi hari serta sore hari.

3. Lokasinya Dekat dengan Wisata Lain

Anda yang datang ke taman ini akan bisa sekaligus berwisata ke beberapa wisata lain yang juga populer di Jawa Tengah. Tempat wisata lain yang bisa Anda kunjungi juga yaitu Jembatan Soka Lama dan juga Pantai Depok. Keduanya menampilkan keunikannya tersendiri dan mampu melengkapi kegiatan berwisata Anda.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

alamat
Image Credit: Google Maps Beyond Blindspot

Alamat yang dimiliki oleh Kalinampu Natural Park terletak di Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Untuk perisinya lagi ada di Kalinampu, Seloharjo. Bagi wisatawan yang sedang ada di pusat perkotaan Yogyakarta bisa menggunakan rute yang akan dijelaskan berikut ini.

Anda pun tak perlu khawatir sebab mengenai akses jalanannya telah bagus dan lokasinya sangat mudah untuk dijumpai. Pertama, arahkan saja kendaraan yang Anda naiki untuk menuju ke Jalan Parangtritis dan Jalan Mangun Negoro yang terletak di Ketandan. Anda cukup mengikuti saja Jalan Mangun Negoro hingga sampai di Jalan Kalinampu.

Jarak yang nantinya akan ditempuh oleh Anda dari perkotaan Yogyakarta sampai lokasi wisata kurang lebih 24 km dan memerlukan waktu perjalanan sekitar 60 menitan. Bagi Anda yang kesusahan untuk menjumpai lokasi wisata alam ini, maka gunakan saja bantuan dari aplikasi Google Maps.

Harga Tiket Masuk Kalinampu Natural Park

Harga Tiket Masuk Kalinampu Natural Park
Image Credit: Google Maps Bambang Edi Prasetyo

Untuk bisa menikmati serunya wisata yang bernuansakan Jepang ini, maka Anda tak perlu pergi jauh hingga ke negara Jepang. Dikarenakan keindahan yang dimiliki pada objek wisata tersebut bisa dinikmati oleh setiap wisatawan dengan harga tiket masuk yang tergolong murah.

Wisatawan yang hendak masuk ke kawasan dari wisata yang disebut dengan Kalinampu Natural Park ini akan diwajibkan untuk mengeluarkan uang sebagai tiket masuk seharga 3 ribu rupiah saja per orang. Sementara, wisatawan yang hendak menyewa kostum khas Jepang, maka akan diberi tambahan biaya per kostum sebesar 25 ribu rupiah.

Selain harga tiket masuk dan juga menyewa pakaian khas Jepang, masih ada biaya tambahan lainnya yang perlu dibayarkan. Pasalnya, bagi wisatawan yang memarkirkan kendaraannya di tempat wisata ini harus membayar sebesar 2 ribu rupiah untuk motor dan 5 ribu rupiah untuk mobil.

Objek wisata tersebut beroperasi tiap hari Senin sampai Minggu atau tidak ada hari libur. Untuk jam bukanya sendiri yakni dimulai pada jam 06:30 hingga 17:30 WIB.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Kalinampu Natural Park

kegiatan
Image Credit: Google Maps Beyond Blindspot

1. Jalan-Jalan

Kalinampu Natural Park menyuguhkan beragam spot alam yang cocok sekali untuk Anda telusuri. Kegiatan berjalan-jalan sudah pasti dilakukan oleh wisatawan karena dengan cara inilah Anda bisa menikmati pemandangan hingga puas.

2. Melihat Sunset

Tumbuhan yang ada di tempat wisata ini semakin memukau karena ditemani dengan pemandangan sunset yang cantik. Warna jingga dari matahari yang tenggelam membuat suasana terasa tenang.

3. Duduk-Duduk di Pinggir Sungai

Sungai yang mengalir dengan tenang juga cukup menarik untuk dinikmati. Untu itu, wisatawan bisa duduk santai di pinggir sungai sembari memandangi pepohonan hijau di depannya. Namun, Anda harus tetap berhati-hati dan menjaga keselamatan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Kalinampu Natural Park
Image Credit: Google Maps Jiiu Anakaneh

Sebagai lokasi wisata yang cukup hits di Yogyakarta, maka Kalinampu Natural Park selalu membenahi serta meningkatkan fasilitas yang ada di sana. Hal ini dilakukan dengan harapan supaya wisatawan yang menghabiskan liburannya di tempat tersebut dapat merasa aman serta nyaman.

Fasilitas utama yang tentunya paling sering diserbu oleh pendatang baru di area wisata populer ini yaitu tempat persewaan. Ada banyak properti untuk fotografi yang dapat disewa oleh wisatawan, mulau dari pakaian khas Jepang serta payung Jepang. Tentu saja fasilitas tersebut cukup berbeda dengan lokasi wisata yang lain.

Selain sudah menyediakan area parkiran yang luas, lokasi wisata pun mempunyai toilet umum yang bersih. Anda pun akan menemukan warung makan yang cukup sederhana di lokasi tersebut. Bonusnya, wisatawan dapat duduk bersantai di sekitaran warung sembari mengisi energi yang habis karena berkegiatan di kompeks wisata tersebut.

Demikianlah penjelasan lengkap terkait Kalinampu Natural Park yang ada di Jawa Tengah. Usahakan untuk mengunjungi objek wisata itu ketika berada di Jawa Tengah karena keindahannya akan membuat Anda terkagum. Mengajak teman bisa menjadi salah satu cara agar liburan Anda di sana lebih menggembirakan lagi.

REKOMENDASI DESTINASI