Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 07.30-17.30 WIB, Alamat: Sukakarya, Kec. Samarang, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Kamodjan Fillage adalah tempat wisata di Garut yang baru saja dibuka. Beberapa pembangunan belum selesai dibangun, namun tempat ini merupakan destinasi yang terkenal dan banyak sekali dikunjungi oleh para wisatawan. Keindahan pemandangan pegunungan dan hutan di area gunung membuat wisata ini memiliki spot foto yang instagramable.

Nuansa pemandangan alam dan buatan membuat wisata ini menjadi perpaduan yang unik. Diberi nama dengan Kamodjan Fillage karena memiliki tempat yang unik. Dimana Kamodjan berarti keindahan dan Fillage berarti mengisi umur. Kata Fillage sendiri bukan berasal dari bahasa inggris, melainkan akronim dari Fill Age yang berarti keindahan yang mengisi umur.

Nama tersebut sangat cocok untuk tempatnya yang bisa menjadi tempat liburan untuk mengisi waktu dan umur Anda. Objek wisata ini dibuka pada tanggal 5 Oktober 2018 dan memiliki luas sekitar 15 hektar. Selain memiliki tempat unik, fasilitas atau propertinya juga unik karena bahan yang digunakan dari alam seperti bamboo, kayu, ranting besar pohon, dan berbagai tumbuhan alam.

Daya Tarik yang Dimiliki Kamodjan Fillage

Daya Tarik Kamodjan Fillage
Image Credit: Google Maps Muhammad Shifa Zulfikar

Kamodjan Fillage merupakan destinasi yang paling disukai oleh kaum muda. Spot foto yang menarik, pemandangan yang indah, dan tempat-tempat unik yang mampu membuat banyak pengunjung terpesona. Bahkan tidak sedikit turis asing yang datang untuk melihat keindahan dari wisata ini.

1. Pemandangan Alam yang Memukau

Lokasi Kamodjan Fillage ini dekat dengan pegunungan, inilah yang menjadi pemandangan utama dari cantiknya tempat ini. Spot foto yang dibuat tinggi seperti berada di atas angin membuat pengunjung bisa melihat pemandangan indah dari atas. Selain itu, terdapat hutan kamodjan yang menambah kecantikan jika dilihat dari atas.

2. Memiliki Spot Foto yang Instagramable

Ada banyak spot-spot foto yang menarik untuk Anda upload di Instagram atau pun media sosial lainnya. Terdapat becak on the sky yang merupakan becak terbang, pengunjung bisa menaikinya dan melihat pemandangan sekaligus menguji adrenalin. Floor Dock Sky merupakan tempat berfoto yang memiliki pemandangan alami hutan Kamodjan.

Ada juga Bambu House merupakan tempat rumah bamboo yang unik seperti berada di tiga dimensi. Bambu Tunel yaitu tempat foto dengan bamboo yang dibuat bergelombang. Selain itu, terdapat juga ayunan di atas angin dengan pemandangan pegunungan yang indah. Pastinya spot-spot ini yang membuat foto-foto Anda menjadi bervariasi.

3. Terdapat Pasar Tradisional

Kamodjan Fillage juga memiliki tempat jualan untuk para pedagang makanan mau pun barang-barang, yang biasa disebut dengan pasar tradisional. Selain menikmati pemandangan yang indah, pengunjung juga bisa membeli oleh-oleh serta berbagai macam makanan yang pastinya akan membuat perut Anda kenyang.

Daya Tarik di Kamodjan Fillage
Image Credit: Google Maps gunawan hadi sucipto

4. Dapat merasakan Camping yang Mewah

Pengunjung bisa camping dengan merasakan sensasi yang berbeda. Biasa disebut dengan camping glamor, karena telah tersedia tenda sekaligus tempat camping yang mewah. Ketika malam banyak dihiasi dengan lampu-lampu berkelip menambah kecantikan pemandangan malam.

5. Sensasi Sunrise dan Sunset

Di destinasi alam ini, pengunjung yang menginap atau pun camping juga bisa melihat keindahan matahari terbit mau pun matahari tenggelam. Bisa Anda nikmati di wahana yang tinggi atau di atas angin, pengunjung akan dibuat terpukau dengan keindahan Sunrise dan Sunset seperti muncul dan tenggelam di balik pegunungan dan ujung hutan Kamodjan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Kamodjan Fillage
Image Credit: Google Maps Dian Novia Ranjaini

Kamodjan Fillage merupakan tempat wisata yang memiliki medan jalan yang sudah bagus dengan material aspal dan beton. Pengunjung juga tidak perlu khawatir karena telah tersedia plang penunjuk arah jalan. Namun, untuk menuju ke sana pengunjung harus siap melewati jalan yang berliku-liku penuh dengan tikungan tajam dan jalan yang lumayan sempit.

Wisata ini berlokasikan di Sukakarya, Samarang, Garut, Provinsi Jawa Barat. Untuk menuju ke sini pengunjung harus menempuh waktu sekitar 60 menit dengan jarak sekitar 30 km dari Kota Garut. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi mau pun umum. Untuk angkutan umum bisa naik kereta atau pun bus.

Untuk rutenya dari Kota Garut menuju ke Majalaya, selanjutnya menuju Ibun dan terakhir Menuju Kamodjan. Biasanya untuk naik angkotan umum pengunjung hanya membayar sekitar Rp 30.000. Bagi yang naik kendaraan pribadi pengunjung dapat mencari lokasi di Goggle Maps atau membaca plang yang ada di belokan jalan.

Selama perjalanan akan disuguhkan pemandangan khas pegunungan, ini akan membuat Anda semakin tertarik akan keindahan alam disini. Selain itu, wisata ini juga dekat dengan kawasan wisata lainnya seperti Camping Ground Situ Cibeureum, Pusat Konservasi Elang, dan Wisata Saung Cibural.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Jam Operasional Kamodjan Fillage
Image Credit: Google Maps RD One Barakah

Wisata yang memiliki spot foto yang cantik serta pemandangan yang alami membuat banyak wisatawan berbondong-bondong untuk merasakan sensasi liburan bersama keluarga dan pasangan di sini. Pengunjung dapat ke sini pada waktu pagi hari pukul 07.30 WIB sampai sore hari pukul 17.30 WIB. Untuk yang ingin bermalam atau camping bisa melapor ke petugas.

Biaya yang harus di keluarkan untuk ke Kamodjan Fillage hanya Rp 20.000 per orang. Selain itu, ada biaya tambahan seperti tempat parkir. Untuk kendaraan bermotor hanya membayar Rp 3.000 sedangkan mobil pribadi Rp 5.000. Bagi pengunjung yang bermalam tinggal menambah biaya perkamar atau pun tenda camping sekitar Rp 50.000 hingga Rp 200.000.

Selebihnya untuk wahana-wahana dan spot-spot foto adalah gratis, sehingga bisa dinikmati para pengunjung. Dengan harga yang murah, wisatawan sudah dapat merasakan keindahan yang jarang dimiliki di wisata lain.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Kamodjan Fillage

Kegiatan Menarik Kamodjan Fillage
Image Credit: Google Maps Hendra Supriyatna

Kamodjan Fillage menawarkan beberapa spot-spot foto yang cantik, pemandangan yang indah, dan tempat-tempat yang membuat Anda nyaman. Dengan hal tersebut pengunjung bisa melakukan kegiatan apa pun, agar hati dan fikiran menjadi tenang dan fresh. Berikut ini beberapa kegiatan yang dapat dilakukan pengunjung di wisata ini:

1. Menaiki Wahana yang Unik

Kalau biasanya naik becak berada di bawah, beda dengan ini yang naik becak berada di atas. Anda akan merasakan seperti terbang di udara. Becak ini dijalankan dengan tali yang aman, hal ini akan menguji adrenalin para pengunjung. Lalu ada juga wahana naik kaca, di sini pengunjung akan melihat pemandangan tepat di bawah kaki. Pastinya akan berasa dag dig dug.

2. Bersepeda

Sambil berkeliling ke area wisata Kamodjan Fillage, pengunjung dapat menikmatinya dengan bersepeda. Pastinya membuat pengunjung berasa santai dan senang.

3. Berfoto

Kegiatan yang pastinya tidak akan ketinggalan, apalagi zaman teknologi media sosial semakin berkembang dan canggih. Hasil-hasil foto Anda akan cantik dan menakjubkan karena tempat ini penuh dengan spot-spot foto yang unik dan menarik. Sekaligus memiliki pemandangan yang sangat indah.

4. Berpiknik

Waktu liburan merupakan waktu yang pas untuk berkumpul bersama keluarga, apalagi jika berkumpulnya di Kamodjan Fillage. Piknik bersama keluarga adalah solusi yang tepat untuk berkumpul. Pengunjung akan menikmati suasana yang sejuk khas pegunungan beserta pemandangan yang unik.

Kegiatan Menarik di Kamodjan Fillage
Image Credit: Google Maps Jhon al maroghi

5. Berbelanja

Destinasi wisata ini juga menyediakan pasar tradisional, sehingga para pengunjung bebas membeli apa pun. Dari ada yang menjual berbagai makanan, baju-baju khas Jawa Barat, Pernak-pernik, mainan yang unik, dan lain sebagainya. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau.

6. Camping dan Bermalam

Bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana malam di Kamodjan Fillage, dapat bercamping dan menginap di penginapan yang telah disediakan. Pemandangan malamnya pun tidak kalah menarik dengan siang, banyak lampu-lampu berkelap kelip yang menghiasi tempat wisata sekaligus Kota Garut. Namun untuk wahananya, pada malam hari tidak boleh digunakan.

7. Memakan Makanan Khas Garut

Selain itu, kegiatan yang dapat pengunjung lakukan adalah mencoba dan merasakan makanan khas Garut. Karena di wisata ini telah tersedia restoran makanan khas Garut.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Kamodjan Fillage
Image Credit: Google Maps Dian Novia Ranjaini

Selain tempat liburan yang indah, menarik, dan nyaman. Ada beberapa fasilitas yang mendukung Kamodjan Fillage, fasilitas ini untuk menambah ketertarikan dan kenyamanan pengunjung. Fasilitas sebagai penunjang wisata yaitu berupa gazebo, restoran, pasar tradisional, penginapan, mushola, toilet, dan tempat parkir.

Sedangkan fasilitas yang mendukung wisata berupa wahana-wahana yang unik seperti becak on the sky, Floor Dock Sky, Bambu House, dan lain sebagainya. Selain itu, ada juga spot-spot foto yang cantik, terdapat juga sebuah taman yang dipenuhi bunga, sepeda, tenda camping, fotografer untuk foto sekali jadi, dan lain sebagainya.

Tak heran apabila banyak sekali pengunjung yang datang ke tempat ini, dari anak-anak, kalangan muda, dewasa, hingga orangtua. Karena fasilitas yang diberikan pun cukup lengkap, sehingga membuat seru dan daya tarik sendiri untuk para pengunjung.

Itulah review mengenai Kamodjan Fillage, tempat wisata yang memiliki pemandangan yang indah dan spot-spot foto yang menarik untuk Anda upload di media sosial. Apalagi memiliki berbagai fasilitas yang memadai dan ada banyak hal yang dapat dilakukan di wisata ini. Selain itu, rute yang dilewati tidak terlalu sulit.

REKOMENDASI DESTINASI