Kampung Cai Ranca Upas Bandung, Menikmati Keindahan Alam Sekaligus Camping

Kampung Cai Ranca Upas Bandung

Lokasi: Jl. Raya Ciwidey – Patengan No.KM. 11, Patengan, Kec. Rancabali, Kab. Bandung.

Hotel Terdekat Lokasi Wisata

Apakah Anda berencana untuk mengunjungi kota Kembang Bandung dalam waktu dekat ini? Mengunjungi kota ini tidak lengkap rasanya jika tidak sekalian berwisata. Banyak sekali wisata menarik yang bisa Anda kunjungi untuk menghilangkan penat anda. Salah satu objek wisata alam yang akan membuat liburan Anda seru adalah Kampung Cai Ranca Upas Bandung. Objek wisata satu ini sangat direkomendasikan dengan pesona yang bisa diintip dalam ulasan berikut.

Keindahan Alam Mempesona di Ranca Upas

Keindahan Alam Mempesona di Ranca Upas

Image Credit: Katalogwisata.com

Kampung Ranca Cai Upas adalah salah satu bumi perkemahan yang ada di Ciwidey Bandung. Memiliki luas sekitar 215 H dengan hutan lindung yang mengelilinginya membuat tempat satu ini memiliki keindahan yang luar biasa. Anda bisa menemukan flora yang beragam mulai dari pohon Hamirug, Jamuju, Puspa, Kitambang, Pasang, Huru dan Kuru. Selain floranya, fauna yang ada di hutan lindung ini juga beragam dengan satwa jinak lainnya.

Meskipun memiliki bumi perkemahan yang luas, ketika Anda berekreasi ke tempat satu ini Anda akan melihat beragam wahana. Salah satunya yang populer adalah penangkaran rusanya dan banyak beterbaran di sosial media. Selain bisa melihat rusa lebih dekat di alam terbuka, Anda juga berinteraksi dengan mereka. Belum lagi Anda juga bisa menikmati udara sejuk dengan hamparan hijau yang akan menyejukkan mata dan cocok untuk melepas penat.

Berada di ketinggian 1.700 mdpl membuat udara di sekitarnya begitu sejuk ketika siang hari. Pada malam hari udara akan lebih dingin atau bahkan ekstrim. Suhu rata rata ketika malam hari bisa mencapai 16 sampai 19 derajat celcius. Di waktu tertentu suhu tersebut bisa jauh lebih rendah lagi. Pengunjung Kampung Cai Ranca Upas kebanyakan adalah warga perkotaan yang ingin menikmati sejuknya udara pegunungan yang bebas polusi.

Awalnya lokasi satu ini merupakan kawasan yang diperuntukkan untuk kegiatan luar ruangan karena karakternya hutan. Seperti kegiatan pecinta alam, trekking hingga camping. Saat ini Kampung Ranca Upas bahkan menjadi kawasan wisata yang tidak terbatas. Sudah ada untuk aktivitas modern seperti pemandian air panas dan juga waterboom. Dengan adanya wahana wahana ini membuat kawasan ini menjadi wisata yang terpadu.

BACA JUGA:  Keindahan Alam Curug Parigi di Bekasi yang Memesona

Daya Tarik dari Kampung Cai Ranca Upas

Image Credit: Dakatour.com

Ranca Upas ini memang sangat cocok dijadikan sebagai destinasi liburan keluarga. Daya tariknya yang melimpah membuat Anda tidak akan pernah menyesal mengunjungi wisata satu ini. Ranca Upas dikenal sebagai bumi perkemahan terbaik di Bandung dengan area yang sangat luas. Sehingga pengunjung bisa bebas menentukan area camping mana yang akan di gunakan. Bahkan area campingnya bisa menampung hingga 10.000 orang.

Tak jarang kawasan bumi perkemahan ini dijadikan sebagai lokasi berlangsungnya acara acara kelas nasional. Mulai dari jambore hingga pelatihan maupun kegiatan kemah dengan banyak peserta. Anda yang ingin berlibur bersama dengan keluarga juga bisa untuk berkemah di tempat ini. Menghabiskan akhir pekan atau liburan dengan berkemah akan menjadi aktivitas yang menyenangkan. Bisa mengenal alam dan merasakan suasana yang berbeda.

Daya tarik yang memang tidak pernah surut adalah penangkaran rusanya. Ranca Upas juga menjadi pusat konservasi fauna sehingga terdapat area khusus yang banyak menarik perhatian. Di penangkaran rusanya, pengunjung bisa menyaksikan kehidupan rusa rusa lucu ini di habitat aslinya. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memberinya makan sembari berinteraksi bersama mereka. Pakan berupa wortel ini bisa Anda beli langsung di tempat.

Anak anak pasti akan menyukai aktivitas satu ini. Apalagi rusa merupakan hewan yang jinak dan sangat lucu. Menariknya lagi, cara pembelian wortel ini menggunakan sistem kantin kejujuran. Setiap pembeli diharuskan untuk memasukkan sejumlah uang ke kotak yang telah disediakan. Hal ini juga bisa sebagai cara untuk memberikan edukasi bagi anak anak. Sistemnya yang unik ini juga bisa membiasakan untuk bersikap jujur dimanapun berada.

Bagi Anda yang gemar dengan petualangan bisa berpetualangan di alam terbuka yang seru. Pihak pengelola juga sudah melengkapi berbagai fasilitas untuk melakukan kegiatan Fun Adventure. Umumnya Anda akan bermain dalam sebuah kelompok yang terdiri dari keluarga maupun teman teman. Kemudian menyusuri hutan lebatnya yang berbukit bukit. Pastinya ini akan menjadi pengalaman tak terlupakan dengan sesuatu petualangan yang begitu kental.

BACA JUGA:  8 Curug (Air Terjun) di Purwakarta yang Lagi Hits Dikunjungi

Selain fun Adventure, Ranca Upas juga memfasilitasi pengunjungnya untuk melakukan kegiatan fun games. Beragam permainan outdoor turut disematkan membuat kegiatan semakin seru. Anda bisa menjajal outbond yang dilengkapi dengan Flying Fox, kemudian Shake Stairs, Water Ball, Cargo Net dan lain sebagainya. Tersedia pula kolam yang menjadi lokasi permainan air seperti perahu dan permainan seru lainnya.

Setelah puas berjalan jalan, Anda bisa membuat tubuh rileks dengan berendam di air panasnya. Berendam air panas dan dihadirkan dengan pemandangan yang mempesona tentunya menjadi rileksasi tersendiri. Jika masih ingin bermain air, menyambangi waterboomnya juga bisa dilakukan. Kolam renang modern ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung yang membuat bermain air semakin nyaman.

Untuk Anda yang menyukai kegiatan swafoto, Anda bisa mengunjungi taman Selfie. Berbagai spot swafoto tersedia dan Anda bisa mengambil foto dengan bebas dan beragam. Berlatar area hijau yang pastinya akan sangat cantik jika diabadikan dengan kamera anda. Bahkan tidak jarang banyak yang menjadikan Kampung Cai Ranca Upas sebagai lokasi untuk melakukan prewedding. Mengingat banyaknya spot instagramable yang begitu cantik.

Hotel Terdekat Lokasi Wisata

Fasilitas yang Tersedia di Kampung Cai Ranca Upas

Image Credit: Spotpedia.id

Tidak hanya memiliki daya tarik yang melimpah, Anda juga akan dimanjakan dengan fasilitas yang ada di Ranca Upas ini. Fasilitas umumnya terbilang lengkap dan memadai. Anda sudah bisa menemukan toilet, area parkir dan juga tempat ibadah. Anda juga bisa menemukan warung makan yang menyediakan berbagai menu tradisional Sunda. Harga yang dibandrol juga terbilang bersahabat mulai dari Rp. 5 ribu ke atas untuk setiap porsinya.

Tidak cukup dengan warung makan, masih ada juga pedagang keliling yang bisa Anda temui. Penjual keliling ini menjajakan aneka makanan ringan mulai dari siomay, batagor, jagung bakar hingga strawberry segar. Anda juga bisa menemukan Cafe Ranca Upas di dalam kawasan ini. Bagi Anda yang ingin camping tapi tidak membawa tenda juga tidak masalah. Mengingat di Ranca Upas peralatan camping disewakan mulai tenda hingga sleeping bag.

BACA JUGA:  10 Curug (Air Terjun) di Bandung yang Lagi Hits Dikunjungi

Harga Tiket dan Jam Operasional Kampung Cai Ranca Upas

Harga Tiket dan Jam Operasional Kampung Cai Ranca Upas

Image Credit: Rajatourbandung.com

Untuk bisa menikmati semua keindahan dari Kampung Cai Ranca Upas, Anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 15 ribu. Harga tersebut tentunya belum termasuk biaya fasilitaa sewa maupun parkis. Harga tersebut juga tidak berlaku untuk wisatawan mancanegara yang harga tiketnya berkisar Rp. 25 ribu. Namun harga tersebut terbilang terjangkau jika melihat keindahan serta pesona yang dimiliki oleh Kampung Ranca Upas.

Masing masing wahana juga harus membayar biaya tambahan. Seperti kegiatan outbond yang harus membayar sekitar Rp. 15 ribuan. Biaya tersebut belum termasuk kegiatan lain seperti Trampolin, Elvis Bridge atau Flying Fox. Untuk kegiatan sekelas paint ball biasanya memiliki harga yang lebih mahal sekitar Rp. 90 ribuan. Begitu juga untuk Anda yang ingin berkemah ada biaya khusus yang disesuaikan dengan jumlah dari yang menginap.

Jam operasional kawasan wisata selama 24 jam dan buka setiap hari. Namun meskipun demikian sebaiknya tidak datang ketika malam hari. Sebab, Anda akan melewati hutan Ciwidey yang masih sangat sepi. Jarak antara gerbang ke area perkemahan cukup jauh sekitar 1 KM. Sehingga selama Anda masuk mungkin Anda hanya akan menemukan hutan yang sangat sepi. Maka dari itu sebaiknya datang ketika siang atau sore.

Kampung Ranca Upas ini berada sekitar 45km jika dari arah selatan pusat kota Bandung. Untuk alamatnya sendiri berada di Jl. Raya Ciwidey yang bisa ditempuh dengan dua rute alternatif. Bagi Anda yang keluar dari pintu tol Cimahi bisa langsung mengambil jalan ke arah Ciwidey. Akses untuk menuju lokasi terbilang menantang dengan lokasi yang juga mudah untuk ditemukan.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Kampung Cai Ranca Upas sebagai destinasi liburan, maka harus memperhatikan beberapa hal. Terutama untuk Anda yang tidak tahan dingin, alangkah baiknya jika menyiapkan pakaian hangat. Jika ingin berkemah Anda juga harus menyiapkan peralatan yang lengkap dan secara maksimal. Semua kebutuhan pribadi hendaknya disiapkan terutama yang berkaitan dengan kesehatan.