Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 09.00-21.00 WIB, Alamat: Jl. Banten No.7, Kebonwaru, Kec. Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Kampung Korea merupakan ikon wisata yang menyerupai kota Seoul di daerah kota Bandung. Nuansa estetik yang diberikan membuat bangunan seperti benar-benar ada di Korea. Bahkan menginjakkan kaki disana membuat sebagian orang tertarik menghabiskan waktu sampai sore menjelang malam.

Bangunan yang sengaja diberi sentuhan gaya Korea ini memiliki corak warna warni. Selain itu setiap bangunan juga diberi tulisan Korea untuk menambah kesan luar negeri. Bangunan tersebut tidak hanya rumah, tetapi ada jembatan dan tempat duduk yang diberi dekorasi cantik.

Setiap kali pergi berlibur wisatawan selalu ingin hunting foto. Spot instagramable akan memberi hasil foto seperti di kota Seoul yang menarik perhatian. Apalagi bangunan yang unik diberi tanaman bunga Mugunghwa yang memberi nuansa estetik seperti di negara Korea.

Daya Tarik yang Dimiliki Kampung Korea Bandung

Daya Tarik Kampung Korea Bandung
Image Credit: Google Maps Dedi Sopandi Sofwan

1. Spot Instagenic

Kampung Korea ini menawarkan pilihan tempat berfoto yang tersebar cukup banyak. Spot ini sangat instagenic karena design bangunan memang benar-benar mirip rumah Korea. Bahkan bangunan tersebut ada yang dibentuk mirip seperti kerajaan kuno Korea. Beragam spot itulah yang menjadi salah satu ciri khas wisata.

Biasanya pengunjung sengaja berjelajah untuk melihat setiap bangunan dari sisi kanan dan kiri. Pada area lain Anda juga dapat menikmati dinding yang sudah diberi gambar animasi ala Korea. Bahkan ada pula lampion yang diberi tulisan Korea di sepanjang destinasi dan membuat foto semakin unik.

2. Resto Kuliner

Masakan ala Korea sudah banyak diincar traveller ketika pergi ke destinasi cantik tersebut. Resto Kampung Korea menyuguhkan pilihan kuliner seperti tteokbokki, bulgogi, hingga kimchi yang dijual oleh pedagang. Anda yang mampir untuk makan di resto ini akan merasa seperti liburan ke Seoul karena makanan begitu nikmat.

Khusus pelancong yang tidak suka makanan Korea, juga dapat membeli masakan lokal. Tersedia nasi, mie, hingga camilan lain yang cocok untuk memanjakan perut. Duduk di resto sambil menikmati suasana Korea dan masakan khas memang terasa menyenangkan. Jadi pilih makanan sesuai selera agar cocok di lidah Anda.

3. Bangunan Unik

Kampung Korea dikenal mempunyai dekorasi yang tidak kalah dengan rumah asli Korea. Bangunan ini bukan hanya berupa rumah saja, tetapi ada yang digunakan sebagai tempat menjual aneka makanan. Pengunjung juga bisa melihat jembatan kayu dan taman bunga buatan supaya semakin betah.

Setiap sisi bangunan dibuat berbeda dengan diberi sentuhan warna warni. Jalan yang ada di dalam destinasi pun tampak bersih dan diberi nuansa cat. Sepanjang jalan banyak tulisan ala Korea dengan bercorak hitam sebagai pelengkap keunikan bangunan. Maka dari itu, jika sudah disana jangan lupa berkeliling ke tiap bangunan untuk melihat desain yang indah.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Kampung Korea
Image Credit: Google Maps Timmy Fatimah

Kampung Korea berada di Jalan Banten, Batununggal, Bandung, Jawa Barat. Spot bangunan yang menawarkan keindahan ala Korea dekat dengan UNISBA Tamansari. Banyak sekali transportasi umum yang lewat disana karena jalan menuju tempat ini strategis. Tempat wisata ini memang masih dalam kawasan kota Bandung yang mudah sekali dijangkau.

Perjalanan yang ditempuh dari pusat kota diketahui butuh waktu selama 12 menit. Akses yang mudah dan telah memiliki rute jalan tercepat dapat membantu traveller. Lewati Jalan Gudang Selatan menuju Jalan A Yani dengan jarak yang cukup dekat. Lurus ke Jalan Jakarta sambil melihat rute selanjutnya, kemudian belok ke Jalan Banten dengan mencari wisata.

Wisatawan bisa berkendara bersama kerabat dekat karena datang ke Kampung Korea sangat tepat dilakukan. Jika ingin cepat sampai sebaiknya Anda mengikuti rute jalan dari kota Bandung itu serta cari papan petunjuk. Pengunjung akan diarahkan ke destinasi cantik ini sesuai rute tercepat dan Anda dapat memanfaatkan GPS atau google maps di android.

Harga Tiket Masuk Kampung Korea

Harga Tiket Masuk Kampung Korea
Image Credit: Google Maps Victor Gouanda

Kampung Korea Bandung memang dibangun menyerupai kawasan rumah orang Korea. Namun jangan khawatir karena datang ke sini tidak butuh banyak biaya. Anda yang berkunjung hari senin sampai jum’at bisa membeli tiket sebesar Rp 10.000. Sedangkan hari sabtu dan minggu tiket masuk dijual Rp 15.000 per orang termasuk turis luar negeri.

Ketika ingin menggunakan tempat parkir kendaraan pelancong perlu membayar tarif Rp 3.000 per sepeda. Jika Anda membawa mobil maka harus mengeluarkan tarif Rp 5.000. Parkir di dalam Kampung Korea itu tidak dihitung setiap jam. Para tamu juga dapat menggunakan spot foto di sekitar secara gratis karena tidak ada budget tambahan lagi.

Pelancong bisa pula menyewa baju tradisional ala Korea yang diberi harga Rp 30.000 per jam. Kemudian harga makanan pun dibandrol mulai Rp 20.000 yang memberi cita rasa khas. Bahkan tempat makan terlihat megah dan mewah seperti liburan ke Korea. Jadi berkunjung ke spot cantik bergaya luar negeri tersebut dijamin tidak akan menguras budget wisatawan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Kampung Korea

Kegiatan Menarik Kampung Korea
Image Credit: Google Maps Erwin Muniruzaman

1. Melihat Rumah ala Korea

Kampung Korea memiliki dekorasi bangunan yang mirip dengan kota Seoul. Selain itu ada rumah yang dibangun seperti kerajaan Korea masa kuno. Keunikan yang dimiliki setiap bangunan dicat memakai pilihan warna merah. Hal itu semakin menambah kesan tempat ini seperti di kawasan luar negeri yang terlihat memukau.

2. Berburu Makanan

Sebuah restaurant yang dilengkapi hiasan bergambar animasi ala Korea mudah dijumpai di dalam area. Menu yang dijual pun mulai dari masakan Korea hingga makanan lokal. Semua tamu yang duduk di resto itu dijamin betah karena tempat yang nyaman. Bahkan masakan yang ditawarkan dijamin cocok di lidah Anda sehingga tidak perlu membawa bekal kesana.

3. Mengabadikan Momen

Membawa kamera sambil berkeliling ke area bangunan termasuk sebagai kegiatan yang tidak pernah terlewat. Selama mengabadikan momen wisatawan bisa memakai background rumah Korea manapun yang disuka. Biasanya orang yang datang kesana tidak hanya mengambil satu potret foto saja. Keunikan tempat membuat tamu sering berburu foto.

4. Berjalan Santai

Berjalan di dalam Kampung cantik ini sering kali dilakukan saat cuaca sedang cerah. Pengunjung tidak akan rugi selama berjalan disana karena bangunan tampak bercorak beda. Selain itu ada pula beberapa tempat yang sudah dilengkapi atribut Korea. Sehingga mengajak kerabat berjalan santai selama menghabiskan liburan sangat tepat dan wajib dicoba oleh pelancong.

Kegiatan Menarik di Kampung Korea
Image Credit: Google Maps den hensen

5. Menyewa Hanbok

Hanbok adalah pakaian tradisional khas Korea yang banyak disewakan pada kawasan wisata. Setiap kali datang kesana wisatawan kerap menyewa hanbok untuk menambah kesan seperti liburan di Korea secara langsung. Terdapat pula aksesoris bergaya Korea yang disewakan. Jadi selama menyewa Anda bisa berfoto atau membuat video liburan.

6. Melihat Bunga

Kampung Korea mempunyai taman bunga yang begitu cantik. Pengunjung dapat melihat bunga Mugunghwa yang bermekaran dan berwarna merah muda. Bunga ini banyak tumbuh di Korea, namun di dalam wisata hits tersebut juga mudah ditemui. Pelancong bisa menikmati sejumlah bunga itu sambil duduk di kursi taman dan jangan sampai memetiknya.

7. Memilih Oleh-Oleh

Pusat belanja oleh-oleh yang telah berjejer di dekat resto makan selalu dipadati traveller. Segala macam aksesoris hingga makanan ala Korea yang masih mentah banyak dijual. Para tamu yang ingin membeli buah tangan untuk kerabat dapat mampir ke spot itu. Anda dapat memilih barang kesukaan serta membawa pulang supaya keluarga di rumah senang.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Kampung Korea
Image Credit: Google Maps citruz grandis

Kampung Korea memberi fasilitas yang lengkap dan menunjang kegiatan liburan. Toilet di dalam destinasi ini cukup bersih serta tidak sulit dijumpai. Loket masuk dekat dengan tempat parkir sebagai lahan yang menampung kendaraan pengunjung. Selain itu ada pula spot duduk untuk berkumpul dengan keluarga yang diajak pergi ke destinasi.

Spot foto instagenic terlihat banyak mulai dari taman bunga hingga rumah Korea yang lucu. Tidak ada budget yang perlu dibayar selama hunting foto. Toko yang menyewakan kostum serta aksesoris bergaya Korea ada di bagian sudut wisata. Jika ingin memberi kesan bagus dalam foto maka Anda bisa memilih kostum yang telah disediakan oleh petugas setempat.

Resto makan yang mempunyai dinding serta kursi ala luar negeri telah tersedia di Kampung Korea. Traveller sudah tidak jarang yang sekedar melipir ke resto saat jam makan siang. Kemudian di sisi bagian lain terlihat mushola untuk umum. Nikmati kunjungan dengan berjalan mengelilingi tempat ini sambil gunakan semua fasilitas yang tersedia.

Itulah sekilas informasi Kampung Korea Bandung yang mampu memberikan suasana seperti di luar negeri. Kecantikan bangunan yang telah dikelola secara khusus memberi nuansa kota Seoul. Apalagi terdapat bangunan penunjang lain seperti jembatan yang semakin mempercantik wisata. Maka dari itu, jika Anda tertarik kesana jangan lupa ajak kerabat.