Kawah Kamojang Garut, Destinasi Wisata Alam yang Begitu Memikat

Kawah Kamojang Garut

Lokasi: Gunung Kamojang, Loa, Kec. Paseh, Kab. Bandung.
MapCek Lokasi

Indonesia menjadi salah negara dengan kekayaan alam yang melimpah dan juga memukau. Hingga akhirnya dimanfaatkan sebagai wisata alam yang tak pernah bosan untuk membuat terkesima para wisatawan.

Di kota Garut Jawa Barat, terdapat Kawah yang dijadikan sebagai objek wisata menarik. Kawah Kamojang, begitu masyarakat memberi nama tempat ini. Ada banyak hal menarik yang bisa anda eksplor ketika mengunjunginya. Untuk lebih lengkapnya simak ulasan berikut.

Mengintip Kawah Kamojang Sebagai Destinasi Menarik

Mengintip Kawah Kamojang Sebagai Destinasi Menarik

Image Credit: Pergidulu.com

Mungkin banyak yang belum mengenal dan mendengar tentang kawah ini. Kawah Komajang sendiri berada di Gunung Kamojang yang dikelola oleh PLTP Kamojang, Indonesia Power dan juga Pertamina karena memang digunakan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Bumi. Dan Kawah Kamojang menjadi kawah pertama yang energinya bisa dimanfaatkan. PLTP ini dibangun pada saat masa penjajahan Belanda di tahun 1926.

Kemudian diresmikan Presiden Soeharto di tahun 1983. Menurut penjaga kawah, uap yang dihasilkan oleh kawah ini bisa membuat kulit menjadi sehat. Tak hanya itu, bau dari uapnya yang dihasilkan juga baik untuk pernafasan dan peredaran darah. Beberapa pengunjung memang sengaja datang untuk merasakan sauna alami atau untuk menenangkan pikiran. Inilah yang menjadi daya tarik utama dari wisata alam di Garut ini.

Memiliki luas lahan sekitar 10 ha membuat anda bisa bebas melakukan banyak hal. Meskipun yang bisa dijelajahi hanya sekitar 8 ha saja, karena sisanya sedang dalam masa perombakkan. Di kawah ini terdapat 23 kawah dengan 2 diantaranya berbentuk layaknya danau yang memiliki uap. Kawah ini memiliki lorong yang berisi saluran uap yang jika dilihat dari atas akan terlihat seperti uap kereta api bawah tanah.

BACA JUGA:  Kolam Renang Paragon, Wisata Air Favorit di Depok

Daerah  ini juga merupakan Cagar Alam dan Teman Wisata yang telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri. Sehingga anda bisa mendapatkan pemandangan alam yang bisa dipastikan terjaga. Udaranya yang sejuk juga akan membuat anda merasa betah menghabiskan waktu di tempat ini. Flora dan Faunannya juga menjadi nilai plus yang membuat lokasi satu ini masuk dalam tempat yang direkomendasikan di Garut.

Kawah Kereta, Kawah Hujan & Kawah Manuk

Kawah Kereta, Kawah Hujan & Kawah Manuk

Image Credit: Digarut.com

Tak hanya terlihat dari uap dari kereta bawah tanah, namun juga setiap kawah diberikan dengan nama yang terbilang unik. Tentunya kawah kawah tersebut selain kawah Kamojang yang memang masih ada kawah yang lain. Kawah tersebut diantaranya kawah kereta, kawah hujan dan kawah manuk. Dibalik nama-nama ini tentunya tersimpan alasan hingga akhirnya diberikan nama tersebut. Seperti nama kereta yang suara uapnya mirip dengan suara kereta api.

Sementara untuk kawah hujan inilah yang digunakan untuk sauna para pengunjung. Menurut kepercayaan yang beredar, dengan mandi di kawah ini maka bisa mencegah beragam penyakit. Selain untuk suhunya juga bisa di atur tingkat kepanasannya tergantung masing masing pengunjung. Untuk kawah Manuk yang dalam bahasa Indonesia berarti burung karena bunyi guanya menyerupai suara burung.

Dari semua kawah, kawah kereta menajdi yang paling dianggap yang paling menarik. Sebab di kawah ini akan ada atraksi dari penjaga kawah. Di kawah ini juga dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit seperti gatal gatal. Hal inilah yang menjadi daya tarik dari wisata ini selain karena memang digunakan sebagai sauna alami. Hingga akhirnya banyak pengunjung yang dari daerah Garut hingga luar daerah yang penasaran.

Legenda yang Beredar Tentang Kawah Kamojang

Legenda yang Beredar Tentang Kawah Kamojang

Image Credit: Steemit.com

Di balik kemolekkannya juga tersimpan legenda yang beredar di masyarakat sekitar. Dimana Kawah Kamojang ini berkaitan dengan verita Si Mojang atau seorang Gadis. Konon, pada zaman dahulu kawah Kamojang adalah tempat tinggal di gadis dengan kedua orang tuanya. Hingga pada suatu hari di gadis diminta untuk menikah untuk menjadi istri ke lima dari seorang laki laki tua. Karena menolak hal tersebut si Mojang melarikan diri ke hutan.

BACA JUGA:  17 Tempat Wisata di Kuningan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tentunya kedua orang tuanya mencari keberadaan si Mojang. Berbagai upaya  yang dilakukan ternyata tidak membuahkan hasil. Sehingga menjadikan lokasi tempat si gadis menghilang diberi nama dan dikenal dengan sebutan Kamojang. Hingga kini legenda ini masih banyak beredar di kalangan masyarakat. Yang justru menjadi keunikan tersendiri untuk Kawah Kamojang ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawah Komojang Garut

Fasilitas yang Tersedia di Kawah Komojang Garut

Image Credit: Detik.com

Karena dibuka untuk umum dan sebagai destinasi wisata, membuat pihak pengelola melengkapi tempat ini dengan fasilitas yang memadai. Mengingat pengelolanya dalam hal ini adalah Pertamina, sudah tidak diragukan untuk fasilitasnya. Anda bia menemukan toilet di beberapa tempat dari yang dekat kawah hingga dekat parkiran. Sarana untuk pakir kendaraan juga terbilang luas. Selain itu juga ada kamar mandi air panas yang harganya terjangkau.

Ketika anda sudah lelah berkeliling, anda bisa beristirahat di beberapa gazebo maupun tempat duduk yang tersedia. Untuk menjaga kebersihan lingkungannya, anda juga akan menemukan tempat sampah yang terbilang banyak.

Jika anda lapar anda juga bisa membeli beberapa kudapan di warung yang ada. Atau mungkin anda ingin mencoba merebus telur yang juga menjadi aktivitas menarik untuk dilakukan saat berkunjung ke kawah ini.

Harga Tiket & Lokasi Kawah Komojang

Harga Tiket & Lokasi Kawah Komojang

Image Credit: Enaknyakemana.com

Kawah Kamojang Garut terletak di dalamarea geothermal PLTU Kamojang. Dimana letaknya berbatasan dengan Kecamatan Ibun, Bandung. Untuk menuju Kawah kamijang ada dua rute yang bisa diambil oleh pengunjung. Rute pertama yakni rute Bandung Majalaya Ibun Kamojang. Yang kini sudah tersedia jalan alternatif dengan melewati Kamojnag hill Bridge. Sementara untuk rute lainnya bisa melalui Garut, Samarang, Kamojang.

Di jalur yang dari Garut anda akan disuguhkan dengan pemandangan hijau yang menyejukkan mata. Tak hanya itu rute ini juga terbilang mudah untuk anda lalui. Bahkan melalui rute ini anda bisa melewati beberapa tempat wisata di kota Garut sekaligus. Untuk harga tiket memasuki tempat wisata ini terbilang terjangkau. Anda nantinya harus meberli tiket untuk orang, asuransi dan juga kendaraan.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Ciamis Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Harga tiket juga akan dibedakan ketika hari libur denga hari biasa. Begitu juga untuk turis lokal dan turis mancanegara yang akan jauh lebih mahal. Mengunjungi lokasi ini sebaiknya anda menggunakan kendaraan pribadi mengingat kendaraan umum akan sulit didapatkan. Jikapun ada, anda harus menggunakan angkutan pedesaan atau ojek. Untuk waktu terbaik mengunjungi ketika musim kemarau karena bisa datang pagi hingga sore.

Sementara ketika musim penghujan lebih baik datang ketika pagi atau siang hari. Sebab ketika sore menjelang cuacanya kurang bersahabat. Selain turun hujan juga anda akan melihat kabut. Sehingga tidak bisa maksimal untuk menikmati pemandangan dan juga berlama lama di kawah ini. Untuk itu sebaiknya anda memperhatikan cuaca ketika akan berkunjung ke wisata alam ini.

Kawah Kamojang bisa menjadi alternatif untuk anda yang sedang mengunjungi kota Garut. Fenomena alam ini tentunya akan memberikan pengalaman dan pengetahuan tersendiri bagi anda. Tentunya akan menyenangkan untuk bisa menikmati sauna secara alami dengan pemandangan yang menawan. Apalagi tempat satu ini berada di kawasan taman nasional yang memiliki flora dan fauna yang beragam.