Pemandangan Alam Eksotis di Kawah Talaga Bodas, Garut

Kawah Talaga Bodas

Lokasi: Jl. Talaga Bodas No.5, Sukamenak, Kec. Wanaraja, Kab. Garut.
MapCek Lokasi

Terbentuk dari bekas letusan gunung api yang masih berstatus aktif, Talaga Bodas kemudian menjadi objek wisata yang wajib ketika mengunjungi kota Garut. Dimana daya tarik utamanya, yaitu ukurannya yang cukup luas serta warna airnya yang tampak menyegarkan.

Tidak heran bila destinasi wisata Kawah Telaga Cibodas tak pernah sepi pengunjung, bahkan kian tahun jumlah pengunjungnya kian bertambah. Daripada penasaran, simak ulasan berikut.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Kawah Talaga Bodas

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Kawah Talaga Bodas

Image Credit: Pegipegi.com

Perlu diketahui bila jarak antara Kawah dengan area parkir berjarak sekitar 900 meter, dimana kendaraan apapun tidak diperkenankan untuk masuk ke lokasi wisata. Oleh karena itu, pengunjung harus berjalan kaki ataupun menyewa motor. Tak perlu cemberut terlebih dahulu, pasalnya selama perjalanan anda akan disuguhi pemandangan indah dari hutan lebat. Hal ini yang membuat perjalanan tidak terasa berat, bahkan justru terasa menyenangkan.

Bahkan di sela sela langkah kaki menuju lokasi utama, pengunjung dapat melihat panorama cantik dari perbukitan yang mengelilingi area tersebut. Suasanya yang masih sejuk nan segar khas pegunungan, membuat pikiran menjadi lebih rileks dan lebih jernih. Belum lagi jika sudah melihat Telaga dari dekat , dijamin anda tak rela untuk berkedip saat melihat keindahan warna airya yang begitu menyegarkan.

Tak seperti warna danau pada umumnya, membuatnya terlihat unik sekaligus menjadi daya tariknya. Cenderung berwarna putih kehijauan, ternyata warna tersebut berasal dari adanya kandungan belerang alami di dalam airnya. Meski terlihat menyegarkan, tentu saja pengunjung tidak bisa meminum air dari Telaga tersebut.  Mengingat kandungan belerangnya yang cukup tinggi, dirasa berbahaya jika tertelan ke dalam tubuh.

Lalu apa yang bisa dilakukan selama berada disana ? Silahkan tengok ke sisi kanan bawah dari objek wisata, dimana anda bisa melihat beberapa kolam yang biasa digunakan sebagai berendam. Sesuai perkiraan anda, disini anda bisa merefleksikan tubuh dengan berendam di kolam tersebut. Tersedia bagi anak anak hingga dewasa, yang mana suhu airnya relatif hangat sehingga begitu nyaman dan terasa begitu pas.

Berwisata di tempat baru, seakan tak lengkap tanpa mengabadikan momen tersebut kemudian mengunggahnya di akun media sosial pribadi. Tampaknya anda datang di tempat yang tepat, sebab pemandangan sekitar Telaga memang terlihat begitu instagenik untuk menghasilkan foto kekinian. Bahkan dapat dikatakan bila setiap sudutnya, memiliki pesona tersendiri dan sayang untuk dilewatkan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawah Talaga Bodas

Fasilitas yang Tersedia di Kawah Talaga Bodas

Image Credit: Dakatour.com

Tersedia beberapa fasilitas yang cukup memadai, untuk memenuhi segala kebutuhan para pengunjungnya. Dengan kehadiran berbagai fasilitas pendukung ini, diharapkan pengunjung semakin nyaman dan betah berlama lama di lokasi wisata satu ini. Apa saja fasilitas yang ditawarkan di sekitar lokasi? Setidaknya pengunjung akan menemukan penginapan, restoran, hingga camp area dengan pelayanan yang mumpuni.

Kehadiran penginapan di sekitar lokasi, sangat bermanfaat bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan ciptaan Tuhan ini lebih lama. Bahkan para pengunjung yang datang dari jauh, bisa beristirahat dengan nyaman karena sudah letih selama berada di perjalanan. Kini pengunjung tak perlu bingung mencari penginapan, terutama bagi mereka yang datang secara rombongan. Namun pastikan bila harga yang ditawarkan, sesuai dengan budget yang dimiliki.

Merasa puas menikmati pemandangan alam, perut pun mulai merasa lapar dan harus segera diisi. Untungnya tak jauh dari lokasi wisata, telah tersedia restoran mewah serta rumah makan khusus yang menyediakan berbagai menu. Soal rasa tidak perlu diragukan lagi, sebab masakannya bisa memuaskan perut yang sudah keroncongan. Pelayanan yang diberikan pun memuaskan, sehingga pengunjung merasa senang dan pulang dengan hati yang gembira.

Sedangkan bagi anda yang senang melakukan aktifitas camping, destinasi wisata ini bisa menjadi pilihan tepat. Selagi menghabiskan waktu berlibur, anda bisa merasa lebih dekat dengan alam dan mengenalnya lebih dekat secara langsung. Sudah tersedia area khusus untuk camp area, dimana pengunjung bisa datang kapan saja ketika ingin menikmati pesona alam maupun menghilangkan pikiran yang penat.

Bagi anda yang ingin mendapatkan ketenangan dan duduk santai di sekitar lokasi wisata, masih bisa melakukannya. Hanya dengan memandang danau yang bahkan memiliki luas bak pantai ini, pikiran menjadi lebih tenang dan terasa begitu nyaman. Belum lagi dengan aliran airnya yang cenderung tenang dan tanah yang mirip seperti pasir di pantai, dijamin menambah estetikanya. Pengunjung pun diperkenankan mengelilingi kawah, ketika ingin menikmati kecantikannya.

Harga Tiket & Jam Operasional Kawah Talaga Bodas

Harga Tiket & Jam Operasional Kawah Talaga Bodas

Image Credit: Kilaswisata.com

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan ketika berkunjung ke lokasi wisata, yaitu tarif harga yang ditawarkan. Namun anda tak perlu khawatir, lantaran tarif tiket masuknya cukup ramah dikantong. Per orang hanya ditarik dana sekitar Rp. 10 ribuan saja, dimana harga tersebut sudah termasuk biaya asuransi. Namun perlu diingat, bila kisaran harga ini masih bisa berubah ubah seiring berjalannya waktu.

Destinasi wisata Bodas siap menyapa para pengunjung setiap hari mulai pukul 7 pagi hingga 5 sore. Dimana jumlah pengunjungnya semakin membludak terutama pada hari weekend maupun musim libur panjang. Selama waktu tersebut, para wisatawan bisa menikmati pesona keindahannya hingga puas tanpa terkecuali. Pengunjung juga diperbolehkan mengabadikan momen selama berada di sana, asalkan tidak membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Lokasi Wisata & Kondisi Jalan Menuju Kawah Talaga Bodas

Lokasi Wisata & Kondisi Jalan Menuju Kawah Talaga Bodas

Image Credit: Dakatour.com

Sebelum musim liburan telah tiba, tidak ada salahnya mulai memikirkan destinasi wisata yang akan dikunjungi bersama dengan orang tercinta. Apabila sempat singgah sebentar di kota Garut, silahkan berkunjung ke Telaga satu ini untuk memanjakan mata. Ada beberapa jalur yang bisa ditempuh untuk sampai ke destinasi wisata satu ini yang berlokasi di Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja, Garut.

Jika berangkat dari arah Garut bisa menggunakan jalur Suci, Karangpawitan, hingga Wanaraja yang berjarak sekitar 27,6 km. Apabila mengendarai kendaraan pribadi tanpa tercebak macet, kemungkinan hanya memakan waktu sekitar 1 jam 10 menit saja. Sebab, daerah Karangpawitan dan Wanaraja seringkali menjadi titik kemacetan terutama ketika pada jam sibuk.

Ketika memasuki jalan iutama menuju lokasi wisata, kondisi medan yang harus dilewati memang cukup baik. Hanya saja ukurannya yang tidak terlalu lebar, nampaknya tidak direkomendasikan untuk dilalui kendaraan besar seperti bus. Apabila sudah terlanjur menggunakan transportasi darat tersebut, ada baiknya untuk mencari tempat parkir yang berada di sekitar alun alun maupun di sekitar pasar Wanaraja.

Dari alun alun tersebut, silahkan mencari transportasi alternatif yang tersedia di sekitar lokasi anda. Sedangkan untuk kendaraan pribadi seperti kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat masih bisa melalui medan ini, dan bisa langsung turun di depan loksi wisata tanpa berganti transportasi terlebih dahulu. Tentu saja membawa kendaraan pribadi dirasa lebih hemat dan lebih nyaman.

Termasuk sebagai wisata pegunungan yang menyajikan pesona telaga yang cantik, siapapun yang sudah melihatnya secara langsung akan dibuat terpesona. Perpaduan warna airnya yang cenderung berwarna putih dan rindangnya pepohonan, seakan menambah daya tariknya. Belum lagi dengan nuasansanya yang masih asri, dijamin dapat menghilangkan penat. Tawarkan pesona alam yang tiada duanya, kepopulerannya hingga kini pun tak pernah surut.