Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 09.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Punclut, Ciumbuleuit, Kec. Cidadap, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Kawasan Punclut merupakan tempat anak-anak muda di Bandung berkumpul dan bersenang-senang bersama kawan mereka. Suasananya yang mengusung konsep romantis di tengah kearifan alam kota itu membuatnya semakin menarik untuk dikunjungi. Apalagi, di sekitarnya terdapat aneka macam pepohonan yang mempercantik panorama.

Sejatinya ini merupakan sebuah pusat kuliner di mana mampu mengakomodasi berbagai macam restoran ataupun warung makan di atas tanah yang luas. Anda akan mendapati banyak alternatif pilihan untuk berburu kuliner saat mengunjungi Puncak Ciumbuleuit atau diakronimkan jadi Punclut.

Apakah itu makanan tradisional ataupun bercita rasa modern, semuanya dapat dicari di sini. Dari pecel, sayur asem, nasi timbel, ataupun deretan menu ala kekinian lainnya, jangan ragu untuk memuaskan keinginan Anda untuk menyantap sebanyak-banyaknya. Kemudian, Punclut juga dilengkapi oleh destinasi wisata seperti Lereng Anteng Panoramic.

Daya Tarik yang Dimiliki Kawasan Punclut

Daya Tarik Kawasan Punclut
Image Credit: Google Maps Afiq Marzuq

1. Dago Bakery Punclut

Dago Bakery Punclut mengusung tema jembatan London untuk menarik wisatawan dari berbagai penjuru. Mereka menawarkan suasana lingkungan seperti di negeri dongeng, yang benar-benar akan membuat Anda terpukau.

Ini merupakan objek wisata kuliner yang berdiri menjulang hingga ketinggian tiga lantai. Artinya, Anda punya banyak pilihan menu jika ingin menyantap makanan ditemani udara dingin khas Kota Bandung.

Datang ke Kawasan Punclut Bandung akan semakin sempurna jika dibarengi dengan kunjungan di Dago bakery Punclut. Saking sejuknya cuaca di sini, saat siang terik pun tidak terasa menyiksa dan justru bisa tetap membuat Anda kian betah.

2. Cakrawala Resto

Dari namanya mungkin Anda sudah bisa menebak bahwa restoran ini mengambil tema cakrawala di mana terdiri atas beberapa ruangan. Setiap ruangan menawarkan lanskap berbeda, mulai dari angkasa, galaksi, matahari, bulan, sampai pelangi. Tentukan bagian cakrawala mana yang Anda sukai, lalu berdiamlah di sana hingga merasa ingin pulang.

Kawasan Punclut pada dasarnya memang memesona dengan berbagai keanekaragaman objek yang berdiri di dalamnya. Tidak terkecuali Cakrawala Resto di mana tersedia makanan bercita rasa lokal maupun internasional yang dioperasikan mulai dari pukul 08.00 WIB.

Datang ke sini tidak hanya memberikan penawaran lezat bagi lidah, tetapi juga memuaskan secara visual. Bayangkan Anda menyantap makanan di ruangan yang bervariasi dengan alam sebagai tema utamanya, bukankah terdengar menarik?

3. D’Dieu Land

Ingin melakukan petualangan di dalam keindahan buatan seluas 5.500 meter? D’Dieu Land di Kawasan Punclut barangkali adalah pilihan yang bagus meski artinya Anda harus mengeluarkan uang tambahan.

Ada banyak taman dan pohon dilestarikan di atas tanah ini, kemudian didukung pula oleh spot foto yang tidak kalah menawan. Apalagi, ada sebuah jembatan dengan desain menghadap langsung pada perbukitan, di mana itu membuat pandangan mata jadi segar serta perasaan lebih ringan.

D’Dieu Land adalah pilihan bagus jika Anda datang bersama anak kecil karena mereka biasanya menyukai petualangan. Anda bisa berkeliling ke sana-kemari, lalu mampir mencicipi kuliner setelah lelah sekaligus untuk beristirahat.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Kawasan Punclut
Image Credit: Google Maps Dona Soedarno

Terbuka hampir selama 24 jam penuh setiap harinya, Anda bisa menempuh perjalanan sejauh 7 km dari pusat kota bila ingin merasakan sensasi berpetualang di Kawasan Punclut Bandung. Ini merupakan akomodasi terbaik yang dapat dinikmati oleh para pecinta kuliner dengan keinginan menyantap makanan di lokasi estetis.

Bahkan, jika datang dengan bertolak dari daerah perbelanjaan di Kota Bandung seperti Mox Club atau Cihampelas Walk, itu bisa ditempuh hanya dalam jarak sekitar 4 km. Nikmatilah waktu-waktu terbaik yang mungkin Anda peroleh saat mendaki menuju puncak setinggi 1000 mdpl di Ciumbuleuit.

Ditambah lagi dengan suhu yang relatif rendah sehingga akan memaksa Anda mengenakan pakaian berlapis agar tetap hangat saat berdiam di area Cidacap ini. Membentang luas di antara panorama indah Jalan Punclut, banyak kawula muda sengaja datang untuk menghabiskan waktu luang mereka.

Apalagi, Anda bisa melewati berbagai arah dengan mengandalkan moda transportasi umum maupun pribadi. Mulai dari Lembang, Ciumbuleuit, hingga Dago, semua ini bisa dipilih sesuka hati sesuai titik permulaan rute kedatangan saat menumpang kendaraan pribadi.

Adapun untuk transportasi umum, cobalah mengawali perjalanan dari Terminal Leuwi Panjang bersama bus DAMRI. Rute yang harus diambil adalah Leuwi Panjang menuju Dago, yang kemudian berhenti di Viaduct atau Terminal Stasiun Bandung, Jawa Barat. Selanjutnya, teruskan petualangan tersebut menggunakan angkot hingga tiba di Ciumbuleuit.

Harga Tiket Masuk Kawasan Punclut

Harga Tiket Masuk Kawasan Punclut
Image Credit: Google Maps Trivena Sari

Tidak ada tiket masuk khusus yang diberlakukan saat Anda hanya ingin sekadar memasuki Kawasan Punclut. Sekalipun tempat indah ini didesain sebagai pusat kuliner, tetapi sesungguhnya terbuka bagi siapa saja tanpa terhalang biaya. Itu berarti, Anda bisa jalan-jalan sepenuhnya tanpa khawatir harus mengeluarkan uang sepeser pun.

Namun demikian, jika Anda ingin makan atau menjajaki aneka objek wisata yang ditawarkan, tentunya harus bersedia mengeluarkan uang minimal Rp10.000-an. Ini terbilang murah untuk ukuran destinasi di tengah kota di mana relatif mudah dijangkau pula oleh warga metropolitan seperti Jabodetabek.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Kawasan Punclut

Kegiatan Menarik Kawasan Punclut
Image Credit: Google Maps si iky

1. Menambah Pengalaman Kuliner

Kawasan Punclut Bandung pada dasarnya memang didesain sebagai tujuan wisata kuliner sehingga aktivitas ini tidak dapat dipisahkan dari agenda liburan Anda. Ada aneka ragam pilihan rumah makan yang siap menyambut kehadiran pengunjung dengan penawaran menu lokal bercita rasa Sunda atau bahkan internasional.

Apakah itu datang ke angkringan atau restoran modern, keduanya merupakan pilihan bagus yang patut dicoba. Jika budget memungkinkan, tidak akan jadi persoalan untuk mengunjungi lebih dari satu tempat kuliner. Pastinya, ini bisa menjadi momen berharga yang sulit dilupakan sekaligus sarana rehat atas rutinitas monoton setiap harinya.

2. Menghirup Udara Segar

Apakah Anda sedang sumpek dengan udara metropolitan yang menyesakkan dada? Datanglah ke Jalan Punclut untuk menghabiskan waktu terbaik dalam kunjungan singkat sebelum kembali bekerja.

Suhu di sini berkisar antara 15 derajat Celcius sampai 22 derajat Celcius, yang artinya terbilang dingin untuk negara beriklim tropis. Meskipun begitu, pada waktu bersamaan juga menghadirkan kearifan alam yang mampu mengembalikan kesegaran di dalam diri pengunjung.

Apalagi, di Kawasan Punclut banyak ditemukan spot wisata dengan peruntukan sekadar melihat pemandangan indah dari atas ketinggian 1000 mdpl. Di sisi lain, lalu-lalang orang dibalut panorama cantik akan membuat hari Anda terasa sedikit lebih baik.

Bisa dibilang, kawasan ini merupakan jawaban bagus untuk warga metropolitan yang ingin berlibur di dalam negeri. Hadirnya Punclut bersama segala penawaran yang menyertainya adalah alternatif persinggahan berharga terjangkau. Tidak perlu ragu soal biaya sebab rentang tarif atas setiap fasilitasnya benar-benar murah.

Kegiatan Menarik di Kawasan Punclut
Image Credit: Google Maps Gozalli Irawan

3. Berfoto

Bagi masyarakat modern berusia muda, tampaknya aktivitas fotografi tidak bisa dipisahkan dari agenda liburan. Carilah spot terbaik yang bisa memuaskan keinginan Anda untuk tetap eksis dan mengunggah kegiatan pada media sosial.

Tersedia tempat-tempat khusus seperti De BlanKon, Lereng Anteng Panoramic, dan D’Dieu Land bagi mereka dengan kesenangan berfoto ria. Tentunya butuh biaya tambahan untuk memasuki tempat wisata cantik ini, tidak serta-merta pergi begitu saja. Anda perlu setidaknya mengeluarkan uang senilai Rp 10.000 untuk mewujudkan hal itu.

4. Bermain di Rumah Pohon

Bermain di rumah pohon mungkin terdengar seperti kegiatan anak kecil, tetapi ini tetap menarik jika dicoba oleh orang dewasa. Oleh karenanya, datanglah ke Tafso Barn, tempat di mana tersedia pula peternakan sebagaimana suasana di Amerika. Bahkan, Anda bisa istirahat di bawah tenda transparan ataupun istirahat di saung.

Tafso Barn merupakan objek wisata paket komplit yang mampu membuat Anda berdiam di dalamnya untuk waktu lama. Dibuka pukul 10.00 WIB, pastikan Anda tidak datang lebih awal jika tidak ingin berakhir kecewa.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Punclut

Fasilitas Punclut Bandung
Image Credit: Google Maps Rizki Fauzi

Kawasan Punclut menyajikan berbagai macam fasilitas yang sanggup membuat pengunjung betah berlama-lama. Dari makanan, musala, hingga toilet, segala keperluan mendasar seperti ini dapat dipenuhi dengan mudah. Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan memenuhi rasa lapar dan haus ataupun ingin sekedar mencari tempat ibadah.

Tidak hanya itu, wilayah yang estetis ini juga menyediakan sejumlah objek wisata dengan tiket terjangkau. Apakah itu untuk sekadar melihat-lihat pemandangan melalui sudut terbaik, main di rumah pohon, menjelajah di atas tangga berbatu, atau bahkan mengunjungi peternakan dengan konsep asal Amerika.

Bagaimanapun, inilah kawasan yang terlengkap di mana Anda dapat menemukan aneka hiburan dalam satu waktu. Tidak perlu bepergian ke sana-kemari untuk jarak jauh hanya agar bisa merasakan pengalaman seru nan menyenangkan. Bahkan jika ingin sebatas mengabadikan momen lewat kamera, sudah ada pula area khusus yang disediakan.

Kawasan Punclut Bandung barangkai gambaran destinasi impian banyak orang. Setiap pengunjung diberikan pilihan untuk menikmati apa pun yang ditawarkan sesuai budget mereka. Retribusinya pun relatif terjangkau di mana sangat bersahabat dengan kawula muda, yakni mulai dari Rp10.000-an.