Harga Tiket: Rp 50.000, Jam Operasional: 10.00-16.00 WIB, Alamat: Jl. Kebun Binatang No.6, Siliwangi, Kec. Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Kebun binatang seringkali menjadi salah satu pilihan wisata saat weekend atau ketika libur panjang. Orang-orang merasa terhibur sekaligus mendapat banyak edukasi mengenai berbagai jenis hewan saat mengunjungi tempat ini. Bagi yang sudah memiliki anak, kebun binatang kerap kali dijadikan sarana untuk belajar mengenal fauna sekaligus berinteraksi dengan fauna-fauna tersebut. Banyak manfaat sekaligus hiburan yang dapat Anda peroleh dari tempat wisata yang sedang naik daun ini.

Nah, bagi kalian yang berdomisili di Bandung dan sekitarnya, ada salah satu kebun binatang yang kami rekomendasikan untuk Anda. Kebun tersebut adalah taman margastawa yang menawan. Tempat hits ini terletak bersebelahan dengan Institut Teknologi Bandung. Tak heran, bila tempat ini seringkali dijadikan sebagai sarana pendidikan dan penelitian.

Kebun ini memiliki luas sekitar 13,5 hektare ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Pada awalnya, kebun binatang ini didirikan oleh Bandung Zoological Park tahun 1930 yang dipelopori oleh Direktur Bank Dennis di bawah pemerintah Jenderal Hindia Belanda. Namun pada tahun 1957, Bandung Zoological Park diubah menjadi Yayasan Marga Satwa Tamansari. Hingga sekarang, untuk komposisi satwa yang ada sekitar 213 jenis, yang terdiri dari 79 satwa yang dilindungi dan sisanya adalah jenis satwa yang tidak dilindungi.

Selain sebagai tempat rekreasi, Kebun Binatang Bandung juga memiliki banyak fungsi bagi masyarakat, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Berfungsi sebagai tempat perlindungan dan pelestarian kekayaan alam terutama fauna. Seperti yang sudah kami sebutkan di atas bahwa di tempat ini terdapat 213 jenis hewan, dan diantaranya ada sekitar 79 satwa yang dilindungi, menunjukkan bahwa tempat wisata hits ini telah berkomitmen untuk ikut dalam pelaksanaan perlindungan kekayaan alam.
  2. Sebagai sarana pengetahuan dan penelitian. Kebun Binatang Bandung ini juga seringkali dimanfaatkan sebagai tempat penelitian hewan, yang tujuan utamanya untuk menghasilkan pengetahuan-pengetahuan baru sehingga ke depannya pengetahuan tersebut dapat dimanfaatkan untuk kepentingan di masyarakat.
  3. Berfungsi untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia. Selain sebagai tempat penelitian, tempat wisata hits ini juga menyelenggarakan wahana pegelaran seni budaya, yang bertujuan untuk memperkenalkan budaya-budaya yang ada, terutama kebudayaan Sunda.

Daya Tarik yang Dimiliki Kebun Bintang Bandung

Daya Tarik Kebun Bintang Bandung
Image Credit: Google Maps Dede Sopian

Tempat wisata terbaik di bandung ini memiliki banyak daya tarik bagi pengunjungnya. Terbukti, pada saat libur natal atau libur lebaran, pengunjung Kebun Binatang Bandung bisa mencapai hingga 40.000 orang per harinya. Jumlah yang sangat besar, bukan? Namun, Anda pasti bertanya-tanya, apa daya tarik dari kebun binatang ini sehingga bisa seramai itu? Berikut ini adalah daya tarik yang tersaji di kawasan wisata:

1. Salah Satu Tempat Wisata yang Dengan Harga yang Terjangkau

Kebun Binatang memang merupakan tempat yang bisa terbilang murah jika dibandingkan tempat wisata lain. Bahkan untuk masuk ke Bandung Zoo untuk anak-anak yang tingginya di bawah 80 cm tidak dikenakan biaya masuk. Untuk dewasa, dengan membayar sebanyak Rp50.000 Anda sudah dapat masuk ke tempat wisata hits ini ditambah dengan naik perahu dayung dan taman bermain. Sangat murah, bukan? Meskipun harganya yang bisa dibilang murah, namun fasilitas dan pelayanan di sini tidak murahan. Fasilitas yang ada di tempat ini sangat lengkap, mulai dari toilet, masjid, aula, hingga foodcourt semuanya ada di sini. Jadi, bagi yang mungkin sedang kekurangan biaya untuk menghabiskan waktu weekend ataupun libur panjang, tempat ini bisa menjadi salah satu pilihan.

2. Sebagai Tempat Edukasi

Selain sebagai tempat wisata, Kebun Binatang ini juga biasa digunakan untuk kebutuhan riset dan penelitian. Hal ini menjadikan tempat ini memiliki daya tarik tersendiri bagi mahasiswa ataupun ilmuwan yang berkecimpung di bidangnya. Tempat wisata hits ini tidak hanya populer di kalangan masyarakat biasa, tetapi juga di kalangan mahasiswa dan ilmuwan. Bagi Anda yang memiliki anak, kebun ini juga cocok digunakan sebagai sarana edukasi untuk mengenalkannya pada hewan-hewan yang mungkin belum pernah mereka lihat. Selain mengajarkan anak Anda mengenai fauna yang ada, mereka juga dapat berinteraksi langsung dengan hewan yang ada sehingga dapat menjadi hiburan tersendiri. Di mana lagi, kan bisa berwisata sekaligus mengedukasi Anak Anda?

Daya Tarik Dimiliki Kebun Bintang Bandung
Image Credit: Instagram Hamdan Kamaludin

3. Pagelaran Budaya

Saat libur panjang tempat wisata hits ini biasanya mengadakan atraksi pagelaran budaya yang bertujuan untuk mengenalkan budaya Sunda. Salah satunya contohnya adalah pertunjukan angklung. Apabila Anda datang ke tempat ini, sangat disarankan untuk menonton pagelaran budaya yang ada, karena dapat menambah pengetahuan mengenai jenis budaya yang ada di Indonesia. Untuk Anda yang membawa anak, tempat ini cocok juga untuk menjadi sarana edukasi yang tujuannya memperkenalkan anak mengenai salah satu budaya yang ada di Indonesia.

4. Teater Satwa Kebun Binatang

Teater satwa ini menunjukkan atraksi burung kakak tua dan anjing poodle yang tentunya akan membuat pengunjung merasa sangat terhibur dengan atraksi yang dilakukan kedua hewan ini. Teater ini dibuka setiap hari pukul 11.00 dan 15.00. Jadi, bagi kalian yang ingin menyaksikan kedua hewan lucu tersebut, pastikan datang pada jam-jam tersebut, ya!

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Kebun Binatang Bandung
Image Credit: Google Maps Evelyn Henrietta

Bandung Zoo terletak di Jalan Kebun Binatang No. 6, Lebak Siliwangi, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132. Tempat ini juga terletak berdekatan dengan Institut Teknologi Bandung, sehingga bagi Anda yang baru pertama kali ke sini, tidak sulit untuk menemukannya. Selain dekat dekat dengan ITB, tempat wisata terbaik ini juga terbilang sangat strategis, karena dekat dengan spot liburan lain yang ada di Kota Bandung. Di utara kebun binatang ini dekat dengan Sabuga Bandung, Forest Walk, dan Teras Cikapundung BBWS. Di area selatan dekat ada Taman Cikapayung Dago dan Museum tiga dimensi Amazing Art World Bandung. Serta pusat perbelanjaan Mall Bandung Modern Cihampelas Walk di arah timur.

Apabila Anda pergi dengan kendaraan pribadi, terdapat beberapa rute yang bisa Anda tempuh. Rute yang pertama dari Cibeureum. Adapun rute apabila Anda berangkat dari Cibeureum adalah: Jalan Rajawali Barat-Jalan Garuda- Jalan Abdulrahman Saleh-Jalan Pajajaran-Jalan Cihampelas-Jalan Wastukencana-Jalan Tamansari-Jalan Taman Hewan-Kebun Binatang bandung. Rute kedua adalah dari Cirebon. Adapun rute apabila Anda bertolak dari Cirebon adalah: Tol Paliman-Tol Cikopo-Paliman-Tol Jakarta-Cikampek-Tol Purbaleunyi-Jalan Djunjunan-Flyover Pasupati-Jalan Tamansari-Jalan Taman Hewan.

Jika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi, Anda bisa memilih menggunakan transportasi umum. Anda bisa menaiki transportasi umum dengan jurusan Kebon Kelapa-Dago, Cicaheum – Ciroyom, Panghegar – Dipatiukur, Cisitu – Tegalega, Caringin – Sadangserang, Dago – Caringin.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Bandung
Image Credit: Google Maps Amalia Alia

Terdapat dua jenis tiket masuk ke lokasi ini. Yaitu, tiket perorangan dan tiket rombongan. Untuk perorangan, dikenakan biaya Rp 50.000 per orang (per Oktober 2021). Namun, yang perlu diperhatikan adalah, dengan membayar Rp 50.000, pengunjung sudah bisa mendapatkan akses wahana perahu dayung dan Taman Bermain. Bagi yang ingin seperti foto bersama satwa, dan menunggangi gajah atau unta ada biaya tambahan yang harus dibayarkan. Khusus anak usia di bawah tiga tahun, tidak ada biaya tiket masuk. Biaya-biaya tersebut berlaku setiap hari.

Jika Anda datang bersama rombongan, Anda bisa membeli tiket khusus rombongan. Ada harga khusus bagi yang datang dengan rombongan minimal tiga puluh orang. Setiap orang akan dikenakan biaya Rp45.000. Khusus bagi rombongan sekolah, biaya yang dikenakan lebih murah lagi, yaitu Rp30.000 per orang dengan minimal dalam satu rombongan terdapat tiga puluh anak. Yang perlu diperhatikan harga yang berlaku untuk tiket rombongan tidak berlaku di hari Minggu dan hari libur nasional.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Bandung Zoo

Kegiatan Menarik Bandung Zoo
Image Credit: Instagram T I N A

Ada banyak aktifitas menarik yang dapat Anda lakukan di kebun binatang ini. Mulai dari melihat koleksi satwa yang ada, memberi makan satwa-satwa, berfoto dengan satwa, hingga outbound pun bisa Anda lakukan di sini. Berikut ini adalah beberapa aktifitas yang kami rekomendasikan ketika Anda berkunjung ke tempat ini:

1. Mengamati Satwa

Mengamati satwa sudah merupakan hal yang wajib setiap Anda mengunjungi Kebun Binatang Bandung. Sama seperti taman margasatwa lainnya, disini Anda juga dapat melakukan hal serupa. Adapun satwa favorit yang ada di sini antara lain adalah harimau, singa, beruang, dan masih banyak lagi.

2. Berfoto Bersama Satwa

Tidak hanya mengamati, Anda juga bisa berfoto dengan berbagai jenis satwa yang ada. Yang perlu Anda perhatikan saat berfoto dengan satwa adalah tetap menjaga keamanan diri sendiri. Perlu diingat jika ingin melakukan aktifitas ini Anda dikenakan biaya tambahan lagi.

3. Memberi Makan Satwa

Selain berfoto hal lain yang bisa Anda lakukan bersama hewan-hewan yang ada adalah memberi makan mereka. Anda dapat memberi makan hewan-hewan jinak seperti rusa atau kijang.

4. Menunggangi Hewan

Aktifitas ini menjadi aktifitas yang paling digemari oleh semua kalangan yang berkunjung ke sini, terutama anak-anak, yaitu menunggangi hewan. Ada beberapa hewan yang tergolong aman yang bisa Anda tunggangi seperti gajah, unta, dan kuda. Saat Anda melakukan kegiatan ini Anda tidak perlu cemas atau khawatir mengenai keselamatan Anda. Karena saat Anda menunggai satwa-satwa tersebut, ada petugas yang sudah berpengalaman yang akan mengawasi kegiatan Anda sehingga, dapat meminimalisasi adanya kecelakaan.

Kegiatan Menarik di Bandung Zoo
Image Credit: Google Maps Fera Fernawati

5. Wahana Bermain Anak

Apabila anak Anda bosan dengan aktifitas-aktifitas yang berhububgan dengan hewan, mereka bisa mencoba wahana bermain anak. Wahana tersebut antara lain adalah playground, skuter anak, dan kereta api anak. Perlu diingat, saat bermain Anda harus selalu memperhatikan keselamatan dan keamanan anak Anda.

6. Wahana Perahu

Untuk wahana ini, Anda dapat mencobanya secara gratis, lho! Di sini Anda bisa menikmati pemandangan sambil mengayuh perahu dengan santai. Ada berbagai macam bentuk perahu yang bisa Anda coba, seperti angsa, kuda nil, dan masih banyak bentuk hewan lain.

7. Outbound

Kegiatan ini bisa Anda coba apabila Anda merasa bosan. Anda bisa mencoba aktifitas seperti flying fox untuk mengatasi kebosanan Anda sekaligus memacu adrenalin Anda. Untuk aktifitas flying fox ini diperuntukkan untuk orang dewasa dan anak-anak dengan batas ketinggian tertentu.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Kebung Binatang Bandung
Image Credit: Google Maps Ikhlas Sul Rasyid

Fasilitas yang terdapat di tempat wisata hits ini tergolong cukup lengkap. Untuk aktifitas individu seperti buang air kecil/besar, makan, dan beribadah tempat ini sudah menyediakan semua fasilitas untuk menunjang aktifitas-aktifitas tersebut.

Untuk kegiatan yang berkelompok seperti tempat untuk melakukan pengarahan, tempat ini juga sudah menyediakan fasilitas untuk mendukung hal itu. Adapun fasilitas-faslitas tersebut adalah Toilet, Aula, Pujasera, Area Parkir dan Masjid.

Itulah beberapa hal menarik seputar Kebun Binatang di Kota Bandung yang wajib Anda jelajahi saat liburan sebagai sara edukasi, utamanya untuk si kecil.