Kebun Buah Mangunan, Menikmati Keindahan Alam di Atas Awan Bantul Jogja

Kebun Buah Mangunan, Menikmati Keindahan Alam di Atas Awan Bantul Jogja

Kebun Buah Mangunan salah satu destinasi wisata alam yang hits di Bantul, Jogja. Objek wisata yang dikenal dengan Negeri Di Atas Awan menyuguhkan keindahan alam sekitar, hutan pinus dan jati, serta wisata kebun buah.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 05:30-17:00, Alamat: Jl. Imogiri – Dlingo, Sukorame, Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Yogyakarta tak hanya terkenal dengan wisata bersejarahnya saja. Pasalnya, terdapat banyak keindahan alam yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan, baik domestik hingga mancanegara. Salah satu yang kawasan wisata yang terkenal yaitu Kebun Buah Mangunan Bantul. Destinasi yang dikenal sebagai Negeri di Atas Awan ini memiliki pesona menawan tak terlupakan. Berikut ulasannya!

Daya Tarik yang Dimiliki Kebun Buah Mangunan

Daya Tarik Kebun Buah Mangunan

Image Credit: Instagram.com @meilan13_

Selain terkenal dengan wisata bersejarah, Yogyakarta juga populer dengan bentang alam yang menawan. Salah satu destinasi favorit yang menyuguhkan pesona alam yang indah yaitu Kebun Buah Mangunan. Wisata ini seakan mampu membius semua mata yang berkunjung di tempat ini karena panorama alam yang tak ada tandingannya.

Berada di ketinggian kurang lebih 200 meter di atas permukaan laut, kebun buah ini dijuluki sebagai negeri di atas awan. Pemandangan kabut yang terbentuk di depan mata, menambah keelokan dari wisata yang satu ini. Apalagi tempat ini disertai dengan pemandangan gunung dan sunrise yang membuat siapa saja terpanah.

Kebun Buah Mangunan menjadi salah satu kawasan wisata yang dibangun pada tahun 2003. Pengelolaan tempat wisata ini tak lepas dari berkembangnya wisata yang ada di Yogyakarta. Tak heran, jika pihak pengelola membangun wisata ini dengan konsep kebun buah. Dengan tanah yang begitu luas, kebun ini ditanami oleh banyak pohon, seperti rambutan, jeruk, manggis dan lain sebagainya.

Selain pohon buah, kawasan wisata ini juga ditanami oleh pohon pinus dan pohon jati yang tampak indah berjajar. Ketika melihat ke arah selatan, Anda akan ditawarkan dengan pemandangan Pantai Parangtritis yang tampang cantik. Hanya saja, spot pantai ini dapat dilihat pada waktu tertentu. Jadi, pemandangan indah tersebut hanya menjadi mimpi ketika kabut tiba.

Daya Tarik Kebun Buah Mangunan Bantul

Image Credit: Google Maps (Sofia N)

Tidak hanya view dari Pantai Parangtritis, ada juga pemandangan Sungai Oya yang melintang dan berkelok. Meskipun sungai ini tampak sedikit surut, tetapi pancaran keindahannya mampu menghipnotis pengunjung yang Datang. Belum lagi udara yang sejuk dan angin berhembus dengan tenang membuat siapa saja enggan meninggalkan tempat wisata ini.

Udara sejuk tersebut tak lepas dari pepohonan yang berjajar di kebun buah ini. Jam berapapun Anda mengunjungi wisata Kebun Buah Mangunan, tempat ini tetap terasa sejuk. Meskipun Matahari sudah berada di atas, suasana dan udaranya masih tidak terasa panas. Justru, tempat ini memberikan udara menyegarkan dan menyejukkan bagi para pengunjung yang datang.

BACA JUGA:  Candi Prambanan, Candi Megah Dengan Kisah Cinta yang Melegenda

Bagi Anda yang ingin melihat keindahan Kota Bantul, maka tidak perlu jauh jauh pergi ke tempat tertentu. Sebab, di kawasan kabun ini memiliki gardu pandang yang dapat memberikan view Kota Bantul yang mempesona. Anda bisa menikmati pemandangan yang elok, terlebih menjelang senja. Sebab, lampu lampu mulai dinyalakan di kota ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Kebun Buah Mangunan

Alamat Kebun Buah Mangunan

Image Credit: Instagram.com @meilan13_

Kawasan wisata ini merupakan salah satu destinasi yang dapat dikunjungi di kawasan Mangunan. Tepatnya, berada di daerah Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta atau sekitar 25 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Karena tidak jauh dari pusat kota, maka destinasi wisata ini menjadi tujuan terfavorit bagi para pelancong dari luar daerah.

Dengan waktu tempuh kurang lebih sekitar satu jam perjalanan, wisata yang dikenal sebagai spot negeri di atas awan bisa menjadi alternatif tempat liburan bersama keluarga. Untuk mencapai Kebun Buah Mangunan ini rutenya tidak terlalu sulit. Bahkan wisatawan dari luar kota juga akan mudah menemukan wisata tersebut.

Jika ditempuh dari pusat Kota Yogyakarta, Anda hanya perlu melewati Jalan Malioboro. Kemudian, menuju arah selatan dengan menempuh jalur Pasar Beringharjo. Anda juga harus melewati Museum Benteng Vredeburg. Dari jalur yang disebutkan sebelumnya, Anda perlu belok ke arah Jalan Panembahan Senopati.

Kemudian, beloklah ke arah kanan ke Jalan Brigjen Katamso. Lanjutkan perjalanan lurus hingga menuju Jalan Kolonel Sugiyono ke arah kiri. Lalu, dari sini beloklah ke Jalan Sisingamangaraja. Dari jalan ini, ikuti terus jalan sampai ke Jalan Imogiri Barat. Susuri jalanan tersebut hingga mencapai pertigaan Pasar Barongan yang berada di kiri jalan.

Setelah itu, ambil arah kiri jalan Bakulan Imogiri dan temui pertigaan lagi. Jika sudah, Anda akan menemukan Jalan Makan Raja. Untuk melanjutkan perjalanan, ambil arah kanan di pertigaan dekat Kantor Imogiri atau Jalan Imogiri Dlingo. Dari jalan ini, Anda hanya perlu menyusuri jalan sampai tiba di pertigaan Desa Wisata Kaki Langit dan belok kanan sampai Kebun Buah Mangunan.

Kondisi jalanan menuju objek wisata ini sudah cukup bagus untuk dilalui kendaraan, termasuk bus besar. Namun, rombongan yang menaiki bus harus melakukan reservasi terlebih dahulu pada pihak pengelola agar diberikan space yang tepat. Sedangkan jenis kendaraan lain seperti mobil, sepeda motor, atau elf masih bisa masuk dengan nyaman ke kawasan wisata tersebut.

Harga Tiket dan Jam Operasional Kebun Buah Mangunan Jogja

Harga Tiket Kebun Buah Mangunan Jogja

Image Credit: Google Maps (Lutfhi Naufal)

Bagi Anda yang ingin berwisata di Kebun Buah Mangunan Bantul, tentunya perlu mengetahui jam operasional tiket masuknya. Informasi ini cukup penting, apalagi bagi wisatawan luar daerah agar mempersiapkan biaya dan datang di waktu yang tepat. Sehingga, waktu liburan Anda bisa dihabiskan dengan baik.

BACA JUGA:  Museum Ullen Sentalu Sleman, Museum yang Menampilkan Seni & Budaya Jawa

Kebun Buah ini memiliki dua jam operasional yang bisa dipilih oleh pengunjung. Jam bukanya setiap hari, mulai pukul 05.30 sampai 10.00 WIB. Sesi kedua dibuka pada pukul 14.00 hingga jam 17.00 WIB. Pada pukul 10 sampai dengan 14.00 loket akan ditutup sementara hingga jam buka berikutnya. Namun, wisatawan yang sudah terlanjur di sana boleh melanjutkan berwisata.

Untuk harga tiket masuk wisata ini, pengunjung tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam. Sebab, Anda hanya perlu menyiapkan biaya 5000 rupiah saja untuk hari biasa. Sementara itu, pada akhir pekan pengunjung bisa membayar tiket masuk sebesar 6000 ribuan saja. Tak hanya itu saja, tarif tersebut juga berlaku pada hari libur nasional.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Kebun Buah Mangunan

Aktivitas di Kebun Buah Mangunan

Image Credit: Instagram.com @tirtaperwitasari

1. Menikmati Keindahan Sunrise

Seperti yang sudah diketahui lokasi kebun buah ini berada di ketinggian 200 meter di atas permukaan laut. Tak heran jika pemandangan yang disuguhkan sangat indah dan menawan dari tempat wisata ini. Anda bisa duduk santai sambil menikmati pemandangan gunung yang terbelah oleh sungai dan menyaksikan sunrise saat berada di kebun buah ini.

Bagi Anda yang ingin menyaksikan keindahan matahari terbit, maka sangat disarankan untuk tiba lebih awal sekitar pukul 4.30. Menariknya, Anda bisa menyaksikan pesona sunrise di wisata ini tanpa perlu susah payah mendaki puncak gunung. Sebab, bagi Anda yang ingin menuju lokasi ini bisa ditempuh dengan mudah menggunakan jalanan setapak yang sudah dikelola dengan baik.

2. Mengabadikan Momen Bersama

Keindahan wisata ini tidak bisa diragukan lagi, sehingga membuat pengunjung yang datang terpesona. Dari gerbang masuknya saja, wisatawan sudah disuguhi dengan spot menarik yang bisa diabadikan. Terdapat tulisan besar Puncak Kebun Buah Mangunan yang berwarna hijau dan kuning. Tak heran jika banyak pengunjung yang foto foto terlebih dahulu baru melanjutkan perjalanan.

Selain itu, ada beberapa lokasi teras pandang yang mengarah ke tepi jurang yang sudah diberi tambahan keamanan berupa pagar. Pada spot ini, Anda bisa menjadikan latar belakang pegunungan yang terbelah oleh Sungai Oya yang meliuk liuk. Keindahan alam tersebut selalu dijadikan sebagai latar belakang berfoto bersama atau sekedar berswafoto.

3. Camping

Jika Anda ingin menikmati keindahan sunrise, maka tersedia area camping yang bisa disewa. Pihak pengelola menyediakan area perkemahan bagi siapa saja, mulai dari anak anak sekolah, mahasiswa, komunitas pecinta alam, hingga keluarga. Cukup membayarkan tarif yang ditentukan, pengujung sudah bisa menikmati fasilitas tersebut.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata Anak & Keluarga di Jogja yang Paling Hits

4. Memancing

Bagi Anda yang memiliki hobi memancing juga bisa berkunjung ke wisata ini. Kebun Buah Mangunan Bantul menyediakan sebuah kolam khusus bagi para mancing mania. Bahkan, bagi yang tidak membawa kelengkapan memancing bisa juga menyewa alat pancing di lokasi ini dengan harga yang cukup terjangkau.

5. Memacu Adrenalin

Selain dapat memancing, pengunjung juga disuguhkan dengan wahana yang memacu adrenalin. Ada lintasan sepanjang 2300 meter yang bisa digunakan pecinta sepeda dengan track downhill. Ada juga kelas cross country dengan panjang lintasan yang begitu ekstrem karena mencapai 3800 meter. Untuk menikmati wahana adrenalin tersebut siapkan biaya ekstra sekitar 50 ribuan.

Bagi yang merasa kurang tertantang, maka pengunjung bisa mencoba jembatan goyang yang benar benar mendebarkan. Jalur jembatan ini memiliki panjang kurang lebih 100 meter di atas sungai Oya. Saat mencoba melintasi jembatan ini, Anda akan dikejutkan dengan terpaan angin yang berhembus dengan kencang.

Fasilitas yang Tersedia di Kebun Buah Mangunan Jogja

Fasilitas Kebun Buah Mangunan Jogja

Image Credit: Instagram.com @mikorhiza

Selain keindahan bentang alam yang disajikan di tempat wisata ini, pengunjung bisa menikmati beberapa fasilitas yang disediakan. Salah satunya yaitu gazebo yang ditempatkan di beberapa spot tertentu. Hadirnya Gazebo membuat pengunjung dapat bersantai dan bercengkrama bersama kerabat atau keluarga tercinta.

Selain gazebo, ada juga fasilitas penunjang lainnya yang bisa dinikmati para wisatawan, Terdapat dua gedung pertemuan yang tersedia dengan kapasitas 100 orang dan 300 orang. Tarif sewa gedung yang cukup bersahabat membuat tempat ini menjadi salah satu lokasi terfavorit bagi para pengunjung yang ingin mengadakan sebuah acara, seperti pernikahan dan pertemuan.

Menikmati indahnya sunrise tidak bisa dihabiskan hanya dalam waktu satu hingga dua jam saja. Untuk itu, para warga setempat menyediakan sebuah penginapan khusus bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan matahari terbit. Dengan harga yang tidak menguras kantong, banyak pengunjung dari luar kota memilih menginap di kebun buah ini.

Selain itu, ada juga fasilitas untuk area camping yang disediakan oleh pihak pengelola. Tak heran jika kawasan ini selalu ramai oleh mahasiswa, keluarga, anak anak, serta komunitas pecinta alam. Pasalnya, mereka ingin lebih menyatu dengan alam dan menikmati keindahan karunia Tuhan yang begitu menawan.

Menghabiskan waktu bersama keluarga akan lebih berharga jika dilalui di tempat yang indah dan menawan. Salah satu lokasi yang dapat Anda kunjungi yaitu Kebun Buah Mangunan Bantul. Lokasinya yang mudah dijangkau, membuat siapa saja saja tertarik untuk berkunjung ke wisata alam ini. Selain itu, ada banyak kegiatan seru yang dapat dilakukan di wisata kebun buah yang satu ini.