Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Banyuroto, Kec. Sawangan, Kab. Magelang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Berbudidaya tanaman strawberry bukanlah hal yang mudah, karena sangat dipengaruhi oleh suhu lingkungan. Salah satu wilayah di Magelang yang udaranya cukup sejuk adalah kawasan Banyuroto, Kecamatan Sawangan. Alasan inilah yang membuat lokasi tersebut menjadi penghasil strawberry terbaik.

Melihat adanya potensi tersebut, dibukalah sebuah taman atau kebun wisata yang dapat dijadikan destinasi andalan wisatawan. Destinasi tersebut dikenal dengan nama Kebun Inggit Strawberry atau Agrowisata Banyuroto. Banyak sekali aktivitas menarik yang dapat anda lakukan disana. View nya juga terlihat cantik, sehingga setiap pengunjung dijamin bertah.

Daya Tarik yang Dimiliki Kebun Inggit Strawberry

Daya Tarik Kebun Inggit Strawberry
Image Credit: Google Maps Fachri Muhammad

1. Konsep Baru di Kawasan Magelang

Jika berbicara tentang agrowisata strawberry, kawasan Batu dan Pacet menjadi pelopor dan sudah sangat terkenal. Akan tetapi, konsep serupa belum ada di kawasan magelang. Oleh karena itu, wisatawan lokal dan sekitarnya sangat tertarik untuk mendatangi tempat tersebut. Pengalaman yang anda rasakan di sana tidak akan membuat anda kecewa.

Harga yang ditawarkan untuk masuk ke kebun strawberry pun cukup terjangkau. Alasan itu semakin mendorong minat masyarakat untuk singgah di sana. Meskipun tiketnya murah, bukan berarti tempat ini dibangun dengan sembarangan. Wisatawan dapat melihat view yang sangat indah serta bersantai dengan nyaman. Anda pun dapat membawa pulang hasil panen sebagai oleh oleh.

2. View Gunung Merapi yang Megah

Hal lain yang membuat destinasi ini layak untuk anda kunjungi adalah view dari gunung merapi yang memanjakan mata. Kebun di kawasan Banyuroto ini berdiri di atas tanah dengan spot yang menghadap ke lereng gunung merapi. Anda dapat melihat kemegahan gunung tersebut sambil memanjakan lidah dengan segarnya buah strawberry yang manis.

Letaknya yang strategis menyebabkan kebon ini memiliki banyak spot foto yang cukup instagramable. Para pengunjung diperbolehkan membawa kamera untuk melengkapi aktivitasnya di kebun. Namun saat berfoto, jangan lupa untuk mengabadikan momen saat anda memetik buah strawberry secara langsung. Pengalaman itulah yang epik dan khas wisata di kawasan petik buah.

Daya Tarik Dimiliki Kebun Inggit Strawberry
Image Credit: Google Maps Haldoko Koko

3. Udara yang Sejuk Khas Perbukitan

Strawberry adalah jenis tanaman yang hanya bisa tumbuh dengan baik di kawasan yang sejuk. Lingkungan yang nyaman juga siap menyambut anda begitu turun dari mobil. Anda akan langsung merasakan sejuknya udara khas perbukitan yang ada di Sawahan Kabupaten Magelang. Menghirup udara yang segar akan membuat pikiran lebih tenang dan nyaman.

4. Strawberry Sepanjang Musim

Banyak orang yang akhirnya urung untuk pergi ke kebun strawberry karena takut tidak ada buah yang bisa dipetik. Terkait dengan hal ini, anda tidak perlu khawatir karena kebun ini berbuah sepanjang musim. Pihak pengelola sudah memiliki lokasi karantina strawberry yang tujuannya untuk memastikan bahwa ketersediaan buah selalu ada.

Tanaman yang buahnya sudah habis dipetik akan digantikan dengan tanaman yang ada di dalam area karantina. Alhasil, wisatawan bisa datang kapan saja tanpa takut kehabisan. Hal itulah yang membuat kebun ini sangat istimewa, dan cocok anda jadikan objek wisata selama bermalam di magelang. Sesampainya di sana, anda tidak akan dibuat kecewa dan dijamin puas.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Image Credit: Google Maps Erik Setiawan

Kabupaten magelang merupakan sebuah wilayah di indonesia yang memiliki 21 kecamatan. Letak dari kabupaten magelang pun berbatasan langsung dengan Kabupaten Semarang dan Temanggung. Lantas dimanakah lokasi dari Kebun Inggit Strawberry? Lokasinya berada di Sawahan, lebih tepatnya di Banyuroto.

Apabila saat ini anda berada di kawasan candi borobudur, maka perjalan untuk sampai ke kebun tersebut adalah sekitar 52 menit dengan menempuh perjalanan sekitar 34,1 km. Perjalanan yang anda ambil adalah melalui rute jalan Nanggulan Mendut. Rute tersebut adalah yang paling cepat dibandingkan dengan rite yang lain.

Sesampainya di banyuroto, anda hanya perlu mencari plang penunjuk jalan untuk sampai ke spot kebun strawberry. Rute untuk sampai kesana adalah dengan melewati jalan Ketep Kopeng atau Jalan Magelang Boyolali. Ikuti jalan tersebut sampai pada akhirnya melihat agrowisata kebun Inggit Strawberry,di sebelah kiri jalan.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Kebun Inggit Strawberyy
Image Credit: Google Maps Deta Widyananda

Bagi anda yang hendak datang ke sana, informasi terkait dengan jam buka dan tiket masuk sangatlah penting. Destinasi yang dibuka sejak tahun 2007 ini beroperasi dari jam 8 pagi hingga 4 sore. Pengunjung di pagi hari biasanya jauh lebih banyak dibandingkan sore hari, apalagi jika di hari libur. Jam tersebut dipilih karena wisatawan juga hendak menghabiskan waktu makan siang di sana.

Lantas berapa tiket yang diperlukan untuk masuk ke kebun strawberry? Biayanya sangat terjangkau, yaitu cukup 5 ribu rupiah per orang. Harga ini tidak berubah, alias tetap sama baik di weekend maupun weekday. Biaya parkir untuk kendaraan berupa sepeda motor adalah 2 ribu rupiah, sedangkan mobil 5 ribu rupiah.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Kebun Strawberry

Kegiatan Menarik Kebun Strawberry
Image Credit: Google Maps achmad afif

1. Memetik Strawberry

Kegiatan utama yang pastinya dilakukan oleh setiap wisatawan yang berkunjung ke kebun inggit adalah memetik strawberry. Anda bebas memilih strawberry mana yang hendak dimakan langsung atau dibawa pulang. Tiket untuk masuk ke kawasan petiknya juga cukup terjangkau. Buah yang sudah dipetik akan ditimbang dan harganya akan dikalikan dengan bobot tersebut.

Wisatawan hanya perlu membayar buah strawberry dengan harga 15 ribu per 100 gram. Harga tersebut adalah harga yang dipatok untuk hari libur. Sedangkan untuk hari hari biasa, harga buahnya hanya 10 ribu per 100 gram. Harga tersebut bisa saja berubah, tergantung dengan peraturan dari pihak pengelola. Untuk informasi lebih jelas, anda bisa konfirmasi langsung melalui telepon.

2. Selfie Dengan Berbagai Pose

Mengabadikan momen liburan dengan selfie atau mengambil foto adalah aktivitas yang sangat menyenangkan, apalagi jika tempatnya memiliki pemandangan yang indah seperti kebun strawberry. Anda tidak akan merasa bosan mengitari kebun hingga kaki terasa lelah. Setiap sudutnya memberikan panorama yang memukau, sehingga sangat sayang untuk dilewatkan.

Aktivitas semacam ini terasa lebih menyenangkan jika anda datang bersama dengan rombongan. Pilihlah spot spot yang terlihat estetik, untuk kemudian di upload melalui media sosial. Meskipun sederhana, kegiatan tersebut akan membuat liburan semakin lengkap. Hasil fotonya juga bisa anda pajang di sudut kamar untu memabngkitakn semangat setiap harinya.

3. Mencicipi Langsung Strawberry Segar

Setelah memetik strawberry,anda bisa memakan langsung hasil panen di tengah kebun. Pengalaman semacam ini tidak dapat anda lakukan di sembarang tempat. Rasa segar dan manis dijamin akan menyebar di setiap rongga mulut. Belum lagi mata anda disuguhkan dengan pemandangan yang sangat memukau. Pengalaman tersebut tentu tidak akan mudah untuk dilupakan.

Dilansir dari sebuah website dijelaskan bahwa mengonsumsi buah strawberry sangat baik untuk menjaga kesehatan di masa andemi. Selain itu, iah tersebut mengandung antioksidan seperti ellagic acid, flavonid, phytochemicals, dan phenolic yang dapat membuat mata jauh lebih sehat, anda akan terhindar dari gejala mata kering dan degenerasi makula.

Kegiatan Menarik di Kebun Strawberry
Image Credit: Google Maps Mas No Alvin

4. Bersantai dengan View Terbaik

Selain melakukan banyak kegiatan yang butuh pergerakan, anda juga bisa sekedar bersantai sambil melihat indahnya pemandangan dari Kebun Inggit Strawberry. Dengan melakukan hal tersebut, pikiran anda bisa menjadi lebih tenang. Alhasil, anda siap untuk menjalani hari sibuk di keesokan harinya. di Kabun Inggit ini, sudah tersedia banyak kursi yang dapat digunakan wisatawan untuk beristirahat.

Selain membuat pikiran lebih tenang, melihat pemandangan yang indah dan bersantai juga akan membuat mata lebih sehat. Dikutip dari kompasiana, dijelaskan bahwa melihat pemandangan alam dapat melatih fokus mata menjadi lebih baik. Hal tersebut terjadi karena dalam sebuah lanskap terdapat banyak benda dengan jarak yang berbeda beda.

Anda dapat memfokuskan mata ke berbagai jenis objek dengan jarak tanpa batas. Meskipun begitu, mata anda tidak akan lelah dan malah justru merasa rileks. Jika aktivitas ini dilakukan secara rutin, maka anda akan terhindar dari gejala mata minus. Tidak dapat dipungkiri jika mata minus menjadi gangguan utama pada mata, terutama di era serba gadget seperti ini.

5. Mencicipi Kuliner Sedap

Saat berwisata, tidak lengkap rasanya jika anda tidak mengisi perut dengan hidangan yang lezat. Terkait dengan hal ini, anda tidak perlu bingung, karana di Kebun Strawberry ini terdapat arwa kuliner yang siap memanjakan lidah anda dan keluarga. Pilihan menunya sangat beragam sehingga mampu mengakomodasi selera anak anak hingga orang dewasa.

Harga yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal sehingga terasa pas di kantong. Anda tidak perlu mencari makan di luar spot wisata dengan alasan mencari harga yang terjangkau. Bahan bahan yang digunakan oleh pihak resto juga cukup berkualitas sehingga membuat rasanya terasa lezat. Staff resto pun sangat ramah sehingga pengalaman makan anda dan keluarga terasa menyenangkan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Kebun

Fasilitas Kebun Strawberry
Image Credit: Google Maps Aryo Rais

Apabila berbicara tentang tempat wisatawan, tidak lengkap rasanya jika tidak membaca tentang fasilitas yang ada di dalamnya. Fasilitas penunjang akan membuat liburan menjadi lebih menyenangkan. Beberapa fasilitas yang dapat anda temukan di sana adalah toilet dan tempat parkir yang luas. Di setiap sudut juga terdapat banyak kursi yang dapat anda jadikan sebagai tempat beristirahat.

Toiletnya pun benar benar benar bersih karena pihak pengelola sadar bahwa kebersihan adalah kunci utama untuk membuat wisatawan merasa nyaman. Tempat parkir yang luas juga menjadi alasan mengapa destinasi ini cocok untuk dikunjungi rombongan. Anda tidak perlu khawatir, karena spot parkirnya cukup luas. Akses untuk masuk ke sana juga dapat ditempuh dengan mobil.

Seluruh staff yang bekerja juga sangat ramah sehingga mampu membuat wisatawan merasa nyaman. Anda bisa bertanya banyak hal terkait dengan budidaya strawberry. Alhasil, anda bisa mendapat pelajaran sembari berwisata. Seluruh staf yang ada di sana bisa menjadi narasumber bagi anda yang tertarik untuk berbudidaya strawberry. Alhasil, perjalanan wisata terasa seperti study tour.

Anda yang muslim juga tidak perlu pusing mencari tempat sholat, karena sudah tersedia sebuah mushola serta tempat wudhu nya. Sambil menunggu anggota keluarga beribadah, anda bisa beristirahat di gazebo yang ada di sekitarnya. Jika merasa lapar, anda pun bisa mencicipi berbagai pilihan kuliner yang ada di area café dan resto.

Demikianlah sekilas informasi terkait dengan Kebun Inggit Strawberry yang menjadi destinasi andalan bagi wisatawan yang berkunjung ke Banyuroto, Magelang. Meskipun tidak sepopuler candi borobudur, namun spot tersebut wajib anda datangi. Suasananya yang sejuk dan indah akan membuat pikiran menjadi lebih rileks.