Kebun Raya Cibodas salah satu destinasi alam dengan kekayaan hayati di Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Udara sejuk, pemandangan yang indah dan suasana yang asri berhasil menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung.

Harga Tiket: Rp 22.500, Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Jl. Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Jika Anda sedang mencari tempat menenangkan pikiran, Kebun Raya Cibodas bisa Anda jadikan sebagai tujuan. Menjadi salah satu kawasan konservasi, Anda bisa menikmati taman sejuk dan indah. Panorama alam yang dihadirkan memang akan membuat siapapun terpesona. Untuk melihat pesona yang dimiliki kebun raya ini, Anda bisa menyimak ulasan berikut.

Sejarah Singkat Kebun Raya Cibodas

Sejarah Kebun Raya Cibodas
Image Credit: Facebook.com @atikahindah18

Wisata Kebun Raya Cibodas menjadi salah satu wisata di kawasan Puncak yang tak pernah sepi pengunjung. Pengunjung bisa menikmati pemandangan indah sekaligus mendapatkan wawasan baru terkait tumbuhan yang ada di taman cantik ini. Menjadi bagian dari UPT Balai Konservasi tumbuhan, taman ini berada dibawah naungan pusat konservasi Kebun raya Bogor.

Lokasinya yang masih berada diantara Gunung Gede dan Pangrango membuat alamnya begitu luar biasa. Berada di ketinggian sekitar 1425 mdpl, udara yang dihadirkan tentu saja sangat sejuk. Kawasan ini memiliki luas sekitar 85 Ha yang juga dimanfaatkan untuk banyak hal. Mulai dari konservasi, wisata hingga masyarakat yang ingin melakukan penelitian dan pendidikan Lingkungan.

Rasanya tidak lengkap jika tidak mengulik sejarah dari taman luas ini. Kawasan kebun raya ini termasuk peninggalan Belanda pada tahun 1850 an. Dimana pada saat itu Johannes Elias Teijsmann yang merupakan kurator asal Belandalah yang membangunnya. Sebelum dikenal dengan Kebun Raya Cibodas, namanya adalah Bergtuin te Tjibodas di 18 April 1852.

Awalnya dalam pembangunannya, terjadi aklimatisasi berbagai tumbuhan dari luar negeri yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan dianggap penting. Sampai akhirnya berkembang menjadi Cabang Balai Kebun raya Cibodas. Barulah pada tahun 2003, status dari Kebun raya berganti statusnya sebagai Kebun Raya UPT atau Unit Pelaksana Teknis yang tentunya lebih mandiri.

Pada tanggal 11 April di setiap tahunnya, akan ada peringatan sebagai hari jadi dari kebun raya ini. Biasanya pada tanggal tersebut akan diberlakukan tiket gratis. Memiliki sejarah yang cukup panjang, kebun satu ini juga menawarkan banyak hal menarik yang bisa dijelajahi. Sehingga wajar jika banyak yang menghabiskan liburan di taman satu ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Kebun Raya Cibodas

Daya Tarik Kebun Raya Cibodas
Image Credit: Google Maps (Saad Al-Ahmari)

Begitu Anda menginjakkan kaki di Kebun Raya Cibodas ini, Anda akan langsung disuguhkan pemandangan hijau dan udara yang sejuk. Di tempat ini Anda bisa menemukan berbagai jenis pohon. Bahkan diperkirakan ada sekitar 5831 sample tanaman. dimana 1206 jenis diantaranya hidup di taman ini, baik untuk pepohonan yang sudah tua hingga yang masih muda.

Untuk menggambarkan keindahan kebun raya ini memang cukup sulit. Seorang fisiologi tumbuhan bernama Dr. FW. Went yang memiliki kebangsaan Belanda, memberikan Kebun Raya ini sebagai surga firdaus. Apalagi ada banyak spot yang bisa Anda kunjungi selama di kawasan kebun raya ini. Udaranya kisaran 17 sampai 27 derajat sehingga cenderung dingin.

Melanjutkan perjalanan Anda memasuki area ini, Anda akan dihadirkan hamparan rumput hijau yang luas. Beberapa areanya sengaja dibuat mirip bukit dengan berbagai pohon yang tumbuh di kanan kirinya. Sebuah danau tenang yang juga bisa menjadi tujuan Anda ketika menghabiskan waktu di tempat wisata di Cianjur ini.

Daya tarik yang dihadirkan semakin semarak dengan hadirnya beberapa spot yang menarik. Seperti hadirnya rumah kaca, rumah kaca ini difungsikan sebagai tempat menyimpan berbagai jenis tanaman. Mulai dari bunga anggrek, kaktus hingga tanaman yang langka sekalipun. Setidaknya ada sekitar 4000 koleksi tumbuhan yang ada di dalam rumah kaca ini.

Selain Rumah Kaca, taman satu ini juga memiliki taman Sakura yang menjadi spot populer. Di taman sakura ini, Anda bisa menikmati panorama ala Jepang. Sebenarnya, tanaman sakura sendiri hanya bisa hidup di area yang memiliki 4 musim. Namun siapa yang menyangka jika bisa tumbuh subur di Kebun Raya Cibodas.

Daya Tarik Kebun Cibodas
Image Credit: Twitter.com @kokoronotomotv

Alasannya karena area ini berada di atas ketinggian 1400 m. Yang membuat udara menjadi lebih sejuk, sehingga sangat cocok untuk habitat tumbuhan sakura. Apabila di Jepang, umumnya tanaman ini akan bermekaran setahun sekali di bulan April. Namun jika di kebun ini berbunga selama dua periode yakni di bulan Januari hingga Februari juga Juli sampai Agustus.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin menikmati keindahan taman sakura Anda bisa datang di bulan bulan tersebut. Tidak hanya satu, ada setidaknya 7 varian tumbuhan sakura yang tersedia di Kebun Raya Cibodas dari 300 jenis varian. Tentu saja sudah merupakan pencapaian yang bagus. Daya tarik yang dimiliki kebun raya ini tentu masih belum selesai.

Menjelajah bagian kebun raya, Anda juga bisa menemukan sebuah jalan batu yang begitu rapi dari wisma tamu menuju kolam besar. jalan berbatu ini dikenal dengan nama araucaria avenue. Di sepanjang kiri dan kanan jalan ini tumbuh pohon araucaria yang usianya sudah puluhan tahun. Yakni sejak tahun 1866 hingga saat ini masih berdiri kokoh.

Kemudian terdapat juga Jalan Ari yang memang merupakan sebuah wahana yang sengaja disediakan oleh pihak pengelola. Wahana ini merupakan jalan air yang sumbernya berasal dari Gunung Gede Pangrango. Sehingga airnya sangat jernih juga segar, pengunjung bisa menjadikan kawasan ini sebagai tempat berendam atau bermain air.

Hadirnya beberapa taman khusus juga membuat Kebun Raya Cibodas semakin menarik dikunjungi. Seperti taman Rhododendron yang merupakan taman dengan tanaman dari berbagai daerah seperti Jepang, Indonesia dan juga China. Berada di taman ini pasti akan membuat Anda betah berlama lama.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Kebun Raya Cibodas

Alamat Kebun Raya Cibodas
Image Credit: Google Maps (Dell Latitude)

Kebun Raya Cibodas berada di sub distrik Desa Cimacan yang masih termasuk dalam wilayah Kecamatan Cipanas, Kab. Cianjur. Jaraknya tak terlalu jauh dari istana Cipanas jika Anda melaju dari arah Bandung juga Kawasan Puncak Bogor jika dari arah Jakarta. Dibutuhkan waktu sekitar 1 sampai 2 jam dari arah Jakarta tetapi jika tidak terlalu macet.

Rute menuju kawasan wisata satu ini tidaklah sulit, Anda hanya perlu menuju Bogor dan melalai kebun teh juga Puncak Pass. Setelahnya Anda bisa menemukan pertigaan Paragajen, silahkan ambil arah menuju Cibodas. Untuk Anda yang dari Bandung, Cianjur, Sukabumi atau dari Istana Cipanas ikuti jalan sampai di Rumah Sakit Cimacan dan di pertigaan paragajen ambil belok kiri.

Agar lebih mudah dan bisa berjalan jalan sampai puas, ada baiknya jika menggunakan kendaraan pribadi. Baik sepeda motor atau mobil bisa digunakan untuk menuju tempat wisata kondang ini. Jika Anda takut tersesat, Anda juga bisa memanfaatkan GPS yang terpasang di smartphone Anda. papan petunjuk menuju lokasi sebenarnya juga sudah lengkap.

Harga Tiket dan Jam Operasional Kebun Raya

Harga Tiket Kebun Raya
Image Credit: Google Maps (Anggi Kusumawardani)

Untuk memasuki destinasi satu ini, Anda juga membutuhkan budget sebagai tiket masuk kawasan Kebun Raya Cibodas. Harga tiket masuknya tidak terlalu mahal, yakni mulai dari Rp 22.500 sampai dengan Rp 32.500. Umumnya harga tiketnya akan lebih tinggi ketika memasuki akhir pekan atau saat musim liburan.

Harga tersebut masih belum termasuk dengan tiket parkir kendaraan Anda. Tiket masuk berlaku untuk anak anak yang memiliki tinggi 80 cm. Pembelian tiket juga bisa dibeli melalui online yakni di website resmi kebun raya. Sementara jam bukanya mulai dari Jam Senin hingga Minggu pukul 08.00 sampai 16.00 di hari biasa. Di akhir pekan atau liburan buka pukul 07.00 sampai 18.00 WIB.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Kebun Raya

Kegiatan di Kebun Raya
Image Credit: Instagram.com @juliandha_arvina89

1. Melakukan Gathering

Karena memiliki area yang luas dengan pemandangan khas pegunungan yang indah, Kebun Raya Cibodas juga seringkali menjadi tujuan wisatawan untuk melakukan gathering. Baik bersama dengan keluarga maupun teman teman tentu akan memberikan pengalaman yang berbeda. Jika ingin mengadakan event fasilitas pendukung juga tersedia di Kebun Raya ini.

2. Mengunjungi Galeri Tanaman Hias

Apakah Anda termasuk orang yang menyukai tanaman hias? Jika iya Anda bisa mampir di galeri Tanaman di kawasan ini. Galeri Tanaman Hias ini memang merupakan tempat untuk menyimpan berbagai tanaman hias. Wisatawan bisa mengunjunginya dari pagi hingga sore hari. pastinya Anda akan ingin membawa pulang semuanya.

3. Mengunjungi Curug Cibereum

Curug Cibereum merupakan salah satu curug yang lokasinya tak jauh dari Kebun Raya Cibodas. Hanya saja jika Anda ingin melihat keindahannya, Anda harus mendaki terlebih dahulu. Karena lokasinya lebih tinggi dari kebun raya ini, yakni di ketinggian 1675 mdpl. Terdapat 3 curug saling berdampingan yang bisa Anda temukan di curug cantik ini.

4. Berburu Foto Kekinian

Wisata kebun ini memiliki area yang besar dan spot foto yang beragam. Sehingga tak lengkap rasanya jika tidak sekalian hunting di kawasan ini. Salah satu spot foto yang paling favorit adalah di taman sakura dan jalan Air. Walaupun secara keseluruhan tempat ini memang luar biasa indah. Pastikan Anda membawa kamera terbaik Anda saat kemari.

Fasilitas yang Tersedia di Kebun Raya Cibodas

Fasilitas Kebun Raya Cibodas
Image Credit: Google Maps (Tedja Ottora)

Kenyamanan pengunjung menjadi prioritas tinggi, sehingga Anda tentu akan menemukan fasilitas pendukung. Seperti hadirnya lahan parkir luas yang bisa menampung semua kendaraan pengunjung. Selain itu, Anda juga bisa menemukan mushola juga toilet. Di dalam area kebun raya juga tersedia petunjuk arah yang akan memudahkan pengunjung.

Mengingat lokasinya sangat luas, sehingga dibutuhkan fasilitas satu ini yang juga didukung dengan peta kawasan. Fasilitas umum seperti mushola juga dihadirkan di area satu ini. Sehingga Anda tak perlu khawatir melewatkan ibadah. Bagi pengunjung yang ingin berburu oleh oleh juga tersedia toko souvenir juga toko yang menjual makanan maupun minuman.

Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu lebih lama, Anda bisa menginap di sekitar Kebun Raya Bogor ini. Di area Kebun Raya sendiri juga terdapat Guest House yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung. Setidaknya ada 2 Guest House yang bisa Anda jadikan pilihan dengan fasilitas yang beragam. Namun jika ingin di luar area juga mudah menemukannya.

Menghabiskan waktu liburan dengan mengunjungi wisata alam memang bukanlah ide yang buruk. Anda bisa menjadikan Kebun Raya Cibodas sebagai tujuan wisata Anda saat di Cianjur. Taman yang luas ini memberikan Anda hiburan juga wawasan terkait tumbuhan yang ada di dalamnya. Apalagi ada banyak spot spot yang juga bisa Anda jelajahi.