Agrowisata Gunung Mas salah satu perkebunan teh yang menawan di Puncak Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Area perkebunan nan hijau yang menyejukkan dengan beragam wahana permainan yang seru dan fasilitas memadai.

Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 07.00-18.00 WIB, Alamat: Jl. Raya Puncak Gadog No.KM. 87, Tugu Selatan, Kec. Cisarua, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Menjadi kawasan favorit liburan warga Jabodetabek, nama Bogor pasti sudah tidak asing lagi untuk didengar. Bahkan tidak hanya warga sekitar, lokasi ini pun menarik perhatian banyak warga Indonesia dari kesejukan yang ditawarkan. Terutama jika Anda mampir ke daerah wisata Kebun Teh Gunung Mas di Puncak Bogor. Menikmati segarnya wilayah puncak seakan tidak akan lengkap tanpa berkeliling di kebun tehnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Agrowisata Gunung Mas

Daya Tarik Agrowisata Gunung Mas
Image Credit: Twitter.com @GodesaIndonesia

Sebenarnya, kebun teh yang satu ini masuk di dalam wilayah agrowisata di bawah nama Gunung Mas. Berada di wilayah puncak, tak heran jika agrowisata ini punya banyak sekali nilai plus dari keindahan alamnya. Di puncak Bogor sendiri, lokasi wisata yang melihatkan penggunaan lahan pertanian dan fasilitas terkaitnya pun sudah cukup banyak dikenal.

Karena pamornya yang terus melonjak, wisata agro Gunung Mas pun menyediakan berbagai fasilitas yang lebih lengkap. Hal ini membantu para wisatawan lebih betah di lokasi. Terutama untuk mereka yang ingin seru seruan sembari menikmati segarnya alam sekitar di atas ketinggian 80-1.200 meter permukaan laut.

Dengan lokasinya yang berada di dataran tinggi, Anda pun bisa menikmati segarnya suhu 12-22 derajat celcius. Berkunjung ke kebun teh Gunung Mas pun pasti tidak akan membuat Anda bosan, karena ada banyak hal yang bisa dilakukan dan fasilitas yang memadai untuk menikmati waktu liburan.

Daya Tarik Gunung Mas
Image Credit: Twitter.com @SuciAndni

Jangan kaget saat pertama kali menapakkan kaki di Wisata Gunung Mas. Sebagai salah satu ragam wisata favorit, lokasi kebun tehnya memiliki kesan yang sangat luar biasa. Hamparan kebun teh berwarna hijau siap menyapa pandangan Anda. Dipandu dengan sejuknya angin puncak, Anda akan sukses menghilangkan penat yang menumpuk.

Tidak hanya itu, daya tarik perkebunan ini sendiri tidak lepas dari luasnya yang mencapai 2.551 hektar. Bahkan kebun yang ada di bawah naungan PT. Perkebunan Nusantara PTPN VIII ini memiliki deretan pabrik yang siap memproduksi banyak teh setiap harinya. Angka produksi pun mencapai 6 ton teh kering hingga 28 ton teh basah per harinya.

Keindahan lingkungan sekitar pun menjadi daya tarik sendiri yang tidak bisa diabaikan. Pesona alam yang masih asri seakan tidak ada habisnya untuk dipandang. Daerah yang begitu luas pun seakan tidak akan habis untuk ditelusuri. Bahkan, masih banyak hal lain yang bisa dilakukan di seluruh wilayah agrowisata. Yang mana tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Agrowisata Gunung Mas

Alamat Agrowisata Gunung Mas
Image Credit: Google Maps (Agrowisata Gunung Mas)

Beruntungnya Anda yang ingin berkunjung ke lokasi wisata alam yang satu ini. Lokasinya berada di puncak Km.87 yang mana sudah cukup banyak dikenali dan dilewati wisatawan. Yang menjadi nilai plus sendiri adalah rute untuk mencapai kebun teh. Anda tidak perlu khawatir tersesat karena lokasi ini sudah dapat ditemukan di aplikasi GPS.

Lokasi agrowisata sendiri berjarak sekitar 67 kilometer dari DKI Jakarta. Tidak terlalu jauh dan tidak terlalu sukar untuk ditempuh. Gunung Mas pun sangat mudah ditemukan karena berada di pinggir jalan, sehingga siap menampung berbagai macam jenis kendaraan. Jika tidak terjadi kemacetan, jarak waktu tempuhnya diperkirakan hanya mencapai dua jam saja.

Namun jika Anda berangkat dari arah kota Bogor, maka perjalanan pun semakin mudah. Anda bisa meraih lokasi dengan melewati jalan Padjajarak dan menuju ke arah selatan saat mencapai Ciawi. Dari sana Anda hanya perlu mengikuti navigasi. Uniknya, agrowisata ini pun mudah ditemukan karena memiliki pintu masuk dengan patung botol raksasa sebagai landmark.

Harga Tiket dan Jam Operasional Kebun Teh Gunung Mas

Harga Tiket Kebun Teh Gunung Mas
Image Credit: Google Maps (Muhammad Hamka Al Fitroh)

Per September 2020, biaya dan harga tiket untuk masuk ke lokasi wisata sendiri cenderung tidak terlalu mahal. Untuk masuk ke dalam area, Anda hanya perlu membayar biaya retribusi awal sebesar 15 ribuan saja. Namun ingat bahwa ini hanyalah biaya tiket masuk. Untuk aktivitas dan fasilitas lain, Anda akan dikenakan biaya tambahan.

Beberapa biaya yang telah ditetapkan adalah untuk fasilitas tea walk atau keliling kebun teh. Bergantung dengan rutenya, aktivitas ini dibanderol biaya sebesar 20-35 ribuan saja. Sedangkan untuk berkuda, Anda akan dikenakan biaya berdasar rute dan durasi yang dipilih yakni mulai dari 50 ribu sampai 100 ribu setiap perjalanan.

Selain itu, ada pula biaya untuk ATV yang dibanderol harga sebesar 50 ribu per 15 menitnya. Anda pun bebas untuk berkeliling di rute yang sudah disediakan. Semuanya bisa Anda nikmati selama jam operasional mulai dari jam 07.00 sampai 18.00. selain itu, lokasi wisata pun buka setiap hari mulai senin hingga minggu.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Kebun Teh

Kegiatan di Kebun Teh
Image Credit: Twitter.com @KemnakerRI

1. Berkeliling Kebun Teh (Tea walk)

Aktivitas yang paling jamak dilakukan wisatawan adalah tea walk atau jalan jalan teh. Disebut demikian, karena Anda akan dibawa berpetualang menelusuri jalan setapak mengelilingi are kebun teh yang luas. Jangan sampai Anda melewatkan kesempatan seru ini sembari memetik teh. Tidak perlu khawatir tersesat, karena sudah ada pemandu yang siap mengomando.

Umumnya, aktivitas ini juga menjadi ajang untuk berolahraga dan menikmati kesegaran alam Gunung Mas. Beruntungnya, pihak pengelola pun menyediakan berbagai rute perjalanan mulai dari 4 km, 6 km, dan 8 km. Harganya pun cukup terjangkau yakni sekitar 20-35 ribuan (per akhir tahun 2020).

2. Menunggangi Kuda di Kebun Teh

Merasa tea walk saja kurang cukup? Anda juga bisa membuat perjalanan keliling lebih seru dengan menunggangi kuda Sumbawa. Fasilitas menunggang kuda ini sudah disiapkan oleh pihak penyelenggara. Lama durasi pun tersedia dalam 30 menit, 60 menit, dan 120 menit. Rutenya pun berbeda, jadi Anda bisa lebih puas berkeliling sembari merasakan pengalaman berkuda.

3. Mengintip Aktivitas Pabrik Teh

Selagi Anda mampir ke salah satu produsen teh di Indonesia, jangan sampai melewatkan aktivitas yang satu ini. Anda bisa melihat dengan mata kepala sendiri bagaimana proses pengolahan teh di Agrowisata Gunung Mas. Selain seru saat menikmati keindahan kebun, mengunjungi pabrik dan mengenal proses pembuatan teh celup, curah, dll. juga bisa menjadi ilmu baru.

4. Menikmati Segarnya Air di Kolam Renang Tirta Mas

Setelah lelah berkeringat karena tea walk dan aktivitas lainnya, Anda pun bisa bersantai di kolam renang. Kunjungi saja kolam renang Tirta mas yang dibangun dengan bentuk sederhana. Meski tidak banyak modelnya, kolam ini ternyata memiliki air hangat yang menyegarkan. Dipandu dengan angin semilir dingin, kombinasi ini pasti membuat Anda tenang.

5. Kegiatan Outbound dan Paralayang

Jika bosan dengan kebun teh yang seperti itu saja, beruntungnya masih ada aktivitas seru yang bisa dilakukan. Para pecinta adrenalin wajib mencoba paralayang untuk mengitari hamparan kebun teh hijau dan area pegunungan yang berundak. Tidak hanya paralayang, Anda pun bisa seru seruan naik flying fox di area outbound yang memiliki banyak varian panjang lintasan.

Kegiatan Kebun Teh
Image Credit: Google Maps (Joglowebs Com)

6. Menantang Diri Dengan Kendaraan Motor

Agrowisata Gunung Mas ini juga menyediakan aktivitas seru dengan kendaraan motor. Lebih tepatnya motocross mini, ATV, dan offroad komodo. Bagi yang membawa anak anak, motocross mini bisa menjadi tantangan untuk mereka yang hobi kebut kebutan. Sedangkan offroad komodo akan membawa Anda bertualang di jalur terjal.

Aktivitas offroad komodo ini bukan untuk anak anak, mengingat jalurnya cukup ekstrim dengan bebatuan dan tanah becek. Menariknya, perjalanan offroad ini mencapai 1 jam lamanya dengan jarak mencapai 12 km. Jika siap untuk keliling sendiri, tidak ada salahnya mencoba ATV yang sekarang mampu membawa Anda berkeliling sejauh 2 km.

7. Menikmati Malam di Camping Ground

Satu hal lagi yang para traveller tidak bisa lewatkan adalah keindahan malam di sekitar kebun teh. Lokasinya yang masih begitu asri dengan minim lampu menjadi jaminan tampilan langit yang begitu jelas. Untuk menikmati gugusan bintang, Anda pun bisa mencoba untuk berkemah di sekitar area camping ground yang berada tepat di tengah perkebunan.

8. Menikmati Teh Hangat

Ada yang unik dan tidak boleh dilewatkan begitu saja dari kebun teh ini, yakni aktivitas tea time. Saat Anda masuk ke dalam lokasi wisata, tiket yang telah dibeli memiliki fungsi tambahan untuk ditukar dengan secangkir teh hangat. Anda bisa menukarnya di Front office dan menikmati segarnya teh Walini. Selain itu, ada pula Tea Cafe dan Tea Corner yang siap menemani.

9. Berbelanja Produk Teh dan Madu

Aktivitas terakhir yang tidak boleh dilewatkan adalah berbelanja. Untuk sanak saudara di rumah, Anda bisa memberikan buah tangan berupa oleh oleh khas Gunung Mas. Sebut saja produk teh hitam dan hijau dengan banyak variannya. Ada pula produk madu khasnya berupa madu hitam, bening, dan kuning untuk dibawa pulang.

Penginapan Murah di Sekitar Kebun Teh Gunung Mas

Penginapan Kebun Teh Gunung Mas
Image Credit: Google Maps (L)

Salah satu hal yang unik dari agrowisata ini adalah ketersediaan lokasi penginapan seru. Di sekitar kebun teh, Anda bisa menikmati aktivitas berkemah. Namun, Anda juga punya kesempatan untuk bermalam di penginapan yang memiliki beberapa tipe unik. Yakni hotel, bungalow, pondokan, rumah kayu kelapa, bahkan Pangrango.

Nama dari penginapan itu sendiri adalah Wisma Affandi Gunung Mas, yang masih ada di daerah lokasi wisata. Tipe tipe kamar tersebut pun memiliki harga dan fasilitas yang berbeda. Untuk tipe standar dan paling murah, Anda bisa menginap dengan harga mulai dari 260 sampai 310 ribuan per malamnya.

Sedangkan untuk kamar yang lebih baik (VIP) akan dipungut biaya per malam sebesar 300 -350 ribuan. Untuk kamar jenis cottage harga yang ditarik adalah sekitar 340 sampai 390 ribuan. Sedangkan yang paling tinggi adalah tipe bungalow dengan banderol mencapai 800 ribuan di weekend untuk per malamnya.

Fasilitas yang Tersedia di Kebun Teh Gunung Mas Bogor

Fasilitas Kebun Teh Gunung Mas
Image Credit: Google Maps (Dedy Caution Channel)

Jika melihat betapa terkenal dan baiknya pengelolaan lokasi, kebun teh Gunung Mas sendiri sudah memiliki fasilitas yang memadai. Selain kebutuhan umum seperti toilet, mushola, lahan parkir dan tempat makan, Anda pun bisa menemukan beberapa fasilitas olahraga. Seperti lapangan sepak bola, tenis, dan gedung serbaguna dengan kapasitas 250 orang.

Itulah yang bisa Anda dapatkan jika mampir ke Kebun Teh Gunung Mas di Puncak Bogor. Lokasi kebun tehnya sendiri menjadi tujuan untuk cuci mata, menikmati kesegaran, dan juga menikmati tea walk. Tak kalah seru, lokasi agrowisata ini pun punya deretan fasilitas dan aktivitas asyik yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Jadi sudah siap untuk seru seruan ke kebun teh?