Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 07.00-18.00 WIB, Alamat: Nglinggo Barat, Pagerharjo, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Sampai saat ini, Yogyakarta tidak pernah kehabisan pesona wisata alam yang sangat spektakuler. Salah satu destinasi wisata alami di Yogyakarta yang selalu menarik minat para pengunjung adalah Kebun Teh Nglinggo di Kulon Progo. Untuk itu, berikut telah kami sajikan ulasan lengkap mengenai destinasi alam menarik yang satu ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Kebun Teh Nglinggo

Daya Tarik Kebun Teh Nglinggo
Image Credit: Google Maps Agus Widodo

Secara garis besar, ada banyak sekali daya tarik utama di tempat wisata alami ini, sehingga sangat menarik minat para wisatawan untuk datang berkunjung. Apa sajakah daya tarik yang tersedia di Kebun Teh Nglinggo? Mari kita simak bersama ulasan lengkap mengenai tempat wisata alam di bawah ini!

1. Pemandangan Hamparan Kebun Teh

Secara umum, kawasan perkebunan teh di Nglinggo ini memang tidak seluas perkebunan teh lainnya di Indonesia, seperti perkebunan teh di Jawa Barat, ataupun Jawa Tengah (Wonosobo). Namun, pemandangan alam di kawasan wisata hits ini tak kalah menarik, dengan hamparan perkebunan teh yang hijau, serta latar belakang pegunungan yang apik.

Di Kebun Teh Nglinggo ini, pengunjung tidak hanya dapat berfoto di sekitaran kebun teh saja, melainkan langsung masuk ke area perkebunan teh. Oleh karena itu, pengunjung dapat merasakan sensasi yang unik, ditemani oleh hamparan tanaman teh sepanjang mata memandang. Di perkebunan teh ini, pengunjung juga dapat berfoto layaknya petani teh dengan properti tambahan yang disediakan seperti topi caping dan bakul.

Selain itu, salah satu alasan utama orang-orang tertarik untuk mengunjungi kawasan wisata alami ini adalah karena suasana alamnya yang sangat asri, serta udaranya yang sangat sejuk. Hal ini dapat terjadi karena kawasan kebun teh ini berada di dataran tinggi Kulon Progo, Yogyakarta, sehingga pengunjung dapat menikmati sejuknya udara khas pegunungan yang menyegarkan.

2. Menyaksikan Proses Produksi Teh

Di kawasan wisata kebun teh ini, pengunjung tidak hanya dapat menikmati pemandangan dan berfoto dengan latar belakang perkebunan teh. Pasalnya, ada aktivitas lain yang tidak boleh dilewatkan yakni menyaksikan proses produksi teh secara langsung, mulai dari pemetikan daun teh, hingga proses lanjutannya. Semua proses ini dapat disaksikan secara langsung, serta dijelaskan oleh para petani yang ahli di bidangnya, sehingga para pengunjung bisa mendapatkan pengetahuan baru mengenai proses pengolahan daun teh langsung dari para ahli.

Selain itu, pengunjung juga dapat merasakan sendiri sensasi memetik daun teh segar langsung dari area perkebunan. Namun untuk melakukan aktivitas ini, pengunjung terlebih dahulu harus meminta izin dari pihak pengelola, sambil didampingi dan dijelaskan oleh para petani teh yang sudah cukup ahli di bidangnya.

Daya Tarik Dimiliki Kebun Teh Nglinggo
Image Credit: Google Maps Galih IDCARD

3. Spot Foto Menarik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pemandangan alam yang terdapat di lokasi wisata fenomenal ini sangatlah mengagumkan, sehingga sangat cocok untuk dijadikan lokasi berfoto. Pihak pengelola juga telah menyediakan fasilitas spot berfoto yang cukup menarik, di antaranya yaitu gardu pandang, bingkai hati yang dihiasi bunga, bangku taman, jembatan kayu, hingga signage ‘Kebun Teh Nglinggo’ dari kayu yang menampilkan kesan alami.

Selain itu, spot foto menarik lain yang tak boleh dilewatkan pastinya adalah kebun teh. Di kawasan wisata hits ini, pengunjung memang diperbolehkan untuk memasuki area perkebunan, sehingga dapat berfoto dengan latar belakang hamparan perkebunan teh yang hijau, serta pegunungan yang asri. Namun, pengunjung tetap harus selalu menaati peraturan dengan menjaga kebersihan dan kerapian area perkebunan.

4. Off Road

Kawasan Kebun Teh Nglinggo memang cukup luas, dan banyak lokasi menarik lainnya selain perkebunan teh. Di kawasan wisata alam ini, pengunjung bahkan dapat melakukan off road untuk menyusuri medan yang cukup menantang di sekitar lokasi perkebunan.

Untuk dapat mencoba wahana off road ini, pengunjung dapat menyewa mobil jip dengan tarif berkisar dari Rp200.000 hingga Rp700.000 per mobil dengan kapasitas tiga orang. Pengunjung kemudian dapat menelusuri berbagai medan ekstrim yang cukup memacu adrenalin, sehingga sangat cocok bagi para pecinta tantangan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Teh Nglinggo
Image Credit: Google Maps Agung Hidayat

Lokasi Kebun Teh Nglinggo cukup mudah diakses, yakni tepatnya di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Derah Istimewa Yogyakarta. Letak dari tempat wisata hits ini juga tidak terlalu jauh dari pusat kota Yogyakarta, yakni hanya sekitar 35 km saja. Dari pusat kota, pengunjung hanya perlu menyusuri rute utama menuju ke kabupaten Kulon Progo.

Dari pusat kota, pengunjung dapat mengakses jalan utama melalui Jl. Godean/Jl. Ngapak – Kentheng hingga ke Jl. Daratan 3 di Sendangarum. Setelah itu, lanjutkan perjalanan ke arah Plombangan, kemudian menuju ke Jl. Persandian dan Jl. Samigaluh – Loano ke Tegalsari selama kurang lebih 15 km. Selanjutnya, pengunjung dapat langsung mengakses ke Jalan Nglinggo di Nglinggo Barat, dengan mengikuti papan petunjuk sampai ke objek wisata Kebun Teh Nglinggo.

Harga Tiket Masuk Kebun Teh

Harga Tiket Masuk Kebun Teh Nglinggo
Image Credit: Google Maps melkey binaro

Untuk dapat masuk ke area perkebunan, pengunjung hanya perlu membayar biaya retribusi sebesar Rp 2.000 dan jasa lingkungan Rp 3.000 per orangnya. Tiket ini dapat dibeli di loket yang berada di pintu masuk perkebunan. Seluruh hasil pendapatan dari penjualan tiket ini akan dialokasikan untuk perawatan serta pengelolaan kawasan wisata perkebunan, sehingga menumbuhkan perekonomian masyarakat sekitar Nglinggo.

Apabila pengunjung membawa kendaraan, maka dapat membayar tarif parkir sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat. Tarif parkir kendaraan ini sudah termasuk biaya asuransi atau santunan sesuai ketentuan yang berlaku.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Kebun Teh Nglinggo

Kegiatan Menarik Kebun Teh Nglinggo
Image Credit: Google Maps Dorin Renos

Sebenarnya, ada banyak sekali ragam aktivitas menarik yang dapat dilakukan di Kebun Teh Nglinggo ini, di antaranya yaitu:

1. Mempelajari Teknik Memetik Teh

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pengunjung dapat secara langsung melihat serta mempelajari teknik memetik dan mengolah teh dari para petani yang sudah ahli di bidangnya. Aktivitas yang satu ini tentu sangat menarik untuk dicoba, dan cocok untuk semua usia dari anak-anak hingga orang dewasa karena sangat edukatif dan menambah wawasan baru di bidang pengelolaan teh.

2. Berfoto-Foto

Salah satu aktivitas utama yang paling sering dilakukan oleh para pengunjung di Kebun Teh Nglinggo ini adalah berfoto. Banyak sekali spot foto menarik di kawasan wisata hits ini, di antaranya yaitu hamparan kebun teh, gardu pandang, jembatan kayu, bingkai love, dan masih banyak lagi. Selain itu, pengunjung juga dapat berfoto menggunakan properti tambahan yang disediakan oleh pihak pengelola, ataupun menggunakan properti pendukung yang disediakan dari rumah sehingga hasil foto menjadi lebih menarik.

3. Menyicipi Teh Alami

Setelah menyaksikan proses pengolahan daun teh, serta mencoba secara langsung sensasi memetik dedaunan teh yang segar, tak lengkap rasanya apabila pengunjung tidak mencicipi teh alami yang langsung dipetik dari perkebunan teh Nglinggo ini. Biasanya, pengunjung dapat mencicipi sajian teh sangrai alami di pondok teh & kopi yang terletak di sekitar pintu masuk.

Sebenarnya, pondok kopi & teh ini tak hanya menyajikan minuman kopi & teh hangat. Di tempat ini, pengunjung juga dapat menyantap berbagai hidangan ringan seperti mie instan atau snack. Seluruh sajian ini dapat dinikmati secara langsung di pondok makanan, sambil menikmati suasana alam yang asri dan sejuk.

Kegiatan Menarik di Kebun Teh Nglinggo
Image Credit: Google Maps Axl Rose

4. Menyantap Hidangan di Kedai

Apabila pengunjung sudah berkeliling perkebunan teh dan mulai merasa lapar, maka menyantap hidangan di kedai bisa menjadi pilihan yang tepat. Di kawasan Kebun Teh Nglinggo ini terdapat sebuah kedai makanan yang cukup popular di kalangan wisatawan, yakni Kedai Kopi & Teh Mr Edy Tamsil. Dari kedai ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan perkebunan teh yang sangat menawan sambil bersantai ditemani hidangan khas Yogyakarta yang nikmat.

Ragam hidangan yang disajikan di Kedai Kopi & Teh Mr Edy Tamsil cukup bervariasi, mulai dari aneka camilan, gorengan, geblak, kopi, susu, jeruk, hingga teh asli Nglinggo. Harga makanan dan minuman di kedai ini juga cukup terjangkau, yakni berkisar dari Rp 2.000 hingga Rp 15.000 per porsi.

5. Bersantai di Kawasan Kebun Teh

Bagi pengunjung yang sudah lelah menjelajahi area perkebunan, atau ingin menikmati keindahan alam lebih lama, maka pengunjung dapat memilih untuk bersantai sejenak sebelum melanjutkan perjalanan. Pengelola kawasan wisata ini telah menyediakan berbagai spot bersantai yang pastinya sangat nyaman, yakni bangku taman yang tersebar di area perkebunan.

Di tempat bersantai ini, pengunjung dapat beristirahat ditemani hembusan udara pegunungan yang sangat sejuk, sambil menikmati pemandangan alam yang sangat asri. Karena keindahannya, tak sedikit pengunjung yang akhirnya turut berfoto di lokasi tempat bersantai ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Kebun Teh Nglinggo
Image Credit: Google Maps Sarju

Ragam fasilitas yang telah disediakan di sekitar kebun teh tergolong sangat lengkap, di antaranya yaitu:

1. Lahan Parkir

Area parkir yang tersedia sangatlah luas, dan cukup untuk menampung kendaraan roda dua, kendaraan roda empat, bahkan bus pariwisata. Soal keamanan, pengunjung sudah tidak perlu khawatir karena lahan parkir ini selalu dijaga oleh petugas keamanan.

2. Tempat Makan

Apabila pengunjung butuh mengisi perut, maka dapat menyantap hidangan ringan yang tersedia di tempat makan. Tempat ini letaknya cukup dekat dengan pintu masuk sehingga mudah untuk diakses.

3. Mushola

Anda tidak perlu khawatir jika ingin beribadah saat berada di kawasan kebun teh. Pengelola sudah menyediakan Mushola bagi pengunjung yang hendak menunaikan kewajibannya kepada sang pencipta.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai destinasi wisata alam yang popular di Kabupaten Kulon Progo, yakni Kebun Teh Nglinggo. Apabila Anda tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata terbaik ini, maka dapat berkunjung pada waktu operasionalnya yakni setiap hari mulai pukul 07.00 sampai 18.00 WIB.