Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 06.00-17.00 WIB, Alamat: Bodean Putuk, Toyomarto, Kec. Singosari, Kab. Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Bagi Anda yang sedang berlibur di Malang dan ingin mengunjungi wisata sejuk dan asri, maka Kebun Teh Wonosari bisa dijadikan sebagai tujuan alternatif. Pemandangan indah, wahana beragam dan fasilitas yang lengkap bisa Anda nikmati sekaligus. Kabupaten Malang memang memiliki banyak atraksi wisata yang akan memudahkan pengunjung untuk memilih tujuan. Dan liburan bersama keluarga atau teman-teman akan semakin seru dengan destinasi satu ini.

Sekilas Tentang Agrowisata Wonosari

Tentang Agrowisata Wonosari
Image Credit: Twitter.com @bhotrockjhorock

Destinasi wisata di kota Malang satu ini bukanlah destinasi wisata baru. Bahkan kehadirannya sudah sangat lama yakni dari zaman Belanda. Kebun teh ini berdiri di sekitar tahun 1910 dan sampai saat ini masih beroperasi. Tidak hanya itu, kebun teh satu ini juga menjadi kebun teh pertama kali yang ada di Jawa Timur.

Pada saat itu bernaung di bawah NV Cultur Maathappy yang merupakan perusahaan Belanda. Jenis teh yang ditanam ketika itu adalah teh kina. Kemudian ketika beralih dengna kepemimpinan Jepang, tanaman teh ini bergantu menjadi tanaman pokok untuk misi swasembada pangan. Barulah kebun teh ini diambil alih PT Perkebunan Nusantara XII hingga saat ini.

Badan Usaha Milik Negara inilah yang bertanggung jawab dalam produksi dan juga pendistribusian teh. Jika melihat ketinggian juga kelembaban tanah, kebun ini akhirnya fokus pada teh dan kopi. Produksi teh yang dihasilkan dari kebun ini memiliki merek Teh Rolas. Yang selain dijadikan sebagai pabrik teh, juga difungsikan sebagai agro wisata.

Wisata Kebun Teh Wonosari ini menawarkan panorama khas pegunungan yang indah. Sepanjang mata memandang, Anda akan melihat hijaunya kebun teh. Dilengkapi dengan udara sejuk yang sangat menyegarkan pernafasan. Sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga untuk sekedar melepas penat dari padatnya aktivitas harian.

Kebun teh ini berada di Lereng Gunung Arjuna dengan ketinggian sekitar 1250 mdpl. Dengan luas sekitar 1144 hektar, kebun teh ini menjadi satu satunya yang difungsikan sebagai destinasi wisata. Dengan kondisi alamnya ini, tentu bukanlah ide yang buruk untuk menjadikan Kebun Teh di Wonosari ini sebagai salah satu destinasi wisata.

Daya Tarik yang Dimiliki Kebun Wonosari

Daya Tarik Kebun Wonosari
Image Credit: Google Maps (San Santy)

1. Menawarkan Pemandangan Indah

Daya tarik utama yang bisa Anda temukan ketika menginjakkan kaki di wisata ini adalah panorama yang ditawarkan. Suasananya yang asri akan langsung menyambut Anda. Banyak pepohonan yang memberikan kesan rindang dan udara yang begitu sejuk. Dan ketika kaki melangkah ke arah kebun tehnya, Anda akan melihat hamparan kebun yang luas.

Di antara Kebun Teh Wonosari ini akan ada teawalk yang bisa Anda jelajahi. Dari kejauhan Anda bisa menyaksikan megahnya Gunung Arjuna yang menaungi kebun ini. Sekilas hamparan kebun teh ini layaknya labirin hijau yang sangat apik. Belum lagi Anda juga bisa menikmati harumnya daun teh yang sangat cocok untuk refreshing lengkap dengan udara sejuknya.

2. Perpaduan Wisata Alam dan Edukasi

Mungkin sebagian orang akan mengira jika mengunjungi destinasi wisata satu ini akan sangat membosankan. Karena Anda hanya akan menikmati hamparan kebun teh luas saja. Padahal tidak, Anda tetap bisa melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan. Selain wisata alam, Kebun Teh satu ini sebenarnya menawarkan wisata edukasi yang juga menarik dilakukan.

Rasanya tidak lengkap jika Anda singgah di Kebun Teh Wonosari tetapi tidak melihat proses pembuatan teh. Nantinya Anda akan mengetahui proses mengolah daun teh sampai akhirnya menjadi teh yang siap diseduh. Akan ada pemandu yang menemani Anda sekaligus menjelaskan secara detail proses pengolahan teh tersebut.

Mulai bagaimana pucuk teh yang dikumpulkan melalui proses pengeringan terlebih dahulu. Tentunya semuanya sudah menggunakan mesin untuk proses pengolahannya. Selanjutnya teh akan digiling sampai akhirnya menjadi serbuk. Baru nantinya mengalami proses pengeringan, sortasi dan sampai siap untuk pengemasan teh.

3. Hadirkan Banyak Permainan

Dan menariknya Anda juga bisa menjajal banyak aktivitas seru dan menyenangkan. Pihak pengelola menawarkan banyak permainan yang bisa Anda coba. Seperti mencoba berkeliling dengan kereta kerinci ataupun ATV. Lahannya yang luas juga bisa menjadi sarana olahraga bagi para pengunjung. Yang jelas ada banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Kebun Teh Wonosari
Image Credit: Google Maps (Hendri Wahyudi)

Alamat Kebun Teh Wonosari berada di Desa Tirtomoyo, Kec. Singosari, Malang. Untuk menuju destinasi satu ini tidaklah sulit, karena kebun teh ini sangat mudah untuk dijangkau. Jika dari pusat kota Malang, Anda butuh menempuh jarak sekitar 30 km. Wisata Agro Wonosari juga memiliki rute yang sangat mudah.

Mengunjungi agrowisata ini, Anda bisa memanfaatkan kendaraan roda dua atau lebih. Perjalanan dimulai dengan menjalankan kendaraan menuju jalur utama Surabaya – Malang. Ketika perjalanan Anda tiba di Lawang, Anda bisa mengikuti jalur menuju lokasi kebun teh. Belokannya sebelum stasiun Lawang dan silahkan ambil belok kanan.

Namun jika Anda memulai perjalanan dari arah Malang, maka Anda harus berbelok kiri. Selanjutnya silahkan ikuti petunjuk menuju kebun teh. Perjalanan melewati perkampungan dan juga jalanan yang sudah beraspal. Medannya tidaklah sulit, namun banyak jalanan yang menanjak. Sehingga pastikan kendaraan dalam kondisi yang prima.

Sebenarnya selain memanfaatkan kendaraan pribadi, Anda juga bisa menjadikan kendaraan umum.pilihan Yakni dengan memilih angkutan yang memiliki kode SLKW yang memang khusus menuju Kebun Teh. Jika Anda rombongan, agar lebih hemat Anda bisa menyewa kendaraan dari terminal Lawang. Perjalanan ke kebun teh juga bisa memanfaatkan GPS di smartphone Anda.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga Tiket Kebun Teh Wonosari
Image Credit: Google Maps (Mas Veee)

Menikmati pesona yang dimiliki oleh Kebun Teh Wonosari di Malang ini tidaklah mahal. Pengunjung akan dikenakan tiket masuk sekitar Rp 15 ribu saat hari biasa. Namun ketika akhir pekan harga tiket akan naik menjadi Rp 20 ribu. Di waktu tertentu harga tiket juga bisa mencapai Rp 25 ribu masih belum termasuk dengan tarif parkir.

Tetapi pengunjung akan mendapatkan 1 gelas teh yang sudah termasuk dengan tiket masuk. Harga berlaku untuk anak yang umurnya 4 tahun ke atas dengan harga normal. Bagi Anda yang ingin mencoba wahananya, tentu saja perlu membayarkan biaya tambahan. Seperti kereta kelinci, pengunjung akan dikenakan biaya Rp 10 ribu.

Bagi Anda yang ingin tour pabrik lengkap dengan Guide dan untuk 1 sampai 2 orang, biayanya kisaran Rp 60 ribu. Tetapi jika lebih dari 3 orang akan dikenakan biaya Rp 50 ribu. Untuk masuk ke area kolam renang, tiketnya Rp 10 ribu sampai dengan Rp 12 ribu. Sepeda gunung, flying fox dan wisata kuda biayanya kisaran Rp 25 ribu.

Untuk yang ingin berkeliling kebun teh dengan lebih menantang, sewa ATV seharga Rp 50 ribu bisa jadi pilihan. Harga tiket masuk maupun tiket ke wahana bisa berubah sewaktu waktu. Sementara itu, kebun teh ini buka mulai pukul 06.00 sampai 17.00 WIB. Anda bisa berkunjung kapan saja dari hari Senin sampai Minggu.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Kebun Teh Wonosari

Kegiatan di Kebun Teh Wonosari
Image Credit: Google Maps (Bintang Aurel)

1. Tea Walk

Sembari menikmati keindahannya, pengunjung juga bisa berjalan di area tea walknya. Menelusuri kebun teh dengan berjalan kaki akan memberikan Anda pengalaman tersendiri. Tak perlu takut tersesat, Anda bisa meminta peta pada pihak pengelola. Berjalan di antara tumbuhan teh selain membuat sehat juga akan memberikan rasa sejuk.

2. Mencoba Wahana Permainan

Wahana yang disediakan di Agrowisata Wonosari ini terbilang beragam. Anda bisa menjelajah kebun teh dengan berkuda maupun dengan ATV. Kereta kelinci juga bukanlah ide yang buruk jika membawa anak anak. Wahana flying fox akan menjadi kegiatan yang menantang adrenalin Anda. anak anak bisa bebas bermain di playgroundnya.

3. Berburu Spot Instagramable

Selain keluarga, kawula muda juga kerap mengunjungi Kebun Teh Wonosari ini untuk berburu foto foto keren. Di beberapa sudut memang telah diberikan fasilitas untuk mengambil foto. Salah satunya adalah hadirnya jembatan kayu yang melintang di atas kebun teh. Spot foto ini selalu menjadi jujugan para wisatawan. Berfoto di antara tanaman teh juga kerap menjadi pilihan.

4. Berenang

Setelah berjalan jalan di area kebun teh, Anda juga bisa berenang di kolam renang yang ada di kawasan wisata ini. Kolam renangnya telah dilengkapi dengan permainan yang membuat berenang makin seru. Seperti hadirnya ember tumpah dan seluncuran. Kolam ini tersedia untuk anak anak juga dewasa serta ada juga kolam air hangat untuk bersantai.

Fasilitas yang Tersedia di Kebun Teh Wonosari

Fasilitas di Kebun Teh Wonosari
Image Credit: Google Maps (Iccank Azisl)

Destinasi wisata untuk keluarga ini sudah memiliki fasilitas yang memadai dan lengkap. Anda bisa menemukan area parkir yang begitu luas, bisa menampung semua kendaraan. Tersedia juga toilet yang ada di beberapa sudut dengan air yang jernih. Anda juga bisa menemukan mushola di beberapa tempat untuk beribadah.

Mengingat selain menjadi kawasan wisata, di area kebun teh Anda juga bisa menemukan perumahan dinas yang ditinggali oleh pegawai PT Perkebunan Nusantara. Jika Anda ingin menikmati sajian kulinernya, Anda bisa mencicipi aneka kuliner di kios kios yang ada maupun di restoran yang ada.

Ada banyak menu yang bisa Anda coba, mulai dari menu makanan ringan sampai yang membuat kenyang. Anda yang ingin berburu souvenir untuk keluarga di rumah, juga bisa mampir ke pusat oleh olehnya. Tidak hanya menjual teh, Anda juga bisa membeli makanan maupun kerajinan warga sekitar.

Di dalam area kebun teh, Anda juga bisa menemukan fasilitas penginapan yang memadai. Penting bagi Anda untuk menentukan jumlah orang yang akan menginap. Anda bisa menyewa bungalow atau villa untuk rombongan. Sementara jika hanya berdua atau sendiri, Anda bisa menyewa hotel. Hotel ataupun villanya bisa Anda dapatkan informasinya di pusat informasi yang ada.

Membayangkan bangun tidur di kebun teh yang indah, pasti akan sangat seru. Tak jarang destinasi wisata alam ini dijadikan tempat untuk gathering atau arisan keluarga. Pengunjung bisa memesan aula ataupun hall yang tersedia di kawasan kebun teh ini. Fasilitas yang dihadirkan di destinasi satu ini memang sudah sangat lengkap.

Kebun Teh Wonosari menawarkan banyak aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan bersama keluarga. Tidak hanya itu, pemandangan yang disuguhkan juga mampu menghilangkan penat. Jika ingin berlama lama, ada baiknya Anda datang sejak pagi. Dengan begitu Anda bisa mengeksplor banyak sudut sekaligus menikmati keindahannya lebih lama.