Keraton Yogyakarta merupakan istana kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang berlokasi di Kota Jogja. Bangunan bersejarah yang sarat nilai budaya dan gaya desain arsitektur yang kental nuansa Jawa.

Harga Tiket: Rp 8.000, Jam Operasional: Pukul 08.00-14.00, Alamat: Jl. Rotowijayan Blok No.1, Panembahan, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Saat berada di Jogja, kurang lengkap rasanya apabila Anda melewatkan kunjungan ke keraton Yogyakarta. Hal ini dikarenakan destinasi wisata sejarah ini dapat dikatakan menjadi ikon dari kota ini. Untuk itu, bagi Anda yang tertarik mengunjunginya, simak ulasannya berikut ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Keraton Yogyakarta

Daya Tarik Keraton Yogyakarta
Image Credit: Google Maps Irwan Sulistiyana

Keraton Yogyakarta adalah salah satu ikon dari tempat wisata bersejarah yang bisa Anda temui di kota Jogja. Istana kesultanan ini seberangnya masih berfungsi untuk tempat tinggal dari Sultan. Akan tetapi, sekarang kompleks keraton telah dibuka untuk umum. Sehingga pengunjung pun bisa menjelajah dan berjalan jalan di kawasan satu ini.

Saat berada di lokasi ini, Anda juga akan disuguhkan dengan museum yang menyimpan berbagai macam benda benda koleksi milik kesultanan. Berada disini, tentunya akan menambah pengetahuan Anda akan budaya dan juga nilai bersejarah dari keraton yang ada di jogja ini.

Jika Anda melihat sekilas, tentunya desain dan juga arsitektur dari Keraton Yogyakarta ini sangat kental akan nuansa Jawa. Bahkan Anda pun akan menemukan balairung dan juga paviliun serta lapangan yang luas saat sedang berjalan jalan di tempat satu ini. ketika Anda sedang berlibur ke Jogja pastikan untuk mampir mengunjungi destinasi wisata satu ini.

Keraton yang ada di Jogja ini didirikan oleh sultan Hamengku Buwono I di tahun 1755 setelah Perjanjian Giyanti. Bahkan lokasi dari keraton ini sendiri merupakan bekas dari pesanggrahan Garjitawati. Tentunya wisata satu ini wajib masuk ke tempat bersejarah yang harus Anda kunjungi selama berada di Jogja

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Keraton Yogyakarta

Alamat Keraton Yogyakarta
Image Credit: Google Maps Dwiana Cute

Lokasi dari Keraton Yogyakarta adalah di rotowijayan Blok Nomor , Panembahan, Keraton, Daerah Istimewa Yogyakarta. Apabila Anda ingin mengunjunginya, jalur atau rute yang perlu Anda tempuh sangatlah mudah. Hal ini dikarenakan wisata satu ini memiliki tempat yang sangat strategis karena berada di pusat kota.

Salah satu tempat wisata bersejarah di kota gudeg ini memiliki lokasi yang sangat mudah untuk dijangkau. Untuk letak geografisnya sendiri berada di selatan Jalan Malioboro. Sehingga ketika Anda telah bosan untuk mengitari Malioboro, mengunjungi wisata ini pun dapat menjadi destinasi yang tepat.

Anda pun nantinya akan tiba di tempat wisata yang sarat akan nilai dan sejarah satu ini dengan mudah. Saat Anda sedang berada di Malioboro, maka Anda pun bisa dengan mudah untuk berjalan kaki untuk bisa sampai ke lokasi satu ini. selain itu, ada banyak kendaraan tradisional yang bisa Anda tumpangi untuk bisa sampai kesini.

Sebut saja seperti Delman dan Becak yang bisa dengan mudah untuk Anda temukan di sekitar sini. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum saat mengunjungi keraton. Hal ini dikarenakan terdapat bis untuk mengelilingi kota Jogja bisa Anda temukan disini.

Untuk rute menuju ke lokasi wisata ini pun cukup mudah. Anda hanya perlu untuk melewati Malioboro, Titik Nol Kilometer yang ada di Jogja dan Taman Sari. Lebih mudahnya, Anda bisa melakukan perjalanan menuju ke Jalan Malioboro. Kemudian, lanjutkan perjalanan Anda ke Jalan Sosrokusuman.

Lalu Anda pun bisa meneruskan perjalanan menuju ke Jalan Jenderal Ahmad Yani atau menuju ke Jalan Margo Mulyo. Kemudian, Anda bisa menuju ke Jalan Pangarukan dan berbelok menuju ke alun alun Utara atau lor. Barulah Anda bisa sampai di kawasan Keraton Yogyakarta. Untuk jaraknya sendiri dari Malioboro tidak terlalu jauh yakni sekitar 1.5 kilometer saja.

Jam Operasional dan Harga Tiket Keraton Yogyakarta

Tiket Keraton Yogyakarta
Image Credit: Twitter Vivi Alviyah Nur B

Untuk jam buka dari keraton ini sendiri pada hari selasa hingga minggu yakni pada pukul 8 pagi hingga 2 siang. Sedangkan selama bulan puasa yakni hanya buka pada hari Jumat hingga minggu saja yakni pada pukul 11 siang hingga jam 5 sore. Sejak wisata satu ini dibuka untuk umum, banyak sekali wisatawan yang menyempatkan diri untuk datang kesini,

Bahkan tak hanya wisatawan lokal saja, melainkan banyak wisatawan dari luar negeri juga datang untuk melihat dan berjalan jalan di bangunan bersejarah ini. Untuk harga tiket masuk dari wisata satu ini pun terbilang sangat terjangkau dan ramah di kantong. Sehingga Anda pun tidak perlu untuk mengeluarkan kocek yang besar ketika berwisata ke tempat satu ini.

Hal ini dikarenakan Anda hanya perlu mengeluarkan uang tunai senilai 8 ribu rupiah saja untuk wisatawan lokal. Sedangkan untuk tiket pameran Temporer Boja Krama yang berlangsung hingga 27 Juni 2021 ini, Anda akan dikenakan biaya tambahan yakni sekitar 20 ribu rupiah saja. termasuk sangat terjangkau bukan?

Aktivitas yang Menarik Lakukan di Keraton Yogyakarta

Aktivitas Keraton Yogyakarta
Image Credit: Google Maps Hadmadi Agung Suryono

1. Menonton Pagelaran

Pada saat saat tertentu, di daerah keraton ini sering kali digelar pertunjukan budaya dan acara rakyat dari kerajaan yang melibatkan masyarakat sekitar. Umumnya acara tersebut akan berlangsung di Kompleks Alun Alun Utara. Kompleks satu ini pun pada hari hari biasa juga sering digunakan oleh warga sekitar untuk bermain bola.

2. Berjalan-Jalan

Kegiatan lain yang bisa Anda lakukan ketika berada disini adalah berjalan jalan dan menjelajah setiap sudut kawasan dari keraton. Hal ini dikarenakan banyak sekali spot menarik yang bisa Anda kunjungi saat berada disini. Bahkan Anda pun bisa menyewa pemandu untuk menjelaskan tentang budaya dan sejarah dari Keraton Yogyakarta.

3. Berfoto

Bagi Anda yang memiliki hobi fotografi, kawasan keraton ini adalah salah satu spot foto yang menarik. Dengan bangunan dan arsitekturnya yang masih sangat kental akan nuansa Jawa memberikan panorama tersendiri yang menarik wisatawan. Bahkan Anda pun bisa berfoto dengan latar belakang gerbang keraton saat berada disini.

Aktivitas Lain Keraton Yogyakarta
Image Credit: Google Maps Eko Suprianto

4. Beribadah di Masjid Gedhe Kauman

Bagi Anda yang merupakan penganut Islam, Anda juga sebaiknya mengunjungi kawasan Masjid Gedhe Kauman yang masih menjadi satu wilayah dengan Keraton Yogyakarta ini. hal tersebut dikarenakan Masjid yang berada di kompleks keraton ini berada tepat di sebelah barat alun alun utara.

Bangunan dari masjid ini memiliki bentuk yang menyerupai tajug persegi. Kompleks ini pun juga dikenal dengan Masjid Gedhe Kauman yang identik dengan dinding tinggi yang mengelilinginya. Oleh karena itu, jika Anda berkesempatan mengunjungi istana kesultanan ini, ada baiknya Anda juga singgah di masjid satu ini.

5. Menikmati Kuliner Angkringan di Alun-Alun Kidul

Salah satu spot favorit dari wisatawan adalah alun alun kidul. Hal ini dikarenakan ketika malam hari tiba, wilayah ini akan sangat ramai dipadati oleh masyarakat. Disini Anda akan disuguhkan dengan berbagai macam lauk di angkringan. Tentunya wisata kuliner malam akan menjadi salah satu kegiatan yang wajib Anda lakukan di sekitar keraton.

6. Melihat Berbagai Kegiatan Menarik yang Diselenggarakan

Ketika Anda menghabiskan waktu di Keraton Yogyakarta, Anda tak hanya akan berkeliling atau menyusuri bangunan yang ada di istana saja. melainkan pengunjung atau wisatawan juga bisa menyaksikan beberapa pertunjukan yang diselenggarakan di dalam istana ini. ada beberapa pertunjukan rutin yang bisa Anda saksikan ketika berada disini.

Adapun jadwalnya adalah pertunjukan gamelan yang bisa Anda saksikan pada hari senin dan selasa di waktu pukul 10 pagi hingga 12 siang. Selanjutnya, bagi Anda yang menyukai pertunjukkan wayang kulit, maka Anda pun bisa datang dan berjalan jalan di keraton pada hari Sabtu.

Hal ini dikarenakan pertunjukan tersebut bisa Anda saksikan mulai pukul 9 pagi hingga 1 siang. Selanjutnya ada pula pertunjukan tarian. Pertunjukan satu ini bisa Anda saksikan di hari Minggu dan juga Kamis pada pukul 9 pagi hingga 12 siang. Tentunya pertunjukkan tersebut akan dapat menjadi hiburan tersendiri bagi pengunjung.

Kemudian, bagi Anda yang menyukai pertunjukan Wayang Golek, Anda bisa datang pada hari Rabu. Pertunjukan satu ini akan digelar mulai pukul 9 pagi hingga 12 siang. Sedangkan bagi Anda yang ingin menyaksikan pertunjukan puisi, ada baiknya Anda datang di hari Jumat. Sebab, pertunjukan tersebut akan berlangsung mulai pukul 10 pagi hingga 11.30 siang.

Berbagai acara yang diselenggarakan oleh keraton ini bisa disaksikan oleh siapa saja. baik oleh wisatawan ataupun masyarakat umum. Bahkan beberapa dari pertunjukan tersebut memang dapat disaksikan tanpa dipungut biaya. Hal ini ditujukan untuk menghibur wisatawan yang datang dan menunjukkan kesenian dari daerah Jogja ke masyarakat luas.

Fasilitas yang Tersedia di Keraton Yogyakarta

Fasilitas Keraton Yogyakarta
Image Credit: Google Maps Ridho Dwi Mardiyanto

Saat berada di lokasi satu ini terdapat beberapa fasilitas umum yang bisa Anda nikmati sebagai wisatawan yang sedang berkunjung ke tempat satu ini. pertama, Anda bisa memarkir kendaraan Anda di area parkir yang cukup luas. Selain itu, apabila Anda lapar maka beberapa tempat makan dan restoran juga banyak tersedia di daerah sekitar keraton.

Untuk harganya sendiri tidak perlu diragukan lagi. Hal ini dikarenakan Anda akan merogoh kocek yang tidak terlalu banyak untuk menikmati kuliner khas Jogja di daerah sekitar keraton ini. selanjutnya juga terdapat toko oleh oleh hingga penginapan yang bisa Anda temui di sekitar sini. Tak lupa, Anda juga bisa menemukan tempat untuk beribada ketika berwisata ke lokasi satu ini.

Keraton Yogyakarta sendiri memiliki lokasi parkir yang terbilang sangat luas. Bahkan Anda bisa memarkir kendaraan di beberapa titik yang ada di sekitar keraton. Beberapa diantaranya adalah seperti Bangsal Pagelaran yang memiliki lokasi yaitu di barat Keraton. Selanjutnya, Anda juga bisa memarkir kendaraan di Alun alun Lor.

Bahkan lahan parkir yang ada di keraton ini pun saking luasnya bisa digunakan untuk memarkir kendaraan mulai dari sepeda motor, mobil hingga bus. Selain itu, pada area keraton, Anda juga akan menemukan Masjid Gedhe Kauman. Tempat ibadah yang terletak di alun alun Lor ini tentunya dapat Anda jadikan sebagai tempat untuk beribadah.

Untuk itu, bagi Anda yang masih bingung menghabiskan waktu di Jogja, mengunjungi keraton dapat menjadi salah satu alternatif liburan. Hal ini dikarenakan ketika Anda berada disini, Anda tak hanya sekedar berjalan jalan saja. melainkan Anda juga bisa mengenal sejarah dan budaya sekaligus dari Keraton Yogyakarta. Anda pun wajib memasukkannya ke bucket list daftar liburan Anda ketika berada di Jogja.