Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Jl. Rajagaluh Keramat Blok Lojiawi, Ujungberung, Kec. Sindangwangi, Kab. Majalengka, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Majalengka adalah salah satu wilayah yang berada di Provinsi Jawa Barat. Secara geografis, kabupaten ini terletak di bagian Timur Jawa Barat dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Indramayu di Utara, Kabupaten Cirebon dan Kuningan di Timur, Kabupaten Ciamis dan Tasikmalaya di Selatan, dan Kabupaten Sumedang di bagian Barat. Daerah ini memiliki dua karakteristik wilayah yang berbeda, yakni dataran tinggi dan dataran rendah.

Majalengka memiliki banyak obyek wisata yang sayang untuk anda lewatkan. Beragamnya obyek wisata membuat anda tidak akan kehabisan tempat untuk berlibur dan bersantai bersama keluarga, teman, atau pasangan. Salah satu obyek wisata yang terkenal dari Majalengka adalah Kolam Renang Tirta Indah. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai tempat wisata air yang elok dan indah ini, silakan simak uraian di bawah berikut.

Daya Tarik Kolam Renang Tirta Indah

Daya Tarik Kolam Renang Tirta Indah
Image Credit: Google Maps Iyad Abdurrokhman

Pemandian yang menarik ini terletak di daerah pegunungan yang masih terjaga keasriannya. Letak ini membuat suasana area kolam renang ini menjadi sejuk dan nyaman. Desiran angin dan kicauan burung yang ada di sekitar tempat ini tentu dapat membantu anda untuk menenangkan diri dari hiruk-pikuk kota dan rutinitas Anda sehari-hari.

Kolam Renang Tirta Indah memiliki area yang luasnya mencapai 1,5 hektar, bahkan digadang-gadang akan diperluas kembali menjadi 3 hektar. Luasnya area tersebut bukan tanpa alasan, sebab tempat wisata air yang paling indah ini mendorong terbangunnya berbagai jenis kolam untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan pengunjung.

Obyek liburan ini juga memiliki banyak wahana yang sangat menarik untuk dicoba, baik itu wahana kolam seperti seluncuran dan ember tumpah, outbound, dan wahana air seperti mendayung perahu. Hal ini membuat Anda akan memiliki banyak variasi hiburan saat berkunjung ke tempat ini.

Jika anda tertarik dengan kuliner khas Majalengka atau pun hidangan dari daerah lainnya, maka anda dapat merasakannya di tempat wisata air yang indah ini. Tempat ini menyediakan berbagai macam makanan dan minuman yang sedap untuk disantap. Anda juga akan disuguhi pemandangan pegunungan yang indah yang dapat membangkitkan selera makan anda.

Apabila anda ingin mencari spot foto untuk mengisi halaman media sosial, disini terdapat tempat 3D yang unik untuk dijadikan latar belakang untuk memotret. Di sini juga terdapat kebun binatang mini yang bisa dijadikan sarana edukasi bagi anak-anak untuk mengenal hewan secara langsung.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Kolam Renang Tirta Indah
Image Credit: Google Maps Beno Broto

Tempat wisata yang asri ini terletak di perbatasan antara Majalengka dan Kuningan, Indramayu, juga Cirebon, tepatnya di Jalan Rajagaluh Keramat RT 19 RW 08, Blok Lojiawi, Ujungberung, Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat, Indonesia, 45474.

Untuk mengunjungi tempat wisata yang asri ini, anda harus menempuh jarak sekitar 14 kilometer dari arah Pusat Kota Majalengka dalam waktu kurang lebih 40 menit. Jika anda datang dari arah Pintu Tol Sumberjaya, anda dapat mengarahkan kendaraan anda menuju Jalan Cileunyi-Palimanan dan belok kanan menuju Jalan Pancuran Desa Garawangi. Setelah itu, anda dapat melewati Jalan Desa Garawangi – Jalan Wangsa – Jalan Leuwimunding – Jalan Desa Rajawangi. Sehabis menempuh rute tersebut, anda akan mengarah ke Jalan Ciburuy dan kemudian berbelok ke arah Jalan Rajagaluh.

Untuk memudahkan anda dalam mengunjungi lokasi wisata air populer ini, anda dapat menggunakan fitur peta daring seperti Google Maps yang ada di dalam gadget anda. Selain itu, anda juga dapat bertanya kepada penduduk sekitar yang tentunya sudah lebih paham mengenai rute mana saja yang harus diambil. Akses jalan menuju Kolam Renang Tirta Indah sudah cukup baik sehingga anda tidak perlu khawatir akan kesehatan kendaraan anda. Lokasi tempat wisata yang indah ini pun berada di pinggir jalan utama sehingga tidak sulit untuk ditemukan dan tentu memudahkan anda yang mengunjungi tempat ini dengan menggunakan kendaraan umum.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk Kolam Renang Tirta Indah
Image Credit: Google Maps Heri Hernawan

Untuk memasuki kawasan kolam renang ini, anda tentu harus membayar tiket masuk yang didasarkan umur dan jadwal berkunjung. Pengunjung yang datang di hari biasa (Senin-Jumat) dikenakan tiket sebesar Rp 15.000, sementara akhir pekan Sabtu dan Minggu Rp 20.000. Harag tiket juga mungkin berubah jika hari raya dan libur nasional. Untuk anak-anak dikenakan tarif Rp 10.000 di hari Senin-Jumat, dan akhir pekan Rp 15.000.

Selain itu, anda juga akan diminta untuk membayar biaya retribusi parkir sebesar Rp2.000 jika anda berkunjung menggunakan kendaraan roda dua dan Rp5.000 jika anda menggunakan kendaraan roda empat. Kolam Renang Tirta Indah dibuka dari pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Namun perlu anda ketahui bahwa biaya masuk, retribusi parkir, dan waktu operasional dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk itu, anda dapat menghubungi pihak pengelola tempat rekreasi melalui nomor 0813-2411-7200 untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai tempat wisata air yang asri ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Kolam Renang

Kegiatan Menarik Kolam Renang Tirta Indah
Image Credit: Google Maps ang doyok

Ada beragam aktivitas seru yang dapat anda lakukan saat berkunjung ke kolam renang ini, diantaranya sebagai berikut:

1. Berenang dan Mencoba Wahana

Kolam Renang Tirta Indah memiliki lima kolam yang terdiri atas dua kolam anak, dua kolam dewasa, dan satu kolam yang dipenuhi berbagai wahana atau yang biasa disebut sebagai Waterboom. Terdapat beberapa jenis wahana seperti seluncuran, tumpahan ember besar, dan air mancur yang menarik untuk dicoba

2. Mengoleksi Jepretan Foto yang Unik

Tempat wisata air ini memiliki beragam spot yang unik untuk dijadikan latar belakang foto, salah satu primadonanya adalah spot foto 3D. Selain itu, anda dapat mengambil foto dengan latar belakang pegunungan yang indah dan menarik.

3. Bermain di Arena Outbound

Jika bosan dengan permainan air, tempat wisata yang unik ini memiliki arena outbound yang mempunyai berbagai macam permainan seperti flying fox dan ATV yang tentunya menyenangkan untuk dicoba.

4. Mengunjungi Kebun Binatang Mini

Apabila anda berkunjung bersama anak-anak, tempat ini dapat masuk ke dalam daftar tempat yang harus anda kunjungi di Kolam Renang Tirta Indah. Kebun binatang ini tentu dapat menambah wawasan pengunjung tentang fauna yang ada di dalamnya.

5. Mencoba Permainan Dayung

Jika anda ingin bermain sekaligus berolahraga di area air, anda dapat mencoba permainan dayung yang ditawarkan di tempat ini. Anda akan mendayung di sekitar perairan yang ada tempat wisata yang menarik ini.

Kegiatan Menarik di Kolam Renang Tirta Indah
Image Credit: Google Maps S. Ferdiansyah Syaiful Hijrah

6. Mencoba Berbagai Kuliner

Kolam Renang Tirta Indah memiliki beragam sajian kuliner yang sedap untuk dicoba. Tidak hanya sajian kuliner tradisional, tetapi masih terdapat berbagai macam kuliner modern yang wajib anda coba

7. Bersantai dengan Suasana Pegunungan

Di tempat ini, terdapat banyak gazebo yang dapat anda gunakan bersama keluarga atau teman. Disini anda dapat merasakan semilir angin yang sejuk sembari menikmati pemandangan pegunungan yang indah.

8. Terapi Ikan

Kolam Renang Tirta Indah memiliki kolam yang dipenuhi ikan-ikan kecil. Di sini anda dapat melakukan terapi ikan yang dipercaya dapat meredakan stres dan mengurangi risiko beberapa penyakit

9. Mencoba Bianglala

Apabila anda tertarik untuk melihat kawasan kolam renang dan sekitarnya dari ketinggian, anda dapat menggunakan wahana ini. Selain itu, terdapat kereta mini yang dapat dicoba oleh pengunjung anak-anak.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Kolam Renang Tirta Indah
Image Credit: Google Maps Saeful Suhud

Dalam bertandang ke lokasi wisata air yang asri ini, anda akan menemukan berbagai fasilitas yang berkualitas baik. Luasnya area parkir, banyaknya kamar bilas dan ganti, adanya tempat untuk beribadah yakni Mushala, tentu dapat menambah nilai plus dari Kolam Renang Tirta Indah. Selain itu, anda akan menemukan fasilitas lain seperti dan panggung hiburan yang terkadang diisi oleh para pemusik.

Apabila anda ingin melakukan aktivitas bermain air tetapi lupa membawa peralatan, anda dapat membelinya di kios-kios yang tersedia. Jika anda ingin melakukan agenda kantor seperti rapat dengan suasana yang berbeda, tempat wisata yang asri ini memiliki gedung pertemuan yang dapat disewa. Tempat ini pun memiliki banyak petugas yang akan menjaga keamanan pengunjung dan siap membantu apabila anda membutuhkan bantuan.

Tips Saat Berkunjung ke Pemandian Tirta Indah

Tips Saat Berkunjung ke Pemandian Tirta Indah
Image Credit: Google Maps Kang Sani

Saat berkunjung ke pemandian Tirta Indah ini, pastikan anda dalam kondisi yang sedang fit supaya anda dapat menikmati beragam aktivitas yang ditawarkan dengan menyenangkan. Jangan lupa untuk mengecek prakiraan cuaca jika anda berencana untuk mengunjungi tempat ini karena kolam renang ini lebih cocok untuk dikunjungi dalam kondisi cuaca cerah.

Selain itu, jangan lupa untuk membawa beragam perlengkapan yang dibutuhkan seperti peralatan renang, topi, tabir surya, dan yang lainnya supaya kegiatan wisata anda dapat berjalan dengan baik. Jika anda berkunjung menggunakan kendaraan pribadi, perhatikan juga kesiapan kendaraan anda.

Demikian sekilas uraian mengenai Kolam Renang Tirta Indah, Majalengka. Pastikan untuk tetap menjaga kebersihan dan ketertiban saat berkunjung ke tempat wisata yang asri dan menarik ini supaya kenyamanan pengunjung pun tetap terealisasikan.