Harga Tiket: Rp 25.000, Jam Operasional: 09.00-18.00 WIB, Alamat: Jl. Grand Hotel No.33E, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Hal apa yang terlintas pada benak Anda saat mendengar wisata Kota Mini Lembang? Untuk masyarakat lokal, besar kemungkinan tak asing mendengar wisata itu sebab sekarang ini makin hits dan banyak pengunjung yang datang. Tempat wisata tersebut bisa dijadikan alternatif rekreasi ke luar negeri karena konsep bangunannya yang dapat dikatakan mirip.

Diresmikan bulan Juni 2017 lalu, tempat wisata yang ada di bandung ini mempunyai bangunan yang unik karena memilih konsep Eropa. Misalnya saja pada gedung, kolam, dan café yang didesain menggunakan arsitektur vintage yang khas Eropa. Terdapat pula telepon umum warna merah yang sangat bagus.

Pengunjung di sana rata-rata menjadikan berbagai spot tersebut sebagai latar belakang foto dan nantinya layak diposting pada sosial media. Sekilas, terlihat bahwa Anda sedang rekreasi ke luar negeri, terlebih bila bisa memotret dari sudut pandang yang pas. Selain mengusung konsep hiburan, Kota Mini Lembang juga mengusung konsep edukasi.

Daya Tarik yang Dimiliki Kota Mini Lembang

Daya Tarik Kota Mini Lembang
Image Credit: Google Maps Yohan Pratama

1. Rumah Beruang

Jika gemar dengan beruang yang imut, maka Kota Mini Lembang mempunyai wahana yang bernama Bear House atau Rumah Beruang. Di area tersebut, pengunjung bisa masuk serta bercengkerama bersama beruang yang terdapat di sana. Tentu yang dimaksud bukanlah beruang asli, tetapi bonek beruang beragam ukuran yang jumlahnya banyak.

2. Wahana Barbie Playhouswe

Bukanlah rahasia umum lagi bahwa anak-anak gemar main boneka Barbie, khususnya anak perempuan. Tentu wahana tersebut cocok untuk mereka yang mempunyai khayalan atau imajinasi tentang gaya hidup. Apalagi, Barbie Playhouse yang tersedia di tempat wisata ini dilengkapi beragam baju menarik seperti baju santai, baju tidur, dan baju pesta.

3. Rumah Kucing

Kota Mini Lembang memiliki daya tarik selanjutnya berupa Rumah Kucing. Di situ ada banyak kucing lucu nan menggemaskan. Orang tua dan anak-anak tak hanya melihat tingkah gemas kucing, tetapi juga menggendong dan bermain bersama. Tak usah khawatir dengan alergi, sebab kucing yang terdapat di tempat tersebut semuanya dirawat dan bersih, jadi aman.

Daya Tarik Dimiliki Kota Mini Lembang
Image Credit: Google Maps Yohan Pratama

4. Wahana Profesi Anak

Masing-masing anak mempunyai cita-cita untuk nantinya ingin menjadi apa. Tempat wisata tersebut mengenalkan sekilas kepada anak tentang apa yang dicita-citakan oleh mereka. Wahana profesi memberi sangat banyak hal yang berkaitan dengan profesi, seperti dokter, pemadam kebakaran, atau bahkan polisi.

Menariknya, tiap wahana akan dilengkapi oleh seragam sesuai dengan profesi yang diinginkan. Misalnya saja anak Anda memilih profesi polisi, maka sudah disediakan seragam polisi yang lengkap dengan sepatu dan topinya.

Keunikan yang lainnya terletak bila Anda hendak menjadi profesi pemadam kebakaran, maka bukan hanya seragam saja yang akan didapatkan. Namun, anak akan diajak untuk praktik secara langsung dalam memadamkan api menggunakan alat pemadam kebakaran.

5. Rumah Hobbit

Hobbit merupakan mahluk mitologi yang hampir mirip kurcaci apabila diperhatikan dari segi ukuran. Hanya saja hobbit sedikit lebih besar serta tingginya masih dibawah rata-rata manusia. Untuk perbedaan lain dari hobbit dan kurcaci adalah dari segi kebersihannya, dimana hobbit senantiasa menjaga kebersihan dirinya serta lingkungan sekitar.

Menariknya, destinasi wisata Kota Mini Lembang menyediakan wahana unik berupa Rumah Hobbit. Bentuk rumahnya bulat dan seluruh bangunan menggunakan bahan kayu. Pintu juga bulat dan pada atapnya ada lapisan yang berasal dari tumpukan rumput. Sayangnya, pengunjung tak dapat masuk rumah itu, hanya dapat dipakai sebagai spot foto yang unik dan cantik.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Kota Mini Lembang
Image Credit: Google Maps Edi Feriyanto

Jika tertarik mengajak anak-anak untuk rekreasi santai ke Kota Mini Lembang, silahkan saja datang ke Jalan Grand Hotel, Kecamatan Lembang yang ada di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Tempatnya masih ada dalam satu wilayah dengan Rainbow Garden, Grand Hotel Lembang, dan Floating Market.

Jadi, jangan kaget bila banyak pengunjung yang datangnya bersamaan. Jaraknya dari Alun-Alun Kota Bandung kisaran 19 km dan memakan waktu kisaran 1 jam di perjalanan menaiki kendaraan bermotor.

Jika Anda dari arah Trans Studio Bandung, hanya akan memerlukan waktu kisaran 45 menit yang jaraknya kurang lebih 15 km. Tentunya tak susah menemukan tempat wisata ini sebab sangat strategis. Apalagi, terdapat aplikasi Google Maps di ponsel yang bisa Anda gunakan sebagai petunjuk arah.

Harga Tiket Masuk Kota Mini Lembang

Harga Tiket Masuk Kota Mini Lembang
Image Credit: Google Maps Yohan Pratama

Dengan ketersediaan wahana yang banyak, wajar saja bila Kota Mini Lembang memberlakukan harga tiket masuk per orang sebesar 25 ribu rupiah. Harga tersebut hanyalah sebagai masuk ke lokasinya saja, artinya terdapat biaya lainnya yang perlu dikeluarkan. Misalnya saja saat Anda hendak masuk ke tiap wahana, maka masing-masing mematok harga 25 ribu rupiah.

Jika Anda ingin yang lebih hemat, maka pilih saja paket Program 5 Wahana yang mematok tiket masuk sebesar 80 ribu rupiah. Sementara, Program 10 Wahana akan lebih murah lagi yakni 150 ribu rupiah. Harus diketahui bahwa harga tiket masuk yang utama di atas bisa ditukarkan dengan kopi, minuman, atau makanan ringan.

Selain itu, terdapat pula biaya untuk sewa baju gaya Eropa atau baju Korea bila Anda ingin memperoleh hasil foto yang lebih unik. Dengan biaya sewa masing-masing 75 ribu rupiah saja, hasil foto akan lebih meyakinkan bila Anda sedang rekreasi ke luar negeri. Walau secara keseluruhan terbilang mahal, tetapi rekreasi Anda dijamin lebih berkesan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Kota Mini Lembang

Kegiatan Menarik Kota Mini Lembang
Image Credit: Google Maps Novick D.P.

1. Berburu Kuliner Sedap

Objek wisata unik ini menawarkan beragam kuliner yang sedap di resto dan warung. Makanan yang tersedia cukuplah bervariasi, mayoritas dari makanan modern dan makanan tradisional. Namun, terdapat sejumlah makanan khas luar negeri yang tentu melengkapi suasana rekreasi layaknya ke Eropa.

2. Hunting Foto

Tiap spot foto yang tersedia di Kota Mini Lembang akan disesuaikan oleh gaya masing-masing. Terdapat gaya Eropa dengan bangunan vintage dan café-nya, ada juga telepon umum yang unik dan tampak masih tradisional. Untuk Anda yang menyukai hal-hal berbau Korea, maka silahkan datang ke bangunan khusus dengan dominasi warna merah yang tersedia di sana.

Tak hanya itu saja, pengunjung diperbolehkan mengambil foto di taman bunga indah yang tersebar pada sejumlah area. Ada sedikit pohon yang dijadikan hiasan tambahan, sehingga hasil foto pun lebih bagus layaknya berkunjung ke objek wisata alam. Beberapa miniature bangunan di sana dibatasi oleh pagar, sehingga Anda sebaiknya tak masuk ke pagar itu.

3. Belanja Sayur & Buah

Tempat ini dikatakan lengkap untuk hal berkegiatan seru yang dapat dilakukan. Anda dapat belanja sayur-sayuran hijau dan buah-buahan segar dengan harga yang terbilang murah. Apalagi, anak-anak juga bisa main di dalamnya serta berikan edukasi tentang memilih sayur dan buah yang baik.

Selain itu, anak pun bisa diajarkan tentang bagaimana cara benar dalam mencuci buah-buahan dan cara untuk memotong buah, Terlebih, mereka pun diajarkan tentang cara buat jus dan takaran gula yang tepat, sehingga tak hanya membuat minuman yang segar dan enak, tetapi juga menyehatkan.

Kegiatan Menarik di Kota Mini Lembang
Image Credit: Google Maps Ardhini EyetoEye

4. Belajar Kelas Memasak

Belajar Kelas Memasak menjadi kegiatan yang cocok sekali bagi anak-anak. Di Kota Mini Lembang, anak-anak dapat belajar kelas memasak yang asyik dan tentunya menjadikan mereka semakin ceria. Untuk peralatan memasak juga lengkap serta disesuaikan jenis masakan yang nantinya dibuat.

5. Mengelilingi Area Wisata

Kegiatan lainnya yang tepat sekali dilakukan ketika berkunjung ke sana adalah mengelilingi area wisata. Dibangun diatas kawasan yang luas dan bangunan yang lengkap, pastinya kegiatan tersebut tak akan terasa membosankan. Walau sedikit capek, tetapi tetap asyik dilakukan sebab dapat dibilang bahwa ini merupakan kegiatan inti saat berkunjung.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Kota Mini
Image Credit: Google Maps Linah Maryanah

Pengelolaan yang baik tentunya mempunyai beragam fasilitas memadai. Kota Mini Lembang mempunyai kawasan parkir luas, mushola untuk ibadah, dan toilet yang nyaman. Seluruh fasilitas tersebut bisa dipakai oleh pengunjung yang ada di sana, tetap beberapa perlu mengeluarkan biaya tambahan, seperti kawasan parkir dan toilet.

Bagi pengunjung yang lapar namun tak membawa bekal dari rumah, maka pergi saja ke warung makan yang telah tersedia. Untuk harga pun beragam, tergantung dengan jenis menu yang Anda pilih. Bila tak yakin mengenai harganya, maka jangan ragu untuk terlebih dahulu bertanya.

Fasilitas lainnya yang tentu tak kalah penting adalah toko oleh-oleh dan penjual souvenir khas Kota Bandung. Anda bisa mengunjungi toko atau penjual tersebut apabila ingin membawakan buah tangan untuk keluarga maupun teman-teman.

Pembahasan mengenai Kota Mini Lembang di atas tentu cukup menarik. Tempat wisata tersebut cocok bila Anda datangi bersama keluarga, khususnya anak. Selain mengasyikkan, anak-anak memperoleh banyak wawasan dari kegiatan yang dilakukan. Bagi mereka yang berpasangan, maka dapat memanfaatkan beragam spot foto di lokasi tersebut.