Lawang Sewu menjadi ikon wisata yang menarik di Semarang dengan keunikan sekaligus cerita mistis yang tersemat dibalik kemegahan bangunannya. Tertarik mengunjungi museum ini?

Lokasi: Jl. Pemuda, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.
Map: Cek Lokasi

Saat mengunjungi kota Semarang, tak lengkap rasanya jika Anda tak menginjakkan kaki di bangunan bersejarah, Lawang Sewu. Bangunan satu ini terbilang cukup megah dan berada di pusat kota Semarang. Untuk itu, bagi Anda yang sedang berkunjung ke ibukota Jawa Tengah sebaiknya meluangkan waktu dan mampir sejenak untuk melihat keindahan dan kemegahan objek wisata ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Lawang Sewu

Daya Tarik Lawang Sewu
Image Credit: Twitter.com @lawangsewusmg

Lawang Sewu merupakan salah satu bangunan yang telah berdiri sejak lama di Semarang. Untuk artinya sendiri, wisata satu ini diambil berdasarkan Bahasa Jawa yakni Lawang yang berarti pintu dan juga Sewu yang memiliki arti yaitu seribu. Untuk itu, apabila digabungkan maka nama satu ini memiliki arti bangunan yang memiliki seribu pintu.

Apakah benar seribu pintu? Untuk Anda yang penasaran maka Anda bisa mencoba untuk menghitungnya sendiri saat berwisata ke tempat satu ini. Hal tersebut tentunya tak cukup mengherankan karena saat berada di sini, Anda akan menemukan banyak sekali pintu. Bahkan dalam satu ruangan sekalipun.

Dikatakan bahwa terdapat lebih dari 400 pintu yang ada di wisata satu ini. Oleh karena hal tersebut, orang orang di Jawa juga menyebutnya sebagai wisata Gedung Lawang Sewu. Tak hanya pintu saja, sepanjang gedung Anda juga akan menemukan banyak sekali jendela dengan ukuran yang sangat besar.

Sehingga tidak salah apabila dinamakan dengan Lawang Sewu. Apabila Anda berkunjung ke tempat satu ini, maka Anda bisa langsung melihat di dalam satu ruangan yang terdiri dari tiga pintu atau bahkan lebih. Menakjubkan bukan? Sebab, untuk ruangan satu ini saling tembus antara satu dengan yang lainnya.

Daya Tarik dari Lawang Sewu
Image Credit: Instagram.com @gallerylazuardhy

Apabila Anda masih bingung, untuk lebih mudahnya Anda bisa membayangkan bahwa di dalam gedung ini akan terdapat ruangan yang tersekat sekat oleh tembok. Nah, untuk bisa sampai ke ruangan lain Anda tak perlu untuk keluar dari pintu. Sebab, Anda bisa langsung menembus ruangan selanjutnya dengan menggunakan pintu yang ada di dalam ruangan. Menarik bukan?

Hal tersebut dikarenakan terdapat pintu utama yang memiliki bentuk sejajar. Di dalam setiap ruangan tersebut nantinya akan bisa tembus dari ruang satu ke ruang lainnya. Untuk itu, pintu yang ada di dalam ruangan tersebut akan memiliki posisi yang sejajar. Pandangan pun tidak akan terhalang karena memiliki posisi yang sama.

Gedung satu ini umumnya akan lebih menunjukkan keindahan dan daya tarik yang dapat memikat wisatawan. Selain itu, meskipun gedung ini dulunya kantor namun bangunan kuno ini memiliki bentuk yang berbeda daripada kantor pada umumnya. Untuk itu, keunikan yang Anda temukan disini menjadikan wisata satu ini wajib untuk dikunjungi.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Lawang Sewu

Alamat Lawang Sewu
Image Credit: Google Maps (Ulil Albab)

Untuk Anda yang ingin mengunjungi wisata satu ini, maka Anda bisa menemukannya di daerah Komplek Tugu Muda. Lebih lengkapnya yakni berada di Jalan Pemuda, Sekayu, Kota Semarang, Jawa Tengah. Ada banyak cara yang bisa Anda tempuh untuk bisa sampai ke destinasi wisata satu ini.

Hal ini dikarenakan letaknya di kota Semarang yang notabene merupakan ibukota dari provinsi Jawa Tengah menjadikannya sebagai kota yang mudah untuk dijangkau. Transportasi umum pun tersedia dengan lengkap ketika Anda berada disini. Untuk mencapai kota Semarang, Anda bisa menempuh jalur darat yang dengan mobil, kereta api maupun bis.

Sedangkan bagi Anda yang ingin menempuh jalur udara, maka pesawat bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda gunakan. Pasalnya, di kota ini juga memiliki bandara yang bisa untuk Anda gunakan ketika mengunjungi tempat satu ini. Untuk Anda yang memutuskan menggunakan jalur kereta api, maka Anda bisa untuk turun di stasiun Semarang Tawang.

Hal ini dikarenakan jarak dari stasiun Tawang menuju ke Lawang Sewu sangatlah dekat yakni hanya 3,4 kilometer saja. Sehingga, Anda nantinya hanya akan memakan waktu kurang lebih 13 menit. Selanjutnya, Anda hanya tinggal melanjutkan perjalanan yakni menuju ke Jalan Pemuda tempat dimana wisata satu ini berada.

Namun, apabila Anda memutuskan untuk menggunakan bis ketika ingin kesini maka sebaiknya Anda turun di Terminal Terboyo. Sebab, jarak dari terminal tersebut menuju ke Lawang Sewu yakni sekitar 8 kilometer saja. Atau dengan membutuhkan estimasi waktu yakni sekitar 20 menitan saja.

Anda bisa melalui jalan Kaligawe atau pun jalan Pemuda ketika ingin berkunjung ke lokasi satu ini. Sedangkan bagi Anda yang ingin mengunjungi kota Semarang melalui jalur udara, maka Bandara Ahmad Yani memiliki jarak kurang lebih 6,2 kilometer. Sehingga, Anda pun nantinya akan membutuhkan estimasi waktu yakni sekitar 15 menitan untuk bisa sampai kesini.

Untuk bisa sampai disini Anda nantinya bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan transportasi umum yang tersedia di kota Semarang. Pertama, Anda bisa menggunakan bus yang memiliki tiket seharga lima ribu rupiah saja. Atau untuk Anda yang ingin kepraktisan, maka ojol atau taksi dapat menjadi kendaraan yang bisa Anda pilih.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Museum Lawang Sewu

Harga Tiket Lawang Sewu
Image Credit: Google Maps (Benny Purwantoro)

Bagi Anda yang sudah berencana untuk mengunjungi destinasi wisata budaya dan sejarah ini, ternyata tak perlu untuk mengeluarkan kocek yang terlalu banyak. Hal ini dikarenakan tiket masuk yang akan Anda bayarkan akan memiliki harga yang sangat terjangkau. Wisatawan hanya perlu untuk menyiapkan uang senilai 10 ribu rupiah saja.

Harga tiket masuk tersebut merupakan nominal yang perlu untuk Anda bayarkan ketika ingin memasuki gedung bagian atas. Namun, hal tersebut tentu saja berbeda ketika Anda ingin menjelajahi wisata yang lain. Sebab, jika Anda ingin masuk ke wisata bawah tanah, maka siapkan kocek sekitar 30 ribu rupiah. Nantinya Anda pun juga akan dipandu tour guide untuk menjelajah.

Selain itu, pihak pengelola juga akan menyiapkan perlengkapan lain untuk menjelajah ruang bawah tanah. Diantaranya adalah senter dan juga sepatu bot dengan harga yang sangat murah yakni mulai dari 10 ribu rupiah saja. Dengan begitu, perlengkapan tempur Anda akan terasa lengkap untuk menjelajahi ruang bawah tanah.

Sebab, ketika Anda ingin memasuki ruang bawah tanah, senter dan juga sepatu boot menjadi hal wajib yang perlu Anda gunakan. Hal ini dikarenakan pada lantai bawah tanah akan banyak sekali genangan air. Ketika memasuki ruangan ini, maka pengunjung akan disambut dengan lorong.

Untuk itu, juga diperlukan senter yang berfungsi untuk menerangi perjalanan Anda untuk menjelajahi ruangan bawah tanah. Sedangkan untuk jam buka dari wisata satu ini adalah mulai jam 7 pagi hingga pukul 9 malam. Sehingga, Anda bisa memilih kapan waktu yang tepat untuk berkunjung. Namun, untuk merasakan hal yang mencekam lebih baik datang diatas jam 5 sore.

Kegiatan yang Menarik DilLakukan di Lawang Sewu

Kegiatan di Lawang Sewu
Image Credit: Google Maps (Abd. Dzuljalali Wal Ikram)

1. Menjelajah Ruang Bawah Tanah

Kegiatan menarik yang bisa untuk Anda lakukan ketika menginjakkan kaki di Lawang Sewu adalah menjelajah ruang bawah tanah. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, disini Anda bisa membayar harga tiket tambahan untuk menjelajah ruangan yang gelap. Petualangan satu ini sangat cocok bagi Anda yang pemberani.

Hal ini dikarenakan ketika Anda menjelajah ruang bawah tanah maka sudah dipastikan ruangan tersebut sangatlah gelap. Sehingga, Anda diharuskan untuk menyewa senter untuk menerangi jalan selama Anda melakukan penjelajahan. Selain itu, sepatu boot juga berguna agar celana yang Anda kenakan tidak basah akibat genangan air yang ada di basement.

Memasuki ruangan satu ini, tentu saja aura mistis yang akan Anda rasakan. Hal tersebut tentu saja tak mengherankan. Pasalnya, Lawang Sewu Basement ini merupakan penjara yang berdiri dengan panjang yakni hanya satu jengkal saja. Hal ini tentu saja cukup mengerikan bukan?

Berdasarkan rumor yang tersebar, ada banyak orang Indonesia yang dulunya meninggal di tempat tersebut. Bahkan apabila pengunjung sangat pemberani, maka wisatawan pun bisa dibuka mata batinnya dan melihat adanya aktivitas yang terjadi di dalam penjara bawah tanah yang terkenal sangat angker tersebut.

2. Mengambil Foto Dengan Background Arsitektur Kuno

Ketika berlibur, berfoto menjadi salah satu kegiatan wajib yang harus Anda lakukan. Untuk itu, bagi Anda yang sedang berada di Lawang Sewu maka tak ada salahnya untuk mengabadikan momen tersebut. Pasalnya, Anda bisa berfoto dengan beberapa bangunan dan juga latar belakang dengan gaya kuno.

Hal ini tentu saja akan menjadi daya pikat tersendiri bagi wisatawan. Berfoto di spot yang bergaya vintage dan juga old, saat ini sedang menjadi tren yang digemari oleh masyarakat. Untuk itu, Anda pun bisa mengambil foto dengan latar belakang arsitektur zaman kuno seperti yang ada pada bangunan bersejarah ini.

Meskipun merupakan bangunan yang sudah tua, Lawang Sewu tetap menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat unik. Bahkan bangunannya pun tampak masih sangat kokoh. Seperti bangunan yang masih dibangun beberapa tahun lalu. Disini, Anda bisa menjelajah sekaligus mengambil foto yang instagenik.

Pertama, Anda bisa mengunjungi spot 100 pintu. Disini, Anda bisa berpose layaknya berada di banyak pintu dalam satu waktu. Hal ini dikarenakan pintu tersebut berada pada posisi yang sejajar. Kemudian, wisata fotografi Anda akan berlanjut ke mozaik kaca. Anda akan menemukan bagian ini ketika menaiki tangga. Anda tentunya harus menelusuri setiap sudut dari bangunan ini.

3. Mempelajari Sejarah Kereta Api

Selain berwisata mistis dan wisata hits kekinian karena bangunannya yang sangat unik dan memiliki ciri khas tersendiri, Anda pun juga bisa berwisata sejarah ketika sedang berada di tempat satu ini. Pasalnya, Lawang Sewu merupakan museum kereta api. Sehingga Anda juga akan bisa untuk mempelajari sejarah mengenai kereta api saat sedang berada disini.

Saat menginjakkan kaki di museum ini, maka Anda juga akan bisa menemukan miniatur kereta api yang terdapat di dalamnya. Selain itu, di tempat wisata satu ini, pengunjung juga akan diajak untuk menjelajahi dan belajar tentang pembuatan dari kereta api, belajar tentang sejarah dan juga kegiatan lain yang tak kalah menyenangkan.

4. Berjalan-Jalan Mengelilingi Museum Kereta Api

Lawang Sewu menjadi salah satu destinasi wisata yang memiliki lokasi sangat luas. Untuk itu, hal paling utama yang bisa Anda lakukan ketika berada disini adalah menjelajahinya. Dengan begitu, Anda pun akan menemukan banyak keindahan dan terkagum kagum akan bangunan yang sangat indah ini.

Oleh karena itu, tak ada salahnya bagi Anda untuk berjalan jalan ke Lawang Sewu ketika sedang stres. Karena dengan berjalan jalan maka Anda pun akan mampu melepaskan rasa penat yang Anda rasakan. Tak usang takut akan aura mistis yang ada di wisata satu ini. Sebab, jika Anda mengunjungi di waktu siang hari, maka hal tersebut tidak akan terasa.

Anda bisa berjalan mengelilingi bangunan tua yang masih sangat megah ini. Tak hanya itu saja miniatur kereta juga bisa menjadi salah satu hal yang bisa Anda temukan ketika berjalan jalan. Kemudian, Anda bisa berjalan di taman yang dilengkapi dengan beragam taman. Tentu saja kesan hijau juga akan menghiasi bangunan tua satu ini.

Fasilitas yang Tersedia di Lawang Sewu

Fasilitas di Lawang Sewu
Image Credit: Google Maps (Jaya Gulo)

Untuk fasilitas yang tersedia di tempat wisata satu ini terbilang cukup lengkap. Hal ini tentu saja dikarenakan bangunan bersejarah ini merupakan salah satu ikon dari kota Semarang sehingga, pemerintah pun melengkapi fasilitas tersebut agar pengunjung semakin betah dan nyaman ketika mengunjunginya.

Pertama, ada akan bisa dengan mudah untuk menemukan Mushola. Dengan begitu, Anda bisa tetap beribadah sekaligus menjelajahi Lawang Sewu yang sangat luas ini. selain itu, ada beberapa toilet yang bisa Anda temukan di wisata satu ini. untuk itu, Anda pun tak perlu khawatir ketika ingin buang air kecil.

Ada pula beberapa fasilitas penunjang yang lain, sebut saja Ruang PPPK, Rung Menyusui hingga Kantor Pengelola. Kemudian, Anda juga bisa untuk menemukan Replika Djokotop., Museum, Ruang Audio Visual, Monumen, dan juga Loko Uap ketika sedang berada di tempat satu ini.

Sehingga wisata satu ini dapat menjadi salah satu rekomendasi bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu saat akhir pekan. Bahkan banyak wisatawan yang berasal dari luar kota bahkan mancanegara yang sengaja mengunjungi tempat satu ini. pasalnya, Lawang Sewu memang menjadi lokasi wisata yang cukup tersohor.

Penginapan Murah di Sekitar Lawang Sewu

Penginapan di Lawang Sewu
Image Credit: Pegipegi.com

Lawang Sewu merupakan salah satu destinasi wisata yang bisa Anda jelajahi saat sedang berada di Semarang. Namun, apabila Anda telah lelah berkeliling wisata ini maka tak ada salahnya untuk menginap di hotel maupun guest house terdekat yang ada di kawasan Lawang Sewu. Sehingga Anda pun tak perlu melakukan perjalanan yang jauh untuk menginap.

Karena terletak di pusat kota, maka Anda akan bisa menemukan banyak sekali penginapan di area sekitar tempat wisata ini. salah satu rekomendasi untuk Anda adalh Ruman Taman Backpacker. Bagi Anda yang ingin mendapatkan penginapan dengan harga yang terjangkau maka tempat ini adalah yang harus Anda tuju.

Sebab, Anda akan mendapatkan harga menginap untuk per malam yakni sekitar 125 ribu rupiah saja. dengan begitu, Anda pun akan lebih mudah untuk melakukan perjalanan kemanapun. Ditambah lagi dengan fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap. Mulai dari kasur dan bantal hingga sarapan di pagi hari serta akses wifi yang bisa Anda gunakan selama menginap.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda tahu tentang Lawang Sewu. Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjunginya, maka Anda bisa menyempatkan diri untuk mampir saat sedang berada di kota Semarang. Hal ini dikarenakan wisata tersebut memiliki daya pikat sendiri, terutama bagi kamu yang menyukai sejarah dan cerita mistis.