Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Cikanyere, Kec. Sukaresmi, Kab. Cianjur, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Jika membahas kota kota dengan tujuan wisata yang melimpah, Cianjur tidak boleh dilewatkan. Kota di Jawa Barat ini belakangan banyak dilirik oleh wisatawan, terutama di area Jakarta dan sekitarnya. Mengingat ada banyak tujuan wisata yang ada di Cianjur. Selain wisata alam, wisata religi juga bisa ditemukan di Lembah Karmel misalnya.

Menjadi kawasan untuk retret dan juga peribadatan bagi umat Katolik. Kawasan peribadatan di Cianjur ini sudah ada lebih dari 20 tahun dan menjadi tujuan umat Katolik dari berbagai negara. Suasananya yang damai juga tenang membuat beribadah semakin khusyu’. Untuk anda yang berencana untuk singgah, berikut beberapa hal yang perlu untuk anda ketahui.

Daya Tarik yang Dimiliki Lembah Karmel

Daya Tarik Lembah Karmel
Image Credit: Google Maps Christina Eveline

1. Menjadi Tujuan Wisata Religi Populer

Umat Katolik terdapat istilah tarekat atau ordo, dan salah satunya yang dapat ditemui di Indonesia yakni Ordo Karmel. Di Jawa Barat yang terbilang kondang yakni rumah Lembah Karmel yang berada di Cianjur. Kawasan peribadatan umat Katolik populer ini juga menjadi tujuan wisata religi. Menjadi tempat beribadah sekaligus pertapaan yang sudah ada sejak 1988.

Pendirinya imam Ordo Karmel, Romo Yohanes Indrakusuma dengan lokasi yang berada di atas ketinggian. Di dalamnya terdapat dua serikat yang menjadi wadah akan pelayanan umat yakni Carmelitae Sancti Eliae (CSE) dan Putri Karmel. Selain itu banyak juga yang datang untuk penyembuhan atau konseling dengan doa doa.

2. Memiliki Pemandangan yang Indah

Selain dijadikan sebagai tempat ibadah, pemandangan yang disuguhkan juga sangat indah. Lokasinya yang berada di ketinggian sekitar 800 sampai 950 mdpl membuat suasana pegunungannya begitu kental. Tempatnya sunyi, bebas polusi, sejuk dan indah, semua hal yang akan membantu untuk berkontemplasi ataupun berdoa dengan lebih khusyu’.

Kawasan Lembah Karmel dikelilingi oleh hutan yang masih hijau dan asri. Pepohonan dan vegetasi lainnya juga turut memberikan andil untuk suasana yang lebih damai. Ketika pagi datang, tidak jarang kabut tipis akan menyelimuti kawasan ini. Perpaduan panorama pegunungan dengan Gedung St. Theresia yang megah membuatnya makin menawan.

3. Menyediakan Paket Retret

Dengan semua hal tersebut, wajar jika Lembah Karmel selalu menjadi tujuan dari aktivitas retret. Apalagi setiap tahunnya selalu saja ada paket retret baik di hari Paskah maupun di hari Natal. Sehingga tidak sedikit keluarga yang menghabiskan waktu dengan ikut retret ini. Langkah ini dianggap lebih praktis dibandingkan merayakan sendiri di luar.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Lembah Karmel
Image Credit: Google Maps Korentina Juniasti Sinaga

Untuk anda yang ingin beribadah di sini, anda bisa langsung menuju Jalan Lembah Karmel, Desa Cikanyere, Kec. Sukaresmi, Kab. Cianjur, Jawa Barat. Jika anda memulai perjalanan dari Jakarta, jarak yang harus ditempuh sekitar 85 km. Akan lebih mudah jika anda menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan dengan menggunakan kendaraan umum.

Rute umum yang banyak dipilih oleh pengunjung yakni tol jagorawi, kemudian keluar di Taman Safari Puncak. Setelah itu silahkan arahkan kendaraan untuk ke Jalan Raya Puncak. Perjalanan ke Lembah Karmel bisa dilanjutkan dengan mengikuti jalan ke arah Cikanyere. Waktu tempuh yang dibutuhkan apabila tidak ada kendala sekitar 3 jam.

Tidak hanya bisa menggunakan rute tersebut, anda juga bisa menggunakan rute alternatif di transyogi Jonggol melalui tol. Nantinya anda akan di Cibubur kemudian ikuti jalan sampai ke Cileungsi dan akhirnya tiba di Jonggol. Apabila lalulintas macet, anda bisa menggunakan rute satu ini. Memang sedikit lebih lama, tetapi terbilang sepi dan tidak macet.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk Lembah Kermel
Image Credit: Google Maps Mas Fransoe

Karena termasuk tempat ibadah, anda tidak perlu membayar tiket masuk saat ke sini. Bisa dikatakan jika Lembah Karmel ini tidak dipungut biaya untuk datang. Selalu terbuka untuk semua umat yang ingin beribadah maupun retret. Sementara jam bukanya mulai dari Senin sampai Minggu atau setiap hari. Sehingga anda bisa datang kapan saja sesuai keinginan.

Tetapi umumnya pengunjung lebih banyak saat hari Minggu atau saat ada misa pagi. Jam operasionalnya sendiri mulai dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Tetapi untuk Toko Rohaninya hanya buka Sabtu dan hari Minggu, dari pagi sampai siang hari saja. Jika anda ingin retret, maka anda harus menyiapkan budget tambahan.

Mengingat ada beberapa paket yang ditawarkan untuk anda yang ingin retret. Misalnya anda yang ingin mengambil paket Natal atau Paskah, anda harus menginap di sini. Dimana paket yang paling murah dimulai sekitar Rp 375 ribu. Tentu saja harga tersebut bisa berubah kapanpun, maka dari itu ada baiknya menghubungi call center Lembah Karmel lebih dahulu.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Lembah Karmel

Kegiatan Menarik Lembah Karmel
Image Credit: Google Maps Josemaría CSE

1. Singgah di Gua Maria

Kawasan Lembah Karmel begitu luas, anda bisa menemukan banyak hal di sini. Seperti kehadiran Goa Maria yang lokasinya tidak jauh dari Kapel utamanya. Dihiasi dengan semak semak dan anda harus menaiki anak tangga untuk sampai di gua marianya. Goa Maria di sini bisa anda jadikan sebagai alternatif ketika anda sedang berdoa maupun retret.

Anda bisa menemukan air suci yang nantinya bisa langsung diminum. Tidak berbeda jauh dengan Kapelnya, Gua Maria juga memberikan ketenangan yang sama. Saat anda singgah di sini, pastikan untuk melepaskan alas kaki sebelum berdoa. Apalagi lokasinya berada di alam terbuka dengan suasana alam yang asri. Desiran angin dan suara burung bisa menambah kesyahduan dan kekhusyu’an.

2. Menghadiri Misa

Jika anda tidak berencana untuk menghabiskan banyak waktu disini, anda juga bisa hadir di Misa rutinnya. Biasanya di hari Minggu Pagi, bisa menjadi tujuan ketika tidak jauh dari lokasi Lembah Karmel. Pastinya anda akan merasakan suasana berdoa yang berbeda dari biasanya. Namun pastikan anda mencari tahu jadwal Misanya terlebih dahulu.

3. Retret

Retret bagi umat Katolik sendiri adalah kegiatan mengasingkan diri atau menyepi yang bertujuan untuk spiritual. Ada banyak tujuan dilakukan retret, banyak diantaranya ingin menghindari stres serta membangun komunikasi dengan Tuhan lebih baik. Inilah mengapa lokasi retret kebanyakan berada di area yang jauh dari hiruk pikuk dan sepi.

Di sini jamaah bisa menggunakan berbagai fasilitas untuk melakukan retret. Yang paling banyak dipilih yakni kapel utama sebagai tempat utama. Tetapi jika ingin lebih sunyi, anda bisa memanfaatkan kapel yang berada di hutan. Selama retret, akan ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Seperti Ibadah Devosi Mater Dolorosa yang dilakukan sembari berjalan jalan.

Retret ini akan memberikan suasana yang berbeda karena anda akan hidup beberapa hari dengan suasana rohami yang kental. Semua aktivitas retret ini bebas diikuti oleh semua jemaah, mulai dari berdoa, refleksi, ibadah sampai misa. Ada baiknya jika anda mengikuti semua rangkaian acara, sehingga bisa merasakan kehidupan di biara.

Kegiatan Menarik di Lembah Karmel
Image Credit: Google Maps Mikhaela Kinasih

4. Mengunjungi Toko Rohani

Aktivitas yang bisa anda lakukan saat berada di Lembah Karmel berikutnya yakni berkunjung ke Toko Rohani. Lokasinya berada di Lantai dasar St. Paulus yang berdampingan dengan kantin. Di sini anda bisa membeli berbagai kebutuhan untuk beribadah dan barang rohani. Anda juga bisa membeli buku ataupun CD lagu lagu rohani, tidak ketinggalan rosario, Salib sampai patung patung.

5. Mengajak Anak Anak Bermain

Untuk anda yang kebetulan datang ke Lembah Karmel dengan anak anak, anda tidak perlu khawatir. Tersedia taman yang sudah dilengkapi dengan berbagai permainan sederhana. Sehingga anda bisa mengajaknya bermain di taman dengan suasana alam yang indah. Pada acara paskah atau Natal, biasanya akan ada game game seru untuk anak anak seperti mencari telur paskah.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Lembah

Fasilitas Lembah Karmel
Image Credit: Google Maps Delio Da Costa

Sekalipun menjadi tempat ibadah, tetapi fasilitas yang disediakan terbilang lengkap. Begitu anda datang, anda akan menemukan area parkir yang luas untuk semua jamaah. Kemudian anda juga bisa menikmati fasilitas utama seperti aula utama, kapel, biara, kantin dan juga toko rohani. Karena menyediakan retret, otomatis fasilitas pendukung seperti kamar juga tersedia.

Lembah Karmel memiliki beberapa pilihan kamar yang bisa dipilih peserta retret. Terdapat kamar yang bisa diisi oleh dua orang dengan fasilitas kamar mandi dalam. Kamar yang bisa diisi dua ini dibedakan dalam beberapa jenis kamar, ada yang khusus untuk pasutri. Ada juga kamar yang bisa digunakan untuk empat orang dalam satu kamar.

Masing masing kamar tidak hanya dibedakan berdasarkan jumlah orang yang bisa tinggal di dalamnya. Tetapi juga berdasarkan fasilitasnya, mengingat ada yang menggunakan kamar mandi dalam lengkap dengan air panas. Harga kamar yang ditawarkan sudah termasuk dengan konsumsi makan. Bisa dikatakan paket kamar ini sangat ramah kantong.

Mengunjunjungi Lembah Karmel bisa menjadi salah satu cara untuk anda berkomunikasi lebih intim dengan Tuhan bagi umat Katolik. Lokasinya yang berada di alam bebas akan sekaligus mengusir segala penat. Jika anda ingin mengikuti misa ataupun kegiatannya, tidak ada salahnya untuk booking lebih dulu. Terutama ketika menjelang perayaan hari besar yang semakin ramai.