Harga Tiket: Rp 60.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Slamet Gunung Gumuk Agung, Glanggang, Kec. Tumpang, Kab. Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Ketika anda berlibur ke Malang, tentunya tidak akan bingung untuk menentukan destinasi mana saja yang ingin dikunjungi. Sebab, banyak sekali wisata menarik yang bisa untuk anda jelajahi, salah satunya adalah Lembah Tumpang. Meskipun tergolong sebagai tempat wisata baru di Malang, pesonanya memang tidak bisa anda abaikan begitu saja.

Dengan berdiri di atas lahan yakni sekitar 20 hektar, berada di Lembah Tumpang, anda pun akan serasa hidup bak putra dan putri raja. Dengan wisata berupa kolam renang, baik anak anak dan dewasa, anda juga akan disuguhkan dengan wahana wisata lain serta penginapan ketika menghabiskan waktu disini.

Daya Tarik yang Dimiliki Lembah Tumpang

Daya Tarik Lembah Tumpang
Image Credit: Google Maps Donny Wardhana

1. Menawarkan Wisata Alam yang Eksotis

Hal pertama yang menjadi daya tarik dari destinasi wisata ini adalah keadaan alamnya yang eksotis. Disini, anda pun akan disuguhkan dengan tempat wisata yang teduh dan eksotika alam yang menawan. Dengan konsep yang dimiliki tersebut, tentu saja ketika anda menjelajah akan disuguhkan dengan banyaknya spot hijau yang akan menonjolkan kerindangan dari wisata ini.

Selain itu, anda juga akan bisa menemukan banyak tanaman bunga di sepanjang Lembah Tumpang. Sepanjang perjalanan, anda juga akan menemukan jalan setapak yang terpasang dengan paving. Pepohonan yang berderet di kanan kiri jalanan paving tersebut akan menambah keindahan destinasi wisata ini.

Pemandangan yang indah dari Lembah Tumpang juga tidak berhenti disitu saja. Melainkan, anda juga akan melihat air terjun kecil dengan ketinggian yakni sekitar 10 meter. Tentu saja, panorama alam yang disuguhkan oleh lembah eksotis ini akan membuat anda betah menghabiskan waktu bersama dengan rekan atau keluarga.

Tempat dari wisata alam indah ini pun juga terbilang cukup luas. Dengan banyaknya jalan bercabang di tempat ini, membuat para wisatawan bisa menjelajah dan bereksplorasi. Bahkan pelancong pun bisa menjelajah dengan menggunakan sepeda motor apabila lelah. Sebab, terdapat area parkir yang tersedia di setiap sudut taman.

2. Adanya Candi Gito di Tengah Kolam

Daya tarik berikutnya yang bisa anda dapatkan ketika berwisata di Lembah Tumpang adalah adanya Candi Gito yang berada di tengah kolam. Dapat dibilang spot ini sangat menarik, lantaran candi tersebut berada pada bagian tengah kolam ikan di bawah salah satu sudut tebing yang ada di wisata ini.

Pada kolam ikan tersebut, anda pun akan menemukan patung yakni seorang puteri lengkap dengan mahkota yang ada di kepalanya. Selain itu, Candi gito sendiri juga nampak berdiri dengan gagah lengkap dengan puluhan patung arca yang mengelilinginya. Candi ini sendiri merupakan bangunan peninggalan jaman Kerajaan Majapahit dan Singosari.

3. Adanya Candi Utama Berlantai Empat

Selain Candi Gito, daya pikat lain yang dimiliki oleh Lembah Tumpang adalah terdapat candi dengan empat lantai. Candi satu ini juga dikelilingi oleh taman yang memiliki sungai kecil mengalir di lembah yang terhimpit tebing yang rimbun. Anda pun akan disuguhkan dengan hamparan hijau yang telah ditata sangat cantik. Tentunya akan memanjakan mata anda.

Kemudian, wisatawan yang datang akan bisa bersantai di dua gazebo besar yang ada di area candi tersebut. Gazebo dengan nuansa Jawa yang kental tersebut akan membuat anda betah di dalam menikmati suasana asri yang ada di tempat candi. Pada lantai satu candi ini, anda pun akan menjumpai Arca Naga. Selanjutnya, untuk lantai teratas, maka anda pun akan melihat danau buatan yang berbentuk U mengelilingi candi.

Pada bagian belakang, pengunjung juga akan disuguhkan berupa arca dengan ukuran yang sangat besar. Arca satu ini diberikan nama yakni Arca Suhartini yang dibangun di atas ketinggian. Bagi wisatawan yang ingin mencapai arca tersebut, maka pihak pengelola telah menyiapkan anak tangga. Lalu, tidak jauh dari arca tersebut, pengunjung akan disuguhkan replika candi Borobudur yang sangat megah.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Lokasi Lembah Tumpang
Image Credit: Google Maps Ananda Adnan

Wisata resort dan Taman Rekreasi Lembah Tumpang ini berada di Jalan Slamet Gang Gumuk Agung, Glanggang, Slamet, Kecamatan Tumpang, Malang Jawa timur. Apabila anda menempuhnya dari pusat kota Malang, maka akan membutuhkan waktu yakni sekitar 10 km perjalanan.

Lokasinya sendiri bisa anda lewati apabila ingin mengunjungi Gunung Bromo ataupun mendaki Puncak Semeru dari arah Malang. Dengan jarak tempuh tersebut, anda pun bisa melaluinya dengan menggunakan kendaraan bermotor, baik mobil maupun sepeda motor dengan waktu yakni sekitar 35 menit ketika kondisi jalanan lancar.

Adapun rute terbaik yang bisa anda tempuh menuju ke Lembah tumpeng yakni anda bisa mengaksesnya dengan menggunakan layanan peta digital yang ada di smartphone anda. Selanjutnya, apabila telah dekat dan anda belum yakin dengan arah tersebut, maka anda pun bisa dengan mudah untuk bertanya pada penduduk sekitar yang ada.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Lembah Tumpang
Image Credit: Google Maps Iwan Haniyoto

Bagi wisatawan yang ingin masuk ke tempat wisata di Malang ini, tentunya anda pun diharuskan untuk membayar tiket masuk. Adapun harga tiket masuk ke Lembah Tumpang dalap dikatakan cukup terjangkau. Anda hanya perlu membayar tiket masuk yakni sekitar 60 ribu rupiah per orang.

Akan tetapi, harga tiket masuk tersebut sudah termasuk kolam renang anak, kolam renang dewasa, candi, air terjun, kola mikan, area selfie dan juga dino Park. Tiket masuk ini berlaku mulai dari usia 4 tahun. Jadi, jika anda membawa anak dengan usia 4 tahun, maka akan dikenakan biaya tiket masuk full.

Sedangkan untuk jam buka dari Lembah Tumpang sendiri adalah mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore. Anda pun bisa datang setiap hari di tempat wisata yang indah ini. Bagi anda yang ingin puas bermain, disarankan anda untuk datang yakni pada pukul 8 pagi. Sehingga anda pun bisa menjelajah dan bermain dalam waktu yang cukup lama.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Lembah Tumpang

Kegiatan Menarik Lembah Tumpang
Image Credit: Google Maps Rio Izzy

1. Memberi Makanan Ikan di Sekitar Candi Gito

Kegiatan menarik yang bisa anda lakukan saat berada di sekitar tempat wisata di Malang ini adalah memberi makanan ikan yang berada di sekitar Candi Gito. Di sekitar candi terdapat kolam yang memang berisi ikan ikan dan wisatawan yang hadir pun akan diperkenankan untuk memberikan makan untuk ikan ikan tersebut.

Anda bisa membeli makanan ikan pada pintu masuk area resort. Tentunya, bagi anda yang membawa si kecil akan sangat menyukai kegiatan memberi makan ikan ini. Sebab, selain menikmati keindahan candi yang berdiri di tengah tengah kolam tersebut, anda juga bisa sekaligus memberi makan ikan yang ada disitu.

2. Bermain di Wahana Dino Park

Daya tarik berikutnya yang dimiliki oleh Lembah Tumpang adalah adanya wahana Dino Park. Selain disuguhkan dengan eksotisme suasana kerajaan di masa lampau, berada di tempat wisata yang apik ini, anda juga akan disediakan wahana yang menantang dan dapat memicu adrenalis.

Pada salah satu lokasi yang tersedia yakni Dino Park, anda juga bisa mencoba berbagai wahana yang menantang. Diantaranya adalah River tubing dan juga flying fox. Kedua jenis permainan tersebut dapat dinikmati oleh wisatawan ketika akhir pekan. Dijamin liburan anda di Lembah Tumpang pun tidak akan membosankan.

3. Menginap

Bagi anda yang kurang puas menjelajahi Lembah Tumpang dalam waktu satu hari saja, anda juga bisa bermalam di tempat ini. Pasalnya, sesuai dengan namanya maka wisata eksotis ini pun menyediakan sarana dan fasilitas untuk menginap bagi wisatawan. Anda pun nantinya bisa bermalam di area yang nyaman dan juga asri.

Sebab, terdapat beberapa cottage tersedia secara terpisah yang dilengkapi dengan pendopo ketika anda berada disini. Bangunan ala resort ini memiliki desain khas Bali dan bisa anda nikmati ketika akhir pekan yakni mulai dari hari Jumat. Adapun harga yang ditawarkan untuk menginap di resort ini pun bervariasi.

Anda bisa merogoh kocek yakni sekitar 400 ribu rupiah per malamnya apabila ingin menginap di resort yang ada di Lembah Tumpang. Dengan arsitektur serta ornamen Jawa yang sangat khas, maka anda pun akan serasa kembali ke era Majapahit dan Singosari ketika menginap dan berwisata disini.

Kegiatan Menarik di Lembah Tumpang
Image Credit: Google Maps WeA 1770

4. Hunting Foto

Kegiatan selanjutnya yang tidak boleh anda lewatkan ketika berada di destinasi satu ini adalah hunting foto. Lembah Tumpang sendiri adalah salah satu lokasi yang tidak kekurangan spot foto bagi wisatawan yang ingin mengabadikan liburannya bersama dengan orang tersayang. Sebab, setiap sudut dari tempat ini memang menarik untuk dijadikan sebagai lokasi untuk berfoto.

Wisatawan yang hadir disini pun seolah olah akan diajak kembali ke masa kerajaan. Ada berbagai latar atau spot menarik yang bisa anda temukan saat berada disini. Diantaranya adalah latar arca yang berjajar. Banyak pelancong yang mengabadikan foto di lokasi tersebut. Dimana terdapat Lorong di sela taman, tempat arca replika berjajar di sepanjang jalan.

5. Berenang

Di Lembah Tumpang, anda juga bisa melakukan aktivitas yakni berenang. Hal ini lantaran terdapat kolam renang yang memiliki nuansa klasik khas kerajaan di jaman dahulu. Ornamen yang berupa patung putri dan ukiran bercorak tradisional turut mempercantik kolam renang yang ada disini.

Untuk anda yang membawa si kecil tidak perlu khawatir. Sebab, kolam renang yang ada disini terpisah dari yang dangkal, menengah hingga kolam yang dalam. Kolam kolam ini berada di lereng pegunungan lokasi dari Lembah Tumpang Resort. Sehingga air yang mengalir dari kolam renang ini pun berasal dari sumber yang sejuk dan segar. Anda pun akan dibuat betah menghabiskan waktu disini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Lembah Tumpang
Image Credit: Google Maps Yusuf 82

Fasilitas yang tersedia di Lembah Tumpang memang cukup lengkap dan mampu menunjang kegiatan pengunjung yang datang ke tempat ini. Pasalnya, disini telah tersedia kantin, café dan juga pusat oleh oleh yang akan membuat wisatawan bisa mengisi perut keroncongan atau sekedar membeli buah tangan untuk keluarga di rumah.

Selain itu, lokasinya pun juga telah disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan dari pihak pengunjung. Salah satunya adalah hadirnya toilet yang tersedia di setiap sudut Lembah Tumpang dan juga kantin serta café yang lokasinya berdekatan dengan kolam renang. Ditambah lagi dengan banyaknya petugas kebersihan di sekitar lokasi juga akan membuat anda lebih nyaman.