Harga Tiket: Rp 35.000, Jam Operasional: 10.00-20.00 WIB, Alamat: Jl. Raya Lembang No.177, Jayagiri, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Terkenal dengan berbagai macam wisatanya, Lembang selalu menjadi tujuan utama bagi masyarakat yang berlibur ke Bandung. Lokasinya yang berada di dataran tinggi, membuat udaranya terasa sangat sejuk. Bahkan, sebagian besar masyarakat Jakarta memilih untuk berlibur ke Lembang karena wisata alamnya yang sangat variatif. Serta pemandangan hijaunya yang cocok untuk dinikmati di akhir pekan bersama keluarga atau kerabat.

Dari banyaknya tempat wisata di Lembang, terdapat objek wisata seru yang bertemakan dunia fantasi, yaitu Lembang Wonderland. Sama seperti namanya, yaitu wonderland, tempat ini menyajikan berbagai macam spot menarik bak negeri dongeng. Jika anda berencana untuk mengajak keluarga, terutama anak-anak, maka tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi. Terlebih lagi konsepnya kebanyakan yang outdoor atau di ruangan terbuka sehingga para pengunjung tidak perlu khawatir akan penyebaran covid-19 karena sirkulasi udaranya yang bebas.

Daya Tarik yang Dimiliki Lembang Wonderland

Daya Tarik Lembang Wonderland
Image Credit: Google Maps Nazmi Irdariadini Putri

Suasana dan latar tempat yang mirip seperti negeri dongeng menjadi daya tarik utama dari Lembang Wonderland. Properti-properti cantik yang sangat mendukung suasana juga menjadi ciri khas tersendiri. Bahkan Semua pengunjung datang sambil berswafoto di setiap sudut tempat. Namun, tidak hanya itu, masih banyak daya tarik dari tempat wisata ini, yakni:

1. Spot Foto Menarik

Anda akan dikelilingi oleh suasana yang indah dan tampak penuh warna seperti di negeri dongeng. Anda tentu bisa mengajak anak-anak atau keluarga anda untuk berfoto di sekeliling area.

2. Negeri Dongeng di Malam Hari

Tempat wisata ini tidak hanya terlihat indah di siang hari, namun juga sangat cantik di malam hari. Walaupun temanya seperti hutan, namun hutan ini penuh dengan lampu warna-warni yang menghiasi sekeliling area Magic Forest ini. Suasana di malam hari ini juga sangat unik karena terdapat banyak hiasan pepohonan berbentuk macam-macam dan rumah pohon yang terbuat dari kayu sehingga menambah kesan fantasi.

3. Dinginnya Salju

Wahana penuh salju ini juga menjadi salah satu daya tarik yang digemari anak-anak, bahkan tidak terkecuali orang dewasa. Karena semua orang ingin merasakan dinginnya salju seperti di pegunungan salju. Suasana di wahana ini juga dibuat persis seperti di kutub utara. Terdapat rumah rumahan igloo, bahkan pegunungan es yang membuat wahana ini semakin menarik dan seru.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Lembang Wonderland
Image Credit: Google Maps Vanya Aretha

Lokasinya sendiri tidak sulit untuk ditemukan dan dekat dengan tempat rekreasi lainnya. Taman rekreasi ini beralamat lengkap di Jalan Raya Lembang No.177, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Areanya yang luas dan memiliki tampak luar yang khas membuat anda tidak akan kesulitan mencari lokasinya. Anda akan segera menemukan tulisan “Lembang Wonderland” persis di depan Pasar Raya Lembang. Adapun bangunan dari tempat wisata ini juga memiliki warna yang khas, yaitu coklat dan dihiasi oleh warna lain sehingga tampak lebih berwarna, dan anda akan segera menyadari bahwa bangunan tersebut merupakan tempat wisata yang dimaksud.

Rute yang dapat anda ambil untuk menuju ke Kawasan wisata juga cukup mudah. Jika anda datang dari Kota Bandung, anda perlu menempuh jarak kurang lebih 17 kilometer, melintasi Jalan Setiabudi terlebih dahulu, kemudian menuju Jalan Raya Lembang. Lokasinya pun tidak jauh dari Terminal Tahu Lembang dan lebih tepatnya berada di depan Pasar Raya Lembang. Dari Kota Bandung, anda akan menempuh waktu perjalanan sekitar 45 menit sampai 60 menit saat lalu lintas lancar.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Lembang Wonderland
Image Credit: Google Maps Fasri Syafi

Jika anda berpikir harga masuk tempat wisata yang bagus dan keren akan sangat mahal, maka anda salah, karena harga tiket masuk ke Lembang Wonderland hanya Rp35.000,- untuk semua usia. Terkecuali anak-anak yang tingginya masih di bawah 80 cm, tidak akan dikenakan biaya masuk sepeser pun. Adapun harga tersendiri jika anda dan keluarga ingin mencoba untuk menunggangi kuda, maka anda akan dikenakan biaya sebesar Rp30.000,- saja per satu orang. Cukup murah bukan? Dengan harga di bawah Rp50.000,- saja anda bisa menikmati keindahan suasana negeri dongeng.

Adapun berbagai wahana tambahan seperti bermain permainan seperti shooting target, buzzer, dan permainan lainnya membutuhkan tiket masuk tambahan sebesar Rp25.000,- untuk satu jenis permainan. Untuk dapat menikmati 5 permainan, anda bisa membeli tiket sekaligus dengan harga Rp80.000,-. Anda bebas untuk memilih jenis permainan apa yang diinginkan terlebih dahulu. Wahana seru ini sangat digemari oleh anak-anak dan remaja karena terdapat banyak jenis permainan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Lembang Wonderland

Kegiatan Menarik Lembang Wonderland
Image Credit: Instagram Traveleannie

Bersiaplah untuk bersenang-senang, karena ada banyak sekali aktivitas seru yang bisa dilakukan bersama keluarga atau sahabat di Lembang Wonderland. Terdapat beberapa wahana menarik yang harus anda kunjungi. Yang pasti anda tidak akan merasa bosan saat berada di sini karena banyak jenis wahana yang bisa anda kunjungi. Berikut adalah rangkuman aktivitas yang sangat seru untuk dilakukan, yakni:

1. Menikmati Dinginnya Salju Di Snow Village

Siapa sangka anda bisa menikmati salju di tempat hits ini? Wahana penuh salju ini bernama Snow Village, di mana anda akan merasakan suasana seperti di kutub utara, karena hujan salju akan turun tiap beberapa jam sekali, tentunya anda harus merasakan dinginnya saat hujan salju tersebut turun. Kemudian terdapat rumah rumahan kecil transparan menyerupai rumah igloo, patung penguin, pohon cemara, serta dinding yang menyerupai gunung es yang akan menambah kesan kutub utara, anda dapat mengambil foto dan merekam video bersama keluarga sepuasnya. Terlebih lagi, wahana ini memiliki suhu yang sangat dingin sehingga suasana salju sangat terasa persis seperti di kutub utara.

2. Bermain dan Berimajinasi di Negeri Dongeng Sweet Field

Salah satu wahana di Lembang Wonderland yang disukai oleh anak-anak karena suasananya yang sengaja didesain seperti taman bermain di negeri dongeng, yaitu Sweet Field. Namun, para orang dewasa juga banyak yang tertarik dengan wahana ini karena latar temanya yang sangat unik. Terdapat banyak ornamen-ornamen cantik seperti warna-warni balon udara yang menggantung, bukit-bukit imitasi, dan atap berwarna biru muda menyerupai langit cerah berawan akan menjadi latar berfoto. Terdapat juga sungai kecil berisi bola warna-warni dan anda harus mencoba keseruan bermandi bola sehingga anda akan berimajinasi seolah-olah sedang mengarungi sungai penuh bola.

3. Bermain di Magic Forest

Magic forest merupakan salah satu wahana outdoor yang sangat cantik. Di sepanjang wahana ini, terdapat banyak rumah-rumahan terbuat dari kayu beserta tangga melingkar yang sangat unik, dan pepohonan yang beraneka macam bentuk menambah aksen dunia fantasi. Anda tentu bisa mengunjungi rumah-rumah kayu tersebut dan mengambil foto atau merekam keseruan anda saat menikmati wahananya.

Di Magic Forest, anda juga bisa berfoto bersama burung hantu. Tidak perlu khawatir, karena burung hantu tersebut sudah jinak. Kemudian anda juga akan menemukan sebuah lorong yang dihiasi oleh awan putih yang sangat cantik. Tidak hanya terlihat indah di siang hari, wahana ini juga sangat menakjubkan di malam hari, karena lampu berwarna-warni akan menyala menghiasi pepohonan sehingga membuat pepohonan tersebut seolah-olah berwarna-warni.

4. Berfoto di Taman Ice Cream

Taman Ice Cream merupakan salah satu wahana outdoor yang sangat digemari oleh anak-anak karena terdapat banyak miniatur berbentuk es krim yang berukuran besar, bahkan tampaknya seperti es krim asli sehingga meninggalkan kesan manis di wahana ini. Lantainya yang beralaskan rumput imitasi dan dikelilingi oleh pepohonan pinus membuat suasananya tampak seperti taman sungguhan yang dipenuhi oleh es krim. Anda bisa mengambil foto berada di dekat ornamen es krim atau di jembatan lucu yang di ujungnya terdapat air terjun buatan yang berukuran besar.

Kegiatan Menarik di Lembang Wonderland
Image Credit: Instagram Robbi_mega

5. Wahana Khusus Wonderland Playground

Di Lembang Wonderland juga menyediakan wahana khusus anak yang berisi banyak jenis permainan, yakni rumah-rumahan, mandi bola, serta perosotan yang dapat dinikmati oleh anak-anak. Jika anda membawa seorang anak, maka wahana ini cocok untuk disinggahi. Wahana yang seru ini mengharuskan anak untuk membuka alas kaki seperti sepatu atau sandal, maka diwajibkan untuk memakai kaos kaki. Namun jangan khawatir, anda juga tetap bisa membeli kaos kaki yang di jual di area tersebut seharga Rp15.000,-

6. Menunggang Kuda

Di tempat rekreasi ini, anda akan menemui berbagai jenis aktivitas, salah satunya adalah berkuda. Anda hanya perlu membayar Rp30.000,- untuk sekali berkuda. Jangan khawatir, anda akan diawasi oleh petugas agar anda dapat tetap merasa aman saat berkuda.

7. Wisata Kuliner

Setelah puas menikmati wahana-wahana serunya, anda pasti merasa lapar. Namun jangan khawatir, karena di Lembang Wonderland terdapat gerai yang menyajikan berbagai macam variasi makanan. Banyak sekali hidangan yang dapat dinikmati, seperti makanan khas Lembang, ataupun makanan tradisional lainnya. Di tempat ini juga menjual berbagai makanan ringan yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh atau hanya sekadar dibawa pulang ke rumah.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Lembang Wonderland
Image Credit: Google Maps Sany Sofyan

Fasilitas yang terdapat dalam Lembang Wonderland terbilang sangat lengkap, dari mulai area parkirnya yang luas sehingga anda tidak perlu repot mencari tempat parkir di luar area wisata dan pastinya lebih aman karena tempat parkir tersebut dijaga ketat oleh satpam yang bertugas. Selain itu pastinya terdapat kamar mandi dan toilet yang nyaman. Di tempat wisata ini juga terdapat mushola dan tempat untuk berwudhu. Tidak lupa bahwa terdapat toko souvenir dan oleh-oleh yang sangat digemari oleh ibu-ibu, berbagai macam souvenir khas Lembang dijajakan di toko ini. Terdapat ATM juga jika anda ingin mengambil uang tunai.

Untuk berlibur di akhir pekan, Lembang merupakan lokasi yang tepat untuk sekadar melepas penat. Pepohonan hijau yang rimbun berada di sekeliling perjalanan menuju lokasi wisata juga akan menyegarkan pikiran anda. Ditambah lagi udaranya yang dingin tidak hanya menyegarkan tubuh, tetapi juga membuat pikiran rileks sejenak. Ajak seluruh anggota keluarga atau teman-teman untuk berlibur di sini karena sudah pasti akan sangat menyenangkan.

Inilah berbagai keseruan yang bisa anda rasakan saat berkunjung ke Lembang Wonderland, Bandung Barat. Jika anda ingin mengajak keluarga, anak-anak, saudara, atau teman, maka taman rekreasi ini merupakan tempat yang mesti dikunjungi. Masih banyak wahana seru lainnya yang bisa anda temukan di area ini. Maka segera nikmati momen liburan akhir pekan bersama keluarga di Wonderland yang sangat indah dan menyenangkan.