Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 07.30-17.24 WIB, Alamat: Jayamukti, Kec. Cihurip, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Indonesia berada di posisi geologis dan astronomis yang menguntungkan. Posisi ini membuat Indonesia mempunyai kekayaan alam yang melimpah ruah jumlahnya. Tidak hanya yang berbentuk materi, kekayaan ini juga berbentuk pemandangan alam yang sayang untuk kita dilewatkan. Hampir seluruh wilayah di Indonesia mempunyai kekayaan tersebut, salah satunya adalah Garut.

Garut merupakan wilayah yang berada di naungan otonom Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Wilayah yang berada di bagian selatan Jawa Barat ini mempunyai kontur wilayah yang beragam. Keberagaman kondisi wilayah ini membuat kabupaten ini mempunyai banyak wisata alam yang menarik untuk dijelajahi. Bagi anda yang memiliki ketertarikan terhadap wisata air, Leuwi Tonjong dapat anda masukkan di daftar tempat wisata anda.

Mengenal Keindahan Tersembunyi di Garut

Mengenal Keindahan Tersembunyi di Garut
Image Credit: Instagram Abdul_Qarim

Pada tahun 2018, Leuwi Tonjong yang berada di Garut ini berhasil meraih Juara II dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018 pada Kategori Surga Tersembunyi. Dengan demikian, pihak pemerintah dan masyarakat mulai memberikan perhatian baru ke tempat wisata alam terhits ini. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai obyek wisata terpopuler ini, mari kita simak penjelasan berikut.

Wisata alam ini adalah sebuah lubuk dangkal yang memiliki air yang jernih. Lubuk ini diapit oleh dua tebing yang tingginya mencapai 90-120 meter. Di tengah apitan tebing tersebut, terdapat air terjun yang mengalir dengan indahnya.

Kata “Leuwi” sendiri berasal dari Bahasa Sunda yang berarti sungai. Sedangkan kata “Tonjong” merupakan kata yang berasal dari Bahasa Sunda yang mempunyai kaitan dengan dua tebing batu yang ada di tempat wisata terhits ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Leuwi Tonjong

Daya Tarik Leuwi Tonjong
Image Credit: Google Maps Anita Deckha

1. Pemandangannya yang unik

Leuwi Tonjong kerap kali disebut sebagai “Phuket versi Indonesia”. Julukan ini diberikan bukan tanpa alasan, sebab tempat wisata yang sudah terkenal ini memang memiliki kemiripan dengan wisata yang ada di Phuket, Thailand. Maka dari itu, anda tidak perlu pergi keluar negeri untuk mengunjungi tempat tersebut karena negeri kita ini pun mempunyai obyek wisata serupa yang tidak kalah indahnya.

2. Air yang Jernih dan Menyegarkan

Kualitas dan kuantitas air disini baik membuat anda akan merasakan kesegaran yang mungkin sebelumnya belum pernah anda rasakan dimana pun. Anda dapat bebas untuk bermain di kawasan wisata air yang terbaik ini. Namun, anda juga diharapkan untuk selalu berhati-hati sebab tempat ini memiliki batuan yang bisa jadi membahayakan anda.

3. Udara yang Segar

Jika anda suntuk dengan udara perkotaan yang sudah tersemar polusi, maka tempat Leuwi Tonjang dapat menjadi jawaban untuk menghadapi kondisi tersebut. Letaknya yang menjauh dari hiruk-pikuk kendaraan dan rimbunnya pepohonan menjadi penyebab dari udara segar yang berhembus di Leuwi Tonjong.

Daya Tarik Dimiliki Leuwi Tonjong
Image Credit: Google Maps Gianardo Satria

4. Kondisi Lingkungan yang Tenang

Seperti yang kita ketahui, menenangkan diri merupakan cara yang efektif untuk melepas stress yang disebabkan oleh kepenatan dari rutinitas yang biasa kita jalani. Maka dari itu, rimbunnya pepohonan, jernihnya air, segarnya hembusan udara, menjadi hal yang membuat tempat ini cocok bagi anda untuk menenangkan diri. Kondisi lingkungan yang asri ini juga disebabkan oleh lokasinya yang masih jarang dijamah banyak orang.

5. Adanya Tempat untuk Bersantai

Bermain di air menjadi hal yang tidak semua orang dapat menyukainya. Apabila anda malas untuk bermain air, anda tetap bisa merasakan keindahan alam Leuwi Tonjong dengan sekadar duduk di pinggiran lubuk yang luas sambil menikmati santapan yang mengunggah selera.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Lokasi Leuwi Tonjong Garut
Image Credit: Google Maps REZZAAF

Leuwi Tonjong terletak Kampung Rontong, Desa Jayamukti, Kecamatan Cihurip, Garut, Jawa Barat. Di zaman perkembangan teknologi ini, kehadiran peta daring seperti google maps tentu dapat membantu anda dengan lebih baik dalam mencari rute. Selain itu, anda juga dapat bertanya pada orang-orang supaya mendapatkan rute “tikus” yang membuat perjalanan anda akan lebih efisien.

Namun untuk memberikan gambaran dalam mencapai lokasi tempat wisata alam terbaik ini, anda dapat mengikuti rute berikut:

1. Perjalanan Menggunakan Kendaraan Pribadi

Dari arah pusat daerah, rute yang dapat diambil adalah Terminal Guntur – Bayongbong – Cisurupan – Cikajang Pertigaan Cigugur – Pameungpeuk – Kecamatan Cihurip – Leuwi Tonjong.

2. Perjalanan Menggunakan Kendaraan Umum

Dari Terminal Guntur, anda dapat menaiki ELF jurusan Cihurip dan turun dekat kantor desa setempat. Lalu anda dapat menaiki ojek ke pintu gerbang Leuwi Tonjong

Setelah anda tiba di gerbang masuk kawasan wisata, anda perlu berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit sebab lokasinya yang berada di kawasan hutan. Jalan setapak yang akan anda lalui cukup licin, curam, dan terkadang terdapat anak tangga yang digunakan tidak memiliki pegangan. Oleh sebab itu, anda harus senantiasa berhati-hati supaya tidak menimbulkan hal yang tidak diinginkan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Leuwi Tonjong Garut
Image Credit: Twitter jajangmyeon

Untuk mengunjungi tempat wisata yang unik ini, anda tidak perlu memutar otak terlalu keras mengenai besaran uang yang harus dikeluarkan sebab biayanya yang cukup terjangkau. Ketika akhir pekan, biaya tiket yang dikenakan adalah sebesar 15 ribu Rupiah. Lain halnya dengan hari biasa, anda hanya perlu menggocek biaya sebesar 10 ribu rupiah.

Selain biaya masuk, anda juga perlu menyiapkan sejumlah dana untuk biaya parkir. Biaya parkir yang dikenakan adalah sebesar 2 ribu untuk kendaraan roda dua dan 3 ribu untuk kendaraan roda empat. Namun tentu perlu anda ketahui, informasi terkait dengan besaran biaya dapat berubah sewaktu-waktu.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Leuwi Tonjong

Kegiatan Menarik Leuwi Tonjong
Image Credit: Twitter ASOT perjuangan

1. Bermain Air

Di tempat wisata paling ngehits ini, anda dapat berenang, bersantai menggunakan pelampung, dan kegiatan air lainnya yang tentu dapat membuat perasaan anda menjadi lebih senang.

2. Menjelajahi sungai

Di Leuwi Tonjong, anda dapat melakukan penjelajahan sungai menggunakan rakit. Kegiatan ini merupakan hal yang menarik bagi anda yang suka mengeksplorasi hal-hal baru saat berwisata.

3. Berpiknik

Berpiknik entah itu dengan keluarga atau teman, membuat kemampuan sosialisasi anda dapat berkembang menjadi lebih baik. Kondisi lingkungan yang mendukung juga membuat kegiatan bercengkerama dapat menjadi lebih menyenangkan.

Kegiatan Menarik di Leuwi Tonjong
Image Credit: Facebook SuperAdventure ID

4. Camping

Jika anda menyukai suasana tidur di luar rumah alias camping atau berkemah, anda dapat menjadikan Leuwi Tonjong menjadi spot camping anda untuk lebih dekat dengan alam sekitar Garut.

5. Meditasi

Dalam melakukan meditasi, mayoritas orang akan memilih tempat yang sunyi supaya meditasi yang dilakukan berjalan dengan efektif. Maka dari itu, objek wisata ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menenangkan diri.

6. Fotografi

Berbagai pemandangan alam yang tersaji tentu menjadi obyek fotografi yang menarik untuk setiap pengunjung. Latar belakang foto yang keren juga dapat menghiasi halaman media sosial anda.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Leuwi Tonjong Garut
Image Credit: Google Maps REZZAAF

Leuwi Tonjong mempunyai beberapa fasilitas penunjang yang bisa digunakan pengunung saat berada di tempat indah ini, seperti area parkir, toilet dan mushala. Selai itu, di lokasi wisata juga sudah tersedia warung untuk kebutuhan perut para pengunjung.

Kendati demikian, beberapa fasilitas lain juga perlu dikembangkan supaya para pengunjung dapat menikmati tempat ini dengan lebih nyaman dan tenang.

Tips Berkunjung ke Leuwi Tonjong

Tips Berkunjung ke Leuwi Tonjong
Image Credit: Google Maps Daud Sulaeman

Jika Anda tertarik menjelajah wisata alam yang menawan di Garut ini, berikut tips dan persiapan yang perlu Anda bawa.

  1. Kunjungilah Leuwi Tonjong pada masa musim kering atau kemarau, khususnya pada waktu pagi hari. Karena di waktu inilah, tempat ini berada di puncak keindahan.
  2. Datanglah bersama keluarga dan teman anda untuk menciptakan liburan yangyang menyenangkan dan berdampak pada semakin mengeratnya hubungan satu sama lainnya.
  3. Sediakan baju ganti, makanan, kamera, pengisi daya, dan perlengkapan pendukung lainnya.
  4. Berhati-hatilah ketika bermain supaya tidak menimbulkan cedera dan tetap menjaga keindahan, serta kebersihan Leuwi Tonjong dengan baik.
  5. Gunakan tabir surya sebab anda kan beraktivitas diluar ruangan. Dengan demikian, maka kesehatan kulit anda akan tetap terjaga.
  6. Jangan malu untuk bertanya kepada masyarakat sekitar supaya pengetahuan anda mengenai obyek wisata yang dikunjungi pun semakin bertambah.

Demikianlah ulasan mengenai Leuwi Tonjong yang berada di Garut, Jawa Barat. Jika anda ingin mengunjungi objek wisata alam terkenal ini, anda perlu menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. Hal ini tidak hanya berupa materi, tetapi berbicara juga tentang kesehatan fisik diri sendiri. Selain itu, kita juga harus menjaga Leuwi Tonjong dengan baik supaya keindahannya dapat senantiasa dinikmati dari waktu ke waktu.

REKOMENDASI DESTINASI