15 Makanan Khas Banyumas yang Wajib Anda Coba

Makanan Khas Banyumas

Berkunjung ke tanah ngapak tak lengkap jika melewatkan sajian kulinernya. Pasalnya, banyak jenis makanan khas Banyumas yang akan menggoyang lidah Anda, mulai dari camilan hingga makanan bercita rasa pedas, lengkap tersedia di kota indah ini.

Banyumas merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang terkenal akan logat ngapakya. Selain memiliki banyak tempat wisata, sajian kuliner di kota satu ini juga menjadi hal yang wajib Anda coba. Pasalnya, banyak makanan menggugah selera yang bisa Anda dapatkan disini.

Pada ulasan kali ini, akan dibahas jenis makanan khas Banyumas yang sayang untuk Anda lewatkan begitu saja. Penasaran? Maka Anda pun bisa menyimak ulasannya berikut.

1. Ciwel

Ciwel

Image Credit: Facebook.com (busul.kalibagor)

Jajanan pasar ini menjadi salah satu makanan khas yang wajib Anda cicip. Berwarna kecoklatan dan terasa alot, merupakan ciri khas dari kuliner satu ini. Ciwel sendiri, terbuat dari tepung singkong yang sebelumnya telah direndam dengan menggunakan cairan rendaman jerami padi. Oleh sebab itu, akan memiliki sifat yang basa. Bagi Anda yang ingin mendapatkan kuliner satu ini, maka Anda bisa menemukannya di pasar tradisional.

2. Intil

Intil

Image Credit: Dosenwisata.com

Masih seputar jajanan, intil menjadi salah satu kuliner yang bisa Anda temukan di Banyumas. Terbuat dari singkong atau ketela pohon yang telah dihaluskan. Parutan singkong yang halus tersebut kemudian diperas dan dicampur dengan gula jawa serta bumbu lainnya. Selanjutnya, bahan tersebut dikukus hingga matang. Umumnya, kuliner ini akan disajikan dengan taburan kelapa parut di atasnya. Dengan cita rasa manis, membuat Anda kenyang ketika mengonsumsinya.

3. Soto Sokaraja

Soto Sokaraja

Image Credit: Tampang.com

Soto khas yang berasal dari Banyumas ini memiliki perbedaan dengan soto lain yang kerap kali Anda temui. Biasanya, soto ini akan disajikan dengan irisan ketupat dan sambal kacang yang menggugah selera. Tentu saja, Anda pun akan mendapatkan rasa yang unik dari perpaduan kedua campuran tersebut. Namun, tak perlu khawatir Anda akan tetap menemukan kuah soto kuning yang segar pada hidangan satu ini.

Meskipun jenis soto satu ini bisa Anda temukan di beberapa daerah, namun ketika Anda ke Banyumas maka tak lengkap rasanya jika tak mencicipi hidangan satu ini. Anda bisa menyantapnya di pagi hari untuk sarapan ketika berkunjung ke kota satu ini. Atau ketika Anda kedinginan di malam hari, kuah Soto Sokaraja yang segar ini akan menghangatkan suhu tubuh Anda.

BACA JUGA:  18 Tempat Wisata di Purbalingga Terbaru & Terhits Dikunjungi

4. Kraca

Kraca

Image Credit: Kompasiana.com

Sebagian masyarakat mungkin masih asing terhadap makanan satu ini. Namun, ketika Anda ke Banyumas Anda akan menemukan banyak tempat makan yang menyediakan menu satu ini. Kraca atau yang sering kali disebut kreco merupakan sejenis keong sawah yang memiliki ukuran kecil kecil. Umumnya, kraca dapat diolah menjadi berbagai macam kuliner. Sama halnya seperti di Banyumas yang diolah menjadi aneka masakan yang lezat.

Akan tetapi, nantinya Anda akan kerap menemui kraca ini dimasak dengan menggunakan batang sereh yang memiliki aroma harum. Dengan menggunakan campuran bahan bahan lain seperti bawang, pala, merica dan juga garam, maka keong satu ini akan diolah menjadi masakan berkuah. Untuk cara memakannya sendiri, Anda hanya cukup menyedotnya dengan mulut. Selain itu, Anda juga bisa mencongkel dagingnya dengan menggunakan lidi terlebih dahulu.

5. Jalabia

Jalabia

Image Credit: Instagram.com (@instapurwokerto)

Makanan khas dari Banyumas ini memiliki bahan dasar singkong dan memiliki bentuk seperti donat. Pembuatannya sendiri pun cukup mudah, yakni hanya dengan memarut singkong dan membentuknya menjadi lingkaran yang terdapat lubang di tengahnya. Makanan satu ini sangat pas dinikmati sebagai teman untuk minum secangkir kopi maupun teh.

6. Mendoan Banyumas

Mendoan Banyumas

Image Credit: Resep-rumahan-enak.netlify.app

Meskipun kerap kali ditemukan di berbagai tempat, ternyata mendoan juga menjadi salah satu kuliner khas yang berasal dari Banyumas. Makanan ini merupakan salah satu jajanan tradisional yang terbuat dari tempe dan tepung. Mendoan juga sangat nikmat ketika dicocol dengan menggunakan saus kecap. Dan bagi Anda yang menyukai pedas, cabe rawit adalah pelengkap untuk menikmati sajian satu ini.

7. Tegean

Image Credit: Instagram.com (@silverqueen_sq)

Sayuran bening khas Banyumas ini menjadi makanan selanjutnya yang bisa Anda cicipi saat berada di tanah ngapak. Sayuran ini menggunakan berbagai jenis bahan yang menyehatkan. Pasalnya, di dalam sayur tersebut Anda akan bisa menemukan kentang, kubis, wortel, sawi, seledri, bayam dan muncang. Diracik dengan menggunakan bumbu khusus, maka akan menghasilkan rasa yang sangat unik.

Anda bisa menambahkan taburan bawang goreng untuk membuat kuliner ini semakin lezat. Ketika mencicipi makanan nikmat ini, maka Anda pun bisa menambahkan irisan daging sapi maupun daging ayam, sesuai dengan selera Anda. Bahkan Anda pun akan menemukan hidangan ini dicampur dengan menggunakan bihun. Sehingga, Anda bisa mencicipinya sesuai dengan selera Anda.

BACA JUGA:  16 Wisata Pantai di Semarang & Sekitarnya yang Wajib Anda Kunjungi

8. Kluban

Kluban

Image Credit: Live.staticflickr.com

Bentuk kuliner satu ini sekilas akan terlihat seperti sayur urap. Hanya saja pembedanya kluban menggunakan parutan kelapa yang langsung dicampur bersama sayuran. Sedangkan untuk sayur urap, parutan kelapanya akan dimasak terlebih dahulu. Untuk isiannya sendiri terdiri dari sayuran hijau, kecambah dan juga kacang panjang. Makanan satu ini akan sangat nikmat jika dikonsumsi dengan nasi putih yang hangat.

9. Tomplo atau Templek

Tomplo atau Templek

Image Credit: Akurat.co

Kuliner khas yang berasal dari Banyumas ini terbuat dari proses dan pemilihan bahan yang sederhana. Dengan bahan utama yakni sisa pembuatan tahu atau yang kerap kali disebut dengan ranjem, maka tomplo atau templek ini biasanya akan dipadukan dengan bumbu khusus. Memiliki bentuk yakni bundar tipis, makanan satu ini akan sangat cocok ketika dinikmati selagi hangat, dijamin pastinya akan membuat Anda ketagihan.

10. Kenyol

Kenyol

Image Credit: Dosenwisata.com

Makanan ringan selanjutnya yang bisa Anda temukan di Banyumas adalah kenyol. Terbuat dari campuran tepung ketan dan tepung kanji, Anda akan menemukannya dihidangkan bersama dengan parutan kelapa dan gula merah cair. Untuk rasanya sendiri tentu saja sangatlah enak. Anda bisa mencicipinya dengan ditemani secangkir kopi sekaligus menikmati sore saat berada di Banyumas.

11. Gethuk Goreng Sokaraja

Gethuk Goreng Sokaraja

Image Credit: Pariwisataindonesia.id

Mungkin sebagian besar dari Anda telah mengenal gethuk. Namun, untuk gethuk goreng pastinya akan sangat asing di telinga Anda. Untuk itu, Anda pun wajib mencobanya ketika sedang berada di Banyumas. Meskipun sama sama bernama gethuk, namun kedua makanan ini memiliki cara pembuatan yang berbeda. Hal ini dikarenakan makanan satu ini mengalami dua kali proses memasak.

Pertama, singkong akan direbus terlebh dahulu. Setelah itu, barulah dicampur dengan gula jawa dan dihaluskan. Kemudian dicampur dengan tepung terigu dan tepung beras. Selanjutnya, adonan dibentuk menjadi kotak dan digoreng hingga berubah warna dan memiliki aroma yang harum. Perpaduan manis yang berasal dari singkong dan gula jawa ini akan menjadi ciri khas tersendiri yang wajib Anda coba.

BACA JUGA:  5 Makanan Khas Sukoharjo yang Wajib Anda Coba

12. Lanting

Lanting

Image Credit: Dedepurnomo393.blogspot.com

Makanan satu ini terbuat dari singkong dan memiliki bentuk layaknya angka 8. Lanting sendiri dibuat dari singkong yang diparut dan diperas airnya. Kemudian, barulah dicampur dengan bumbu dan digoreng. Untuk rasanya sendiri yakni asin dan gurih. Namun, saat ini makanan tersebut telah berkembang dengan beragam varian rasa seperti keju dan pedas. Untuk Anda yang sedang berada di Banyumas, maka bisa menjadikan camilan ini sebagai oleh oleh.

13. Buntil

Buntil

Image Credit: Instagram.com (@my.appetite)

Kudapan khas Banyumas ini menjadi makanan wajib yang harus Anda coba ketika berada di kota ngapak. Terbuat dari perutan kelapa muda yang telah diikat dengan menggunakan daun. Untuk menambah selera makan, biasanya ditambahkan teri, ebi, lengkuas, asam, cabai dan bawang. Penyajiannya sendiri, Anda bisa menikmatinya dengan disiram menggunakan kuan santan berbumbu pedas lengkap dengan cabe rawit yang masih utuh.

14. Tahu Gecot

Tahu Gecot

Image Credit: Cookpad.com

Tahu gejot merupakan salah satu makanan yang terbuat dari perpaduan beberapa bumbu. Diantaranya adalah kacang goreng, bawang goreng, bawang putih, garam, cabe rawit, gula jawa, air asam jawa, dan juga kencur. Untuk satu porsinya sendiri, nanti Anda akan mendapatkan kupat yang telah dipotong potong, rajangan kubis, tahu goreng, dan tauge.

Isian tersebut nantinya akan disiram dengan bumbu yang telah diuleg. Selanjutnya, untuk menambah rasa menjadi nikmat, biasanya akan diberikan taburan bawang goreng yang lezat. Sekilas makanan ini mengkin akan terlihat mirip seperti kupat tahu yang sering kali Anda temukan. Dengan mengonsumsi satu porsi tahu gecot akan mampu untuk mengganjal perut Anda yang sedang kelaparan saat berada di Banyumas.

15. Lembutan

Lembutan

Image Credit: Kulinerpurwokerto.id

Lembutan adalah kuliner khas Banyumas yang terbuat dari bahan utama yakni ikan lembutan. Ikan satu ini merupakan ikan tawar kecil yang biasa diambil dari sungai sungai kecil yang ada di Banyumas. Untuk Anda yang ingin mencicipinya, maka Anda bisa menemukannya dengan mudah di warung makan atau restoran yang ada di kota tersebut.

Makanan khas Banyumas memang banyak yang terbuat dari bahan utama singkong. Namun, Anda pun tetap dapat menemukan kuliner lain yang tak kalah lezat saat berada di kota satu ini. Untuk itu, Anda harus mencicipi deretan makanan yang mungkin tak bisa Anda jumpai ketika berada di kota lain. Sehingga, wajib hukumnya bagi Anda untuk mencoba kuliner khas yang ada di kota Banyumas.