10 Makanan Khas Bondowoso yang Wajib Anda Coba

Makanan Khas Bondowoso

Berlibur ke Bondowoso serasa tidak lengkap tanpa mencicipi makanan khasnya. Sajian kuliner yang sudah terkenal dengan citarasanya yang menggugah selera.

Apakah Anda pernah berlibur ke Bondowoso? Jika belum pernah, Anda sangat disarankan datang ke destinasi wisata yang ada di daerah ini untuk menikmati pesonanya yang menarik. Tak hanya itu saja, ada banyak sekali kuliner khas dari daerah ini yang bisa Anda rasakan kenikmatannya. Tentunya sayang jika tidak dinikmati saat berkunjung ke Bondowoso.

Apa saja makanan khas yang wajib Anda coba? Berikut rekomendasi kuliner khas dari Bondowoso yang terkenal enak dan wajib Anda coba.

1. Tape Manis

Tape Manis

Image Credit: Indriainip.blogspot.com

Tape Manis merupakan makanan khas dari kabupaten ini. Kuliner khas ini wajib Anda beli untuk menjadi buah tangan ke kampung halaman tercinta. Tape ini berbeda dengan tape daerah lainnya. Pasalnya rasa yang khas tidak bisa ditemui di tempat lain. Selain itu, harga satu porsi dari tape ini pun cukup terjangkau. Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar dua puluh ribu rupiah saja per kotaknya.

Rasa khas yang manis dan teksturnya yang lembut saat disantap merupakan hal yang membuat tape ini berbeda dengan jenis tape lainnya. Tak heran banyak sekali wisatawan yang selalu membawa pulang sebagai oleh – oleh kuliner khas ini jika bertandang ke Bondowoso. Jika Anda ingin membelinya, Anda harus tahu dulu beberapa yang terkenal seperti Tape Manis 82, Tape Handayani 82, Tape Manis 31 dan Tae Tjap Enak.

2. Pia Tape Khas Bondowoso

Pia Tape

Image Credit: Instagram.com @piarb_jombang

Apabila Anda ingin kuliner yang lebih bervariasi dengan bahan tape, Anda juga bisa menemukannya di Bondowoso. Salah satu olahan kreatif yang pastinya lezat adalah Pia Tape. Tape digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat camilan yang enak ini. Pembuatan dan bahan pokoknya sebenarnya hampir sama dengan pembuatan pia biasa, yang menjadi perbedaan adalah penambahannya dengan rasa tape.

Untuk bisa menyantap kelezatan dari pia tape, Anda bisa menemukannya di banyak tempat di Bondowoso. Makanan ini sangat cocok untuk dijadikan buah tangan jika berlibur di Bondowoso. Harga per box nya dibanderol sekitar dua puluh ribu rupiah. Jika Anda bingung untuk membelinya, Anda bisa datang ke daerah di Jalan Teuku Umar dan Jenderal Sudirman. Pasalnya, di lokasi tersebut terdapat banyak sekali pusat penjualan oleh – oleh khas.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Tulungagung yang Wajib Anda Bawa Pulang

3. Bakso Gulung Bondowoso

Bakso Gulung

Image Credit: Instagram.com @nasyamaiza

Makanan khas Bondowoso yang tidak boleh ketinggalan untuk dicoba selanjutnya adalah bakso gulung Bondowoso. Bakso ini tidak seperti bakso pada umumnya yang berbentuk bulat, namun bakso ini dibuat dengan cara digulung. Teksturnya yang sangat lumer dan lembut ketika disantap, tentunya sangat cocok untuk mengisi perut Anda yang keroncongan setelah mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di Bondowoso.

Untuk menikmati kelezatan dari bakso gulung ini, Anda harus menyiapkan uang sekitar lima belas ribu rupiah untuk membeli satu porsinya. Isinya sudah termasuk dengan bakso gulung, bakso bulat, mie dan juga pelengkap lainnya. Anda bisa menjumpai dengan mudah di banyak tempat di Bondowoso. Bahkan hampir semua objek wisata yang ada di Bondowoso pasti akan menyediakan kuliner khas tersebut.

4. Surma Khas Bondowoso

Image Credit: Mediacakrawala.com

Mungkin sebagian orang masih cukup asing dengan kuliner yang satu ini. Pasalnya, Bondowoso memiliki makanan khas yang mirip seperti kebab. Nama dari kuliner tersebut adalah Surma. Bahan yang digunakan dalam pembuatannya berupa daging cincang yang akan ditambahkan dengan irisan sayur, tomat, mentimun, dan dipadukan dengan saus khas yang sudah diolah sedemikian rupa.

Penyajian dari Surma sendiri juga sama seperti kebab yaitu semua bagan dibungkus dengan kulit tepung, barulah makanan ini bisa dinikmati kelezatannya. Apabila penasaran dengan kelezatannya, Anda bisa datang ke daerah Kampung Arab di Jalan Raya Situbondo, Bondowoso. Harga yang dibanderol pun juga sangat terjangkau, yaitu hanya sekitar tujuh ribu rupiah saja per porsinya.

5. Nasi Mamong Bondowoso

Nasi Mamong Bondowoso

Image Credit: Ksmtour.com

Salah satu kuliner yang tidak boleh ketinggalan untuk Anda coba selanjutnya adalah Nasi Mamong Bondowoso. Kuliner ini merupakan makanan khas dari Bondowoso yang masih menggunakan konsep dari para leluhur dari segi pembuatannya, yakni dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Sedangkan untuk teknik memasak dari Mamong adalah dengan cara dikukus supaya tidak basi.

Selain unik dalam pembuatannya, arti dari nama makanan Mamong ini juga memiliki makna yang menarik yang berarti bingung. Dinamakan seperti ini karena penyajiannya ditemani dengan berbagai macam lauk pauk dan sambal pedas sehingga membuat orang yang akan memakannya akan bingung memakan yang mana dahulu. Untuk harga per porsinya juga relatif terjangkau yaitu hanya sepuluh ribu rupiah saja.

BACA JUGA:  19 Oleh-Oleh Khas Surabaya yang Wajib Anda Bawa Pulang

6. Suwar Suwir

Suwar Suwir

Image Credit: Tribunnews.com

Karena Bondowoso terkenal dengan tapenya, membuat banyak sekali pengusaha yang menginovasi produk dari tape. Salah satunya adalah suwar suwir yang tampak seperti dodol. Maka dari itu, ciri khas yang dihasilkan dari kuliner ini memiliki rasa legit dan juga manis. Bentuknya pun persegi panjang yang tersedia dengan berbagai macam warna yang menarik dan tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Jangan khawatir, untuk bisa mencicipi keunikan rasa dari camilan yang manis dan legit ini, Anda bisa menjumpai mudah di berbagai toko oleh – oleh khas dari Bondowoso. Harga yang dibanderol pun juga sangat bervariasi sesuai dengan ukuran kemasan dan box. Jika ukurannya kecil, maka harga yang dipatok sekitar sepuluh ribu rupiah saja. Sementara untuk kemasan box besar harganya bisa mencapai dua kali lipatnya sekitar dua puluh ribu rupiah.

7. Es Tapai Ngambeng

Es Tapai Ngambeng

Image Credit: Maulanaarjum619.blogspot.com

Bondowoso memang terkenal dengan hasil dari singkong yang sangat melimpah. Tak heran jika banyak kuliner khas yang berbahan dasar dari singkong, seperti misalnya Es Tapai Ngambeng. Tapai Ngambeng ini merupakan minuman yang terbuat dari bahan dasar tape yang dikombinasikan dengan air kapur dan juga gula sebagai tambahan rasa. Tentunya, cita rasa yang dihasilkan dari perpaduan ini sangat unik.

Meskipun kepopuleran dari minuman ini tidak seperti kuliner yang lainnya, ternyata masih banyak penjual yang menyajikan menu minuman ini di Bondowoso. Jadi, untuk Anda yang penasaran dengan rasanya, Anda bisa membelinya dengan mudah ketika berada di Bondowoso. Harga yang dipatok untuk per satu gelasnya hanya sekitar lima ribu rupiah saja dan Anda bisa menikmati kesegarannya.

8. Kopi Blangkon Bondowoso

Kopi Blangkon Bondowoso

Image Credit: Gotravelly.com

Kuliner yang bisa Anda nikmati ketika berkunjung ke Bondowoso di saat cuaca sedang dingin – dinginnya adalah kopi blangkon. Kopi ini mampu menghangatkan suhu tubuh Anda dan menjadi lebih tenang. Pasalnya, pembuatan dari kopi ini menggunakan bahan pilihan yaitu serai, jahe, kunyit, jeruk dan kayu manis. Ada banyak sekali tempat makan yang menjual minuman ini di set menunya. Bahkan kafe dan restoran juga menyediakan kopi blangkon.

BACA JUGA:  17 Tempat Wisata di Pacitan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Proses pembuatannya kopi blangkon tidak jauh berbeda dengan pembuatan kopi pada umumnya. Pertama, kopi diseduh dengan cara menyaring ampas menggunakan filter kertas khusus. Kemudian, di dalam cangkir masukkan semua bahan dan rempah yang dibutuhkan, yang sebelumnya sudah dibersihkan terlebih dahulu. Untuk menambah cita rasa khas pada minuman, biasanya diberikan sirop vanila yang manis dan harum.

9. Rujak Gobet

Rujak Gobet

Image Credit: Limakaki.com

Rujak merupakan salah satu makanan yang sangat terkenal di Indonesia. Rasa dari perpaduan dari bumbu dan juga isinya membuat banyak orang ketagihan jika memakannya. Namun ada yang berbeda dengan rujak yang disajikan di Bondowoso. Hal ini dibuktikan dengan cara penyajian dan juga pemilihan bahannya yang berbeda dengan rujak pada umumnya di daerah lain.

Bahan untuk membuat kuliner ini tentunya singkong, timun, dan juga kuah rujak yang mencampurkan petis Madura. Jika dilihat dari bahannya, pastinya Anda menjadi bingung rasanya akan seperti apa, karena di daerah lainnya, bahan yang digunakan adalah sayur dan buah. Maka dari itu, jika Anda bertandang ke Bondowoso, tidak ada salahnya untuk mencicipi kuliner ini. Per porsinya juga dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau sekitar 400 rupiah saja.

10. Sate Blitar

Sate Blitar

Image Credit: Keluyuran.com

Mungkin Anda berpikiran mengapa Sate Blitar populer di Bondowoso bukannya di Blitar, padahal dari namanya saja sudah kelihatan. Meskipun bukan menjadi makanan yang asli dari Bondowoso, Sate Blitar ini menjadi salah satu hidangan favorit bagi warga lokal. Sehingga Anda jangan terheran jika menjumpai banyak penjual sate Blitar ketika berlibur ke Bondowoso.

Makanan khas dari Jawa Timur ini memiliki rasa yang sangat lezat dan nikmat karena bumbu kacang yang dikombinasikan dengan tusukan daging di dalam satu porsinya. Untuk bisa menikmati rasa makanan khas dari Bondowoso yang pas, Anda bisa datang ke daerah Jalan Letjen Suprapto, Dabasah. Karena di sini banyak sekali penjual yang menyajikan hidangan sate ini.

Itulah beberapa makanan khas Bondowoso yang wajib Anda coba jika berlibur ke daerah ini. Ada banyak makanan khas yang bisa dinikmati dengan bahan dasar tape yaitu pia tape, dan dodol tape bernama suwar suwir. Selain makanan yang khas, terdapat minuman yang tidak bisa dilewatkan begitu saja seperti kopi blangkon, es tapai ngambeng, dan juga rujak gobet khas Bondowoso. Untuk menikmatinya Anda bisa langsung mengunjungi pusat oleh – oleh atau warung dan rumah makan.