6 Makanan Khas Brebes yang Wajib Anda Coba

Makanan Khas Brebes

Sedang berada di kawasan Brebes? Sempatkanlah mencicipi ragam makanan khas daerahnya yang sanggup menggoyang lidah. Meski daerahnya tidak begitu populer, nyatanya beberapa kuliner khasnya sudah tersohor di seluruh penjuru nusantara.

Ketika berlibur ke sebuah daerah tertentu, sepertinya kurang lengkap jika belum mencoba makanan khas daerah tersebut. Seperti halnya berkunjung ke Kota Brebes. Daerah tersebut memiliki beragam pesona wisata yang diiringi kuliner sedap yang sangat menggoda. Untuk mempermudah  Anda  berburu makanan khas Brebes, berikut daftar rekomendasi kulinernya.

1. Sate Blengong

Sate Blengong

Image Credit: Instagram.com @landxplorer

Salah satu kuliner yang menjadi  Anda lan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah ialah Sate Blengong. Kudapan yang tersaji dari daging Blengong ini tak hanya menjadi favorit warga setempat saja, namun kini juga sudah menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung ke Brebes. Secara visual, kudapan ini hampir mirip dengan sate pada umumnya.

Hanya saja, Sate Blengong memiliki ukuran lebih panjang dari sate biasanya. Daging yang dipakai pun merupakan perpaduan antara mentok dan bebek. Rasa dari sate ini sangat khas dan unik. Pasalnya, akibat perpaduan bebek dan mentok tersebut tekstur dari Sate Blengong menjadi sangat lezat. Sate tersebut memiliki serat namun masih terasa lembut saat dikunyah.

Mencicipi Sate Blengong dapat memberikan sensasi baru daripada mengonsumsi sate pada umumnya. Bagi  Anda  yang ingin mencicipi kuliner nikmat khas Kota Brebes ini, bisa mengunjungi salah satu kedai yang terletak di perempatan Islamic Center, dekat Pasar Batang. Di lokasi tersebut,  Anda  bisa berburu Sate Blengong yang dijajakan banyak warung.

Untuk menyantap seporsi Sate Blengong,  Anda  perlu menyiapkan sejumlah biaya. Harga Sate Blengong yang dihitung per satu kodi, dibanderol sekitar Rp 60 ribuan. Sedangkan Sate Blengong masa biasa dibanderol dengan harga sekitar Rp 6 ribuan per tusuknya. Agar lebih hemat,  Anda  bisa membeli seporsi sate dilengkapi ketupat yang dibanderil dengan harga Rp. 12 ribuan saja.

2. Soto Batok Brebes

Soto Batok Brebes

Image Credit: Instagram.com @sotobathok_bunani

Menyantap makanan berkuah seperti soto, biasanya disajikan dengan menggunakan wadah berupa keramik. Namun, di Kabupaten Brebes terdapat sebuah warung soto yang menggunakan bathok sebagai wadah penyajian. Sesuai dengan namanya, kudapan yang satu ini terbuat dari rempah pilihan yang disajikan ke dalam batok kelapa selagi masih hangat.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Blora Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Bahan yang digunakan hampir mirip dengan kuliner soto pada umumnya, hanya saja Soto Bathok memiliki kuah yang bening. Dilengkapi dengan isian berupa irisan kentang, irisan hati ayam, telur rebus, dan ayam suwir membuat soto ini semakin nikmat. Tak lupa beberapa bahan seperti babat, daging sapi, tauge, soun, dan tauge ditambahkan sebagai pelengkap.

Bagi  Anda  yang gemar menyantap makanan pedas, soto ini sangat cocok dijadikan menu santap siang dengan tambahan sambal. Harganya pun juga sangat terjangkau,  Anda  hanya perlu menyiapkan dana sekitar Rp 15 ribuan per porsi. Biasanya, beberapa rumah makan Soto Batok di Brebes menyediakan makanan pendamping seperti tempe atau tahu goreng agar semakin nikmat.

3. Kepiting Soka

Kepiting Soka

Image Credit: Twitter.com @radiokampusitb

Kepiting Soka merupakan salaha satu hasil laut yang menjadi primadona maasyarakat Brebes. Kepiting tersebut kemudiaan diolah sedemikian rupa hingga menjadi kudapan yang sangat nikmat. Kudapan ini tak hanya terkenal di daerah Brebes saja, bahkan beberapa wisatawan yang datang ke Brebes menyempatkan waktunya untuk mencicipi Kepiting Soka.

Untuk pengolahannya, Kepiting Soka dimasak hingga cangkangnya berubah menjadi lunak. Setelah diolah, warna merah menyala membuat tampilannya semakin menarik. Dipadukan dengan saus pedas dan rempah khas, dijamin membuat siapapun pencicipnya merasa ketagihan. Cangkangnya yang lunak menjadikan kuliner ini mudah dikonsumsi.

Dagingnya yang empuk dan bumbunya yang meresap akan sangat nikmat jika dikonsumsi di siang maupun malam hari. Olahan Kepiting Soka bisa ditemukan di berbagai masakan khas nusantara, seperti bumbu rendang, rica rica, asam manis, dan masakan lainnya. Bagi  Anda  yang tertarik untuk mencicipinya, silahkan merogoh kocek sekitar Rp. 50 ribuan saja untuk per porsinya.

Kepiting Soka mengandung gizi berupa Zinc, protein, lemak jenuh, dan sumber omega-3. Kandungan lemak jenuh tersebut sangat cocok untuk  Anda  yang sedang dalam masa diet. Selain itu, mengonsumsi kepiting juga dapat membantu pembentukan sel darah merah dan mencegah penyakit otot atau tulang. Jadi, selain enak Kepiting Soka juga memiliki banyak nutrisi bagi tubuh.

4. Rujak Belut Khas Brebes

Rujak Belut Khas Brebes

Image Credit: Instagram.com @kuliner_brebes

Bagi para penikmat belut, belum lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner khas Brebes yang satu ini. Daging belut yang gurih dipadukan dengan bumbu rujak pecel yang semakin legit. Tak heran, banyak orang yang menjadikan kudapan yang satu ini sebagai makanan yang wajib dicicipi, ketika singgah ke Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

BACA JUGA:  17 Tempat Wisata di Banjarnegara Terbaru & Terhits Dikunjungi

Selain enak dan empuk, sajian Rujak Belut ini dipercaya dapat meningkatkan stamina tubuh. Hal tersebut semakin dibuktikan dengan adanya banyak warung yang menjual kuliner Rujak Belut. Bagi sebagian warga Kabupaten Brebes berpendapat, bahwa makanan ini menjadi satu satu makanan legendaris yanag sudah ada lebih dari 40 tahun lamanya.

Umumnya, belut digunakan sebagai lauk santap bersama nasi. Namun begitu diramu dengan menggunakan bumbu rujak, maka cita rasanya akan lebih nagih dan berbeda dari olahan belut lainnya. Dengan menggunakan resep dan bumbu turun temurun, kuliner yang satu ini sudah mendapat tempat yang tak hanya di lidah, tapi juga di hati para pencicipnya.

Bagi  Anda  yang ingin mencicipi kuliner Rujak Belut khas Brebes, silahkan kunjungi Kecamatan Kersana, Brebes, Jawaa Tengah. Di sana, terdapat salah satu warung legendaris yang menjajakan kudapan Rujak Belut dengan cita rasa khasnya. Agar sajian tersebut terasa lebih nikmat,  Anda  bisa menambahkan sambal, kecap, dan jeruk nipis yang sudah ada di meja warung.

Berbicara mengenai bumbu, pada umumnya pembuatan Rujak Belut ini tak jauh berbeda dengan bumbu rujak pada umumnya. Beberapa bumbu dasar yang digunakan, mulai dari kacang tanah, terasi, cabai rawit, garam, dan kecap. Bahan bahan tersebut dicampur hingga membentuk bumbu rujak seperti pada umumnya. Kemudian, bumbu tersebut dicampur belut yang sudah digoreng.

Teruntuk  Anda  yang sedang berada di kawasan Brebes, sempatkanlah untuk mencicipi kuliner Rujak Belut khas daerah tersebut. Satu porsi Rujak Belut, dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau dan ekonomis yakni sekitar Rp 25 ribu saja. Sebagai informasi, kudapa yang satu ini sudah tersohor hingga ke beberapa daerah di Indonesia.

5. Kupat Glabed

Kupat Glabed

Image Credit: Facebook.com @dewi.yogaswara.1

Kupat Gabled merupakan salah satu hidangan khas Brebes yang juga wajib dicicipi. Kupat Gabled sendiri merupakan sajian yang berasal dari daun pepaya muda dan santan kuning. Santan yang diguyurkan terlebih dahulu dimasak dengan menggunakan kunyit, inilah yang membuat Kupat Gabled memiliki kuah berwarna kuning seperti opor.

BACA JUGA:  10 Makanan Khas Wonogiri yang Wajib Anda Coba

Ciri utama yang membedakan kuliner Kupat Glabed dengan kupat lainnya adalah potongan daging sapi yang berbentuk dadu. Perpaduan antara rasa gurih dan manis menyemarakkan mulut ketika menyantapnya. Di atasnya, ditambahkan bawang goreng yang membuat cita rasanya semakin gurih dan nagih.

Sebagai informasi, olahan Kupat Glabed sulit ditemukan di daerah lainnya. Jadi, selagi berada di Kota Brebes sempatkanlah untuk mencicipi kuliner yang satu ini. Bagi  Anda  yang tertarik mencicipi Kupat Glabed, hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 15 ribuan saja untuk setiap porsinya. Tambahkan sambal dan jeruk nipis agar cita rasa semakin nagih.

6. Nasi Lengko

Nasi Lengko

Image Credit: Foodnesia.net

Nasi Lengko merupakan hidangan berupa nasi hangat dengan taburan lauk pauk di atasnya. Biasanya, kuliner ini ditambahkan beberapa bahan seperti tahu goreng, tempe goreng tauge, dan mentimun. Toping tersebut diberi guyuran sambal kacang yang sangat sedap. Perpaduan rasa manis, gurih, dan asin saling menyatu di mulut saat dimakan.

Cita rasa akan semakin lengkap jika dimakan bersama kerupuk atau bawang goreng. Sebagai informasi, Nasi Lengko merupakan santapan utama jika ingin mengisi perut yang lapar. Tak hanya itu, kuliner ini juga bisa dijadikan menu sarapan untuk mengisi amunisi memulai hari. Sembari mencicipi Nasi Lengko jangan lupa untuk meminum teh manis atau jeruk manis agar lebih bersemangat menjalani hari.

Makanan yang satu ini kaya akan protein dan kalori yang rendah, sehingga tidak akan membuat tubuh  Anda  menjadi gemuk. Menurut sejarah, Nasi Lengko dulunya merupakan makanan yang dibuat ketika ekonomi sedang dalam situasi kekurangan. Seiring dengan berjalannya waktu, kudapan yang satu ini berkembang menjadi kuliner khas Brebes yang wajib dicoba.

Secara visual, Nasi Lengko memiliki kesamaan dengan masakan Nasi Pecel yang ada di berbagai daerah. Bahan bahan yang digunakan pun juga tak jauh dari makanan Nasi Pecel. Biasanya, untuk membuat Nasi Lengko diperlukan beberapa bahan seperti nasi putih, tempe, tahu goreng, dan mentimun.

Itulah beberapa daftar makanan khas Brebes yang wajib dicicipi ketika singgah ke daerah tersebut. Selain mengunjungi tempat wisatanya, jangan lupa untuk menyempatkan diri dengan mencicipi kuliner yang bisa jadi tak dapat ditemui di daerah lainnya. Bagi  Anda  yang ingin berburu oleh oleh khas Brebes, kuliner seperti Kepiting Soka bisa menjadi pilihan yang menarik.