15 Makanan Khas Cilacap yang Wajib Anda Coba

Makanan Khas Cilacap

Berkunjung ke Cilacap tak lengkap bila tidak mencicipi makanan atau hidangan khasnya yang menggugah selera. Inilah kuliner khas dari Cilacap yang wajib Anda coba.

Kabupaten Cilacap adalah salah satu kawasan yang ada di Jawa Tengah dengan batas wilayah dekat dengan Jawa Barat. Oleh sebab itu, kebudayaan serta kuliner yang dimiliki kawasan ini merupakan percampuran antara dua provinsi yang berbeda. Kuliner dari kota ini terkenal mampu menggoyang lidah para penggemarnya, sehingga tak boleh anda lewatkan. Berikut deretan makanan khas Cilacap yang terkenal lezat.

1. Tahu Masak

Tahu Masak

Image Credit: Twitter.com @pegimakan

Secara visual makanan ini tampak seperti hidangan Kupat Tahu, tetapi bila diteliti secara seksama maka jelas berbeda. Perbedaannya terletak pada isian tahu masak yang dipakai, seperti tahu goreng dan sayur mayur di atasnya. Sayur yang dipakai ada dua, yaitu irisan kubis dan seledri yang menambah cita rasa semakin wangi dan unik.

Penyajiannya disiram dengan bumbu kacang, sambal, dan tidak lupa diberi tambahan kerupuk sebagai pelengkap. Cita rasa yang ditawarkan gurih, asam pedas, dan manis serta dibanderol dengan harga sekitar 10 ribu rupiah tiap piring. Yang membuat makanan ini cukup digemari, yaitu rasanya yang unik dan harga yang ramah di kantong serta mudah ditemukan di Cilacap.

2. Sate Martawi

Sate Martawi

Image Credit: Facebook.com @andreas.santana

Seakan tak mau kalah, Sate Martawi jadi salah satu hidangan yang mampu menggoyang lidah anda. Sate ini dibuat dari daging ayam yang telah dipotong dadu, lalu dibalut dengan lemaknya agar bumbu semakin meresap. Yang unik dari makanan satu ini, yaitu potongan daging ayam yang besar dan rempahnya yang meresap hingga ke dalam serta terasa enak.

Anda akan menikmati satu piring kenikmatan sate martawi dengan lontong dan bumbu kacang. Tampilannya seperti sate pada umumnya, tetapi bumbu kacang yang dipakai untuk makanan khas Cilacap satu ini sedikit lebih encer. Para pecinta sate juga tak akan melihat acar disajikan di meja, karena makanan satu ini tidak dinikmati dengan asamnya acar.

3. Brekecek

Brekecek Khas Cilacap

Image Credit: Instagram.com @sally_tjoea

Mengulik asal muasal nama makanan khas dari Jawa Tengah ini diambil dari dua kata yang berbeda. Brek berasal dari bahasa Jawa yang artinya jatuh, sedangkan kecek sebutan untuk bumbu yang dipakai. Brekecek berarti makanan dengan bahan dasar ikan yang diolah dengan bumbu rempah, hingga cita rasa yang disajikan mirip dengan rica rica.

BACA JUGA:  16 Wisata Pantai di Semarang & Sekitarnya yang Wajib Anda Kunjungi

Ikan dalam makanan satu ini diolah dengan cara dikukus dan dicampur bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya. Cita rasa yang disuguhkan gurih, manis, asam, dan pedas yang sangat terasa di kuahnya. Ikon kuliner Kota Industri satu ini sangat mudah ditemukan, bahkan setiap rumah di kota tersebut telah lumrah bila memasak Brekecek.

4. Thempleng

Templeng

Image Credit: Kaskus.co.id

Masyarakat Indonesia sangat menyukai jajanan atau snack yang gurih serta renyah, salah satunya rempeyek. Jajanan ini juga sering kali jadi pendamping makanan utama yang membuatnya jadi lebih enak. Akan tetapi, warga Kota Sukun ini lebih mengenal rempeyek dengan nama thempleng, meskipun memakai adonan yang sama dan cita rasa yang mirip.

Jajanan khas satu ini memiliki variasi isi yang cukup banyak, seperti memakai udang rebon, kacang hijau, teri, bahkan kedelai. Varian tersebut dapat disesuaikan dengan selera masing masing penikmat, sehingga bisa membeli sesuai isiannya. Untuk menemukannya, anda bisa berkunjung ke pasar dengan kemasan yang praktis sehingga bisa dibawa kemana saja.

4. Mendoan

Mendoan

Image Credit: Instagram.com @tempe_mendoan_sahabat_cilacap

Tempe adalah salah satu lauk pauk yang sangat terkenal di Jawa, begitu pula di Cilacap. Akan tetapi, daerah ini memiliki pengolahan yang berbeda untuk menghasilkan tempe yang sangat enak. Mendoan jadi santapan yang terkenal dan enak dari kota ini, sehingga banyak dicari oleh pelancong dari luar kota yang sering kali membelinya dalam jumlah banyak.

Pada dasarnya, makanan ini terbuat dari tempe yang diiris dengan ketebalan tertentu. Lalu digoreng dengan balutan tepung yang membuatnya terasa lebih renyah. Suguhan ini akan semakin nikmat karena tambahan daun kucai, bawang, dan ketumbar yang menonjol di tengah gumpalan tepung. Tempe ini akan semakin nikmat bila disantap dalam keadaan masih hangat.

5. Tempe Dages

Tempe Dages

Image Credit: Twitter.com @yantiearie

Hampir sama dengan hidangan sebelumnya, yaitu mendoan karena balutannya juga pakai tepung. Bedanya, tempe dages dibuat dari ampas tahu yang telah difermentasi selama beberapa waktu. Itulah sebabnya warna tempe ini akan tampak kehitaman, meskipun telah dibalut dengan tepung. Akan tetapi, makanan satu ini cukup digemari oleh masyarakat Cilacap.

BACA JUGA:  14 Tempat Wisata di Cilacap Terbaru & Terhits Dikunjungi

6. Rempeyek Yutuk

Rempeyek Yutuk

Image Credit: Twitter.com @anindhya_n

Tak banyak orang yang familiar dengan istilah Yutuk di makanan satu ini, karena hanya akan anda temukan di perairan Kota Wisata satu ini. Yutuk merupakan sejenis kepiting, tetapi dari segi bentuk tidak terlalu besar. Yang membuatnya semakin unik yaitu kulit hewan ini tak sekeras kepiting, sehingga masih bisa dinikmati bahkan membuat makanan satu ini semakin renyah.

Rempeyek ini dibuat dengan bahan dasar pada umumnya, yaitu tepung beras, terigu, dan tapioka serta bumbu khusus. Tak ketinggalan mencampurkan Yutuk ke dalamnya, lalu diaduk hingga rata dan siap digoreng. Makanan ini mampu menarik minat banyak orang, tetapi sayangnya tidak banyak yang menyajikan dan hanya bisa ditemukan di kawasan pantai di Cilacap.

7. Tahu Brontak

Tahu Brontak

Image Credit: Twitter.com @roulaarte

Secara sekilas jajanan satu ini mirip dengan tahu isi yang biasa ditemukan di kota lain. Akan tetapi, tahu brontak ini dibuat dengan cara yang berbeda sehingga rasanya lebih nikmat. Sebelum digoreng, tahu yang telah diisi kecambah dan kol akan dicelupkan ke dalam kuah santan. Untuk menambah cita rasa, kuah santan ini telah dicampur dengan bumbu halus.

Setelah dicelupkan, tahu brontak dimasukkan ke dalam minyak yang telah panas. Tak lupa untuk menggorengnya hingga kering di luar dan dalamnya agar terasa semakin renyah. Anda akan merasakan sensasi luar biasa dari kecambah, kol, dan balutan santan yang gurih dalam satu gigitan. Tak lupa rasa merica dan ketumbar yang sangat khas.

8. Abon Tuna

Abon Tuna

Image Credit: Facebook.com @aris.setiawan

Abon pada umumnya memakai daging sapi sebagai bahan utama, tetapi Cilacap memakai tuna sebagai penggantinya. Makanan ini dibuat dengan tekstur yang sangat halus, sehingga bisa dinikmati oleh siapa saja. Anda bisa menyantap abon bercita rasa kuat ini dengan nasi yang masih hangat, sehingga akan terasa semakin nikmat.

9. Gembus

Gembus

Image Credit: Twitter.com @_maysuri

Dilihat dari bentuknya, gembus mirip dengan donat tetapi bahan yang digunakan singkong. Singkong yang masih mentah diparut lalu dicampur dengan pati dan bumbu bumbu halus. Setelah itu dikukus hingga matang, kemudian campurkan dengan tepung dan bentuklah bulat kecil kecil. Anda harus menggorengnya di atas minyak panas lebih dulu sebelum menyantapnya.

BACA JUGA:  15 Minuman & Makanan Khas Pekalongan yang Wajib Anda Coba

10. Lotek Cilacap

Lotek Cilacap

Image Credit: Instagram.com @athalia.s.artha_19

Makanan satu ini biasa anda temukan di beberapa daerah di Jawa Barat, tetapi makanan ini memiliki kreasinya sendiri di Cilacap. Masyarakat kota Industri ini menyajikan lotek dengan cara yang khas, yaitu tanpa telur rebus sebagai pelengkap. Sayuran yang dipakai telah direbus, seperti kangkung, bayam, dan tauge lalu disiram dengan bumbu kacang yang khas aroma kencurnya.

11. Menggleng Singkong

Manggleng Singkong

Image Credit: Facebook.com @lilis.k.dewi.94

Di pulau lain makanan satu ini dikenal dengan sebutan singkong balado, tetapi lain halnya dengan kota ini menyebutnya. Menggleng singkong dimasak dengan bumbu yang sangat kaya, bahkan variannya pun banyak. Anda dapat memilih di antara tiga varian rasa, antara lain pedas, asin, dan pedas manis yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat.

12. Lanthing

Lanting

Image Credit: Wikipedia.org

Makanan satu ini bisa anda temukan di berbagai kota di Indonesia, tetapi kota Sukun ini menjadi salah satu produsen terbesarnya. Lanthing merupakan makanan yang hampir mirip dengan kerupuk, tetapi bentuknya seperti angka delapan. Tak jarang, anda juga menemukan bentuk lingkaran kecil dengan cita rasa gurih yang nikmat dipadukan dengan makanan apa saja.

13. Walangan

Walangan Cilacap

Image Credit: Facebook.com @makananfav0rit

Gorengan satu ini turut meramaikan makanan khas kota industri yang cukup digandrungi banyak orang. Walangan biasa anda temukan di depot yang menjual gorengan, tetapi cita rasa yang disuguhkan gurih dan manis. Gurih berasal dari balutan tepung terigu dan beras yang membuatnya renyah, sedangkan manis karena memakai pisang sebagai bahan utamanya.

14. Sup Gurame

Sup Gurame

Image Credit: Twitter.com @hargajajanan

Sup berkuah bening ini memakai bahan protein utama ikan gurame yang terkenal memiliki ikan gurih. Anda dapat menyantap hidangan ini dengan rasa segar di Cilacap dan terasa semakin cocok saat musim penghujan. Hawa yang dingin dapat dilawan dengan hangatnya sup gurame yang kaya akan rasa dan tidak ada lagi rasa amis dari dagingnya.

15. Olahan Sukun

Olahan Sukun

Image Credit: Facebook.com @mandiri.okey.5

Seperti julukannya, Cilacap terkenal dengan hasil pertanian buah sukun sehingga olahan buah ini pun sangat menjamur. Yang paling populer, sukun diolah menjadi stik atau keripik yang sangat renyah. Bentuk stik sukun ini kotak memanjang dan digoreng hingga kering, dengan cita rasa gurih yang nikmat dinikmati saat kumpul bersama keluarga.

Melancong ke salah satu kota di perbatasan Jawa Tengah rasanya tak lengkap bila tidak mencicipi makanan khasnya. Cilacap memiliki beberapa sajian khas yang tak boleh anda lewatkan, mulai dari makanan utama hingga jajanan atau gorengan. Gorengan di kota ini dipastikan membuat anda ketagihan karena renyah dan rasa gurihnya.