10 Makanan Khas Demak yang Wajib Anda Coba

Makanan Khas Demak

Mencicipi makanan khas Demak menjadi kegiatan yang wajib Anda lakukan ketika bertandang ke kota Wali. Anda bisa menemukan berbagai kuliner khas lezat, baik itu camilan, keripik maupun makanan yang disukai para raja.

Demak memiliki julukan Kota Wali. Hal tersebut dikarenakan kota satu ini memang terkenal akan wisata religinya yang wajib untuk Anda singgahi. Setelah lelah berkeliling tempat wisatanya, maka Anda pun bisa melanjutkan untuk menjelajahi kuliner yang ada di kota satu ini.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin mencari makanan khas Demak, berikut akan diulas beberapa kuliner yang dijamin menggoyang lidah Anda. Simak ulasan selengkapnya.

1. Kue Rangin

Kue Rangin Demak

Image Credit: Fimela.com

Bertandang ke kota Demak, tak lengkap rasanya jika Anda tak mencicipi jajanan satu ini. Meskipun Anda kerap kali menemukannya di tempat lain, namun saat mengunjungi daerah satu ini, maka kue rangin menjadi hidangan yang wajib untuk Anda coba. Karena jajanan ini merupakan salah satu kue yang memiliki tekstur kering, maka tak ada salahnya untuk membawa kue khas satu ini sebagai oleh oleh untuk keluarga di rumah.

Kue rangin sendiri memiliki rasa gurih yang akan membuat Anda ketagihan. Terbuat dari tepung beras dan parutan kelapa muda, membuat kue satu ini sangat enak untuk dikonsumsi selagi hangat. Di Demak sendiri, Anda pun akan bisa dengan mudah untuk menemukan kue ini di sepanjang jalan yang dekat dengan tempat wisata. Dengan memiliki harga sekitar 20 ribu rupiah saja per kotaknya, maka Anda pun bisa mencicipi kuliner khas ini.

2. Sop Balungan

Sop Balungan

Image Credit: Garnesia.com

Sop tentu saja menjadi hidangan yang dicari ketika cuaca sedang dingin. Di Demak sendiri, terdapat salah satu kuliner sop yang sangat khas. Pastinya Anda akan ketagihan ketika mencobanya. Pasalnya, kuliner satu ini terbuat dari tulang sapi segar yang dimasak bersama dengan sayuran lainnya. sebut saja seperti kol, wortel, kentang dan juga kacang merah.

Untuk Anda yang tertarik mencobanya, maka Anda bisa mengunjungi salah satu rumah makan yang terkenal akan olahan sup balungannya tersebut. Anda bisa mencoba untuk singgah dan mencicipinya di Rumah Makan Cipto Roso yang berada di daerah Jalan Jepara-Kudus. Bagi Anda yang ingin kesini, maka Anda bisa datang pada jam 10 pagi hingga jam 9 malam. Harga yang dibandrol pun cukup murah yakni sekitar 22 ribuan saja per porsinya.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Tawangmangu Karanganyar yang Paling Hits

3. Kerupuk Catak

Kerupuk Catak

Image Credit: Medium.com

Kuliner khas Demak lainnya yang wajib untuk Anda coba adalah Kerupuk Catak. Kerupuk satu ini memiliki rasa yang gurih dan renyah. Sehingga akan sangat cocok untuk menemani perjalanan Anda selama berkeliling di kota Demak. Kerupuk ini sendiri terbuat dari paru paru ikan besar, seperti ikan manyung ataupun ikan patin. Untuk proses pembuatannya sendiri yakni dijemur hingga ikan tersebut menjadi kering.

Selanjutnya, kerupuk tersebut digoreng tanpa memakai tepung sama sekali. Dengan memiliki kandungan protein yang tinggi maka akan bisa membuat kerupuk tersebut sangat enak untuk dikonsumsi. Namun, bagi Anda yang ingin mendapatkannya maka Anda perlu untuk merogoh kocek yang cukup dalam. Hal ini dikarenakan untuk harga satu bungkusnya yakni mencapai sekitar ratusan ribu rupiah.

4. Botok Telur Asin

Botok Telur Asin

Image Credit: Kulinerbee.blogspot.com

Untuk Anda yang tinggal di Jawa, botok merupakan salah satu jenis makanan yang sudah tak asing lagi. Di Demak sendiri, Anda juga bisa menemukan kuliner yang sangat khas ini. Namun, berbeda dengan daerah yang lain makanan khas Demak ini memiliki isian yakni telur asin. Bahan bahan yang diperlukan untuk membuat makanan ini pun cukup sederhana.

Anda hanya perlu menyiapkan telur asin, parutan kelapa, cabai, daun salam dan juga daun pisang untuk membungkusnya. Untuk bumbunya sendiri terdiri dari lengkuas, bawang merah, bawang putih, kencur dan juga sedikit garam. Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi kuliner ini dengan tambahan sepiring nasi putih yang hangat. Pastinya rasa botok yang lezat ini akan sangat cocok dinikmati dan akan membuat Anda kalap.

5. Brayo

Brayo

Image Credit: Mangrovemagz.com

Brayo menjadi salah satu makanan khas Demak yang mungkin akan terdengar asing di telinga Anda. Hal ini dikarenakan kuliner satu ini hanya bisa Anda temukan di Demak saja. Untuk itu, bagi Anda yang penasaran akan kuliner ini maka bisa berkunjung ke Demak untuk mencicipinya. Brayo sendiri merupakan salah satu keripik yang terbuat dari sayur bayam.

Untuk rasanya sendiri yakni sangat gurih. Sehingga, bagi Anda yang pernah mencobanya tentu saja akan ketagihan dan tak bisa berhenti untuk mengunyah. Bagi Anda yang ingin mencicipinya, maka Anda pun dapat dengan mudah untuk menemukannya di sentra toko oleh oleh yang ada di sekitar kota Wali tersebut. Dengan memiliki harga yang cukup terjangkau, maka Anda pun bisa membeli dalam jumlah banyak untuk keluarga di rumah.

BACA JUGA:  15 Restoran & Tempat Makan di Jepara Paling Enak & Murah

6. Nasi Ndoreng

Nasi Ndoreng

Image Credit: Perpus.jatengprov.go.id

Sebagian besar dari Anda mungkin belum pernah mengenal jenis makanan satu ini. hidangan khas Kota Wali tersebut merupakan makanan favorit bagi masyarakat Demak. Jika Anda melihatnya sekilas, makanan satu ini akan sangat mirip dengan nasi brongkos. Namun, untuk menu satu ini umumnya menggunakan bahan utama yakni nasi hangat dan juga tambahan botok yang sangat enak.

Ditambah dengan bumbu kelapa, maka akan bisa menjadikan makanan satu ini sangat diminati oleh masyarakat. Untuk itu, bagi Anda yang ingin mencobanya maka Anda bisa menemukannya dengan mudah di warung warung yang jual di pagi hari. Pasalnya, menu satu ini memang kerap kali digunakan sebagai kuliner untuk sarapan. Harga yang dibanderol pun cukup murah yakni sekitar 10 ribu saja per porsinya.

7. Wingko Salem

Image Credit: Rumahmesin.com

Wingko Salem sendiri menjadi salah satu makanan yang bisa untuk Anda coba ketika sedang berada di Demak. Memiliki bahan utama yakni tepung ketan yang berpadu dengan gula, garam dan juga kelapa akan menghadirkan tekstur rasa yang gurih, manis dan lezat. Selain itu, jajanan satu ini juga memiliki tekstur yang cukup lembut sehingga akan terasa nikmat ketika disantap.

Tak hanya memiliki rasa yang nikmat, pembuatan makanan satu ini juga menggunakan cara yang masih tradisional. Yakni dengan dipanggang menggunakan oven dan dibakar di atas tungku. Tentu saja cara tersebut akan membuat Anda bisa merasakan rasa yang sangat khas dari makanan satu ini. Dengan memiliki harga yang ramah di kantong, maka wingko salem dapat menjadi salah satu alternatif makanan yang bisa untuk Anda bawa pulang.

8. Nasi Brongkos

Nasi Brongkos

Image Credit: Youtrips.wordpress.com

Ingin menyantap makanan berat saat berada di Demak? Maka nasi brongkos akan menjadi salah satu pilihan yang tepat. Untuk Anda yang ingin mencobanya, maka Anda pun bisa dengan mudah untuk menemukannya di warung ketika makan pagi. Di dalam satu porsinya, biasanya nasi satu ini akan disajikan dengan kacang merah, tahu, tempe, buncis, dan juga kentang. Bahkan beberapa warung juga menambahkan telur maupun ayam sebagai lauknya.

BACA JUGA:  14 Restoran & Tempat Makan di Kudus Paling Enak & Murah

Sajian lauk tersebut kemudian disiram dengan menggunakan kuah yang memiliki bumbu rempah khusus. jika berada di Demak, maka Anda pun wajib untuk mencicipi hidangan satu ini. selain memiliki rasa yang enak, kuliner satu ini juga dijual dengan harga yang sangat ramah di kantong yakni berkisar 10 ribu rupiah saja. Sehingga, Anda pun akan bisa untuk membeli dan mencobanya ketika berada di Demak.

9. Kerupuk Udang Tambak

Kerupuk Udang Tambak

Image Credit: Ranggawisata.com

Kerupuk juga menjadi salah satu kuliner andalan yang bisa Anda cicipi ketika berada di Demak. Dengan memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang renyah membuat Anda akan ketagihan untuk mencoba kuliner khas satu ini. Mempunyai bentuk persegi, umumnya Anda akan menemukan kerupuk satu ini sebagai salah satu menu pendamping di warung makan yang ada di kota Demak.

Untuk itu, bagi Anda yang sedang berkunjung ke Demak maka Anda jangan lupa untuk mampir dan membeli makanan satu ini. Hal tersebut dikarenakan ketika Anda telah mencobanya, maka Anda akan ketagihan dengan jenis kerupuk udang tambak. Untuk mendapatkan kerupuk udang tambak maka Anda bisa membelinya di daerah Tambak Gojoyo dengan harga yang sangat terjangkau, yakni sekitar 10 ribu rupiah saja.

10. Nasi Kropokhan

Nasi Kropokhan

Image Credit: Ranggawisata.com

Tak lengkap rasanya apabila Anda berkunjung ke Demak namun belum mencicipi sajian kuliner satu ini. Hal ini dikarenakan Nasi Kropokhan merupakan salah satu kuliner khas yang bisa Anda temukan di sepanjang kota Demak. Merupakan hidangan favorit para raja, pada nasi satu ini Anda akan bisa menemukan daging kerbau yang berpadu dengan labu putih.

Dengan diberikan bumbu rempah yang khusus maka akan membuat rasanya semakin nendang di lidah. Tak hanya itu saja, kuliner satu ini juga dapat dinikmati oleh segala usia. Hal ini dikarenakan memiliki daging yang cukup lembut, ditambah rasanya yang tidak terlalu pedas menjadi keunggulan dari kuliner satu ini. Untuk Anda yang ingin mencicipinya, maka Anda bisa mengunjungi Pawon Wolu.

Beberapa rekomendasi kuliner khas Demak tersebut tentu saja wajib untuk Anda cicipi. Pasalnya, makanan tersebut belum tentu akan bisa untuk Anda temui di tempat lainnya. Sehingga, Anda pun tak boleh untuk melewatkan kesempatan di dalam mencicipi hidangan yang lezat dan menggugah selera tersebut. Untuk itu ketika berkunjung ke Demak, pastikan untuk mencoba salah satu dari kuliner tersebut.