Kabupaten Gresik terkenal dengan sebutan Kota Santri dan Industri. Selain itu, berbagai makanan khas Gresik juga menjadi idola, favorit dan diburu oleh wisatawan. Wisata Religi, seperti Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim, Sunan Giri, dan makam wali lainnya menjadi penyumbang terbesar wisatawan yang ada di Gresik.

Melihat potensi wisata yang ada, masyarakat Gresik semakin antusias untuk mengenalkan berbagai makanan khas daerah mereka. Berbagai olahan kudapan maupun makanan berat, seperti Pudak, Nasi Krawu, Ndog Bader dan makanan lainnya, kini menjadi populer di telinga maupun di lidah wisatawan. Sehingga menjadi bahan perbincangan masyarakat luar, dan para pemburu kuliner di Jawa Timur maupun di Indonesia.

1. Pudak

Pudak
Image Credit: Twitter Cak Kaji Shuwal Iman

Pudak merupakan makanan sejenis kue, termasuk kudapan tradisional dan melegenda di Kota Gresik. Makanan ini terbuat dari bahan biasa sebagaimana membuat kue, namun memiliki cita rasa luar biasa. Bahan yang digunakan yaitu dari tepung beras, santan kelapa, gula jawa dan air daun pandan yang dicampur hingga menjadi adonan. Setelah itu bungkus dengan pelepah daun pinang, lalu kukus sekitar satu jam.

Jajanan khas Gresik ini memiliki beberapa varian rasa, yaitu rasa original, sagu, pandan, dan gula merah. Jika anda ingin rasa lain, biasanya pre order terlebih dahulu. Apapun rasa yang dipilih, kue ini mempunyai tekstur lembut dan empuk di dalam. Rasa manis dan gurih mendominasi kue tradisional, fenomenal dan legendaris ini. Seringkali wisatawan membeli untuk camilan saat perjalanan, dan sebagai buah tangan.

2. Nasi Krawu

Nasi Krawu
Image Credit: Twitter sbk

Makanan khas Gresik berikutnya yang terkenal di Jawa Timur, bahkan di Indonesia dan cukup fenomenal adalah Nasi Krawu. Makanan ini terbuat dari bahan utama daging sapi suwir yang sudah dibumbui dengan bumbu rempah pilihan. Selain itu, sambal terasi, serundeng, jeroan sapi, seperti hati, paru, babat, limpa dan lainnya, selalu menemani kuliner ini.

Dicampur nasi hangat, cita rasa gurih, pedas, lezat dan nikmat menyatu dalam Nasi Krawu. Sangat cocok disantap untuk sarapan pagi maupun saat makan siang, dan para wisatawan selalu mencari makanan ini ketika berkunjung ke Kota Gresik.

3. Sego Roomo

Sego Roomo
Image Credit: Twitter Gresik Smart Regency

Sego berarti sama dengan Nasi, sedangkan Roomo yaitu salah satu Desa yang ada di Gresik. Sego Roomo adalah kuliner yang berasal dari Desa Roomo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Kuliner ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu, berbahan dasar nasi putih, sayur rebus, dan bumbu khas yang diolah dari tepung beras dan santan.

Sedangkan makanan ini memiliki tekstur sama seperti bubur, namun berwarna orange. Ditambah dengan koya dan sambal merah, membuat kuliner tersebut menjadi mantap serta nikmat. Bagi pecinta dan penikmat rasa gurih serta pedas, Sego Roomo siap memanjakan dan menggoyang lidah anda.

4. Martabak Usus

Martabak Usus
Image Credit: Twitter Mangan Bareng Eson

Martabak Usus adalah salah satu jajanan khas Gresik yang unik dan tidak pernah sepi peminat. Kudapan ini tidak jauh beda dengan martabak pada umumnya, menggunakan bahan dari bihun, wortel dan kubis dipotong iris kecil. Namun yang menjadi khas dan spesial adalah tambahan telur dan usus yang menyatu dengan semua bahan tersebut, serta dibungkus dengan adonan tepung.

Makanan ini tidak menggunakan sambal pedas, akan tetapi pelengkap untuk cocolan yaitu menggunakan petis berwarna hitam. Sensasi rasa gurih dan pedas menghiasi kuliner ini, sangat nikmat dan lezat saat disantap dalam kondisi hangat.

5. Otak-otak Bandeng

Otak-otak Bandeng
Image Credit: Twitter Wong Gresik

Bukan hanya di Sidoarjo, namun Gresik juga kaya akan ikan Bandeng. Bahkan setiap tahun, tepatnya satu pekan sebelum lebaran, selalu diadakan Pasar Bandeng. Sehingga wajar jika Gresik termasuk salah satu daerah penghasil Bandeng terbesar di Jawa Timur. Berbagai olahan Bandeng ada di Kota Santri, termasuk salah satunya yaitu Otak-otak Bandeng.

Makanan khas Gresik ini tergolong lama dalam proses pembuatannya. Awalnya daging bandeng diambil dari kulitnya dengan cara dipukul hingga hancur terlebih dahulu. Setelah semua daging diambil dan tinggal kulitnya yang masih utuh, kemudian diberi rempah dan bumbu rahasia. Proses berikutnya yakni memasukkan kembali adonan daging ke dalam kulit dan dimasak dengan cara dipanggang.

6. Bandeng Sapit

Bandeng Sapit
Image Credit: Instagram Catering Omahan Bu Dewi Sri

Masih seputar ikan bandeng sebagai bahan utama kuliner khas Gresik. Makanan ini dibuat dengan berbagai campuran rempah, diantaranya ketumbar, kunyit, kemiri, bawang putih, dan bawang merah. Sedangkan bumbu pelengkap lainnya yaitu cabai merah, gula jawa, santan kental, jeruk nipis, jinten, garam dan penyedap rasa secukupnya.

Proses pengolahannya sederhana dan mirip dengan proses pembakaran lainnya. satu hal yang menjadikan pembeda adalah adanya capit sebagai alat untuk membakar. Fungsi dari capit ini untuk menahan supaya ikan bandeng mudah dibalik setelah satu bagian matang sempurna.

7. Kotokan Bandeng

Kotokan Bandeng
Image Credit: Instagram Kokicika

Kotokan Bandeng adalah makanan khas Gresik dengan santan kental dan dicampur dengan bumbu rempah khas, seperti bawang putih, bawang merah, kunyit, kemiri, ketumbar, serta lengkuas. Selain itu, bahan pendukung bumbu yaitu cabai merah, cabai hijau, daun jeruk dan daun salam. Bahan pelengkapnya menggunakan nangka muda, belimbing wuluh, tahu dan tempe.

8. Seafood Kerang Hijau

Seafood Kerang Hijau
Image Credit: Facebook Muhammad Sholihuddin

Kuliner ini bernama Seafood Kerang Hijau, terbuat dari bahan utama Kerang Hijau. Kudapan ini mudah ditemukan di sekitar daerah pesisir atau dekat dengan pantai. Kerang Hijau memiliki Protein tinggi, selain itu kandungan lainnya, yaitu Lemak, Karbohidrat, Kalsium, Zat besi, Zinc, Vitamin A dan Vitamin B12, sehingga sangat baik untuk tubuh.

9. Sego Karak

Sego Karak
Image Credit: Instagram agusaudagar | dosenpreneur

Sego Karak adalah perpaduan antara nasi putih yang dicampur dengan ketan hitam, topping serundeng, dan ditambah parutan kelapa, serta menggunakan lauk gimbal tempe. Kuliner ini sangat tepat disantap untuk sarapan atau makan siang, lebih lezat saat dinikmati dalam kondisi panas atau hangat.

10. Sego Menir

Sego Menir
Image Credit: Twitter Suantai & Twenang

Sego Menir ini bukan berasal dari Belanda, sebagaimana panggilan orang Netherlands tersebut. Sego menir adalah kuliner yang terbuat dari beras patah saat proses penggilingan. Sehingga nasi terasa punel, ditambah dengan sayur bayam, kangkung, serta sambal mangga, membuat kuliner ini disukai oleh berbagai kalangan.

Sedangkan lauk yang digunakan biasanya menggunakan dadar jagung, udang goreng, belut goreng, tahu, tempe goreng, dan berbagai lauk lainnya tergantung selera. Olahan makanan ini memiliki rasa gurih dan pedas, namun menyehatkan. Harganya sangat murah, namun biasanya sesuai dengan jenis lauk yang dipilih.

11. Gajih Pinggir

Gajih Pinggir
Image Credit: Twitter Vivalog

Gajih Pinggir merupakan olahan makanan yang unik dan menarik, sangat jarang ditemukan di Jawa Timur, bahkan di Indonesia. Makanan khas Gresik ini terbuat dari bahan utama jeroan ikan, seperti usus, hati, ginjal dan lemak. Biasanya menggunakan jeroan ikan bandeng, karena memiliki kualitas yang lebih baik dari ikan lainnya.

Sedangkan cara memasaknya yaitu dengan di tumis menggunakan campuran bumbu rempah khas Gresik. Ada juga yang mengolahnya dengan adonan tepung seperti lontong sebagai isian. Sensasi rasa pedas dan gurih menyatu dalam kuliner ini, jangan lupa menggunakan nasi panas atau hangat.

12. Ndok Bader

Ndok Bader
Image Credit: Shopee.co.id

Ndok Bader adalah kuliner khas Gresik yang terbuat dari bahan utama Telur Ikan Bader. Jika anda tahu ikan Mujair atau Nila, maka Ikan Bader sama dengan ikan tersebut, namun berwarna silver dan sisik yang lebih terang. Rasanya gurih dan mantap, meskipun tidak menggunakan bahan penyedap tambahan.

Jika anda tertarik dengan kuliner ini, salah satu tempat yang bisa didatangi adalah Desa Lumpur. Kawasan tersebut termasuk salah satu pesisir terbesar di Gresik, jadi tidak sulit menemukan jenis olahan masakan yang terbuat dari bahan utama ikan. Sayangnya, Ndok Bader termasuk kuliner musiman karena termasuk ikan hasil tambak.

13. Bubur Masin

Bubur Masin
Image Credit: Twitter Failasuf Filantropi

Bubur Masin merupakan makanan tradisional Gresik yang legendaris dan disukai banyak orang dari berbagai usia. Terbuat dari bahan serutan jagung, udang, bawang merah, bawang putih, daun bawang, santan dan tepung beras. Selain itu, tambahan bahan seperti cabai rawit, cabai merah besar, cabai hijau besar, belimbing wuluh, daun kemangi, menambah sensasi rasa pedas dan gurih.

14. Arang-arang Kambang

Arang-arang Kambang
Image Credit: Facebook Diyah Rani

Kudapan ini mudah dijumpai saat Bulan Puasa tiba, namun jika ingin menikmati di luar bulan tersebut, maka anda bisa mencoba membuatnya. Bahan yang digunakan yaitu ketan putih, ketan hitam, irisan pisang ukuran sesuai selera, dan tape ketan, lalu disiram dengan kuah santan. Rasa manis dan gurih menyatu dalam kudapan ini, serta sangat cocok untuk buah tangan orang di rumah.

15. Es Siwalan

Es Siwalan
Image Credit: Cookpad.com

Saat berada di Gresik dan tenggorokan terasa kering, mencoba Es Siwalan adalah salah satu solusi yang tepat. Karena selain rasa manis, rasa segar juga akan anda rasakan dalam setiap tegukan yang anda lakukan. Minuman ini terbuat dari bahan dasar buah Siwalan dan dicampur dengan daun pandan, gula merah, air legen dan es batu.

Berbagai kudapan dan makanan berat dengan rasa gurih, pedas, manis dan asin, telah mewarnai makanan khas Gresik. Bagi anda yang sedang dalam perjalanan ke Kota Industri tersebut, mencoba salah satu atau beberapa kuliner merupakan hal yang seru. Sebab anda akan lebih banyak tahu, betapa Indonesia kaya akan kuliner nya.

REKOMENDASI DESTINASI