Daerah Gunung Kidul tidak hanya dikenal dengan wisata alamnya saja, melainkan berbagai makanan khasnya pun menjadi salah satu hal yang tidak bisa dilewatkan. Kulineran dapat menjadi alternatif liburan yang bisa Anda lakukan di kabupaten ini. Anda pun bisa mencicipi sajian makanan khas tradisional dengan cita rasa yang lezat yang mungkin hanya bisa Anda nikmati di Gunung Kidul. Berikut daftar selengkapnya.

1. Tahu Bacem

Tahu Bacem
Image Credit: Twitter.com @pdewielok

Tahu bacem nampaknya menjadi salah satu kuliner yang sudah tidak asing bagi masyarakat di Pulau Jawa. Jika Anda menyukai makanan dengan cita rasa manis, ada baiknya Anda mencoba untuk mencicipi makanan satu ini. selain itu, tahu bacem sendiri merupakan kuliner khas Gunung Kidul yang identik dengan rasa manis gurih dan tampilannya berwarna kecoklatan.

Umumnya, makanan ini akan banyak Anda temukan di warung angkringan dan juga tempat makan lainnya di daerah Gunung Kidul. Sebagian orang menyantap hidangan ini lengkap dengan sepiring nasi uduk yang hangat. Dengan rasanya yang enak tersebut, tentunya akan membuat siapa saja menjadi ketagihan mencoba kuliner satu ini.

2. Oseng Bunga Pepaya

Oseng Bunga Pepaya
Image Credit: Okezone.com

Makanan khas lainnya yang bisa Anda jumpai di Gunung Kidul adalah oseng bunga pepaya. Hidangan ini memang menjadi kuliner khas Gunung Kidul yang memiliki rasa enak dan tidak ada tandingannya. Untuk memasaknya sendiri, biasanya bunga pepaya akan ditumis dengan menggunakan beberapa bumbu seperti cabai dan bahan bahan lain hingga rasanya menjadi gurih dan tidak pahit.

Kemudian, untuk menyantapnya, Anda pun bisa melengkapinya dengan nasi hangat dan juga sambal bawang. Dijamin, Anda pun akan nambah dan tak cukup hanya sepiring saja. bagi Anda yang belum sempat mengunjungi Gunung Kidul untuk mencicipi masakan ini, sebaiknya Anda bisa mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah.

Untuk aromanya sendiri, hidangan satu ini akan didominasi oleh cabai. Untuk Anda yang menyukai makanan pedas, jika membuatnya sendiri pastikan untuk menambahkan ekstra cabai agar rasanya lebih lezat dan juga tidak pahit. Makanan ini pun sangat cocok dinikmati ketika siang hari.

3. Sambal Goreng Krecek Tempe

Sambal Goreng Krecek Tempe
Image Credit: Cookpad.com

Sambal goreng krecek tempe menjadi salah satu hidangan yang bisa Anda temukan di kawasan Jawa Tengah. Dengan rasanya yang pedas dan gurih, pastinya akan membuat Anda ketagihan untuk mencicipinya. Bagi Anda yang merupakan pecinta makanan pedas, sebaiknya jangan ketinggalan untuk mencoba hidangan satu ini.

Dengan rasanya yang pedas dan kuah santannya yang khas, tentunya akan membuat Anda ketagihan. Biasanya ketika Anda menyantap sambal goreng krecek ini, Anda bisa menambahkan tempe sebagai pelengkap. Ditambah dengan satu piring nasi hangat, tentunya akan menjadi menu makan siang yang pas.

4. Empal

Empal
Image Credit: Pidjar.com

Tahukah Anda jika empal ternyata juga menjadi salah satu makanan lhas Gunung Kidul? Makanan ini terbuat dari daging sapi yang rendah lemak. Kemudian, disajikan dengan kelapa parut yang ditambahkan dengan bumbu dendeng ragi. Tentunya mencicipi makanan satu ini akan membuat Anda ketagihan.

5. Sompil

Sompil
Image Credit: Twitter.com @rakosa_fm

Makanan selanjutnya yang bisa Anda coba saat bertandang ke Gunung Kidul adalah sompil. Mungkin makanan satu ini akan terdengar cukup asing di telinga, namun saat berada di daerah ini Anda wajib untuk mencobanya. Sompil sendiri merupakan salah satu lontong yang disajikan dengan sayur tempe kuah santan dengan cita rasa yang pedas.

Umumnya masakan ini disajikan dengan menggunakan daun pisang dan dibentuk mengerucut. Di Gunung Kidul sendiri, sompil adalah salah satu keong dengan cangkang mengerucut. Itulah mengapa makanan satu ini diberikan nama sompil, karena memiliki tampilan yang hampir mirip dengan keong yang mengerucut.

Selain itu, ciri khas dari makanan satu ini adalah memiliki tekstur yang terbilang sangat lembut. Sehingga akan berbeda dengan lontong kebanyakan yang Anda konsumsi. Karena perbedaan tersebut, sebaiknya Anda pun tidak melewatkan sajian yang unik dan enak satu ini ketika berada di Gunung Kidul.

6. Belalang Goreng

Belalang Goreng
Image Credit: Kumparan.com

Belalang goreng adalah salah satu makanan cukup unik yang bisa Anda temukan ketika berada di Gunung Kidul. Makanan satu ini lumayan diburu oleh wisatawan yang sedang berwisata di kawasan ini. meskipun terdengar aneh, Anda perlu tahu bahwa makanan satu ini memiliki protein yang terbilang cukup tinggi.

Namun, bagi Anda yang ingin mencicipinya pastikan untuk membelinya di tempat yang bersih. Sebab, dalam pengolahan belalang ini, memang perlu dibersihkan terlebih dahulu sebelum mengolahnya. Dibuat tanpa menggunakan bahan bahan pengawet, pastinya akan aman untuk dikonsumsi. Jika Anda penasaran, ada baiknya mencoba untuk mencicipinya ketika berada di lokasi satu ini.

7. Sego Abang

Sego Abang
Image Credit: Instagram.com @segoabang.sebloh

Makanan lainnya yang bisa Anda kunjungi ketika berada di Gunung Kidul adalah sego abang. Sego abang yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti nasi merah ini merupakan kuliner khas daerah setempat. Umumnya, makanan satu ini dibuat dari beras merah yang sebelumnya telah dikukus dengan di atas tungku yang mana terbuat dari tanah liat.

Dengan begitu, akan menghasilkan aroma wangi yang khas dari awal menyantapnya hingga suapan terakhir. Untuk menyantapnya, Anda bisa menambahkan ayam goreng kering, tempe tepung dan juga urap urap kacang panjang. Jika Anda berada di Gunung Kidul, pastinya Anda pun akan lebih mudah menemukan hidangan satu ini.

8. Sayur Lombok Ijo

Sayur Lombok Ijo
Image Credit: Facebook.com @daladh-Lodse

Kuliner satu ini juga bisa Anda temui di Gunung Kidul. Sayur lombok ijo merupakan salah satu masakan berkuah dengan kuah santan yang sangat gurih. Lombok ijo sendiri memiliki arti cabai hijau dalam bahasa Indonesia. Sehingga isian pada sayur ini sendiri terdiri dari cabai hijau.

Untuk rasanya sendiri, sayur ini memang terbilang cukup pedas. Hal ini dikarenakan adanya irisan dari cabai hijau rawit yang akan menciptakan cita rasa yang pedas. Selain itu, terdapat pula tempe rebus dan juga kacang panjang yang tersaji di dalam hidangan ini untuk melengkapi sayur lombok ijo.

Dengan cita rasanya yang pedas manis, pastinya hidangan ini akan menggugah selera makan Anda. Oleh karena itu, bagi yang sedang berada di daerah Gunung Kidul, menikmati sajian kuliner ini akan sangat pas. Umumnya Anda akan menemukan sayur lombok ijo pada acara pernikahan ataupun hajatan yang dilakukan oleh masyarakat Gunung Kidul.

9. Nasi Tiwul

Nasi Tiwul
Image Credit: Twitter.com @belangaid

Makanan khas selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja adalah nasi tiwul. Hidangan satu ini terbuat dari bahan utama yaitu gaplek. Gaplek sendiri merupakan singkong yang telah di keringkan. Setelah itu, singkong yang telah dikeringkan tersebut akan dikukus dan jadilah tiwul.

Untuk penyajiannya sendiri, nasi tiwul ini dikombinasikan dengan nasi putih yang hangat. Biasanya juga disediakan pula lauk lauk lain yang menjadi pelengkap makanan satu ini. contohnya seperti ikan asing kering, terong goreng dan juga sambal ijo. Apabila Anda sedang beruntung, maka Anda pun akan bisa menemukan warung yang juga menyediakan kerupuk puli.

Kriuk kriuknya kerupuk puli sudah pasti akan membuat nafsu makan semakin bertambah. Untuk harganya sendiri pun dapat dikatakan sangat terjangkau. Anda bisa membeli makanan satu ini untuk sarapan di pagi hari yakni seharga kurang lebih 7 ribu rupiah saja. pastinya akan membuat Anda ketagihan.

10. Gatot Gunung Kidul

Gatot Gunung Kidul
Image Credit: Twitter.com @craftownjogja

Gatot merupakan salah satu makanan yang memiliki nama cukup asing bagi masyarakat di luar Jawa Tengah. Hal ini dikarenakan kuliner khas satu ini terbilang cukup lama dan menjadi jajanan tempo dulu yang bisa Anda jumpai saat sedang berada di Gunung Kidul. Makanan satu ini terbuat dari singkong yang dikupas terlebih dahulu kemudian di jemur di bawah sinar matahari.

Proses pembuatan selanjutnya adalah setelah singkong kering, gator tersebut akan direndam selama 12 jam penuh dalam air. Barulah setelah mengalami proses perendaman dalam waktu yang lama, makanan satu ini akan dikukus selama 2 jam. Pembuatan kuliner khas Gunung Kidul ini memang membutuhkan waktu yang sangat lama.

Itulah mengapa rasa dari gatot memang sangatlah khas dan juga enak. Bagi Anda yang sedang berada di Gunung Kidul ada baiknya mencicipi menu olahan dari singkong satu ini. Anda pun akan mudah menemukannya di pinggir jalan maupun pasar tradisional ketika menginjakkan kaki di daerah Gunung Kidul.

Umumnya, makanan satu ini akan disajikan dalam keadaan yang hangat dengan menggunakan bungkus daun pisang. Ditambah dengan parutan kelapa, tentunya rasa yang disajikan akan membuat Anda ketagihan. Untuk itu, bagi Anda yang kebetulan kesini ada baiknya mencicipi hidangan khas yang mungkin tidak akan bisa Anda jumpai di tempat lain.

Beberapa makanan khas yang bisa Anda temukan di Gunung Kidul ini memang memiliki rasa yang juara. Bahkan beberapa makanan tersebut memang jarang Anda temukan di daerah lain. Oleh karena itu, apabila Anda kebetulan sedang berada di Gunung Kidul, jangan sampai kelewatan untuk mencicipinya.