15 Makanan Khas Indramayu yang Wajib Anda Coba

Makanan Khas Indramayu

Berkunjung ke Indramayu terasa hampa jika belum mencicipi kelezatan makanan khas daerahnya yang sudah terkenal dengan cita rasanya. Mulai dari makanan berat hingga sederet jajanan tradisionalnya siap menggoyang lidah Anda.

Mengunjungi suatu wilayah rasanya ada yang kurang jika belum mencicipi kuliner khasnya, begitu pula ketika bertolak ke Indramayu. Pasalnya Indramayu sendiri termasuk salah satu wilayah di Jawa Barat yang terkenal akan segudang kuliner lezat yang wajib dicoba saat berkunjung. Inilah beberapa rekomendasi makanan khas Indramayu yang sayang jika dilewatkan.

1. Nasi Lengko

Nasi Lengko

Image Credit: Foodnesia.net

Siapa yang tidak mengenal Nasi Lengko khas indramayu ? Berkat kelezatannya, namanya sudah tersohor hingga ke luar daerah yang membuatnya kerap diburu oleh para wisatawan. Sebenarnya masakan satu ini berupa nasi yang ditambahkan beragam jenis sayuran hijau serta aneka lauk pauk sebagai pelengkapnya.

Rasa ingin menyantapnya pun semakin besar, karena aneka lauk pauknya disiramkan dengan saus kacang yang membuatnya serupa dengan pecel atau rujak. Warga Indramayu sendiri membaginya dengan tingkat kepedasan berbeda, dan dapat disesuaikan dengan selera pemesannya. Umumnya masakan satu ini dijadikan sebagai menu sarapan terbaik.

2. Rumbah Indramayu

Rumbah Indramayu

Image Credit: Cookpad.com

Ketika pertama kali melihatnya, kemungkinan kuliner satu ini terlihat seperti lotek khas Bandung ataupun Gado Gado khas Jakarta. Sebab dalam satu porsinya, masakan satu ini disajikan dengan aneka jenis sayuran yang sebelumnya sudah direbus. Pada tahapan terakhir, semua lauk tersebut akan disiram menggunakan bumbu kacang.

Lalu apa yang membedakannya dengan kuliner lainnya ? Sebelum disajikan di meja pelanggan, masakan satu ini akan diguyur kuah sambal asam yang dicampur bersama dengan air petis. Air petis yang digunakan, sebenarnya sisa air ikan laut ketika dimasak lalu ditambahkan gula merah agar rasanya semakin sedap.

3. Pindang Gombyang Manyung

Pindang Gombyang Manyung

Image Credit: Liputan6.com

Salah satu masakan khas Indramayu yang tidak boleh dilewatkan lainnya yaitu Pindang Gombyang Manyung. Jika dilihat sekilas, makanan satu ini mengingatkan Anda pada gulai karena kuahnya berwarna kuning dan terasa gurih ketika dicicipi. Sebenarnya masakan satu ini terbuat dari olahan ikan manyun utuh atau diambil bagian kepalanya saja, lalu dilumuri aneka rempah agar semakin lezat.

Soal rasa tampaknya tidak perlu diragukan lagi, karena masakan satu ini dicampurkan dengan rempah yang mampu membuat lidah bergoyang. Umumnya masakan ini akan ditambahkan dengan potongan belimbing wuluh untuk memunculkan rasa segar. Rasa masakannya akan semakin lezat ketika disantap selagi hangat.

BACA JUGA:  17 Tempat Wisata di Cianjur Terbaru & Terhits Dikunjungi

4. Pedesan Entog

Pedesan Entog

Image Credit: Instagram.com @arief.photo

Bagi pecinta makanan pedas, sepertinya mencicip Pedesan Entog adalah pilihan tepat. Pedesan Entog sendiri adalah salah satu kuliner yang memanfaatkan daging bebek untuk dimasak bersama dengan bumbu pedas. Meski daging bebek terkenal akan tekstur dagingnya yang tebal dan mengeluarkan bau amis, namun tidak dengan sajian kuliner satu ini.

Pasalnya warga Indramayu mampu mengolah daging bebek dengan benar, sehingga aroma amis tidak akan tercium oleh indra penciuman Anda. Sedangkan bumbu pedasnya membuat rasa masakan semakin sedap, terutama jika dikonsumsi selagi hangat dan disandingkan dengan nasi putih hangat. Apakah Anda sudah pernah mencicipinya ?

5. Karedok

Karedok

Image Credit: Cookpad.com

Dilihat dari tampilannya, kuliner satu ini terlihat bak Gado Gado yang sering ditemukan di daerah lainnya. Sebab karedok sendiri terdiri dari aneka jenis sayuran yang dilumuri bumbu kacang sebagai pelengkapnya. Sayuran yang disajikan pun masih mentah, sehingga Anda bisa mendapatkan vitamin di dalamnya secara utuh.

Aneka jenis sayuran yang dijadikan sebagai bahan utama pembuatan Karedok yaitu kacang panjang, kubis, mentimun, terong, serta tauge. Sedangkan saus kacangnya sendiri dibuat dengan cara yang sama ketika membuat bumbu kacang pada umumnya. Ketika menyantapnya, rasa gurih dan lezat bersatu mesra di dalam mulut.

6. Mie Ragit

Mie Ragit

Image Credit: Kumparan.com

Hampir di seluruh wilayah di penjuru tanah air memiliki kuliner khas yang terbuat dari bahan dasar mie, begitu pula dengan Indramayu. Sebenarnya masakan satu ini terbuat dari jenis mie yang serupa dengan sajian kuliner lainnya, namun yang membedakannya terletak pada penambahan kuahnya yang menggunakan santan sayur santan udang.

Sebelum disajikan, bagian atasnya akan ditaburi dengan telur yang diiris tipis agar lebih mudah dikonsumsi. Cukup dengan mengkonsumsi satu porsi saja sudah bisa berhasil memuaskan perut yang sedari tadi keroncongan. Kuliner mengenyangkan ini pun cukup mudah ditemukan di warung kecil kaki lima, sehingga Anda tidak akan kesulitan menemukannya.

7. Burbacek

Burbacek

Image Credit: Instagram.com @aboutindramayu

Burbacek atau bubur rumah dan cecek tampaknya bisa menjadi menu favorit ketika mengunjungi Indramayu. Sebenarnya kuliner satu ini terdiri dari 3 jenis kuliner yang terdiri dari bubur, rumah, dan cecek lalu digabungkan menjadi satu kesatuan. Soal rasa sepertinya tidak perlu diragukan, karena hingga kini masih banyak wisatawan yang mengincarnya.

BACA JUGA:  10 Taman di Bogor yang Cocok untuk Refreshing

Masakan satu ini terkenal kaya rasa yang membuat siapapun ketagihan mengkonsumsinya. Rasa asam, rasa gurih pedas dari cecek, serta rasa asam pedas yang didapatkan dari rumbah siap menggugah nafsu makan Anda. Wisatawan tidak akan kesulitan menemukannya, karena hampir seluruh warung menyediakannya sebagai salah satu menu andalan.

8. Nagasari

Nagasari

Image Credit: Tribunnewswiki.com

Jajanan ringan khas Indramayu yang memiliki rasa lezat lainnya jatuh kepada Nagasari. Kudapan tradisional satu ini terbuat dari tepung beras, gula pasir, daun pandan, santan kelapa, serta pisang yang dijadikan sebagai isiannya. Rasanya semakin nikmat, karena Nagasari dibungkus menggunakan daun pisang yang mampu mengeluarkan bau harum wangi semerbak.

9. Kue Koci

Kue Koci

Image Credit: Instagram.com @_christine788

Kue Koci masuk sebagai salah satu kudapan yang tidak kalah menarik dicoba. Rasanya tidak perlu diragukan, mengingat tingginya minat masyarakat untuk membelinya. Kue tradisional satu ini dibuat dari tepung ketan yang dibentuk prisma. Pada bagian dalam adonannya akan ditambahkan parutan kelapa yang dimasak bersamaan dengan gula merah.

10. Cimplo

Cimplo

Image Credit: Youtube.com @indramayu channel

Siapa sangka dibalik kepopuleran rasanya yang begitu menggugah selera, ternyata dulunya kudapan satu ini dibuat dengan maksud menolak bala. Kudapan satu ini terbuat dari campuran tepung beras, ragi, gula putih, dan tape singkong yang diaduk hingga merata lalu dibentuk bulat. Pada bagian tengahnya akan ditambahkan gula merah cair.

11. Dodol Indramayu

Dodol Indramayu

Image Credit: Budaya-indonesia.org

Indramayu juga terkenal jajanan tradisionalnya berupa dodol. Meski di daerah lainnya dapat ditemukan jajanan serupa, namun rasa dodol khas Indramayu sedikit berbeda. Pasalnya dodol satu ini dibagi menjadi dua jenis yaitu dodol gula merah dan dodol lolos. Kedua jenis dodol tersebut memiliki keistimewaan sendiri, sehingga Anda bisa memilihnya sesuai selera.

12. Blengep Cotot

Blengep Cotot

Image Credit: Youtube.com @indramayu channel

Kudapan yang tidak kalah lezat untuk dicicipi selanjutnya adalah Blengep Cotot. Pemberian namanya sendiri sesuai dengan karakter kudapannya, dimana gula merah tampak meleleh di mulut ketika Anda menggigitnya. Sebab dalam bahasa Jawa, Cocot memiliki arti sebagai keluar yang menggambarkan jika ada gula merah yang siap meleleh di mulut ketika disantap.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata Instagramable di Bandung Paling Hits

Blengep Cotot terbuat dari singkong yang kemudian dibentuk bulat bulat kecil bak bakpao. Dibandingkan dengan kudapan khas Indramayu lainnya, dapat dikatakan bahwa Blengep Cotot cukup terkenal dan banyak diburu di pasaran. Apabila penasaran dengan cita rasanya yang tiada dua, Anda bisa memburunya di warung jajanan tradisional terdekat saat fajar menyapa.

13. Geblog

Geblog

Image Credit: Instagram.com @sucipurwanty

Geblog masuk sebagai salah satu jenis kudapan khas Indramayu yang sayang dilewatkan. Perlu ditekankan bahwa Geblog khas Indramayu berbeda dengan Geblog yang ada di wilayah lainnya, sebab kudapan satu ini terbuat dari singkong atau ketan hitam. Sayangnya kuliner satu ini sudah mulai sulit ditemukan, padahal rasa yang ditawarkan tidak kalah lezat dengan kudapan lainnya.

14. Orog-Orog

Orog-Orog

Image Credit: Beritaindramayu.com

Dibandingkan kuliner berat, sebenarnya Orog-Orog lebih tepat dikatakan sebagai salah satu kudapan khas indramayu. Sebab kuliner satu ini terbuat dari tepung beras, lalu ditambahkan dengan gula merah dan parutan kelapa di bagian atasnya. Dulunya kuliner ini disajikan saat warga sekitar mengadakan acara tahlilan, namun saat ini sudah mudah ditemukan di pasaran.

Bahkan banyak toko oleh oleh yang menjajakan kuliner satu ini sebagai penawaran terbaiknya. Harga yang ditawarkan pun beragam sesuai dengan ukuran satu bungkusnya, dan rasanya tidak dapat ditolak lidah. Wajar saja jika camilan satu ini banyak diburu wisatawan sebagai buah tangan terbaik bagi keluarga maupun kerabat terdekatnya.

15. Bubur Glintir

Bubur Glintir

Image Credit: Resepkoki.co

Bubur Glintir termasuk sajian kuliner khas Indramayu yang akan mengingatkan Anda pada jajanan tradisional bernama bubur candil. Meski sajiannya tampak serupa, ternyata kedua camilan ini terbuat dari bahan yang berbeda. Sebab bubur Glintir dibuat dari tepung beras yang dicampurkan dengan air hingga kalis, lalu dibentuk bulat bulat kecil dan direbus dengan gula merah dan santan.

Tambahan gula merah pada kuahnya, membuat kuliner satu ini terasa manis namun juga gurih di saat yang sama. Sajian kuliner satu ini banyak ditemukan di saat warga Indramayu mengadakan acara syukuran atas panen perkebunannya. Namun kini wisatawan tidak perlu menunggu hingga panen tiba, karena sajian kuliner ini sudah dapat ditemukan di pasaran dengan mudah.

Terkenal sebagai surganya berburu kuliner lezat yang ada di Jawa Barat, tidak mengherankan jika Indramayu banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Selagi menapakkan kaki di sana, silahkan mencicipi berbagai kuliner lezatnya demi memuaskan perut Anda. Selain makanan berat, Anda juga bisa menemukan jajanan tradisional yang cocok dijadikan buah tangan.