25 Makanan Khas Jawa Barat yang Unik & Terkenal Lezat

25 Makanan Khas Jawa Barat yang Unik & Terkenal Lezat

Berkunjung ke Jawa Barat, Anda bisa menikmati ragam kuliner yang terkenal dengan cita rasanya yang lezat. Inilah beberapa makanan khas Jawa Barat yang unik dan dijamin mampu memanjakan lidah para penikmatnya.

Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang siap menawan lidah siapapun. Apalagi di Indonesia hampir setiap daerah memiliki makanan yang khas, dan mungkin tidak bisa didapatkan di daerah lain. Sama halnya dengan Jawa Barat, provinsi satu ini menawarkan banyak makanan enak untuk dijajal. Berikut deretan makanan khas Jawa Barat yang unik dan menggugah selera.

1. Nasi Lengko

Nasi Lengko

Image Credit: Facebook.com @PaguyubanSedulurTanpaBatas

Nasi Lengko menjadi makanan khas yang berasal dari Cilacap. Panganan satu ini terbilang makanan yang sederhana. Dalam sajiannya, nasi lengko akan disajikan dengan sayur dan juga gorengan. Gorengan yang digunakan adalah tahu tempe goreng yang ditambahkan tauge juga mentimun.

Untuk menambah rasanya agar makin endeus, ditambahkan saus kacang yang gurih. Ada juga tambahan cabai bagi Anda suka pedas. Tidak ketinggalan tambahan bawang goreng yang menggugah selera. Di Cilacap dan sekitarnya Anda bisa dengan mudah menemukan kuliner satu ini. Yang paling terkenal adalah nasi Lengko H. Barno yang ada di Cirebon.

2. Mie Kocok

Mie Kocok

Image Credit: Facebook.com @mahasiswakulineran

Kuliner selanjutnya yang juga wajib Anda cicipi adalah Mie Kocok. Mie Kocok memang tidak setenar mie ayam yang lebih dahulu hadir di seluruh tanah air. Olahan mie ini sendiri sangat kondang di Bandung. Dalam satu mangkuk, Anda akan menemukan mie telur, tauge, sawi dan juga daun bawang. Tidak ketinggalan isian daging yang mirip dengan bakso.

Sekilas makanan ini mirip dengan mie ayam atau mie bakso, tapi tetap saja kuah dan mie telurnya berbeda. Mie kocok Bandung memiliki banyak peminat, terutama wisatawan banyak yang ingin mencicipinya. Tidak hanya memiliki rasa yang nikmat, makanan satu ini juga mengandung gizi yang seimbang antara protein hingga seratnya.

3. Tahu Kuningan

Tahu Kuningan

Image Credit: Twitter.com @ReynaldiDC

Seperti namanya, tahu kuningan memang berasal dari daerah Kuningan. Proses pembuatannya juga dari biji kedelai yang diolah menjadi tahu. Hanya saja, tahu Kuningan memiliki isian yang lebih padat. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai lauk atau cemilan. Tahu Kuningan sangat mantap jika didampingi sambal atau cabai rawit.

4. Karedok

Karedok

Image Credit: Facebook.com @VillaDiBandungMurahHouseinbandungCom

Karedok menjadi kuliner khas Jawa Barat yang juga begitu terkenal. Makanan yang dibuat dari sayur mayur segar ini, disajikan dengan siraman bumbu kacang. Sekilas makanan ini mirip dengan pecel atau gado gado, hanya saja sayurannya merupakan sayuran mentah. Sayuran yang bisa Anda temukan adalah terong, kacang panjang, kemangi, timun, tauge dan kol.

Semua bahan akan diiris menjadi lebih kecil sehingga mudah untuk mengkonsumsinya. Walaupun menggunakan sayur mentah, Anda tidak perlu khawatir akan rasanya. Perpaduan rasa segar dan juga gurih pedas. Makanan satu ini asalnya dari Sumedang, namun tidak pernah absen dari menu di rumah makan Sunda si manapun.

5. Asinan Bogor

Asinan Bogor

Image Credit: Facebook.com @resepsimboke

Tidak hanya Asinan Betawi, Asinan Bogor juga termasuk asinan yang terkenal. Asinan Bogor menggunakan kuah cabai merah yang membuat tampilannya begitu memikat. Tidak hanya kuah pedas, dalam satu porsi asinan Bogor Anda juga akan menemukan potongan sayuran juga buah buahan. Tak jarang keduanya menjadi gabungan yang membuatnya makin endeus.

Sayur yang biasanya dihadirkan adalah kol dan tauge yang dipotong kecil. Sementara untuk buahnya meliputi bengkoang, nanas, salak dan juga jambu. Untuk kuahnya terdiri dari beberapa bahan seperti campuran ebi, gula pasir, cuka dan juga air. Barulah semua bahan yang dipotong dimasukkan ke dalam kuah merah ini.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Bekasi yang Wajib Anda Bawa Pulang

6. Soto Kuning

Soto Kuning

Image Credit: Facebook.com @(Aneka Masakan Makanan & Minuman)

Seperti namanya, soto satu ini memang memiliki kuah kuning yang menggugah selera. Warna kuningnya didapatkan dari kunyit, jadi wajar jika aromanya kunyitnya cukup pekat. Daging yang digunakan pada soto ini beragam, mulai daging ayam, babat, sapi hingga limpa. Tenang saja, semua daging memiliki tekstur yang lembut ketika di mulut.

Anda bisa memilih daging yang sesuai dengan selera Anda. Soto Kuning bisa Anda temukan di daerah Bogor seperti di warung yang ada di Jl. Suryakencana. Dimana warung satu ini tak pernah sepi pengunjung karena rasa sotonya yang jempolan. Soto Kuning akan semakin mantap jika didampingi dengan nasi hangat.

7. Surabi

Surabi

Image Credit: Facebook.com @surabinuy

Makanan tradisional yang masih bertahan hingga saat ini adalah Surabi. Panganan satu ini bisa ditemukan hampir di semua wilayah Jawa Barat. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat serabi adalah tepung beras. Makanan tradisional ini kemudian akan dimasak dengan menggunakan tungku yang dibuat dari tanah liat.

Berbentuk bulat dengan tekstur yang empuk, rasa yang dihadirkan oleh Surabi gurih dan juga legit. Untuk rasa original memiliki rasa manis karena menggunakan kelapa dan gula. Namun kini Anda juga sudah bisa menikmati rasa yang kekinian. Mulai dari rasa keju, coklat, greentea juga rasa lainnya lengkap dengan topping yang menggugah.

8. Peuyeum

Peuyeum

Image Credit: Facebook.com @fazar.asshidiq.5

Makanan khas yang sering diburu sebagai oleh-oleh adalah Peuyeum. Peuyeum sendiri adalah sejenis tape yang berbahan dasar singkong dan pembuatannya dengan cara fermentasi. Makanan satu ini banyak dikonsumsi ketika malam hari karena dianggap bisa menghangatkan tubuh. Anda juga bisa menjadikannya sebagai buah tangan.

9. Rujak Kangkung

Rujak Kangkung

Image Credit: Facebook.com @BeragamResepKreatif5

Rujak umumnya identik dengan makanan yang menggunakan buah buahan kemudian ditaburi bumbu kacang. Namun, di Jawa Barat Anda bisa menemukan rujak kangkung yang wajib untuk Anda jajal. Makanan satu ini memiliki banyak penggemar walaupun secara tampilan tampak sederhana. Kangkung ini akan disiram dengan menggunakan bumbu khusus.

Bumbu yang ditambahkan adalah campuran dari asam jawa juga bahan lainnya. Sehingga rujak kangkung memiliki rasa yang pedas juga manis. Kuliner yang unik ini merupakan khas dari Kuningan dan mudah untuk ditemui. Kangkung akan direbus terlebih dahulu, kemudian disiram dengan menggunakan bumbu yang sudah dihaluskan.

10. Sate Maranggi

Sate Maranggi

Image Credit: Facebook.com @luvinary.club

Menginjakkan kaki di Jawa Barat, jangan sampai Anda melewatkan Sate Maranggi. Sate satu ini merupakan khas Purwakarta yang dibuat dari daging kambing juga sapi. Daging sapi menjadi bahan yang paling banyak digunakan. Yang membuatnya unik, di setiap tusuknya juga dicampurkan dengan gajih.bumbu kecapnya yang manis juga pedas membuatnya terlihat menggiurkan.

Umumnya, sate maranggi akan disajikan dengan acar, sambal tomat dan juga kecap manis. Dalam proses pembuatannya, daging akan lebih dulu direndam dengan beberapa bumbu. Yang jadi istimewa, dalam bumbu rendaman ini ditambahkan dengan cuka lahang. Karena harus direndam dulu inilah sate ini tidak disajikan dengan siraman saus.

11. Tahu Gejrot

Tahu Gejrot

Image Credit: Facebook.com @(Mieyufoods Poso)

Makanan sederhana khas Jawa Barat yang juga memiliki rasa jempolan adalah Tahu Gejrot. Penganan yang berasal dari Cirebon ini dibuat dari tahu goreng yang teksturnya lebih berisi. Tahu akan disiram dengan kuah asam dan beberapa bumbu. Perpaduan antara rasa pedas, asam dan gurih dari tahunya membuat penganan ringan ini memiliki banyak penggemar.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Pangandaran yang Wajib Anda Bawa Pulang

12. Nasi Jamblang Daun Jati

Nasi Jamblang Daun Jati

Image Credit: Facebook.com @(Kuliner Indonesia)

Nasi Jamblang Daun Jati memiliki cerita dibaliknya dan erat kaitannya dengan pembuatan jalan Anyer Panarukan. Karena kerja rodi inilah warga membuat nasi yang telah dibungkus daun jati untuk pekerja. Semula panganan ini disajikan dengan lauk tahu, tempe dan sambal. Saat ini sudah ada 40 pilihan lauk yang menemani, masih dibungkus daun jati yang membuat aromanya berbeda.

13. Batagor

Batagor

Image Credit: Facebook.com @muthibalqis.balqis

Siapa yang tidak kenal dengan batagor? Makanan satu ini menjadi makanan khas yang sudah melanglang buana. Batagor sendiri merupakan singkatan dari Bakso Tahu Goreng. Makanan satu ini biasanya dibuat dari tepung sagu, kulit pangsit dan juga telur. Kemudian akan digoreng dan disajikan dengan bumbu kacang yang nikmat.

Rasanya lebih dominan gurih, walaupun ada beberapa penjual yang memberikan rasa pedas pada bumbunya. Tidak ketinggalan di dalam Batagor Anda juga bisa menemukan tahu yang dipotong kotak kotak. Untuk menemukan Batagor di Jawa Barat bukanlah hal yang sulit. Karena panganan satu ini kerap dijajakan keliling maupun penjual yang mangkal.

14. Lontong Kari

Lontong Kari

Image Credit: Facebook.com @rahmawatii

Lontong menjadi pengganti nasi yang cukup digemari di Indonesia. ada banyak menu makanan yang menggunakan lontong sebagai bahannya. Di Jawa Barat Anda bisa menemukan lontong yang disandingkan dengan kari. Lontong Kari memiliki aroma yang begitu sedap dan membuat siapapun penasaran untuk mencicipinya.

Daging yang digunakan untuk makanan ini bisa berupa daging sapi atau daging ayam. Dalam satu porsi Anda bisa menemukan telur rebus, kemudian di atasnya ditambahkan dengan kedelai goreng juga bawang goreng. Tidak ketinggalan kerupuk yang akan membuat rasanya makin mantap. Makanan satu ini sangat terkenal di kalangan masyarakat sehingga mudah ditemukan.

15. Empal Gentong

Empal Gentong

Image Credit: Facebook.com @(wong cirebon)

Masih belum puas menjelajah kuliner khas Jawa Barat, Anda bisa menjadikan Empal Gentong sebagai pilihan selanjutnya. Makanan menggugah selera ini berasal dari Cirebon dan sangat terkenal di seluruh tanah air. Dinamakan dengan empal gentong karena proses memasaknya memang menggunakan gentong dan diolah dengan cara tradisional.

Daging sapi menjadi bahan utama yang digunakan untuk membuat empal gentong. Tidak hanya menggunakan bagian dagingnya, babat hingga ususnya biasanya akan disertakan. Secara tampilan, makanan satu ini mirip dengan gilai dengan kuah kekuningan. Empal juga akan disajikan dengan kucai juga sambal gandengan yang dibuat dari cabai kering giling.

16. Tutug Oncom

Tutug Oncom

Image Credit: Facebook.com @gaida.chanliehay

Selain karedok, Tutug Oncom juga menjadi makanan yang juga selalu hadir di rumah makan Sunda. Dimana bahan utama dari makanan ini adalah oncom yang merupakan kuliner khas dari Jawa Barat. Seperti dengan namanya, tutug dalam bahasa Sunda berarti menumbuk. Oncom yang telah ditumbuk akan diaduk dengan nasi, oncom ini lebih dulu dibakar atau digoreng.

Perpaduan nasi dan oncom ini sebenarnya sudah bisa langsung dikonsumsi. Tapi biasanya akan disajikan dengan beberapa pilihan lauk. Mulai dari tahu tempe goreng hingga ayam goreng yang dipadukan dengan sambal terasi. Tidak ketinggalan lalapan segar yang akan membuatnya makin nikmat. Kini, Anda sudah bisa membeli oncom instan untuk diolah di rumah.

BACA JUGA:  Danau Lemona, Tempat Wisata Kuliner Kekinian di Tasikmalaya

17. Lotek

Lotek

Image Credit: Facebook.com @paperkampung

Lotek khas Jawa Barat jika dilihat secara tampilan sangat mirip dengan Gado Gado. Ada beberapa jenis sayuran yang direbus kemudian disiram dengan bumbu kacang. Yang membuat lotek berbeda, pada bumbu kacangnya ditambahkan dengan terasi. Dalam sajiannya bisa ditambahkan bakwan, telur, ketupat dan juga kerupuk agar makin nikmat.

18. Makaroni Panggang

Makaroni Panggang

Image Credit: Twitter.com @heijisoo

Selain makanan berat, Anda juga bisa menemukan cemilan khas yang rasanya gurih juga nikmat. Makaroni Panggang Bogor memiliki ukuran yang lebih besar dan juga isian yang lebih beragam. Cemilan khas Jawa Barat satu ini memang banyak digemari oleh beberapa orang. panganan ini memiliki tampilan yang begitu menggugah karena tambahan kejunya.

Isiannya berupa daging serta tambahan rempah yang begitu nikmat. Kandungan protein yang begitu tinggi, membuat panganan ini diburu oleh pelanggan. Tidak hanya bisa Anda jadikan wisata kuliner saat di Bogor, panganan ini juga bisa dijadikan sebagai buah tangan. Memiliki tampilan yang modern, harga yang ditawarkan juga ramah kantong.

19. Tauge Goreng

Tauge Goreng

Image Credit: Instagram.com @witatourdenpasar

Jika melihat namanya, mungkin Anda berfikir jika makanan ini dibuat dari toge yang digoreng. Padahal cara memasak togenya tetap direbus, namun merebusnya menggunakan penggorengan. Dalam satu porsi tauge goreng, Anda akan menemukan mie rebus juga potongan ketupat. Potongan ini akan disiram kuah oncom dan ditaburi dengan toge.

20. Nasi Liwet

Nasi Liwet

Image Credit: Facebook.com @Sitimuntamahoded

Nasi Liwet tidak hanya bisa ditemukan di Solo, tetapi juga ada nasi liwet khas sunda. Dimana nasi akan ditanak dalam wadah dan ditambahkan dengan beberapa bumbu. Bumbunya beragam, dari bawang merah, kemangi, serai, salam, tomat hingga ikan teri. Lauk yang dijadikan pendamping bisa berupa ikan bakar, lalapan, ayam goreng juga tahu bacem.

21. Seblak

Seblak

Image Credit: Twitter.com @nendennafifah

Makanan yang belakangan hits dan merupakan khas Jawa Barat adalah Seblak. Seblak menggunakan bahan utama berupa kerupuk yang kemudian ditambahkan dengan bumbu khusus. Perpaduan rasa pedas dan juga gurih membuat banyak pecinta kuliner menyukainya. Saat ini kehadiran seblak juga makin beragam dengan tambahan ceker sampai sayuran.

22. Laksa Bogor

Laksa Bogor

Image Credit: Twitter.com @EasyWorldNews

Bogor memiliki sajian berkuah yang terkenal nikmat yakni Laksa. Laksa Bogor disajikan bersama dengan ketupat, bihun, oncom dan tauge. Semua bahan tersebut akan disiram dengan kuah kental yang warnanya kuning. Ditambahkan juga serundeng, telur rebus juga daun kemangi. Perpaduan rasa yang ditawarkan akan siap menggoyang lidah Anda.

23. Kupat Tahu

Kupat Tahu

Image Credit: Twitter.com @Justbenn

Tasikmalaya yang menjadi bagian dari Jawa Barat memiliki Kupat Tahu Singaparna yang akan membuat penikmat kuliner ketagihan. Kupat tahu ini disajikan dengan tambahan ketupat, tahu juga tauge yang telah direbus. Semua bahan dipotong kemudian disiram dengan bumbu kacang. Tidak ketinggalan kerupuk bawang di atasnya agar makin lezat.

24. Tahu Sumedang

Tahu Sumedang

Image Credit: Twitter.com @nesamel

Jika menginjakkan kaki di Jawa Barat tidak lengkap rasanya jika tidak berburu Tahu Sumedang. Tahu Sumedang begitu populer di kalangan masyarakat dan banyak penggemar hingga saat. Bagian luar tahu ini memiliki tekstur yang crispy, namun bagian isiannya kopong. Tahu khas Sumedang ini paling pas dinikmati dengan cabai atau cocolan saus.

25. Dorokdok

Dorokdok

Image Credit: Twitter.com @soxxhe

Dorokdok merupakan makanan khas Garut selain dodol yang juga wajib Anda cicipi. Dorokdok sendiri adalah kerupuk kulit sapi atau kulit kerbau yang memiliki tekstur renyah. Rasanya lebih dominan gurih dan sangat cocok untuk dijadikan camilan. Sebenarnya rasa yang dihasilkan tergantung kulit yang digunakan, kulit sapi lebih gurih dan kulit kerbau lebih manis.

Itulah beberapa makanan khas Jawa Barat yang bisa Anda cicipi saat berada di provinsi ini. Dari semua makanan yang telah disebutkan, beberapa merupakan makanan legendaris juga tradisional. Beberapa diantaranya juga bisa dijadikan sebagai buah tangan keluarga di rumah. Menghabiskan waktu kuliner di Jawa Barat Anda akan dipuaskan dengan rasa makanannya.