22 Makanan Khas Jawa Tengah yang Unik & Terkenal Lezat

22 Makanan Khas Jawa Tengah yang Unik & Terkenal Lezat

Jawa Tengah terkenal dengan budaya Jawa yang masih melekat dengan kental dan juga kuliner daerahnya yang lezat. Inilah rekomendasi makanan khas Jawa Tengah yang unik dan mampu memanjakan lidah penikmatnya.

Berada di Jawa Tengah, kurang lengkap rasanya apabila tidak mencicipi hidangan khasnya. Hal ini dikarenakan provinsi yang memiliki ibukota Semarang tersebut memang dikenal memiliki beraneka macam kuliner yang tentunya mampu menggugah selera Anda. Apa saja rekomendasi makanan khas dari Jawa Tengah? Simak ulasannya berikut ini.

1. Tahu Gimbal

Image Credit: Facebook.com @(Alexandra Da Silva)

Makanan pertama yang bisa Anda coba adalah tahu gimbal. Kuliner khas Semarang ini memiliki rasa yang lezat dan cukup populer di kalangan wisatawan. Hal ini tentunya karena sajian unik ini cukup nikmat. Jika Anda mengira bahwa makanan ini hanya berupa sajian tahu goreng saja, tentunya Anda salah besar.

Sebab, dalam satu porsi tahu gimbal akan akan menemukan irisan kol, tauge, lontong, telur dan juga gimbal. Gimbal sendiri merupakan udang yang digoreng dengan menggunakan tepung. Setelah semua bahan dicampur, akan disiram menggunakan kuah dengan bumbu petis udang yang sangat khas.

2. Oseng Oseng Mercon

Oseng Oseng Mercon

Image Credit: Facebook.com @dody.s.saputro

Untuk Anda yang menyukai makanan pedas, tentunya oseng oseng mercon wajib masuk ke daftar makanan di Jawa Tengah yang wajib Anda cicipi. Kuliner ini terdiri dari kikil, kulit, lemak dan tulang muda yang diolah menjadi satu dengan menggunakan bumbu pedas. Rasa yang dihasilkan tentunya memiliki rasa pedas yang membara.

Bahkan bagi Anda yang tidak terlalu doyan pedas, oseng oseng mercon ini akan mampu membuat lidah terbakar. Karena keunikannya tersebut, makanan ini kerap kali dicari oleh wisatawan, terutama pecinta kuliner pedas. Akan tetapi, apabila Anda tidak kuat dengan olahan pedas, jangan sekali kali mencobanya.

3. Sate Bumbon

Sate Bumbon

Image Credit: Facebook.com @(Muhammad Yusman Hendawan)

Berbeda dengan sate yang Anda temui biasanya, sate bumbon termasuk salah satu olahan yang memiliki keunikan dan cita rasa yang enak. Umumnya, sate satu ini memiliki bahan dasar dari daging sapi yang segar. Dimana sebelum proses pembakaran, dibutuhkan beberapa tahapan lain untuk membuatnya.

Sate ini menggunakan bumbu bumbu rempah yang kuat sehingga nantinya bisa menghasilkan rasa yang lezat. Selain itu, keunggulan dari daging sate ini adalah memiliki tekstur daging yang lembut. Ditambah lagi dengan rasa bumbunya yang kental tentunya akan membuat Anda ketagihan.

4. Sate Ambal

Sate Ambal

Image Credit: Facebook.com @ugi.anto.58

Selain sate bumbon, sate ambal juga menjadi salah satu kuliner khas Jawa Tengah yang wajib Anda coba. Jika Anda sedang mampir ke Kebumen, pastikan untuk mencoba makanan khas satu ini. sate ambal sendiri merupakan sajian yang terbuat dari daging ayam. Kemudian, diberikan bumbu kuning untuk memperkuat rasanya.

Jika Anda melihatnya dengan sekilas, sate ini mirip dengan sate padang yang biasa Anda temukan. Namun yang menjadi pembeda adalah rasanya. Sebab bumbu kuning yang dicampurkan dari sate ini terbuat dari tempe rebus yang dihaluskan. Sehingga, ketika Anda mencicipinya maka rasa tempe pun akan langsung Anda rasakan.

5. Tengkleng Gajah

Tengkleng Gajah

Image Credit: Facebook.com @sahrul.laveza

Meskipun memiliki nama Tengkleng gajah, nyatanya makanan ini tidak terbuat dari daging gajah. Hal ini dikarenakan makanan tersebut memiliki porsi yang sangat besar. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat kuliner satu ini adalah daging kambing. Cara memasaknya pun terbilang cukup unik karena menggunakan dua cara.

BACA JUGA:  10 Makanan Khas Sragen yang Wajib Anda Coba

Cara yang pertama adalah dimasak dengan kuah dan cara yang kedua dimasak dengan digoreng. Akan tetapi, keduanya tetap menghasilkan cita rasa yang lezat. Sehingga jika Anda lebih menyukai makanan yang segar, maka Anda bisa memilih tengkleng kuah. Namun apabila Anda lebih menyukai makanan yang kering, tengkleng goreng dapat menjadi pilihan untuk Anda.

6. Lontong Dekem

Lontong Dekem

Image Credit: Facebook.com @AromaDapur

Kuliner legendaris lainnya yang bisa Anda temukan di Jawa Tengah adalah Lontong Dekem. Lontong satu ini banyak Anda temukan di daerah Pemalang. Makanan dengan bahan dasar lontong ini pun memiliki bentuk penyajian yang sangat unik. Hal ini dikarenakan lontong tersebut akan disiran dengan menggunakan kuah santan.

Namun, tak berhenti disitu saja, lontong yang telah disiram kuah santan tersebut dipindah lagi ke tempat lain dengan kuah santan lagi. Hal ini dilakukan secara terus menerus hingga lontong terendam. Oleh karena itu, sajian ini disebut dengan lontong dekem. Dekem dalam bahasa jawa memiliki arti yakni terendam dengan sempurna.

7. Soto Sokaraja

Soto Sokaraja

Image Credit: Facebook.com @anggi238

Apabila Anda sedang berada di Banyumas, maka wajib hukumnya untuk mencicipi soto sokaraja yang terkenal akan kelezatannya tersebut. Berbeda dengan soto yang lain, soto sokaraja memiliki rasa yang sangat khas. Kekhasannya tersebut terletak pada ketupat dan sambalnya yang terbuat dari kacang.

Sehingga, bagi Anda yang tidak terlalu menyukai makanan pedas tak perlu khawatir. Sebab sambal dari soto ini tidak memiliki rasa yang pedas. Selain itu, ciri khas lain dari soto satu ini adalah memiliki kerupuk cantir dalam penyajiannya. Kerupuk satu ini terbuat dari bahan dasar ketela pohon, sehingga akan memiliki cita rasa yang unik pada soto tersebut.

8. Soto Kudus

Soto Kudus

Image Credit: Facebook.com @ismardianto.ismardianto.1

Soto kudus memang sudah tak perlu diragukan lagi kelezatannya. Makanan yang berasal dari Kudus ini kerap kali dicari wisatawan ketika sedang berkunjung kesana. Keunikan dari kuliner ini adalah terletak pada penyajiannya. Soto ini disajikan dengan menggunakan mangkok yang kecil.

Kemudian, di dalam mangkok tersebut berisi potongan daging kerbau yang disiram dengan kuah bening asam khas Jawa. Untuk satu mangkuk biasanya terdapat isian yakni bawang goreng, nasi, mie, daun seledri dan juga tauge. Namun, terkadang Anda juga bisa menambahkan menu tambahan lain seperti perkedel, sate telur puyuh dan juga gorengan.

9. Nasi Penggel

Nasi Penggel

Image Credit: Facebook.com @KebumenKab

Kuliner khas lain yang bisa Anda jumpai di Jawa Tengah adalah Nasi Penggel. Makanan yang berasal dari Kebumen ini memang menjadi favorit bagi para pelancong. Nasi penggel sendiri dijuluki dengan nama tersebut lantaran pembuatannya yakni dengan mengepal ngepalkan nasi hingga menjadi bulat.

Kemudian, setelah nasi menjadi bulat, barulah Anda bisa menyajikannya dengan sayuran dan juga aneka lauk yang lain. Keunikan lain dari nasi satu ini adalah nasi tersebut disajikan diatas daun pisang pincuk. Kemudian, Anda juga bisa menambah berbagai macam lauk yang tersedia seperti jeroan sapi, tahu, tempe dan juga kulit.

10. Nasi Bogana

Nasi Bogana

Image Credit: Facebook.com @sahrul.laveza

Nasi bogana ini sekilas mirip dengan nasi campur. Namun, perbedaannya adalah menu satu ini memiliki lauk yang lebih lengkap. Dimana dalam satu porsi Anda akan bisa mendapatkan serundeng, tahu tempe daging dan juga telur serta sayuran. Dengan porsinya yang komplit tersebut, hidangan ini sangat cocok untuk makan siang Anda.

BACA JUGA:  15 Minuman & Makanan Khas Tegal yang Wajib Anda Coba

11. Nasi Goreng Tembakau

Nasi Goreng Tembakau

Image Credit: Facebook.com @khan.joly.5

Di daerah Temanggung, Anda bisa menjumpai salah satu kuliner yakni nasi goreng tembakau. Memiliki nama yang unik, makanan satu ini tidak menggunakan bahan tembakau sama sekali. Melainkan hanya menggunakan biji tembakau saja. dengan menambahkan biji tembakau pada bumbunya, ternyata membuat aroma dan rasa dari nasi goreng ini sangat lezat.

12. Mie Ongklok

Mie Ongklok

Image Credit: Facebook.com @Irwan

Mie ongklok adalah salah satu sajian di Jawa Tengah yang terkenal oleh wisatawan asing maupun lokal. Hidangan ini sendiri sebenarnya adalah olahan mie rebus yang diracik dengan menggunakan berbagai bumbu dan bahan lainnya. Selain itu, untuk kuah mie ini sendiri menggunakan tepung kanji. Sehingga akan memiliki tekstur yang kental dibanding dengan mie lain.

Dalam satu mangkuk mie ongklok, berisi daun kucai, kol, dan juga mie. Selain itu, Anda bisa menambahkan bahan bahan lain seperti sate sapi, tempe kemul dan juga keripik tahu. Tentu saja, dengan berbagai bahan tersebut akan membuat cita rasa dari mie satu ini sangatlah enak.

13. Mangut Beong

Mangut Beong

Image Credit: Facebook.com @dapurmasakanid

Mangut Beong adalah makanan yang berbahan dasar ikan beong, yakni ikan yang memiliki bentuk seperti lele. Ikan satu ini mempunyai daging yang lembut dan juga lebih padat. Apabila diolah dengan bumbu mangut tentunya akan memiliki rasa yang nikmat dan khas. Oleh karena itu, Anda pun wajib mencobanya saat sedang berada di Semarang.

14. Nasi Liwet

Nasi Liwet

Image Credit: Twitter.com @HarmonisasiUniv

Nasi liwet merupakan salah satu hidangan khas Jawa Tengah yang telah tersohor. Kuliner ini adalah nasi yang disajikan dengan menggunakan potongan ayam dan labu siam. Dalam proses pembuatannya sendiri nasi liwet ini cenderung hampir sama dengan nasi uduk yang menggunakan santan. Namun, dari segi rasa tentunya berbeda dan akan membuat Anda ketagihan.

15. Getuk Goreng

Getuk Goreng

Image Credit: Facebook.com @cicipennekrambalek

Getuk mungkin menjadi kuliner yang sudah tak asing bagi sebagian orang. Namun, untuk getuk goreng mungkin Anda akan jarang mendengarnya. Getuk goreng ini menjadi salah satu makanan khas Jawa Tengah yang wajib Anda coba. Hal ini dikarenakan rasanya yang sangat lezat dan beda dari getuk yang lain.

Kuliner satu ini memiliki proses penggorengan dalam pembuatannya. Sehingga hal ini akan membuat rasanya cenderung lebih gurih dan juga masin. Bahan bahan yang digunakan untuk membuat getuk goreng antara lain gula jawa dan pastinya singkong. Adanya bahan gula jawa inilah yang menjadikan rasanya manis nan legit.

16. Garang Asem

Garang Asem

Image Credit: Facebook.com @(Suparni)

Olahan makanan yang dimasak dengan menggunakan bahan dasar ayam dan santan ini memiliki rasa yang sangat khas. Sebelumnya, ayam dimasak dulu menggunakan daun pisang. Kemudian, barulah diolah dengan memakai santai. Garang asem ini termasuk jenis kuliner yang memiliki cita rasa pedas.

Namun tak hanya pedas saja, adanya rasa asam pada kuliner ini menjadikannya sangat segar ketika dikonsumsi siang hari. Anda pun bisa menyantap garang asem ini dengan menggunakan nasi dan juga tambahan lauk lain seperti tempe goreng, perkedel hingga ayam asam manis.

17. Nasi Grombyang

Nasi Grombyang

Image Credit: Facebook.com @dwi.andikapujangkoro

Nasi grombyang adalah salah satu kuliner khas Jawa Tengah yang penyajiannya dengan menggunakan kuah yang lebih banyak. Sehingga nasi yang ada di dalam mangkuk tersebut akan terasa bergoyang atau grombyang grombyang. Itulah mengapa nasi ini diberikan nama yakni nasi grombyang.

BACA JUGA:  22 Tempat Wisata di Karanganyar Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Dalam isiannya sendiri, menu ini terdiri dari nasi, daging kerbau dan juga kuah segar. Kuah tersebut diracik dengan menggunakan bumbu khusus sehingga menghasilkan rasa yang enak. Tentunya ketika Anda berada di Jawa Tengah wajib untuk mencoba hidangan yang lezat satu ini.

18. Brekecek

Brekecek

Image Credit: Facebook.com @sahrul.laveza

Saat Anda berkunjung ke Jawa Tengah, pastikan untuk mencicipi brekecek. Hidangan satu ini terbuat dari bahan dasar yakni kepala ikan laut atau ikan pathak. Brekecek ini menjadi salah satu makanan khas yang telah banyak diketahui oleh pelancong lokal. Sehingga bagi Anda yang penasaran, Anda pun bisa menemukannya di Jawa Tengah.

19. Dawet Ireng

Dawet Ireng

Image Credit: Facebook.com @andina.saraswati.35

Jika Anda biasanya mendapati dawet memiliki warna hijau, maka di Jawa Tengah Anda wajib mencicipi hidangan yakni dawet ireng. Dawet yang memiliki warna hitam pekat ini ternyata menggunakan warna hitam yang alami. Warna tersebut didapatkan dari abu jerami yang berwarna hitam.

Meskipun menggunakan warna dari abu jerami, namun Anda tidak perlu khawatir. Hal ini dikarenakan rasa dari minuman satu ini sangatlah enak. Bahkan ketika Anda menyantapnya akan memberikan rasa dan sensasi yang menyegarkan. Selain itu, di dalam pembuatannya sendiri dawet ireng menggunakan pemanis yakni gula jawa asli. Sehingga rasanya pun akan lebih enak.

20. Nasi Gandul

Nasi Gandul

Image Credit: Facebook.com @(Menu Masakan Khas Jawa)

Sebagian orang mungkin sudah sering menjumpai nasi gandul. Makanan yang berasal dari pati ini memiliki penyajian yang banyak dibilang menyerupai nasi uduk. Hal ini dikarenakan ketika menyantapnya, Anda tidak membutuhkan piring melainkan menggunakan daun pisang.

Untuk rasanya sendiri pun tidak perlu diragukan lagi karena sangatlah gurih. Selain itu, makanan ini sangat pas apabila dikonsumsi ketika sarapan. Dalam pembuatannya sendiri, nasi gandul menggunakan bahan dasar yakni daun pandan. Dengan begitu akan membuat aromanya sangat enak dan pastinya menggugah selera.

Dalam penyajiannya, dalam satu menu nasi gandul ini biasanya akan ditambahkan irisan daging sapi yang telah diolah dengan bumbu khusus sehingga memiliki rasa yang enak. Selain itu, ketika Anda menyantapnya rasa segar juga bisa Anda rasakan. Sebab, nasi gandul memiliki kuah segar yang akan membuat Anda ketagihan.

21. Tempe Mendoan

Tempe Mendoan

Image Credit: Facebook.com @(Backpacker Nusantara)

Tempe mendoan adalah sajian tempe yang dimasak dengan menggunakan tepung. Akan tetapi, terdapat perbedaan antara tempe mendoan dengan tempe tepung yang biasa Anda buat di rumah. Perbedaan tersebut terletak dari namanya yakni mendoan. Mendoan ini memiliki arti yakni sebagai masakan yang cara pembuatannya digoreng dengan menggunakan minyak panas.

Dan di dalam menggorengnya juga tidak terlalu lama. Sehingga nantinya tempe tersebut tidak terlalu kering atau matang. Akan tetapi, justru inilah yang membuat rasa tempe mendoan menjadi lebih enak. Tempe ini memiliki rasa yang enak dan membuat Anda ketagihan. Tak mengherankan banyak wisatawan yang ingin mencicipi olahan satu ini.

22. Tahu Petis

Tahu Petis

Image Credit: Facebook.com @sahrul.laveza

Salah satu jenis kuliner yang tak bisa Anda lewatkan ketika berada di Jawa Tengah adalah tahu petis. Camilan yang juga kerap kali dijadikan lauk ini sebenarnya adalah tahu goreng biasa. Namun yang menjadikannya enak adalah adanya bumbu petis dan cabai hijau untuk menikmatinya.

Bumbu petis ini terbuat dari udang yang dimasak dan diaduk secara terus menerus. Sehingga nantinya menjadi kental dan sangat enak apabila dicocol dengan tahu goreng. Oleh karena itu saat berada di Jawa Tengah, Anda wajib mencicipi hidangan ini. bahkan Anda pun bisa membawanya sebagai oleh oleh untuk keluarga di rumah.

Ada banyak sekali makanan khas Jawa Tengah yang harus Anda coba ketika menginjakkan kaki di provinsi ini. Sebab kuliner tersebut memiliki rasa yang khas dan terkadang mempunyai bentuk penyajian yang unik. Dengan begitu, wajib hukumnya bagi Anda mencicipi salah satu makanan tersebut saat berada di Jawa Tengah ketika sedang berlibur.