20 Makanan Khas Jawa Timur yang Unik & Terkenal Lezat

20 Makanan Khas Jawa Timur yang Unik & Terkenal Lezat

Setiap provinsi di Indonesia selalu menyimpan ciri khas tersendiri, baik dari objek wisata, budaya hingga kulinernya. Begitu pula dengan Jawa Timur yang bisa dijadikan tujuan menikmati kuliner lezat. Inilah deretan makanan khas Jawa Timur yang unik dan dijamin memanjakan lidah penikmatnya.

Jawa Timur termasuk daerah yang menyimpan banyak pesona di Pulau Jawa. Mulai dari pegunungan, pantai hingga wisata buatan bisa Anda temukan di Jawa Timur. Tidak hanya itu, provinsi satu ini juga terkenal dengan cita rasa kulinernya yang jempolan. Saat berkunjung, Anda bisa sekalian mencicipi makanan khas Jawa Timur yang unik dan populer.

1. Rawon

Rawon

Image Credit: Facebook.com @yudi.suwei

Bagi sebagian pecinta kuliner, nama rawon sudah tidak asing lagi di kalangan pecinta kuliner. Rawon sendiri berbahan dasar daging sapi dengan kuah coklat kehitaman. Karena warna kuah inilah yang menjadikan kuliner satu ini dikenal dengan nama Rawon. Warna hitamnya didapatkan dari bahan yang dinamakan Kluwek,

Hampir di semua daerah Jawa Timur Anda bisa menemukan kuliner satu ini. Terutama di daerah Surabaya, Pasuruan hingga Malang. Dalam sajiannya, Anda akan menemukan nasi yang disiram dengan kuah dan daging sapi lembut. sebagai pelengkap terdapat toge, sambal dan juga bawang goreng. Akan sangat pas jika Anda juga menikmatinya dengan kerupuk udang.

2. Soto Lamongan

Soto Lamongan

Image Credit: Facebook.com @resepdaribeberapasumber

Selain rawon, Anda juga bisa mencicipi nikmatnya Soto Lamongan yang bisa ditemukan di banyak tempat di Indonesia. memang olahan berkuah ini sudah mengekspansi daerah lainnya. Tetapi jika mencicipi di kota asalnya tentunya akan berbeda. Yang membedakan soto lamongan dengan soto lainnya adalah koyah yang biasanya ditaburkan di atasnya.

Koya adalah bubuk gurih yang dibuat dari bawang putih dan juga kerupuk udang. Tambahan koya di atasnya akan membuat rasa soto semakin gurih. Untuk kuahnya cenderung berwarna kekuning kuningan dengan daging ayam lembut. Selain ayam, soto Lamongan juga disajikan dengan perasan jeruk nipis, kol, sambal dan daun seledri.

3. Rujak Cingur

Rujak Cingur

Image Credit: Facebook.com @metube.id.official

Makanan khas Jawa Timur yang memiliki banyak penggemar selanjutnya adalah Rujak Cingur. Makanan satu ini berasal dari Surabaya, yang juga bisa Anda temukan di beberapa kota di Jawa Timur. Cingur sendiri adalah bahan dasar hidung atau bibir dari sapi maupun kerbau. Cingur kemudian dibuat rujak dengan tambahan bahan bahan lainnya.

Bahan tambahannya bisa berupa sayuran dan juga buah buahan serta bahan lainnya seperti lontong atau tahu tempe. Bumbu rujak cingur merupakan perpaduan dari kacang tanah goreng, gula merah, petis dan cabai. Setelah itu semua bumbu akan diulek dengan tambahan air agar lebih encer. Bumbu ini akan disiram di isian yang sudah di potong potong.

4. Nasi Tumpang

Nasi Tumpang

Image Credit: Aefworkshop.com

Nasi Tumpang atau yang juga akrab disebut dengan sego tumpang juga bisa Anda cicipi ketika di Jawa Timur. Makanan satu ini merupakan makan khas Kediri yang menjadi jujugan para pemburu kuliner. Dinamakan dengan Nasi Tumpang karena ditambahkan kuah sambal tumbang di atas nasinya. Sambal tumpang sendiri dibuat dari tempe basi atau tempe bosok.

Tempe tersebut kemudian diolah dengan tambahan ayam juga kulit rambak dengan aroma yang khas. Tak jarang beberapa juga menjadikan menu sambal tumbang sebagai tambahan pecel. Biasanya akan disajikan dengan bungkus daun pisang yang membuat aromanya makin harum. Anda juga bisa memilih lauk tambahan sesuai selera.

BACA JUGA:  Rowo Bayu Banyuwangi, Objek Wisata Hits yang Terkenal Dengan Kisah Mistisnya

5. Nasi Krawu

Nasi Krawu

Image Credit: Facebook.com @kitcatindonesia

Menjelajah Jawa Timur dan tiba di Gresik, Anda tidak boleh melewatkan kuliner khasnya yang paling kondang yakni Nasi Krawu. Nasi Krawu khas Gresik sangat terkenal dan diburu oleh para pecinta kuliner. Kuliner satu ini termasuk makanan yang sederhana, dimana dalam Anda akan menemukan daging sapi suwir yang ditambahkan dengan serundeng dan sambal terasi.

Semua lauk pauk ini diletakkan di atas nasi hangat yang kemudian dibungkus daun pisang. Selain itu, Anda juga bisa memilih lauk lain seperti jeroan sapi atau semur daging agar rasanya makin nendang. Disebut dengan nasi krawu, karena makanan ini memang dicampur campur. Mengingat kwaru sendiri berarti campur dalam bahasa Jawa.

6. Gado-Gado

Gado-Gado

Image Credit: Facebook.com @rina.ningsih.338

Sebenarnya, Anda tidak hanya bisa menemukan gado gado di Jawa Timur saja. Karena di beberapa kota lainnya Anda akan menemukan olahan bumbu kacang ini. Tetapi gado gado di Jawa Timur berbeda. Anda bisa menemukan perbedaannya pada isian dari makanan yang dianggap sehat ini. Mulai dari sayuran rebus, tempe, tahu, kentang, ketupat dan juga telur rebus.

Semua bahan tersebut akan dipotong dan di siram dengan sambal kacang yang kental. Sambal kacang pada gado gado Jatim memiliki rasa yang lebih gurih dan nikmat. Untuk menikmatinya, Anda bisa menambahkan sambal agar ada rasa pedasnya. Tidak lupa kerupuk yang akan ditaburkan di atas gado gado, semakin menambah kelezatannya.

7. Rujak Soto

Rujak Soto

Image Credit: Facebook.com @affandy.ivan7

Jika Anda ingin mencicipi kuliner unik, maka Anda wajib mencicipi Rujak Soto. Makanan khas Jawa Timur satu ini berasal dari Banyuwangi. Seperti namanya, makanan ini memang gabungan dari dua makanan yakni rujak serta soto. Rujak yang digunakan adalah rujak sayur yang kemudian ditambahkan soto ayam. Soal rasa Anda tak perlu khawatir soal rasanya karena jempolan.

8. Lontong Balap

Lontong Balap

Image Credit: Facebook.com @kotafm.sby

Makanan dengan nama unik khas Jawa Timur selanjutnya adalah Lontong Balap. Jangan berpikir jika lontongnya akan balapan atau mengikuti kompetisi. Dalam sajian lontong balap, Anda akan menemukan lontong, tahu goreng, lethok dan juga tauge. Semua bahan tersebut juga akan ditambahkan bumbu seperti kecap, bawang goreng dan juga sambal.

Semua bahan yang sudah disusun di atas piring akan disiram dengan kuah yang segar. Perpaduan rasa yang dihadirkan dijamin akan membuat lidah bergoyang. Sajian lontong balap akan semakin lengkap jika ditambahkan dengan sate kerang. Dinamakan dengan Lontong Balap karena penjualnya berebut pembeli, sehingga mirip sedang balapan.

9. Nasi Pecel

Nasi Pecel

Image Credit: Facebook.com @agankopi.official

Makanan khas yang juga bisa dengan mudah ditemukan di tanah Jawa adalah Nasi Pecel. Di Jatim sendiri ada beberapa kota yang terkenal dengan pecelnya yaitu Madiun dan Blitar. Selain kedua kota tersebut, masing masing kota juga memiliki ciri khas tersendiri. Makanan yang dibuat dari sayuran rebus kemudian disiram bumbu kacang yang khas memang menggugah selera.

Agar tidak penasaran, Anda bisa menjelajah rasa pecel di Jawa Timur. Nantinya akan menemukan sendiri perbedaannya. Entah pada bumbunya yang lebih pedas atau manis, atau terletak juga pada cara penyajiannya. Tetapi secara garis besar, makanan satu ini akan disajikan dengan peyek kacang dan pembeli bisa bebas memilih lauk yang diinginkan.

10. Lodho Ayam

Lodho Ayam

Image Credit: Facebook.com @mafrikhatun.muharini

Untuk melanjutkan wisata kuliner di Jawa Timur, Anda tak boleh melewatkan nikmatnya Lodho Ayam. Lodho Ayam atau ada yang menyebutnya Ayam Lodho merupakan panganan khas Tulungagung. Menu satu ini merupakan andalan kota Tulungagung yang sangat mudah untuk Anda temukan. Banyak sekali warung yang menyediakan menu satu ini.

BACA JUGA:  19 Wisata Pantai Terhits di Malang yang Wajib Anda Kunjungi

Seperti namanya, bahan yang digunakan adalah ayam. Ayam yang digunakan kebanyakan ayam kampung karena akan menghasilkan kaldu lebih mantap. Ayam akan diolah dengan bumbu khusus dengan resep turun temurun. Lodho Ayam sendiri ada yang memiliki kuah kental ada juga yang encer. Rasanya pedas, gurih dan membuat siapapun ketagihan.

11. Sate Madura

Sate Madura

Image Credit: Facebook.com @nayla.dimas.96

Makanan yang juga harus Anda cicipi berikutnya adalah Sate Madura. Dinamakan dengan sate Madura, karena memang menjadi menu khas Madura. Olahan daging panggang dengan tambahan bumbu kacang satu ini memang bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. daging yang dijadikan sate beragam, mulai dari daging ayam dan juga daging kambing.

Yang membuatnya berbeda, sate Madura akan dibakar dengan arang yang dibuat dari batok kelapa. Perpaduan daging lembut dengan bumbu sate yang gurih membuat lidah siapapun bergoyang. Di atasnya nanti akan ditambahkan dengan bawang merah mentah yang telah diiris tipis. Tidak lupa sambal yang membuatnya semakin menggugah selera.

12. Bakso Malang

Bakso Malang

Image Credit: Facebook.com @4FashionLoverscom

Siapa yang menolak kenikmatan dari olahan daging yang berbentuk bulat ini? Makanan khas kota Malang ini selalu diburu pecinta kuliner saat singgah di kota Malang. Mengingat walaupun tersedia banyak penjual di penjuru Indonesia, rasanya tak akan semantap di tempat aslinya. Cita rasa bakso Malang memang tak perlu diragukan lagi.

Yang membuat bakso Malang berbeda adalah jenis baksonya yang banyak. Mulai dari bakso biasa, bakso goreng, bakso urat, bakso telur hingga bakso mercon. Belum lagi, isiannya juga banyak pilihan, mulai dari pangsit basah serta kering, tahu, mie, lontong dan lainnya. Kuahnya yang bening dengan kaldu yang gurih akan membuat lidah Anda dimanjakan.

13. Tahu Campur Lamongan

Tahu Campur Lamongan

Image Credit: Twitter.com @Ariesanaenwan21

Kuliner yang berasal dari Lamongan memang terkenal dengan rasanya yang memuaskan. Dan bagi Anda yang sedang ada di Jawa Timur, pastikan untuk mencicipi nikmatnya Tahu Campur. Layaknya nama yang disematkan, makanan satu ini berbahan dasar tahu. Tahu akan ditambahkan dengan daging sapi dan beberapa isian lainnya.

Anda bisa menemukan toge segar, mie atau bihun, salad, dan juga perkedel. Semua bahan tersebut akan dipotong potong lebih dahulu. Setelah itu ditambahkan dengan bumbu petis yang membuat rasanya makin gurih. Masih belum selesai, akan disiram dengan kuah kaldu yang sedap. Menikmati tahu campur sebaiknya selagi masih hangat karena rasanya makin jempolan.

14. Sego Tempong

Sego Tempong

Image Credit: Gotravelly.com

Kuliner khas Jawa Timur masihlah banyak dan wajib untuk Anda cicipi saat menjelajah provinsi ini. Sepertinya misalnya Sego Tempong yang tak pernah gagal membuat banyak lidah memujinya. Makanan satu ini berasal dari ujung Jawa Timur yakni Banyuwangi. Memiliki rasa yang sangat pedas, sangat cocok untuk Anda yang menyukai makanan pedas.

Sego Tempong berarti memukul atau menampar, nama ini sangat menggambarkan bagaimana pedasnya. Kudapan satu ini akan disajikan dengan sayur pelengkap seperti, bayam rebus, kenikir dan juga kemangi. Tidak lupa pilihan lauk beragam seperti ayam goreng hingga seafood. Jangan lupakan sambal pedasnya yang wajib untuk dijajal.

15. Bebek Sinjay

Bebek Sinjay

Image Credit: Facebook.com @foodcatalogue

Para pecinta olahan bebek harus merapat dan mencicipi sajian satu ini. Bebek Sinjay merupakan makanan khas dari Jawa Timur yang paling banyak direkomendasikan. Makanan satu ini berasal dari Bangkalan, yang masih menjadi bagian dari Pulau Madura. Bebek kaya rempah ini sangat pas jika disandingkan dengan nasi hangat yang pulen.

BACA JUGA:  35 Tempat Wisata di Blitar Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tidak ketinggalan kremesan yang menambah cita rasa dan menghadirkan tekstur cruncy. Sajian bebek sinjay makin komplit jika dicocol dengan sambal mangga muda. Jika biasanya daging bebek cenderung ulet, maka Anda tak akan menemukan pada kuliner satu ini. Daging bebek yang dihadirkan begitu lembut dan bumbunya meresap hingga dagingnya.

16. Pecel Lele

Pecel Lele

Image Credit: Facebook.com @nur.vitamin.5

Pecel Lele menjadi kuliner yang sangat akrab bagi masyarakat Indonesia. Mengingat hampir di seluruh tanah air, Anda bisa menemukan makanan satu ini. Menu satu ini biasanya akan hadir di pinggir jalan pada malam hari. desain warung tenda yang hampir mirip membuatnya memiliki ciri khas dan selalu menjadi andalan.

Dan rupanya pecel lele merupakan kuliner khas Jatim, tepatnya dari daerah Lamongan. Berbahan dasar lele yang kemudian di goreng, pecel lele akan disajikan dengan sambal khas, lalapan dan nasi hangat. Perpaduan ini memang membuat siapapun ingin menambah porsi lagi. Di warung tenda pecel lele, Anda bisa menemukan banyak menu yang tak kalah jempolan.

17. Lontong Kupang

Lontong Kupang

Image Credit: Facebook.com @odewida.wida

Melanjutkan perjalanan rasa Anda di Jawa Timur, Anda juga harus mencicipi kuliner yang dikenal dengan nama Lontong Kupang. Bagi Anda yang memang berasal dari Jawa Timur pasti familiar dengan kuliner satu ini. Anda bisa dengan mudah menemukan makanan ini di Pasuruan, Sidoarjo dan juga Surabaya, walaupun di kota lain juga ada yang menjualnya.

Bahan yang digunakan untuk membuat makanan ini selain lontong adalah kupang. Kupang merupakan jenis hewan yang mirip kerang tetapi ukurannya kecil. Kupang putih inilah yang menjadi rahasia nikmatnya kudapan satu ini. Dengan tambahan beberapa bumbu, salah satunya petis menjadi makanan ini siap untuk memanjakan lidah Anda.

18. Tahu Tek

Tahu Tek

Image Credit: Facebook.com @wijayahadiw

Di Jawa Timur memang banyak olahan yang menambahkan bumbu kacang dan juga lontong di dalamnya. Jika Anda belum puas dengan olahan tersebut, Anda wajib menjajal Tahu Tek. Makanan sederhana ini terdiri dari tahu goreng yang ditambahkan dengan lontong, kentang goreng, tauge juga timun. Semua bahan yang sudah ditata akan disiram dengan bumbu kacang.

Bumbu kacang ini memiliki tambahan petis dan juga kecap yang membuat warnanya coklat kehitaman. Setelah itu di atasnya akan ditambahkan taburan bawang goreng juga kerupuk. Perpaduan rasa manis, gurih dan pedas begitu nikmat.Tahu Tek bisa Anda temukan di Surabaya dengan sangat mudah. Penjualnya biasanya akan berkeliling pada malam hari.

19. Pecel Semanggi

Pecel Semanggi

Image Credit: Facebook.com @travelingyuk

Panganan satu akan Anda temukan di Surabaya, yang dibuat dari daun semanggi. Daun semanggi sendiri, biasanya tumbuh di irigasi atau di pematang sawah. Daun semanggi akan direbus terlebih dahulu, setelah itu ditambahkan dengan bumbu khusus. Tidak ketinggalan kerupuk yang membuatnya unik. Di Surabay sendiri, Semanggi banyak dijajakan di siang hari.

20. Sambal Wader

Sambal Wader

Image Credit: Facebook.com @(Mamaku Seorang Koki)

Untuk menutup perjalanan kuliner Anda di Jawa Timur, Anda bisa menjadikan Sambal Wader sebagai pamungkas. Makanan satu ini berasal dari Mojokerto dan berbahan dasar ikan. Ikan yang digunakan adalah ikan wader yang ukurannya kecil. Ikan berukuran kecil ini akan disandingkan dengan sambal yang khas. Disandingkan dengan nasi hangat akan membuat Anda ingin nambah.

Itulah beberapa makanan khas Jawa Timur yang bisa Anda jajal saat berkunjung di provinsi ini. Masih ada banyak inovasi hidangan khas yang bisa Anda coba saat di Jatim. Tak hanya makanan berat, jajanan hingga cemilannya juga tak kalah menggoda. Sebagian juga bisa dijadikan sebagai buah tangan. Jadi makanan mana yang akan Anda coba lebih dulu saat di Jatim?