15 Makanan Khas Kebumen yang Wajib Anda Coba

Makanan Khas Kebumen

Selain memiliki destinasi alam yang memukau, Kebumen juga menawarkan beragam sajian makanan khas yang terkenal menggugah selera dan layak Anda coba saat berkunjung.

Pulau Jawa memang memiliki sejuta pesona yang tidak akan habis untuk dibahas. Kebumen yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah memang memiliki potensi wisata alamnya yang sangat berlimpah. Tak hanya itu saja, Kebumen juga terkenal akan beragam sajian kuliner khasnya yang sangat menggugah selera para wisatawan yang datang bertandang kesini.

Beragam kuliner khas tersebut merupakan kebanggaan bagi masyarakat sekitar. Berikut daftar makanan khas Kebumen yang menarik untuk dicoba.

1. Nasi Penggel Kebumen

Nasi Penggel Kebumen

Image Credit: Tribunnews.com

Sajian kuliner khas Kebumen pertama ini terdiri dari nasi dan kikil atau jeroan sapi. Ditambah lagi dengan sayur nangka dan kuah santan, yang membuat nasi penggel menjadi lebih nikmat. Hidangan khas Kebumen satu ini memiliki bentuk yang hampir sama seperti bola kecil yang disajikan di atas daun pisang yang sudah dipincuk.

Uniknya, untuk satu pincuk daun pisang biasanya berisikan tujuh hingga delapan nasi penggel. Menyantap sajian kuliner ini pun menggunakan sendok yang berasal dari daun pisang yang ditekuk. Makanan khas Kebumen ini sangat cocok dijadikan sebagai menu makan siang ketika perut keroncongan. Sudah pernahkah Anda mencicipinya ?

2. Soto Ayam Petanahan

Image Credit: Bosmeal.com

Sesuai dengan namanya, hidangan khas satu ini memang berasal dari Pantai Petanahan, Kebumen. Soto Ayam Petanahan merupakan salah satu sajian kuliner yang sangat populer di kalangan para wisatawan yang datang berkunjung ke Kebumen. Isiannya sendiri terdiri dari suwiran ayam yang lengkap dengan tauge.

Menariknya, sajian kuliner ini dalam penyajiannya tidak menggunakan nasi melainkan ketupat yang telah dipotong menjadi beberapa bagian. Soto Ayam Petanahan ini dikenal dengan kuahnya yang sangat kental berwarna kuning, serta kaya akan rasa rempah. Makanan ini sangat cocok disantap ketika masih hangat sambil menikmati pemandangan pantai yang indah.

3. Soto Tamanwinangun

Soto Tamanwinangun

Image Credit: Kompasiana.com

Soto dikenal menjadi salah satu kuliner khas yang menyegarkan dan banyak disukai oleh banyak orang di berbagai kalangan. Tidak mengherankan apabila sajian kuliner ini terdapat di berbagai wilayah, namun tentunya memiliki suatu khas yang membedakannya, misalnya saja Soto Tamanwinangun khas Kebumen.

Tak hanya disajikan dengan daging ayam saja, sajian kuliner khas Kebumen ini pula biasanya menggunakan daging entok atau itik serati sebagai pelengkapnya. Kuah yang dimiliki oleh Soto Tamanwinangun ini pun sangatlah lezat, karena terdapat perpaduan antara kuah santan dan kaldu entok. Bila Anda ingin menyantap sajian kuliner ini tak perlu khawatir, karena sangat mudah dijumpai di Kebumen.

BACA JUGA:  15 Makanan Khas Cilacap yang Wajib Anda Coba

4. Sate Ambal

Sate Ambal

Image Credit: Wikipedia.org

Hidangan khas Kebumen selanjutnya ini merupakan olahan sate ayam kampung yang berasal dari Kecamatan Ambal, Kebumen. Meski terlihat sama dengan sate pada umumnya, namun yang menjadi unik dari makanan satu ini ialah bumbunya yang sangat lezat. Bumbu tersebut lebih encer serta memiliki warna yang kuning kecoklatan.

Jika dilihat sekilas, bumbu tersebut nampak seperti kuah padang. Namun siapa sangka bila bumbu sate ini terbuat dari tempe yang telah direbus kemudian dihancurkan hingga halus. Mungkin terdengar aneh ketika sate dipadukan dengan tempe, namun siapa sangka jika cita rasa yang tercipta justru membuat siapapun ketagihan mengkonsumsinya.

5. Yutuk Goreng

Yutuk Goreng

Image Credit: Lucymutia.blogspot.com

Yutuk merupakan salah satu jenis hewan laut yang banyak hidup di pesisir pantai. Ciri cirinya sendiri yaitu memiliki cangkang dan mirip dengan undur undur. Bagi masyarakat Kebumen sekitar pesisir pantai, biasanya mengolah Yutuk menjadi beragam kuliner yang sangat menggugah selera.

Misalnya saja diolah menjadi campuran peyek, bakwan, dan beragam kuliner lainnya. Ketika digoreng Yutuk akan berubah warna menjadi kemerahan layaknya kepiting yang telah selesai dimasak. Tekstur cangkangnya tidak keras, sehingga Anda dapat menyantapnya tanpa perlu merasa kesakitan. Sajian kuliner khas Kebumen ini sangat cocok jika dinikmati dengan nasi hangat.

6. Ayam Es Bening

Ayam Es Bening

Image Credit: Facebook.com @ayamkampungesbening

Memiliki nama yang cukup unik, sajian kuliner ini memang berasal dari Desa Es Bening, Kebumen. Hidangan Kebumen ini merupakan olahan ayam kampung goreng yang sudah dibumbui menggunakan rempah rempah khas. Uniknya, ternyata makanan khas ini telah dirintis sejak zaman penjajahan.

Dulu Ayam Es Bening dibuat oleh Mbah Khalimah yang awalnya hanya berjualan ayam mentah saja. Makanan khas Kebumen ini pula dapat disimpan di dalam freezer dan bisa bertahan hingga lima bulan. Dengan beragam rempah khasnya tersebut membuat cita rasa dari Ayam Es Bening menjadi lebih lezat dan nikmat.

7. Sale Pisang

Sale Pisang

Image Credit: Putratravel.net

Sajian kuliner Kebumen ini bisa dijadikan sebagai oleh oleh terbaik ketika berkunjung kesini. Sesuai dengan namanya, hidangan khas ini memang terbuat dari bahan utamanya yaitu pisang yang telah diiring tipis kemudian dikeringkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari. Proses pembuatannya tersebut membuat pisang ini menjadi lebih awet dan tahan lama.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Purworejo yang Wajib Anda Bawa Pulang

Pisang yang telah dijemur tersebut digoreng dengan menggunakan tepung terigu dan diolah bersama gula. Olahan tersebut menciptakan cita rasa yang begitu legit dan juga gurih. Sebelum dipasarkan, sale pisang ini didinginkan dan dimasukkan ke dalam sebuah kemasan. Sajian kuliner ini sangat cocok untuk dikonsumsi untuk menemani hari libur Anda di Kebumen.

8. Jipang Kacang

Jipang Kacang

Image Credit: Tempatplesir.blogspot.com

Tak hanya sale pisang saja, di Kebumen pula terdapat camilan khas lainnya yang digemari oleh banyak orang yaitu jipang kacang. Makanan yang terbuat dari kacang tanah yang dicampur dengan gula merah ini, memiliki bentuk yang padat dan cita rasanya yang begitu manis. Sebelum dicampur bersama gula merah, kacang tanah tersebut telah disangrai menggunakan pasir terlebih dahulu.

Setelah itu baru ditumbuk secara kasar, dan dimasukkan ke dalam cairan gula merah cair. Biasanya makanan khas Kebumen ini dibentuk kotak kotak lalu dibungkus di dalam kemasan plastik. Namun dulunya jipang kacang dibungkus menggunakan daun pisang. Selain memiliki cita rasa yang manis, camilan khas Kebumen ini pula memiliki rasa gurih dari kacang tanahnya.

9. Lanting

Lanting

Image Credit: Wikipedia.org

Makanan khas Kebumen selanjutnya ini telah populer dan akrab di telinga para wisatawan. Lanting merupakan camilan yang dibuat dengan bentuk menyerupai angka delapan dengan bahan dasarnya yaitu singkong. Cita rasa dari singkong tersebut masih melekat pada camilan khas Kebumen ini.

Awalnya lanting hanya dibuat dengan dua varian rasa saja, yaitu original dan bawang goreng. Namun kini varian rasa yang dimiliki oleh camilan renyah ini semakin bertambah, seperti rasa balado hingga rasa keju. Lanting sangat cocok dikonsumsi untuk menemani perjalanan Anda selama di Kebumen.

10. Bengkoang Kebumen

Bengkoang Kebumen

Image Credit: Wisataku.id

Kabupaten Kebumen dikenal dengan produksi bengkoangnya yang sangat melimpah. Bahkan hampir setiap tahun bisa memanen buah satu ini. Hal yang membedakan antara bengkoang Kebumen dengan daerah lainnya yaitu kulitnya yang putih dan memiliki rasa manis. Jika Anda berminat membawa bengkoang sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah, maka Anda bisa mendapatkannya dengan mudah.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Tawangmangu Karanganyar yang Paling Hits

Buah ini sangat cocok dinikmati sebagai camilan atau bisa saja dicocol dengan bumbu dari gula merah dan cabai. Bahkan buah bengkoang dari Kebumen ini pun sangat pas jika dinikmati bersama buah lainnya dalam olahan rujak buah. Tidak heran jika buah bengkoang ini menjadi salah satu makanan khas favorit para wisatawan.

11. Soto Tahu

Soto Tahu

Image Credit: Cookpad.com

Tak hanya terkenal dengan soto petanahan dan tamanwinangun saja, di Kebumen pula terdapat soto yang tidak kalah nikmatnya yaitu Soto Tahu. Sajian kuliner ini terbuat dari jengkol, tauge dan tahu khas Kebumen. Beragam bahan tersebut dijadikan satu kemudian disiram dengan kuah sambal kacang. Perpaduan antara bahan dan kuah tersebut mampu meningkat selera makan Anda.

12. Jenang Sabun

Jenang Sabun

Image Credit: Kompasiana.com

Jenang sabun khas Kebumen ini terdapat di daerah Kecamatan Petanahan. Meski termasuk ke dalam makanan tradisional yang semakin jarang ditemukan, namun siapa sangka jenang sabun ini memiliki cita rasa yang sangat lezat dan manis. Sajian kuliner ini terbuat dari ketela pohon, gula jawa, dan legen.

13. Kethek

Kue Kethek

Image Credit: Cookpad.com

Meski memiliki nama yang cukup unik, makanan khas Kebumen ini terbuat dari sisa atau ampas pembuatan minyak kelapa. Ampas tersebut diberikan bumbu yang berasal dari cabai, garam, kencur, gula, bawang putih, bawang merah, daun salam, dan lengkuas. Campuran antara ampas dan bumbu tersebut dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus hingga matang.

14. Serabi Kebumen

Serabi Kebumen

Image Credit: Youtube.com @januariansyah arfaizar

Jajanan khas Kebumen lainnya yang tidak bisa dilewatkan begitu saja yaitu serabi. Makanan satu ini memiliki ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan serabi pada umumnya. Serabi khas Kebumen terbuat dari tepung beras, kanji, parutan kelapa, santan, dan ragi. Perpaduan bahan tersebut mampu membuat cita rasanya menjadi lebih lezat.

15. Emping Mendem

Emping Mendem

Image Credit: Adira.co.id

Emping mendem merupakan salah satu jajanan khas Kebumen yang bisa Anda coba. Makanan khas ini memiliki bentuk yang lebih kecil dan lebih padat dibandingkan dengan emping pada umumnya. Menariknya lagi, emping mendem ini memiliki cita rasa yang sangat bervariasi mulai dari pedas, asin, maupun manis.

Beragam olahan kuliner khas dari Kebumen yang disebutkan di atas, bisa Anda gunakan sebagai referensi saat sedang bertandang ke Kota Beriman. Tak hanya bisa dicicipi selama berada di Kebumen saja, terdapat pula beberapa makanan atau camilan yang dapat digunakan sebagai oleh oleh untuk keluarga di rumah.