Kulon Progo menjadi salah satu Kabupaten di Jogja yang perlahan namun pasti bidang wisatanya semakin berkembang. Ada banyak tempat menarik yang bisa anda kunjungi ketika singgah di kabupaten ini. Tidak ketinggalan jajaran makanan khas Kulon Progo yang juga bisa masuk dalam daftar wisata kuliner anda. Selengkapnya simak ulasan berikut.

1. Enting Enting Jahe

Enting Enting Jahe
Image Credit: Facebook Nurchayati Sumarno

Kuliner khas yang bisa anda buru ketika sedang berada di Kulon Progo salah satunya adalah enting enting jahe. Seperti namanya, di dalam panganan ini terdapat rasa jahe yang pedas. Tetapi ditambahkan dengan gula merah, sehingga menghasilkan rasa yang sangat nikmat. Ditambah di dalamnya terdapat vanili, kacang, dan wijen yang membuatnya makin gurih.

Perpaduan rasa gurih dan manisnya membuat siapapun akan ketagihan dengan rasanya. Enting enting jahe tidak hanya nikmat dijadikan sebagai teman bersantai. Tetapi juga bisa dijadikan sebagai oleh oleh untuk keluarga di rumah. Jajanan ini terbilang tahan lama, sehingga anda tak perlu khawatir untuk membawanya pulang walaupun jaraknya jauh.

Untuk mendapatkan panganan ini juga tidaklah sulit, anda bisa menemukannya di pusat oleh oleh yang tersebar di banyak tempat. Harga yang ditawarkan untuk jajanan satu ini juga tidaklah mahal. Biasanya harganya ditentukan berdasarkan ukuran kemasannya. Enting enting jahe hingga saat ini masih menjadi buah tangan yang diburu wisatawan.

2. Dawet Sambel

Dawet Sambel
Image Credit: Facebook Panorama Kulon Progo

Mendengar namanya mungkin anda sudah merasa jika kuliner ini sedikit aneh tetapi unik. Mengingat selama ini masyarakat menikmati dawet bersama kuah santan dengan rasa yang manis. Namun di Kulon Progo anda bisa merasakan nikmatnya dawet dengan sajian yang berbeda. Seperti namanya, dawet memang akan disandingkan dengan sambal khusus.

Untuk membuatnya makin nikmat akan ditambahkan dengan bawang goreng juga toge. Perpaduan rasa yang dihadirkan dalam semangkuk dawet sambal akan membuat lidah anda bergoyang. Apabila anda ingin mencicipinya, anda bisa langsung datang menuju Taman Sungai Mudal. Nantinya anda bisa menemukan banyak penjual dawet sambel ini.

Dan tentunya para penjual di kawasan ini menyajikan rasa original yang tidak bisa anda temukan di tempat lainnya. Untuk mencobanya pun anda tak perlu mengeluarkan budget yang besar. satu porsi dawet sambel ini umumnya hanya dibanderol mulai dari Rp 3 ribu. Untuk anda suka kulineran, pastikan tidak melewatkan kuliner unik satu ini saat di Kulon Progo.

3. Soto Bathok

Soto Bathok
Image Credit: Facebook Panorama Kulon Progo

Apakah anda penggemar olahan soto? Jika iya maka anda harus mencicipi nikmatnya Soto Bathok khas Kulon Progo ini. Seperti yang kita tahu Nusantara memiliki sangat banyak bentuk olahan sato. Untuk olahan satu ini, soto akan disajikan dengan menggunakan mangkuk yang dibuat dari batok kelapa. Inilah mengapa dikenal dengan Soto Bathok.

Untuk isiannya sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan soto pada umumnya. Anda bisa menemukan nasi yang diatasnya ditambahkan dengan daging ayam, sate usus beserta telur puyuh. Kemudian akan disiram dengan kuah bening lengkap dengan tambahan toge, seledri juga bawang goreng. Jangan lupakan kucuran jeruk nipis dan sambal agar makin nikmat.

Menemukan olahan soto ini tidaklah sulit ketika anda sedang liburan di Kulon Progo. Apalagi untuk menikmati sedapnya soto Bothok, anda tak perlu merogoh dalam kantong anda. karena satu porsinya hanya dibanderol mulai Rp 5 ribu saja. Menikmati kudapan ini bersama dengan orang tersayang tentu akan memberikan kesan dan pengalaman yang tak terlupakan.

4. Peyek Undur Undur

Peyek Undur Undur
Image Credit: Facebook Tolak Angin Care

Di kulon Progo anda memang bisa menemukan banyak kuliner unik namun nikmat. Seperti peyek undur undur yang terkenal dengan rasanya yang super gurih. Dari namanya saja sudah membuat penasaran, tetapi tenang saja undur undur yang diolah menjadi peyek ini adalah undur undur pantai. Dimana Pantai Glagah menjadi tempat berburunya hewan laut ini.

Secara tampilan, makanan ringan ini memang mirip dengan peyek yang biasanya anda temui. Namun soal rasa jelas akan sangat berbeda dengan peyek pada umumnya. Dalam bumbunya akan ditambahkan dengan santan yang telah dicampurkan dengan tepung kanji. Barulah kemudian ditambahkan dengan undur undur dan digoreng hingga renyah.

Rasa yang dihadirkan sangatlah unik, pada bagian luar undur undur rasanya akan sangat crispy. Sementara pada bagiannya sangat empuk, sekilas daging undur undur ini akan mirip dengan kepiting atau udang. Tak heran jika peyek undur undur menjadi salah satu kudapan yang diburu pengunjung. Dan tentunya juga bisa dijadikan sebagai oleh oleh keluarga di rumah.

5. Geblek

Geblek
Image Credit: Facebook Panorama Kulon Progo

Panganan tradisional yang hingga kini masih hits di Kulon Progo adalah Geblek. Geblek sendiri menjadi salah satu ikon kuliner Kulon Progo yang tak boleh anda lewatkan. Berbahan dasar tepung kanji dan juga tepung tapioka, makanan ini memiliki rasa yang gurih. Teksturnya kenyal dengan bentuk khas yang mirip dengan angka delapan.

Umumnya, panganan ini akan disajikan dengan saus kacang yang begitu gurih. Sementara masyarakat sekitar lebih gemar mengkonsumsi panganan ini dengan tempe benguk. Makanan ini sangat pas dijadikan sebagai teman bersantai atau ketika kumpul bersama keluarga. Apalagi jika dinikmati dalam kondisi yang masih hangat pasti akan lebih nikmat.

Masyarakat setempat hingga kini masih mempertahankan panganan unik ini. Dengan begitu bukan hal yang sulit bagi para pelancong mencicipi geblek ini. Anda juga bisa mendapatkannya di pusat oleh oleh, bahkan saat ini sudah bisa dibawa pulang dan bisa bertahan dalam beberapa hari. Harga yang ditawarkan untuk makanan ini juga sangat ramah kantong.

6. Growol

Growol
Image Credit: Facebook Kota Jogja

Growol merupakan olahan makanan yang bahan dasarnya berupa singkong. Masyarakat sekitar menjadikan growol sebagai pengganti nasi. Makanan ini menjadi kuliner yang sangat sederhana, namun sangat nikmat. Meskipun aromanya cukup menyengat dan beberapa orang nampak berfikir ketika kana mencicipinya, tetapi setelah dicoba anda pasti ketagihan.

Dalam menikmatinya, masyarakat biasanya menyajikannya dengan parutan kelapa. Membuat rasanya semakin gurih dan ada sensasi kriuk dari kelapa parutnya. Sayangnya, makanan satu ini sudah cukup sulit untuk anda jumpai. Maka dari itu, anda bisa mengunjungi pasar tradisional di pedesaan untuk mencicipi growol.

7. Cenil dan Cetot

Cenil dan Cetot
Image Credit: Facebook จุฑามาศ เชาว์พิพัฒนะ

Menemukan cenil di Kulon Progo bukanlah hal yang sulit, karena memang panganan termasuk makanan khasnya. Cenil sendiri masih menggunakan singkong sebagai bahan dasarnya, hanya saja diambil patinya. Tampilannya sangat menggoda, karena memang ditambahkan dengan pewarna makanan dan kemudian ditaburi dengan kelapa parut.

Anda akan merasakan sensasi manis dan gurih yang bersamaan saat sedang mengunyahnya. Teksturnya kenyal dan akan membuat anda ketagihan. Sementara untuk chetot memiliki bentuk persegi dan dibuat dari bahan yang sama. Keduanya biasanya disajikan bersamaan, dan anda bisa menemukannya di beberapa pasar tradisional yang ada di Kulon Progo.

8. Sate Kambing

Sate Kambing
Image Credit: Twitter Jogja24Jam

Apakah anda penggemar olahan kambing? Jika iya maka anda harus mampir ke salah satu tempat makan yang menyediakan sate di Kulon Progo. Sate Mbah Margo adalah kuliner khas yang sangat istimewa dan lain dari sate yang biasanya anda temukan. Bahkan sate ini sudah melegenda karena sudah ada sejak tahun 1980 silam dan rasanya tak pernah berubah.

Para pengunjungnya tak hanya kalangan masyarakat biasa, bahkan para pejabat pun mampir ke warung makan ini. Daging kambingnya diracik dengan bumbu khusus yang membuatnya sangat nikmat. Dagingnya juga sangat lembut dan tidak ada bau yang menyengat. Selain sate kambing, anda juga bisa mencicipi olahan tongseng maupun gulainya yang tak kalah nikmat.

9. Besengek

Besengek
Image Credit: Twitter Kabar Jogjakarta

Besengek atau yang dikenal juga dengan tempe benguk yang begitu kondang di Kulon Progo. Jika biasanya anda akan menemukan olahan tempe yang digoreng, tempe satu ini justru diolah dengan santan kental. Membuat rasanya sangat gurih dan cocok untuk lauk pendamping. Walaupun jika secara tampilan makanan ini tampak kurang menarik.

Besengek sendiri merupakan makanan tradisional Kulon Progo yang hingga kini masih hits. Umumnya penjualnya adalah seorang perempuan dan menjualnya di pinggir jalan. Karena sangat nikmat disantap dengan geblek, anda juga bisa membeli menu lengkapnya langsung. Harganya juga sangat murah, tidak sampai puluhan ribu satu porsinya.

10. Teh Sangrai

Teh Sangrai
Image Credit: Twitter Ratih Kusuma

Selain makanan, Kuliner khas Kulon Progo juga berupa olahan teh yang dikenal dengan Teh sangrai. Anda tentunya tahu jika Kulon Progo memiliki bukit menoreh yang merupakan kebun teh. Hasil teh ini kemudian diolah secara tradisional yakni di sangrai. Membuat teh Kulon Progo memiliki aroma yang unik dan khas. Selain itu rasanya juga akan membuat anda ketagihan.

Itulah beberapa panganan khas yang bisa anda coba ketika singgah di Kulon Progo. Beberapa diantaranya merupakan makanan tradisional yang belum tentu bisa ditemukan di daerah lain. Maka dari itu jangan sampai menyia nyiakan kesempatan mencicipinya saat sedang di Kulon Progo. Apalagi rasa yang ditawarkan tak akan membuat anda menyesal mencicipinya.