15 Makanan Khas Madura yang Wajib Anda Coba

Makanan Khas Madura

Madura yang dikenal dengan budaya karapan sapi ternyata memiliki sajian kuliner yang dikenal menggugah selera. Inilah rekomendasi makanan khas Madura yang wajib dicoba untuk menikmati sajian lezat.

Indonesia memiliki berbagai macam kekayaan tradisional yang hingga kini masih dijaga dengan baik. Tidak hanya memiliki budaya yang kental, makanan khas daerah juga menjadi warisan budaya Indonesia yang hingga kini banyak digemari oleh masyarakat. Tak terkecuali pada daerah Madura yang nyatanya memiliki berbagai macam kuliner khas yang sangat lezat dan paling disenangi wisatawan. Berikut daftar makanan khas Madura yang menarik untuk Anda coba.

1. Bebek Songkem ala Sampang

Bebek Songkem

Image Credit: Twitter.com @panoramamagz

Beberapa kota di Madura, memang lebih banyak mengkonsumsi bebek dibanding ayam. Terbukti, anda akan lebih banyak menemukan sajian bebek yang diolah dengan berbagai metode, salah satunya adalah bebek songkem. Bebek yang sudah enak, akan menjadi semakin lezat ketika dikukus dengan menggunakan daun pisang dengan bumbu rempah yang begitu gurih dan lezat.

2. Kaldu Kokot Madura

Kaldu Kokot Madura

Image Credit: Cookpad.com

Jika biasanya kacang hijau diolah menjadi makanan manis, lain halnya ketika anda pergi ke Pulau Madura. Anda akan menemukan sajian kacang hijau yang dimasak dengan kaldu daging bersama sumsum tulang yang lezat. Jika anda belum pernah mencobanya, mungkin memang belum terbayang. Namun, rasakan sensasi lembutnya kacang hijau berpadu dengan sumsum tulang yang lezat.

3. Topak Ladeh

Topak Ladeh

Image Credit: Instagram.com @maulina_saleh

Ketika lebaran, biasanya anda akan disajikan makanan khas seperti lontong dan kupat sayur untuk jamuan. Namun, ketika berkunjung ke Madura anda akan mendapatkan jamuan yang berbeda, yaitu Topak Ladeh. Topak Lodeh adalah makanan berupa lontong dan juga daging sapi yang disiram dengan kuah berwarna merah dengan citarasa yang cukup pedas dan menggugah selera.

4. Nasi Serpang

Nasi Serpang

Image Credit: Instagram.com @sbykulinerinfo

Di Madura, anda juga akan menemukan banyak penjual nasi campur dengan berbagai lauk yang unik dan juga khas dari Pulau Garam ini. Salah satu nasi campur yang menjadi primadona adalah Nasi Serpang. Nasi putih hangat ini, dilengkapi dengan suwiran daging, telur, beberapa macam sayur, sambal goreng kentang dan juga krecek yang pas dinikmati pada saat sarapan pagi.

5. Bebek Sinjay

Bebek Sinjay

Image Credit: Facebook.com @tien albata

Kepopuleran bebek sinjay, rasanya sudah terkenal hingga berbagai daerah di Indonesia. Jika sebelumnya di Madura anda menemukan bebek songkem yang dikukus, kali ini anda juga bisa menikmati bebek dengan metode yang digoreng kering. Pesona bebek sinjay yang lezat ini, juga membuat banyak wisatawan rela datang jauh-jauh ke Madura hanya untuk menikmati seporsi bebek gurih ini.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata di Blitar Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tekstur bebek yang umumnya liat, disulap menjadi begitu lembut dengan tambahan berbagai rempah pilihan. Bebek yang sudah dilumuri dengan bumbu yang ciamik ini, kemudian digoreng kering bersama dengan kremesan yang tak kalah enak. Bebek goreng ini, disajikan dengan sambal istimewa khas Madura dengan rasa pedas yang akan menambah selera makan anda.

6. Lorjuk

Lorjuk

Image Credit: Twitter.com @vivacoid

Lorjuk menjadi salah satu makanan khas Madura yang juga diandalkan, karena hanya ditemui di pulau ini. Lorjuk merupakan salah satu seafood kerang yang berbentuk memanjang. Kerang yang memiliki tubuh hanya sepanjang 2-3 inchi ini, nyatanya memiliki banyak kandungan nutrisi, mineral, zat besi dan juga omega 3 yang tidak kalah dengan kerang berukuran besar.

Pada masyarakat Madura, biasanya lorjuk biasa diolah menjadi berbagai macam olahan makanan yang lezat. Namun yang paling terkenal adalah rengginang lorjuk yang memiliki cita rasa gurih. Makanan ini, sama seperti rengginang pada umumnya, hanya saja ditambah dengan taburan lorjuk diatasnya. Olahan lainnya, lorjuk juga dapat diolah menjadi tumisan yang lezat.

7. Tajin Sobih

Tajin Sobih

Image Credit: Instagram.com @ronnyhidayat84

Anda pasti sudah sangat familiar dengan bubur sumsum yang tersebar di seluruh Indonesia. Ketika melihat Tajin Sobih, banyak orang akan mengira makanan ini sama dengan bubur putih sumsum yang juga disiram dengan kuah gula merah. Namun, tetap saja Tajin Sobih khas Madura ini memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri yang membuatnya spesial dan berbeda dari bubur sumsum biasa.

Taji Sobih adalah bubur yang terbuat dari campuran tepung ketan dan tepung terigu. Kedua bahan ini dimasak bersamaan hingga memiliki tekstur yang mengental menyerupai bubur sumsum. Makanan yang enak dinikmati di waktu sore hari ini, akan disiram dengan kuah dari gula merah yang manis. Anda bisa menikmatinya dengan menggunakan alas makan berupa pincuk pisang.

8. Rujak Selingkuh

Rujak Selingkuh

Image Credit: Facebook.com @R wahyu agung utama

Selain rujak cingur, terdapat rujak yang tak kalah terkenal dari Pulau Madura, yakni rujak selingkuh. Dikatakan rujak selingkuh, karena rujak ini berbeda dengan rujak pada umumnya yang biasa anda temui. Jika satu porsi rujak biasa saja sudah sangat lezat, bagaimana jika memadukan rujak dengan soto babat yang memiliki rasa tidak kalah menggugah selera?

9. Sate Laler

Image Credit: Twitter.com @ratihibrahim

Anda juga pasti sudah sering mendengar kepopuleran sate madura yang sangat lezat. Namun, untuk sate yang satu ini, mungkin masih banyak yang belum mendengarnya karena hanya bisa dinikmati ketika anda datang ke Madura langsung. Sate laler adalah salah satu makanan khas Madura yang banyak dijumpai di daerah Pamekasan dengan harga yang sangat terjangkau untuk seporsinya.

BACA JUGA:  40 Tempat Wisata di Malang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Dalam bahasa Madura, laler berarti lalat. Namun, bukan berarti sate laler adalah sate dengan daging lalat yang dibakar. Sate ini, sama saja dengan sate sapi Madura pada umumnya, hanya saja potongannya dibuat sangat kecil, menyerupai lalat. Satu porsi sate lalat ini, sangat pas dinikmati untuk anda yang tidak terlalu merasakan lapar, tapi ingin mencoba kelezatannya yang tiada tara.

10. Soto Mata Sapi

Soto Mata Sapi

Image Credit: Instagram.com @waskithowee

Anda pasti sering mendengar, bahwa soto asli Madura termasuk salah satu soto terenak yang ada di Indonesia, tidak kalah dengan soto dari berbagai wilayah Indonesia lainnya. Namun, tahukah anda jika Madura juga memiliki berbagai macam jenis soto yang unik, tidak hanya sajian soto ayam atau daging biasa? Ya, di Madura anda bisa menemukan soto dengan mata sapi.

Soto mata sapi ini, dapat anda temukan di Wilayah Bangkalan, Madura. Bagi sebagian orang, mungkin bahan yang digunakan seperti menggunakan mata sapi memang tidak umum. Namun, siapa sangka soto ini memiliki rasa yang tak kalah lezat dan membuat ketagihan siapapun yang mencobanya. Dalam semangkoknya, anda bisa merasakan empuknya mata sapi yang disiram dengan kuah soto khas.

11. Campor

Campor

Image Credit: Facebook.com @sumenep pulau madura

Kuliner khas Madura memang terbilang cukup unik, dan jarang ditemukan pada daerah di Indonesia lainnya. Salah satu makanan unik khas Madura yang sukar ditemukan di wilayah lain adalah Campor. Makanan berat ini, menjadi makanan favorit yang biasa dinikmati untuk jamuan makan siang, karena memiliki rasa yang gurih, lezat dan juga akan membuat anda merasa kenyang.

Dari namanya, anda pasti sudah bisa menebak makanan ini adalah bentuk makanan yang dicampur-campur. Kondimen yang bisa kamu dapatkan dalam seporsi campor adalah potongan singkong rebus dan lontong sebagai karbo yang sudah dipotong kecil, serta tulang dan sumsum sapi yang lezat. Bahan-bahan tersebut akan disiram dengan kuah santan dan bumbu kacang yang panas.

12. Rujak Cingur

Rujak Cingur Madura

Image Credit: Twitter.com @arieparikesit

Siapa bilang kuliner rujak cingur hanya bisa ditemukan di wilayah Surabaya saja? Padahal, ketika anda berkunjung ke Madura, anda juga akan banyak menemui penjual rujak cingur khas Madura. Meski memiliki cara penyajian yang mirip, namun terdapat perbedaan dari bumbu dan isian rujak cingur yang digunakan pada satu porsi rujak cingur khas Madura dengan rujak cingur khas Surabaya.

Dalam seporsi rujak, anda akan menemukan potongan lontong, timun, buah mangga, tauge, bengkoang, tempe dan tahu, mie kuning serta cingur. Beberapa bahan ini, kemudian akan disiram dengan bumbu petis asli Madura yang sudah terkenal memiliki rasa yang lebih gurih. Yang makin menarik, pada rujak ini bahan yang digunakan adalah petis ikan pindang yang lezat.

BACA JUGA:  17 Tempat Wisata di Probolinggo Terbaru & Terhits Dikunjungi

13. Nasi Petis

Nasi Petis

Image Credit: Instagram.com @amazingindonesiafood

Madura juga terkenal sebagai kota penghasil petis udang. Tak heran, banyak ragam kulinernya yang memanfaatkan hasil petis produksi dari kotanya sendiri. Meski dinamakan nasi petis, bukan berarti anda akan mendapatkan seporsi nasi putih yang hanya disiram dengan petis udang khas Madura. Melainkan, nasi tersebut akan ditemani oleh berbagai macam lauk-pauk yang lezat.

Nasi Campur yang lebih banyak ditemukan di daerah Bangkalan ini, hadir dengan porsi jumbo dengan berbagai macam lauk yang banyak. Konsepnya memang tidak jauh berbeda dengan nasi campur yang biasa anda temukan di warteg atau warung-warung seluruh Indonesia. Nasi ini dilengkapi dengan irisan telur rebus, dendeng dan berbagai jeroan sapi dengan siraman kuah petis dan santan.

14. Apem Manis

Apem Manis

Image Credit: Facebook.com @elvis kumbawan

Kota Madura juga memiliki dessert manis yang biasa dibuat sebagai jajanan pencuci mulut, atau snack yang bisa dinikmati pada sore hari. Apem manis adalah perpaduan antara kue apem yang banyak ada di seluruh kota Indonesia dan juga serabi kuah khas Indonesia dari kota lainnya. Namun, tetap saja apem manis memiliki rasa yang unik dan lezat khas dari Pulau Garam, Madura.

Jika dilihat sekilas, apem manis benar-benar menyerupai seperti serabi kuah. Namun, kue yang digunakan berbeda dengan serabi pada umumnya. Adonannya sendiri hanya dibuat dari dua bahan saja yakni tepung beras dan juga garam. Kue yang tidak begitu manis ini, semakin istimewa dengan siraman kuah gula merah asli yang dibuat tanpa campuran, dan disajikan selagi masih hangat.

15. Es Kobbu

Es Kobbu

Image Credit: Instagram.com @mgrt.erna

Tidak melulu berbentuk makanan, kuliner khas Madura yang juga banyak digemari juga ada yang berbentuk minuman. Minuman penyegar dahaga, di teriknya udara Madura ini dikenal dengan sebutan Es Kobbu. Tidak hanya menyegarkan, minuman ini juga memiliki rasa yang lezat serta kandungan yang dapat menyehatkan tubuh karena dibuat dari rempah-rempah khas Indonesia.

Anda mungkin sudah banyak menemui minuman jahe yang berguna untuk menghangatkan tubuh. Namun, berbeda dengan minuman khas Madura ini memiliki keunikan tersendiri. Dalam segelas Es Kobbu, anda bisa menikmati es kelapa muda ataupun cincau hijau dengan kuah campuran dari berbagai macam rempah Indonesia. Seperti jahe, cengkeh, gula aren, pala dan air pandan.

Menjajal makanan khas daerah yang lezat, memang menjadi salah satu hal yang harus dicoba ketika mengunjungi daerah baru, seperti Madura. Kekayaan kuliner ini dapat menjadi salah satu tujuan wisatawan datang ke Pulau Madura. Hingga kini, kuliner khas Pulau Garam ini masih banyak dijajakan dan ditemukan di sepanjang jalan Pulau Madura. Pastikan untuk mencobanya, ya ketika berkunjung.