20 Mall di Jakarta yang Wajib Anda Kunjungi

Mall Jakarta

Perkembangan mall di Jakarta terus berkembang pesat, mengingat daerahnya sangat potensial. Para developer kerap bersaing untuk membangun konsep mall yang semenarik mungkin. Karena bagi warga ibukota, mall merupakan sarana hiburan tersendiri saat jenuh melanda.

Ada beberapa mall yang bisa Anda kunjungi di Jakarta untuk sekedar melepas lelah dan penat. Deretan mall tersebut menyajikan banyak aspek hiburan yang terakomodir.

1. Pacific Place

Pacific Place

Image Credit: Wartabhineka.com

Gedung pusat perbelanjaan ini terletak di daerah SCDB, pusat perkantoran tersibuk di Jakarta. Dibangun dengan total 5 lantai serta mempunyai beragam koleksi ritel dari mancanegara. Anda bisa menemukan beberapa toko dari Eropa, dan banyak kios kelas atas dari berbagai negara.

Pacific Palace bekerjasama dengan department store asal Prancis bernama Gallaries Lafayette. Jadi bisa dibilang mall ini termasuk jajaran mall termewah di Jakarta.

Lokasi: Jl. Jend. sudirman kav 52-53, RT.5/RW.3, Senayan, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan.

2. Lippo Mall Kemang

Lippo Mall Kemang

Image Credit: Borntobite.wordpress.com

Daerah Jakarta Selatan memiliki mall yang sering dikunjungi anak milenials. Arsitektur mall ini bisa dibilang unik, karena mempunyai gaya British di dalamnya. Mall menggunakan konsep open window pada bagian lobi, dan kerap kali diadakan acara nobar.

Pengunjung bisa menikmati saran perbelanjaan mewah sekelas Debenhams. Ada juga restoran Classified dan Francis Artisan Bakery, yang menjadi andalan ikon dari Lippo Mall Kemang.

Lokasi: Jl. Pangeran Antasari No.36, RT.11/RW.5, Bangka, Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan.

3. Plaza Blok M

Plaza Blok M

Image Credit: Wikipedia.org

Mall ini merupakan mall tertua di daerah Jakarta Selatan, dan menjadi jujugan anak muda Jakarta. Lokasinya dekat dengan stasiun MRT Blok M dan jalur halte terakhir untuk jurusan Blok M-Kota. Pusat perbelanjaan ini mempunyai saran hiburan berupa Bioskop XXII dan The Best Karaoke.

Bangunan 8 lantai ini terdapat restoran sekelas D’Cost dan Gokana Ramen Teppan. Plaza Blok M juga terkenal dengan khas mall untuk kalangan kelas menegah bawah.

Lokasi: Jl. Bulungan No.40, RW.6, Kramat Pela, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan.

4. Pondok Indah Mall

Pondok Indah Mall

Image Credit: Heikaku.com

Mall ini termasuk salah satu pusat perbelanjaan spesial, karena didalamnya terdapat beragam ritel ternama. Bangunannya terbagai menjadi dua yaitu PIM 1 dan PIM 2, sehingga terlihat paling megah.

Masyarakat sering menyebutnya sebagai ‘Beverly Hills-nya Indonesia’, karena mall berada di sub-urban yang elit. Lokasi mall ini berdekatan dengan Pondok Indah Golf Apartement dan Hampton Park Residence.

Lokasi: Jl. Metro Pondok Indah Kav. IV, RT.1/RW.16, Pd. Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan.

5. Plaza Semanggi

Plaza Semanggi

Image Credit: Synthesis-development.id

Jakarta Selatan memang dipusatkan untuk gedung-gedung kelas tinggi, seperti Plaza Semanggi. PT Lippo Karawaci menggabungkan tiga konsep kehidupan masyarakat dalam sebuah mall. Mereka mengkombinasikan entertainment, study, dan conference untuk menarik perhatian pengunjung.

Mall ini menawarkan sarana hiburan berupa bisokop Cinemaxx, Gramedia, dan pertokoan baju kelas menegah ke atas.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.50, RT.1/RW.4, Karet Semanggi, Kec. Setiabudi, Kota Jakarta Selatan.

BACA JUGA:  26 Tempat Wisata di Jakarta Terbaru & Terhits Dikunjungi

6. Grand Indonesia

Grand Indonesia

Image Credit: Merlynnparkhotel.com

Jika di Jakarta Selatan ada PIM maka Jakarta Pusat mempunyai Grand Indonesia. Mall megah ini terbagi menjadi dua gedung, yaitu bagian West dan East yang terkoneksi oleh jembatan penghubung.

Hal yang menarik dari Grand Indonesia adalah lorong mall yang menyerupai jalanan Manhattan. Didalamnya terdapat ritel mewah seperti Tissot, Zara, Topman, Seibu, dan lainnya yang siap memanjakan kantong belanjaan anda.

Lokasi: Jl. MH Thamrin No.1, RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat.

7. Gajah Mada Plaza

Gajah Mada Plaza

Image Credit: Rumah.com

Lokasi mall terbilang cukup unik karena berada di tengah pemukiman biasa. Mall yang dibangun tahun 1982 ini mempunyai fasilitas kolam renang di lantai paling atas. Setiap akhir pekan mall selalu ramai oleh pengunjung untuk melepas stres.

Meskipun tidak dibangun di tengan kawasan elit, namun Gajah Mada Plaza berdekatan dengan gedung perkantoran. Bagian dalam mall terdapat pusat pet shop yang berada di lantai 2.

Lokasi: Jl. Gajah Mada, RT.2/RW.1, Petojo Utara, Kec. Gambir, Kota Jakarta Pusat.

8. Plaza Indonesia

Plaza Indonesia

Image Credit: Rukita.com

Posisi mall tepat di depan Grand Indonesia dan termasuk mall paling megah tahun 90an. Mall ini terhubung langsung dengan Hotel Grand Hyatt, jadi pengunjung hotel bisa langsung datang saat jenuh.

Plaza Indonesia mempunyai koleksi toko-toko mancanegara yang dijamin berkualitas. Mulai dari Louis Vuitton, Versace, Tissot, hingga Phillipe bisa Anda temukan di pusat perbelanjaan ini. Ada pula restoran ternama dengan menu kuliner yang menggiurkan.

Lokasi: Jl. M.H. Thamrin No.9, RT.9 / RW.5, Gondangdia, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat.

9. Thamrin City

Thamrin City

Image Credit: Infopromodiskon.com

Mall ini menawarkan lingkungan kelas menengah biasa tetapi bersih dan terawat. Secara keseluruhan Thamrin City menawarkan pusat perbelanjaan khusus barang murah dan ekonomis.

Disini terdapat Gold Gym yang menjadi sarana kebugaran populer di daerah Jakarta Pusat. Tepat diatas pusat perbelanjaan dibangun apartemen bernama Thamrin Residence. Mall terbagi menjadi 9 lantai dengan restoran D’Cost sebagai andalan mall.

Lokasi: Jl. K.H. Mas Mansyur, Kb. Melati, Kec. Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat.

10. City Walk Sudirman

City Walk Sudirman

Image Credit: Jakartashoppingcentre.blogspot.com

Bagian atas mall dibangun hunian apartemen yang menyatu dengan isi dalam mall. Pusat perbelanjaan ini terkoneksi langsung dengan institusi pendidikan bernama Raffles. Lokasinya dekat dengan kampus London School of Public Relations.

Anda bisa menikmati banyak saran hiburan diantaranya Aepro Wine Bar, Daiso Japan, Johnny Andrean, dan Citywalk Function Hall. Saat jam makan siang biasanya mall ramai dikunjungi oleh para pekerja kantoran.

Lokasi: Jl. K.H. Mas Mansyur No.Kav 121, Karet Tengsin, Kec. Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat.

11. Mall Taman Anggrek

Mall Taman Anggrek

Image Credit: Kodeposresmi.com

Masyarakat Indonesia menjulukinya dengan ‘Mall Sejuta Umat’, lantaran namanya sangat familiar. Pusat hiburan ini termasuk jajaran mall termegah di daerah Jakarta Barat, karena punya sarana yang komplit. Anda bisa menemukan produk lokal hingga produk internasional di dalam mall. Di dalamnya terdapat arena ice skating yang sering menjadi jujugan para keluarga untuk menghabiskan akhir pekan.

BACA JUGA:  Pantai Ancol, Wisata Bahari Seru di Jakarta

Mall Taman Anggrek terletak diantara tiga bangunan apartemen yang berdekatan sekaligus. Pertama terdapat Condominium Taman Anggrek, yang desain bangunnanya dibuat menyatu dengan mall. Kedua ada hunian Westmark Apartemen yang lokasinya berdekatan dengan Mall Taman Anggrek. Dan ketiga ialah Taman Anggrek Residence yang merupakan apartemen baru. Anda bisa mengunjungi mall lima lantai ini mulai pukul 10 pagi sampai 10 malam.

Lokasi: Jl. Letjen S. Parman No.28, RT.12/RW.1, Tomang, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat.

12. Central Park

Central Park

Image Credit: Centralparkjakarta.com

Lokasi mall bersebelahan dengan Mall Taman Anggrek dan Westmark Apartemen. Bangunan ini merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Jakarta Barat. Pada bagian halaman mall terdapat taman luas bernama Tribeca Park.

Mall Central Park berseberangan dengan Mall NEO Soho, sehingga pihak pengembang menghubungkannya dengan jembatan di lantai 2. Di dalam mall terdapat sarana perbelanjaan mulai Sogo, H&M, Victoria Secret, dan ritel mewah lainnya.

Lokasi: Jl. Letjen S. Parman No.28, RW.6, Tj. Duren Selatan, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat.

13. Season City

Season City

Image Credit: Booking.com

Bangunan mall ini terletak di area pemukiman dengan fasilitas sekelas mall megah. Pihak pengelola membangun arena rekreasi di dalamnya berupa theme park. Tidak hanya itu saja, mall juga dilengkapi dengan sasana olahraga bernama Osbond Gym.

Setiap sudut lantai di dalam Season City terdapat pertokoan elektronik. Mereka menjual smartphone dan perangkat elektronik lainnya. Pihak developer juga membangun hunian Apartemen Season City di sebelahnya.

Lokasi: Jl. Prof. Dr. Latumeten No.33, RW.1, Jemb. Besi, Kec. Tambora, Kota Jakarta Barat.

14. Puri Indah Mall

Puri Indah Mall

Image Credit: Jakartashoppingcenter.com

Mall ini lebih dulu hadir dibandingkan Lippo Mall Puri dan letaknya pun bersebelahan. Disini tersedia arena Fun World terbesar yang mengadaptasi tema kartun Casper. Bagian lobi Puri Indah Mall didesain seperti taman makanan, yang menyediakan aneka restoran dengan menu menggiurkan.

Anda bisa menikmati Bioskop XXI mulai pukul 10 pagi hingga menjelang midnight. Mall tiga lantai ini mempunyai sarana perbelanjaan sekelas Uniqlo dan Zara.

Lokasi: Jl. Puri Agung No.1, RW.2, Kembangan Selatan, Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat.

15. Emporium Pluit Mall

Emporium Pluit Mall

Image Credit: Infopromodiskon.com

Bisa dibilang lokasi mall cukup strategis karena dibangun dekat area perkantoran CBD Pluit. Di seberang pusat perbelanjaan terdapat pusat makanan bernama Pluit Junction. Di dalamnya tersedia saran perbelanjaan mewah seperti Giordanio, Baleno, hingga H&M.

Mall manawarkan sajian makanan yang dikemas dalam bentuk food court. Akses menuju mall sangat mudah karena berada di tengah kota, selain itu dekat dengan bandara Soekarno Hatta.

Lokasi: Jl. Pluit Selatan Raya No.15, Penjaringan, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara.

16. Mall of Indonesia

Mall of Indonesia

Image Credit: Globalexpatrecruiting.com

Sama seperti Emporium Pluit Mall, mall ini juga dibangun dekat pusat perkantoran CBD. Dianggap sebagai mall paling megah dan terbesar di kawasan Kelapa Gading. Konsep mall mengadaptasi gaya arsitektur Itali, sehingga bentuk bangunannya cukup unik.

BACA JUGA:  Pesona Keindahan Alam Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu

Dalam satu kompleks mall dibangun hunian apartemen bernama MOI Residence. Bangunan lima lantai ini menyediakan sarana hiburan berupa bioskop dan arena game yang komplit.

Lokasi: Jl. Boulevard Barat Raya No.12, RW.19, Kelapa Gading Barat, Kec. Kelapa Gading, Kota Jakarta Utara.

17. Baywalk Mall

Baywalk Mall

Image Credit: Jakartashoppingcenter.com

Jika Anda penasaran bagaimana bentuk mall di pesisir pantai, maka berkunjunglah ke Baywalk Mall. Pusat perbelanjaan ini sengaja dibangun di daerah pantai Pluit, dan berdekatan dengan pelabuhan Muara Angke.

Apabila berkunjung kesini Anda bisa menikmati pemandangan laut biru. Dari atas gedung Anda akan merasakan hembusan angin laut yang meneduhkan hati. Di dalam mall terdapat Baywalk Watersports bagi Anda yang tertarik dengan olahraga air.

Lokasi: Jl. Pluit Karang Ayu 1 No.B1, Pluit, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara.

18. PIK Avenue

PIK Avenue

Image Credit: Wikipedia.org

Lokasinya berada di jantung kota Jakarta Utara, tepatnya di pusat perkantoran dan pendidikan Tzu Chi. Bagi Anda penyuka kuliner Jepang maka PIK Avenue bisa menjadi pilihan favorit. Disini terdapat berbagai gerai makanan Jepang yang mendominasi area mall PIK Avenue.

Ada pula ritel berkelas seperti H&M, Mont Blanc, hingga The Good Dept yang menjadi daya tarik mall. Anda bisa menjelajahi isi mall mulai dari jam 10 pagi hingga 10 malam.

Lokasi: Jl. Pantai Indah Kapuk No.6, RT.6/RW.2, Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara.

19. Pluit Village

Pluit Village

Image Credit: Heikaku.com

PT Lippo Group membangun mall diatas permukaan tanah seluas 21 hektar. Sebelumnya mall memiliki nama Megamall Pluit, dan berani membuka cabang waralaba asal Amerika bernama Walmart. Mall ini pernah terancam bangkrut pasca krisis moneter tahun 1998. Karena isu tersebut membuat Walmart menarik keseluruhan sahamnya dan melemahkan operasional mall. Setelah berbenah selama 10 tahun, mall kembali hadir dengan nama Pluit Village.

Di sekitar kompleks mall terdapat waduk kecil yang digunakan untuk rekreasi perahu. Biasanya event tersebut ditemukan saat perayaan imlek dan tahun baru saja. Di dalam Pluit Village terdapat sekolah internasional bernama Sekolah Pelita Harapan. Mall mulai beroperasi sejak jam 10 pagi hingga 10 malam setiap hari. Anda bisa menikmati banyak fasilitas hiburan dan perbelanjaan, yang harganya masih bisa terjangkau kantong.

Lokasi: Jl. Pluit Indah No.12, Pluit, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara.

20. Cibubur Junction

Cibubur Junction

Image Credit: Wikipedia.org

Jika Anda diberi kesempatan untuk berkunjung ke Jakarta Timur, cobalah mampir ke mall satu ini. Pusat perbelanjaan ini termasuk salah satu mall megah di Jakarta, serta memanjang beberapa ritel mewah.

Mall kreasi dari PT Lippo Group ini mempunyai lima lantai, yang penuh dengan sarana hiburan bagi pengunjung. Anda bisa berbelanja di gerai Hammer, Giordano, hingga Polo Ralph Lauren disini. Jadi tidak perlu berkunjung ke mall yang berada di pusat kota.

Lokasi: Jl. Jambore No.1, RT.8/RW.7, Cibubur, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur.

Mall sering menjadi sasaran utama masyarakat yang sedang mencari hiburan. Hal ini karena pusat perbelanjaan menyediakan banyak sarana yang memanjakan mata. Ada beberap mall di ibukota Jakarta yang bisa Anda kunjungi, semuanya menawarkan kelebihan hiburan masing-masing. Kebanyakan lokasi mall dekat dengan pusat kota atau kompleks perkantoran, jadi mudah untuk dijangkau. Anda bisa mengunjungi semua gerai yang disediakan oleh mall.