10 Mall di Jogja yang Wajib Anda Kunjungi

Mall Jogja

Jogja memiliki beberapa mall bertingkat yang modern yang harus Anda kunjungi. Anda dapat melakukan wisata belanja hingga menikmati beragam hiburan yang ada mall.

Popularitas Kota Jogja seakan tidak pernah luntur dalam memancarkan pesonanya, baik dalam bidang pendidikan, pariwisata, serta kebudayaan. Tak hanya itu saja, Jogja juga menyajikan wisata belanja yang seru. Buktinya, Anda dapat menemukan beberapa pusat perbelanjaan modern di Kota Yogyakarta yang tidak boleh Anda lewatkan. Selengkapnya, berikut deretan mall di Kota Pelajar Jogja yang wajib Anda kunjungi. Simak ulasannya.

1. Malioboro Mall

Malioboro Mall

Image Credit: Tirto.ID

Mall pertama yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berada di Kota Jogja tentu adalah Malioboro Mall. Mall yang sudah berdiri sejak tahun 1993 ini merupakan shopping mall pertama di Kota Jogja. Mall satu ini memiki tenant utama yaitu Gramedia Book Store, Department Store, Hero Supermarket, Fun World, Mc Donalds, serta Food Poin, yang tersebar di 2 lantai Ground dan 3 lantai utama.

Mall Malioboro termasuk mall yang selalu ramai didatangi pengunjung, terutama saat liburan tiba. Karena lokasinya yang strategis, yakni terletak di Jalan Malioboro di pusat Kota Yogyakarta. Banyak wisatawan yang berjalan-jalan di sekitar jalan tersebut, sekalian untuk mampir ke Malioboro Mall. Apalagi, banyak kegiatan besar yang sering diselenggarakan di Mall ini. Sehingga membuat plaza ini tidak pernah sepi pengunjung.

Lokasi: Jl. Malioboro No.52-58, Suryatmajan, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta.

2. Jogja City Mall

Jogja City Mall

Image Credit: Kartunet.com

Jogja City Mall atau biasa disebut JCM, merupakan shopping mall yang berada di Jalan Magelang. Mall ini memiliki desain bangunan yang cukup unik, dengan pilar-pilar tinggi khas arsitektur Romawi. Lalu ditambah dengan interior budaya Jawa khas Keraton Jogja di railing nya. Jogja City Mall terdiri dari 2 lantai utama, 2 lower ground, 1 ground floor, 1 upper ground, dan rooftop. Yang dapat menampung kurang lebih 1500 mobil dan 1250 motor.

Jogja City Mall cocok untuk Anda yang ingin nongkrong, bahkan berfoto ria. Karena nuansanya yang terlihat megah dan unik, dijamin foto Anda akan instagramable. Bagi Anda yang juga berencana untuk menginap di Jogja, maka terdapat The Sahid Rich Hotel di samping JCM. Hotel satu ini bisa menjadi alternatif penginapan anda. Jadi setelah puas berbelanja, Anda hanya perlu berjalan kaki untuk sampai ke penginapan.

Terdapat banyak outlet besar ternama menghiasi area dalam Jogja City Mall. Tak terkecuali Supermarket dan Department Store juga melengkapi pusat perbelanjaan satu ini. Anda pun juga bisa menikmati berbagai film terkini di bioskop yang ada di sana. Selain itu, ada juga beberapa ruang pameran dan pertunjukan yang menampilkan event atau acara di waktu-waktu tertentu.

Lokasi: Jl. Magelang No.KM 6 No. 18, Kutu Patran, Sinduadi, Kec. Mlati, Kab. Sleman.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Sleman Terbaru & Terhits Dikunjungi

3. Lippo Plaza Jogja

Lippo Plaza Jogja

Image Credit: Yussanblog.blogspot.com

Lippo Plaza Jogja merupakan sebuah plaza yang dibangun di bekas lahan Mall Saphir Square, yang berada di wilayah Demangan. Terdiri atas 9 lantai, mall ini dibuka resmi pada tahun 2015 lalu. Tenant utama dari pusat perbelanjaan ini yaitu Matahari Departement Store, Hypermart, serta beberapa tenant dari Mitra Adi Perkasa. Banyaknya outlet tersebut, membuat mall ini menjadi salah satu shopping mall yang sering dikunjungi oleh warga Yogyakarta.

Tak hanya itu saja, bagi kalian yang mencari alternatif mall yang ramah untuk kantong anda, maka Lippo Plaza bisa menjadi pilihan. Terdapat foodcourt yang menyediakan makanan serta minuman dengan harga yang murah meriah, namun tetap dijamin enak. Di antaranya yaitu KFC, Seblak Asgar, Pempek Ny. Kamto, Yamie Panda, Cegluk, Bang Ja’i Street Food, dan Caribia.

Lokasi: Jl. Laksda Adisucipto No.32, Demangan, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

4. Ramayana Mall Yogyakarta

Ramayana Mall Yogyakarta

Image Credit: Teknik.umk.ac.id

Ramayana Mall Yogyakarta ini adalah bagian dari Ramayana Group, yang sudah dikenal luas di Indonesia. Produk andalan dari shopping mall ini adalah sendal, sepatu, dan pakaian yang menjadi kebutuhan primer dari masyarakat. Biasanya, terdapat banyak potongan harga yang diburu para penikmat wisata belanja. Diskon yang diberikan pun hingga 70%, membuat Ramayana Mall ramai dipenuhi pengunjung setiap event tersebut diselenggarakan.

Ramayana memang merupakan tempat belanja yang tepat, bagi Anda yang ingin memenuhi kebutuhan fashion anda. Mall ini juga menerima semua jenis kartu kredit yang memudahkan Anda sewaktu berbelanja. Jadi, Anda tidak perlu bingung mencari ATM untuk mengambil uang tunai. Disamping itu, Ramayana Department Store juga menerapkan sistem kontrol yang ketat dalam hal evaluasi kerja dan lainnya. Sehingga pengunjung akan mendapatkan pelayanan yang baik.

Lokasi: Jl. Malioboro, Sosromenduran, Kec. Gedong Tengen, Kota Yogyakarta.

5. Hartono Lifestyle Mall

Image Credit: Jogjaasik.com

Selanjutnya, ada Hartono Lifestyle Mall. Mall yang telah resmi dibuka untuk umum pada tahun 2015 ini, merupakan mall terbesar di Kota Jogja. Hartono Mall ini merupakan shopping mall milik PT Duta Merlin Dunia Properti. Dengan tenant utamanya yaitu, Hypermart, Informa, Matahari Department Store, dan CGV Blitz. Outlet-outlet terkenal lainnya pun ada di plaza ini, seperti Charles & Keith, Urban Icon, Nike, Adidas Sport, H&M, Starbucks, serta J.Co.

Tak hanya itu saja, masih banyak tenant lain yang tidak kalah terkenal di Hartono Lifestyle Mall. Jumlahnya kurang lebih hampir 300 tenant, memadati plaza satu ini. Banyaknya tenant yang ditawarkan tersebut, tak lepas dari slogan yang diusung oleh Mall tersebut yaitu Your Shopping World. Karena hal itu juga, fasilitas lain yang disuguhkan pun terbilang cukup lengkap dan memudahkan pengunjung.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata Alam di Jogja yang Paling Hits

Lokasi: Jl. Ring Road Utara, Kaliwaru, Condongcatur, Kec. Depok, Kab. Sleman.

6. Galeria Mall Yogyakarta

Galeria Mall Yogyakarta

Image Credit: Gudeg.Net

Galeria Mall merupakan shopping mall ketiga yang berdiri di Kota Jogja. Mall yang berolakasi di wilayah Gondokusuman ini, merupakan family mall yang memiliki konsep menyediakan seluruh kebutuhan keluarga dalam satu tempat. Terdiri dari 3 lantai utama dan 2 lantai ground, di sini Anda dapat menemukan Matahari Department Store, Wendy’s, Foodmart, dan masih banyak lagi.

Mall yang dilengkapi dengan restoran serta cafe di bagian rooftop ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat nongkrong. Ataupun Anda yang sekedar mengambil foto di studio photobox yang ada di dalam mall. Jadi tidak heran apabila kaum muda Kota Jogja menjadikan Galeria Mall ini sebagai salah satu rekomendasi tempat tujuan hiburan terbaik. Karena fasilitas yang ditawarkan cocok untuk segala usia, mall ini begitu ramai pengunjung.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.99-101, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

7. Plaza Ambarrukmo

Plaza Ambarrukmo

Image Credit: Gudeg.Net

Plaza Ambarrukmo terdiri atas 4 lantai utama dan 2 lantai ground. Dilengkapi dengan kurang lebih 230 tenants, yang menghiasi wajah Plaza ini di setiap lantainya. Beberapa tenant utama yang turut membuka gerai di Plaza Ambarrukmo, yakni Informa, Toko Buku Gramedia, Carrefour, Centro Lifesytle Department Store, hingga ACE Hardware. Terdapat juga toko-toko khusus yang menyediakan berbagai macam kebutuhan. Seperti perawatan kulit dan kecantikan, butik, serta salon.

Bagi Anda yang sekedar ingin mencari hiburan, juga bisa berkunjung ke Plaza Ambarrukmo. Anda bisa bermain di Timezone, atau menonton film-film terbaru di Cinema XXI & The Premiere. Anda pun dapat menikmati banyak jajanan di Tamansari Food Court, yang menyediakan berbagai macam varian makanan serta minuman. Harganya pun cukup terjangkau dan ramah di kantong.

Di kawasan Plaza Ambarrukmo, terdapat JPO Ambaramarga. Sebuah jembatan yang ramah difabel, yang menghubungkan Plaza Ambarrukmo dengan Grand Ambarrukmo dan Royal Ambarrukmo. Grand Ambarrukmo dan Royal Ambarrukmo ini merupakan hotel yang berada satu kawasan dengan Plaza satu ini. Sehingga, Anda yang berencana menginap di Jogja sambil melakukan wisata belanja akan sangat dimudahkan.

Lokasi: Jl. Laksda Adisucipto No.80, Ambarukmo, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman.

8. Sahid J-Walk Yogyakarta

Sahid J-Walk Yogyakarta

Image Credit: Peta-tempat.blogspot.com

Sahid J-Walk Yogyakarta ini merupakan salah satu mall besar yang sering dikunjungi oleh masyarakat sekitar. Mall yang resmi dibuka untuk umum tahun 2016 ini, menjadi salah satu mall kebanggaan warga Kota Gudeg. Berlokasi di wilayah Kabupaten Sleman, plaza ini mengusung konsep hijau atau ramah lingkungan. Dimana gedung mall dilengkapi dengan banyak ventilasi. Hal ini membuat sirkulasi udara lancar, sehingga penggunaan dari AC menjadi lebih hemat.

BACA JUGA:  19 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru & Terhits Dikunjungi

Plaza yang dirancang untuk gaya hidup masyarakat menengah ke atas. Dengan menyasar konsumen modern serta eksekutif muda termasuk keluarga muda dan juga para mahasiswa. Dilengkapi berbagai macam tenant ternama, baik baik brand lokal Indonesia maupun luar negeri. Membuat pamor Sahid J-Walk Yogyakarta ikut naik di mata masyarakat.

Tidak hanya dipenuhi dengan brand-brand fashion terkenal saja, Sahid J-Walk juga menyediakan foodcourt yang memiliki nama FoodWalk. FoodWalk ini berisi berbagai macam outlet makanan serta minuman, yang bisa dipillih oleh pengunjung. Sambil menikmati makanan, Anda akan ditemani dengan hiburan musik yang diputar setiap hari. Tidak ketinggalan juga dengan Wi Fi gratis yang disediakan di area FoodWalk.

Lokasi: Jl. Janti, Janti, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman.

9. Jogjatronik Mall

Jogjatronik Mall

Image Credit: Jogjatronik.com

Jogjatronik Mall merupakan shopping mall yang khusus menjual produk-produk elektronik. Bagi Anda pecinta gadget seperti ponsel, laptop, komputer, maupun kamera, jangan ragu untuk datang ke Jogjatronik Mall. Tidak hanya barang elektronik baru saja yang tersedia di mall ini, produk second yang masih memiliki kualitas oke pun bisa Anda temukan. Berada di daerah Jalan Brigjen Katamso, mall ini menjadi salah satu mall favorit untuk mencari barang elektronik.

Tak jarang, banyak acara atau pameran tentang produk elektronik diselenggarakan di Jogjatronik Mall. Sungguh sangat memberi manfaat bagi Anda yang memang sedang membutuhkan gadget, dan masih bingung ingin membeli barang yang mana. Tak hanya barang elektronik saja, pusat perbelanjaan ini juga dilengkapi dengan foodcourt, ATM Center, serta ruang karaoke sebagai tempat hiburan.

Lokasi: Jogjatronik, Prawirodirjan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta.

10. Jogja Town Square

Jogja City Mall

Image Credit: Kompasiana.com

Terakhir, ada Jogja Town Square yang tentunya tidak boleh Anda lewatkan. Shopping mall yang sering disebut dengan JTOS oleh warga setempat ini, dilengkapi beraneka macam brand ternama dari Inonesia maupun luar negeri. Mall ini memang sudah diterima dengan baik sebagai mall modern bagi warga Kota Yogyakarta. Banyak para kawula muda bahkan sampai keluarga, menjadikan plaza ini tempat nongkrong yang asyik.

Jogja Town Square memiliki konsep one step culinary yang dipadukan dengan konsep entertainment yang menyatu dengan harmonis. Sarana food and beverage nya menyediakan berbagai macam kuliner nusantara hingga internasional. Hal ini tentunya akan menarik para pengunjung dari Malioboro Regency, yang terletak di kawasan yang sama dengan JTOS.

Lokasi: Jl. Tambak Bayan 4 No.19b, Janti, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman.

Mall dapat menjadi destinasi refreshing terdekat. Anda bisa sekedar berjalan-jalan serta menonton film seru, atau bahkan kulineran. Memang, selain dijadikan tempat untuk berbelanja dan memenuhi kebutuhan, hadirnya sebuah plaza juga bisa menjadi salah satu alternatif tempat nongkrong. Di Kota Yogyakarta sendiri, terdapat beberapa mall yang dilengkapi dengan banyak brand ternama dengan fasilitas memadai yang bisa Anda kunjungi.